carisinyal web banner retina
Carisinyal / Editorial / Review SSD Portabel TeamGroup PD1000 (512 GB)

Review SSD Portabel TeamGroup PD1000 (512 GB)

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 14 April 2021

Meski bukan termasuk perangkat periferal vital bagi banyak pengguna komputer pribadi di seluruh dunia, media penyimpanan eksternal terus menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu. HDD eksternal bisa dibilang masih primadona di kalangan pengguna komputer yang membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, namun kini SSD eksternal yang lebih cepat, lebih aman, dan bahkan lebih portabel semakin diminati, terutama oleh mereka yang bekerja di industri kreatif.

TeamGroup, salah satu merek memori penyimpanan terkemuka di dunia, telah merilis produk SSD portabel terbaru mereka beberapa waktu yang lalu. PD1000 SSD, begitu namanya, hadir dengan kapasitas yang lebih besar namun desain yang lebih kecil dari produk SSD portabel TeamGroup sebelumnya. SSD eksternal ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Di sini saya berkesempatan untuk mengulas TeamGroup PD1000 SSD secara langsung. Produk yang hendak saya ulas ini memiliki kapasitas 512 GB. Jika Anda berencana untuk membeli perangkat ini, sebaiknya Anda membaca dulu ulasan dari saya ini. Sebelumnya, cari tahu dulu spesifikasi singkat TeamGroup PD1000 SSD di bawah ini.

Spesifikasi TeamGroup PD1000 SSD

  • Model: PD1000
  • Antarmuka: USB 3.2 Gen 2
  • Kapasitas: 512 GB / 1 TB / 2 TB
  • Performa: Baca hingga 1000 MB per detik, tulis hingga 900 MB per detik
  • Material: Aluminum alloy
  • Warna: Biru navy
  • Berat: 75 gram
  • Dimensi: 107 x 40 x 10,9 mm
  • Suhu Operasi: 0°C hingga 70°C
  • Suhu Penyimpanan: -40°C ~ 80°C
  • Sistem Operasi: Komputer dengan port USB (diperlukan port USB 3.2 untuk kinerja USB 3.2) - Windows 10/8.1/8/7 | Mac OS X v.10.5 atau lebih baru | Android 5.0 atau lebih baru
  • Garansi: 3 tahun garansi terbatas

Desain

TeamGroup PD1000 SSD memiliki desain yang mungil. Ukurannya kira-kira ¼ dari ukuran HDD standar. Bentuknya yang kecil sangat mudah dan nyaman digenggam dan dibawa bepergian. Namun, saya tidak menyarankan untuk menyimpannya di saku celana karena perangkat ini cukup licin dan ada kabel yang harus dibawa bersamaan. Jadi, menyimpannya di dalam tas lebih aman saat dibawa bepergian.

Seperti tertera di atas, PD1000 SSD hanya tersedia dalam satu pilihan warna saja, yaitu biru navy yang menutupi sebagian besar bodinya. Produk ini tidak hanya terlihat elegan, tapi juga berkelas dengan aksen berwarna emas. Port USB Type-C-nya memiliki penutup karet berwarna hitam yang mudah dilepaskan, dan juga mudah hilang jika tidak dijaga dengan baik. Penanda kapasitasnya berwarna putih sehingga mudah dikenali.

PD1000 SSD terbuat dari bahan aluminium alloy atau paduan yang membuatnya kokoh dan andal. Material ini tidak meninggalkan jejak ketika digenggam, kecuali jika tangan berkeringat atau basah. Selain itu, material ini juga mudah dibersihkan ketika ada kotoran menempel. Meski bukan perangkat untuk digenggam dalam waktu lama seperti ponsel, nyatanya PD1000 SSD dirancang sedemikian rupa agar nyaman digenggam.

SSD Portabel PD1000 dibuat tangguh dengan jaminan sertifikasi MIL-STD 810G 516.6 Prosedur IV, yang membuatnya memiliki kemampuan tahan jatuh yang kuat, sehingga cukup untuk mengatasi kecelakaan seperti terjatuh secara tidak sengaja saat sedang digunakan atau dipegang. Ini dapat menghindari kerusakan data yang tidak disengaja dan memperpanjang masa pakai.

Selain itu, SSD Portabel PD1000 juga hadir dengan sertifikasi IP68 yang artinya perangkat tahan percikan, tahan debu, atau tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 1 jam. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat SSD portabel ini terkenal tumpahan cairan umum secara tidak sengaja, seperti kopi, teh, soda, atau jus. Jika ini terjadi, cukup seka perangkat dengan lembut menggunakan handuk kertas basah, lalu seka hingga kering.

Lebih dari itu, struktur SSD Portabel PD1000 yang kokoh dirancang untuk menahan bobot 1.600 kg, yang setara dengan berat mobil kecil, sehingga dapat memberikan tingkat perlindungan tertinggi untuk data berharga Anda di dalamnya. Jadi, dengan multi proteksi tingkat tinggi yang ditawarkannya, Anda tak perlu khawatir lagi menyimpan data-data penting dalam SSD portabel TeamGroup PD1000 ini.

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai penampilan TeamGroup PD1000 dan akan sangat menikmati desain tangguh dan berkelasnya untuk pemakaian sehari-hari tanpa perlu terus-menerus khawatir akan tumpahan tidak disengaja atau terjatuh saat digunakan.

Bagaimana dengan kabelnya? TeamGroup PD1000 menyertakan dua kabel dalam kotak penjualannya, satu kabel USB 3.2 Type-C ke Type-C dan satu lagi kabel USB 3.2 Type-C ke Type-A untuk perangkat yang belum mendukung USB Type-C. Kedua kabel ini masing-masing memiliki panjang 30 cm serta memiliki selongsong kepang berwarna hitam yang terkesan premium.

Performa

TeamGroup PD1000 datang dengan format default exFAT yang artinya perangkat dapat bekerja dengan sistem operasi Windows, macOS, dan Android. Perangkat ini memiliki tipe koneksi USB 3.2 Gen 2 yang mendukung throughput maksimum 10 Gbps. Seperti tertera pada spesifikasi di atas, TeamGroup menilai produknya ini dengan kecepatan baca / tulis hingga 1000 MB / 900 MB per detik.

Anda membutuhkan komputer dengan port USB 3.2 Gen 2 untuk bisa merasakan performa maksimal dari TeamGroup PD1000. Sayangnya di sini saya hanya melakukan pengujian pada komputer entry-level dengan port USB 3.1 Gen 1 yang mendukung kecepatan hingga 5 Gbps per detik. Saya melakukan pengujian menggunakan perangkat lunak ATTO Disk Benchmark dan CrystalDiskMark 6.0. Jadi, bagaimana hasilnya?

Saya pribadi sangat kagum dengan hasil uji tersebut. Saya biasa menggunakan HDD lama saya dan bagi saya itu sudah cukup cepat. Ketika disuguhkan SSD portabel TeamGroup PD1000, saya mendapati kecepatan transmisinya lebih 10 kali lipat lebih cepat dari HDD eksternal saya. Jika Anda menggunakan komputer berperforma tinggi dengan port USB 3.2 Gen 2, Anda pasti bisa merasakan kecepatan baca / tulis TeamGroup PD1000 yang sebenarnya. Inilah hasil uji pada komputer yang saya gunakan.

Gambar bagian kiri menunjukkan hasil uji TeamGroup PD1000 SSD menggunakan perangkat lunak Crystal Disk Mark versi 6.0 pada komputer entri saya dengan port USB 3.1 Gen 1. Hasil uji menunjukkan angka yang sangat fantastis di kisaran 3,5 Gbps untuk kecepatan baca maupun tulis. Sedangkan di bagian kanan menunjukkan hasil uji PCTestBench pada komputer berperforma tinggi dengan port USB 3.2 Type-C. Hasilnya lebih fantastis lagi, hampir 8 Gbps untuk baca dan sekitar 7,5 Gbps untuk tulis. Di sisi lain, saya juga melakukan uji menggunakan perangkat lunak ATTO Disc Benchmark dengan kriteria yang sama. Berikut hasilnya.

Hasil uji di atas menunjukkan angka yang lebih tinggi baik untuk baca maupun tulis. Bahkan hasil uji PCTestBench melampaui angka 1000 MBps untuk kecepatan bacanya. Dengan kecepatan seperti ini, bahkan pada komputer dengan port USB 3.1 Gen 1, TeamGroup PD1000 SSD adalah solusi yang bagus bagi pengguna yang menginginkan segala sesuatu berjalan cepat, termasuk ketika melakukan transfer data dari komputer ke penyimpanan eksternal dan sebaliknya.

Sebagai catatan, TeamGroup PD1000 SSD akan menimbulkan panas saat digunakan cukup lama dan menjadi sedikit kurang nyaman untuk dipegang. Namun, panas tersebut mudah hilang dalam waktu singkat karena SSD portabel ini dirancang dengan pembuangan panas yang bagus. Masalah ini normal dan bisa terjadi pada produk lain, tapi di sini TeamGroup mampu menanganinya dengan baik.

Kesimpulan


Dengan desain yang mungil, elegan, dan berkelas, juga memiliki fitur proteksi yang terbilang lengkap, SSD portabel TeamGroup PD1000 adalah perangkat penyimpanan eksternal berkinerja tinggi yang tepat dimiliki oleh pengguna dengan mobilitas tinggi. Bagi pembuat konten (content creator), TeamGroup PD1000 bisa menjadi media penyimpanan eksternal yang andal, kuat, tahan lama, dan terjangkau.

Dengan performa USB 3.2 Gen 2, transfer data berukuran besar bisa dilakukan dengan sangat singkat. Pun dengan kapasitas yang luas hingga 2 TB, pengguna bisa menyimpan banyak data penting ke dalamnya tanpa perlu khawatir hilang akibat kerusakan saat terjatuh, terendam, atau tertindih benda berbobot tinggi.

Untuk harga, TeamGroup PD1000 SSD dengan kapasitas 512 GB bisa Anda dapatkan di kisaran Rp 1,7 jutaan, sedangkan versi 1 TB ada di angka Rp 2,6 jutaan (saya tidak mendapatkan informasi apakah versi 2 TB tersedia di Indonesia atau tidak). Menurut saya, ini adalah harga yang pantas untuk sebuah SSD portabel dengan kualitas bangunan yang tinggi dan malah cukup terjangkau tanpa mengorbankan fitur.

Dari ulasan pendek di atas, saya bisa menarik kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan TeamGroup PD1000 SSD berdasarkan penilaian dan pengalaman saya pribadi. Berikut putusan saya:

Kelebihan

  • Kualitas bangunan dan pembuangan panas yang bagus
  • Desain ringkas, elegan, dan berkelas
  • Ukuran kecil dan berbobot ringan, portabilitas tinggi
  • Multi proteksi (MIL-STD 810G 516.6, IP68, mampu menahan bobot 1.600 kg)
  • Kapasitas besar (hingga 2 TB)

Kekurangan

  • Kabel USB cukup pendek
  • Menimbulkan panas saat digunakan cukup lama
Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram