Carisinyal / SSD / Mau Beli SSD? Yuk Ketahui Dulu Jenis-Jenis SSD Berikut Ini

Mau Beli SSD? Yuk Ketahui Dulu Jenis-Jenis SSD Berikut Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ruang penyimpanan yang umum digunakan pada komputer saat ini adalah HDD atau Hard Disk Drive. Namun, seiring berjalannya waktu dan teknologi yang terus berkembang, produsen komputer atau laptop mulai mengganti teknologi ruang penyimpanan produk mereka dengan sesuatu yang baru dan mampu bekerja lebih baik.

Agar sebuah laptop mampu menunjukkan performa yang lebih baik dan lebih cepat, maka komponen yang digunakan di dalamnya juga harus mampu bekerja optimal. Salah satu bagian laptop yang cukup berpengaruh pada kinerja perangkat tersebut adalah ruang penyimpanan.

Ruang penyimpanan komputer saat ini terbagi ke dalam dua, yakni tipe HDD (Harddisk drive) dan SSD (solid state drive). Untuk saat ini, SSD adalah ruang penyimpanan terbaik yang bisa dipilih.

Apa Itu SSD?

SSD

* sumber: searchstorage.techtarget.com

Bagi mereka yang sering ngotak-ngatik komputer pastinya sudah mengenal apa itu SSD. SSD adalah sebuah medium penyimpanan data seperti halnya HDD. Saat ini SSD sudah mulai banyak digunakan, terutama di komputer-komputer terbaru yang memiliki harga cukup tinggi. Karena sudah banyak digunakan, SSD ini sudah mulai banyak di pasaran.  Bahkan, sudah banyak SSD dari merek terbaik yang bisa kamu pilih.

SSD belakangan sudah bisa menggantikan HDD di beberapa laptop lama dan biasanya dilakukan oleh pengguna yang ingin memperbaiki dan meningkatkan kualitas kerja perangkatnya tersebut. SSD adalah salah satu pilihan ruang penyimpanan tertipis yang tersedia di pasaran.

Apa Kelebihan SSD dibanding HDD?

Walaupun berfungsi sama, SSD dan HDD memiliki beberapa perbedaan. SSD dibuat dengan teknologi lebih maju sehingga memiliki banyak keunggulan. Lalu apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh SSD?

1. Desain yang Lebih Kecil dan Tipis

Karena SSD dibuat tanpa komponen bergerak di dalamnya, maka perangkat ini datang dengan desain yang lebih kecil dan tipis. Dengan demikian, laptop yang menggunakan SSD dapat dibuat lebih tipis lagi sehingga mampu menarik perhatian pembeli. Walaupun tipis, SSD mampu bekerja lebih baik dibanding HDD.

2. Bekerja Lebih Cepat

Laptop dengan SSD mampu menunjukkan performa yang lebih cepat, seperti saat komputer sedang booting atau melakukan kegiatan multitasking. Hal itu karena SSD ini mampu membaca dan menulis data lebih cepat dibanding HDD. Laptop lama yang sudah lelet bisa mencoba menggunakan SSD agar kinerjanya naik kembali.

3. Daya Tahan Kuat

Karena desainnya yang dibuat seringan mungkin, SSD ini memiliki daya tahan yang lebih kuat. Dan sekali karena absennya komponen bergerak di dalam body SSD, perangkat ini mampu bertahan dari benturan, terjatuh, hingga suhu yang ekstrim. Dengan demikian, SSD ini memiliki masa pakai yang lebih lama ketimbang HDD yang memiliki komponen bergerak.

Dan karena SSD bekerja dalam diam, maka alat penyimpanan ini tidak banyak mengkonsumsi daya baterai, sehingga komputer memiliki waktu pakai yang lebih lama (walaupun secara umum media penyimpanan pada komputer tidak terlalu menguras daya) serta suhu yang dihasilkannya rendah (tidak cepat panas).

Apakah SSD Memiliki Kekurangan?

SSD vs HDD

* sumber: vk.com

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh SSD tidak serta merta hal itu sempurna. Bahkan karena kelebihannya tersebut, SSD jadi memiliki kekurangan. Apa saja?

1. Kapasitas Kecil untuk Harga yang Mahal

Kapasitas SSD terbesar yang mungkin bisa kamu temukan di pasaran saat ini adalah 4 TB dengan harga yang sangat mahal. Agar masih terjangkau oleh setiap konsumen, SSD juga memiliki kapasitas yang lebih kecil (di angka ratusan GB) yang dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Sebagai perbandingan, kapasitas HDD terbesar yang tersedia di pasaran untuk penggunaan konsumen mencapai angka 14 TB hingga 80 TB. Tapi mungkin kapasitas SSD juga akan bertambah lebih besar di masa mendatang.

Karena hal tersebut, harga yang ditawarkan untuk sebuah SSD bisa beberapa kali lipat lebih mahal dibanding harga sebuah HDD dengan kapasitas yang sama. Hal itu dikarenakan utamanya oleh biaya produksi yang lebih mahal. Walaupun demikian, SSD menawarkan kualitas yang lebih baik.

2.Masa Pakai yang Bergantung Pada Data yang Ditulis

Walaupun SSD memiliki kemampuan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan SSD, SSD memiliki kelemahan dari segi umur pemakaian. Sebagai informasi, umur pakai HDD yang tergantung dari rusak tidaknya cakram HDD di dalamnya. Sementara umur pakai SSD tergantung dari pemakaian write atau seberapa banyak data dapat ditulis. Sementara untuk bacanya, tidak terlalu berpengaruh. 

Misalnya, SSD 250 GB umumnya memiliki masa pakai data yang dapat ditulis dalam jumlah tertentu, semisal 300 TB. Jika sudah mencapai data tulis mencapai 300 TB, maka SSD akan rusak. Ada beberapa program yang memberikan informasi soal batas data tulis ini. Namun, menurut tulisan Michael Crider dari situs Howtogeek.com, usia SSD cenderung lebih tahan lama dari sekadar perkiraan maksimal pencapaian data yang dapat ditulis.

Jenis-Jenis SSD Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

SSD yang beredar di pasaran saat ini dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya. Jenis-jenis SSD ini dapat digunakan untuk komputer, baik itu laptop atau desktop. Namun, ada juga SSD yang khusus digunakan untuk desktop saja. Berikut adalah jenis-jenis SSD tersebut.

1. SSD 2.5 Inch

SSD 25

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Bisa dibilang kalau SSD 2,5 Inch adalah jenis SSD yang paling umum ditemukan sekarang ini. Terdapat berbagai ketebalan drive di dalam format ukuran SSD 2,5 Inch ini. Jika kamu memasukkannya ke dalam laptop, kamu bisa mengetahui berapa ketebalan hard disk yang dapat diterima oleh laptop tersebut.


Bentuk SSD 2,5 Inch ini cocok kamu gunakan untuk menggantikan HDD laptop lamamu agar kinerjanya lebih baik lagi. Contoh produk untuk SSD jenis ini adalah SSD WD Green 120 GB SATA. Jika kamu membutuhkan HDD tipe 2,5 inci dan ingin tahu merek lain yang memproduksi SSD ini.

2. SSD mSATA

Samsung mSATA

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

SSD mSATA memiliki bentuk faktor yang lebih kecil dari SSD standar dan dirancang untuk digunakan dengan perangkat portabel yang memiliki daya terbatas seperti laptop, tablet, dan netbook. SSD mSATA juga telah digunakan dalam berbagai produk komersial seperti penanda digital, perangkat point-of-sale, kios ritel dan printer multifungsi.

Ukuran SSD mSATA ini kira-kira sebesar kartu nama. Kelebihan SSD mSATA selain bentuknya yang kecil adalah konsumsi daya yang rendah, tahan guncangan atau getaran, serta memiliki kemampuan boot atau shutdown perangkat yang cepat. Contoh produk ini adalah SSD 850 EVO mSATA 1TB.

3. SSD M.2 SATA

Samsung M2 SATA

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

SSD M.2 SATA ini dirancang untuk menghadirkan media penyimpanan yang berkinerja tinggi dalam perangkat yang tipis dan memiliki daya terbatas, seperti laptop ultrabook dan tablet. SSD jenis ini umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari SSD mSATA.

Bentuk dan ukuran yang berbeda inilah yang disebut form factor.  Sederhannya, SSD mSATA adalah SSD dengan form factor mSATA sementara M.2 adalah SSD dengan form factor M.2.

Ada dua jenis SSD M.2 SATA ini, yang pertama adalah M.2 dua sisi atau double-sided yang memiliki ukuran 22 mm x 60 mm dan yang kedua adalah M.2 satu sisi atau single-sided yang berukuran 22 mm x 80 mm. Perbedaan kedua M.2 ini ada pada kapasitasnya (M.2 dua sisi memiliki kapasitas yang lebih besar). Contoh produk SSD M.2 SATA adalah Samsung 860 EVO Sata M.2.

4. SSD M.2 NVMe

Samsung 970 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

NVMe atau Non-Volatile Memory Express adalah sebuah standar atau protokol komunikasi yang dikembangkan khusus untuk SSD oleh vendor-vendor seperti Intel, Samsung, Sandisk, Dell, dan Seagate. Pada dasarnya, NVMe memungkinkan memori flash untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui antarmuka PCIe daripada melalui SATA dan dibatasi oleh kecepatan SATA yang lebih lambat.

M.2 hanyalah sebuah faktor bentuk. M.2 drive bisa terdapat dalam versi SATA (seperti Crucial MX500 M.2 misalnya) dan versi NVMe (seperti Samsung 970 Pro). NVMe beroperasi di seluruh bus PCIe yang memungkinkan drive untuk bekerja lebih cepat. Intinya, SSD NVMe ini benar-benar cepat jika dibandingkan tipe SSD lainnya.

Selain Crucial MX500 M.2, kamu juga bisa menemukan produk SSD NVME murah semacam ADATA M.2 NVME SX6000 atau yang mahal semacam Samsung 970 series.

5. SSD PCIe

Intel SSD

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Selanjutnya ada SSD PCIe yang menggunakan interface PCIe. PCIe adalah salah satu dari empat faktor bentuk SSD. Secara umum, SSD berbasis PCIe memiliki kinerja yang lebih baik daripada Serial ATA (SATA) berbasis server. Spesifikasi format untuk perangkat berbasis PCIe dikembangkan dan di-maintain oleh PCI Special Interest Group (PCI-SIG).

Contoh produk untuk SSD PCIe adalah Intel Optane SSD 905P Series. Selain bentuk ini, Intel juga memiliki tipe produk khusus yang cara kerjanya mirip dengan SSD dan memiliki form factor M.2, yakni Intel Optane Memory. Intel Optane Memory bekerja sebagai cache yang tugasnya mempercepat kinerja HDD.

Itulah beberapa jenis dari SSD menurut bentuk dan ukuran yang beredar di pasaran. SSD ini dapat kamu gunakan untuk membuat komputer lama menjadi terasa lebih cepat kinerjanya. Cukup ganti HDD laptopmu saat ini dan gantilah dengan SSD.

Walaupun kapasitas SSD lebih kecil dibanding dengan HDD, maka kamu bisa mengoptimalkan HDD laptopmu dengan dijadikan media penyimpanan eksternal (setelah diganti dengan SSD).

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

46 Responses

  1. Bos gua ada laptop asus yg memiliki slot mini pcie yg saat ini saya pake untuk slot SSD msata half.

    Slotnya sama persis dengan slot wifii card.

    Pertanyaannya, apakah jalur mini pcie tsb juga bisa digunakan untuk nvme ?

    Jika bisa apakah jika ssd m.2 nvme diberi adapter m.2 to mini pcie, nantinya ssd nvme bisa terbaca, berjalan dan bisa dipakai instal sistem boot windows ?

    1. bisa kok, cek aja di marketplace.
      SSD M2 Half Size.

  2. Gini gan laptop ane mau di ganti ke SSD tapi blm tau jenis SSD apa yang cocok tuh,jadi ane tanya SSD apa yang cocok buat laptop deel Vostro 3450 mohon pencerahannya

    1. Dell Vostro 3450 laptop lama yah? Kayaknya pake SSD 2,5 inci, ganti HDD nya sama SSD 2,5 inci. Kalau gak slot DVD RW ganti jadi SSD memakai Caddy

  3. Saya mau tanya gan,
    Saya ingin mengupgrade macbook air saya, tapi bingung karena jenis ssd yg banyak dipasaran, ukurannya berbeda dan lain sebagainya. Bagaimana cara mengecek kategori ssd kita dan Apakah slot m.2 sata dan m.2 NVme sama? Bagaimana tips membeli ssd agar tidak salah.
    Thanks 🙏🏻

    1. Macbook Air udah pake SSD, tinggal upgrade kapasitas aja. Cara mengetahuinya, silakan pake DriveDx atau smartmontools. Nanti akan ada informasi tipe SSD yang terpasang

  4. Bang saya mau tanya nihh, kalau untuk lenovo z40-70 i5 nvidia, yg cocok pakai ssd apa yaa bingung.. maklum pemula pgn gnti ssd cz laptop lemot bngt buat gaming.. tolong dibantu jawab.. trimakasih

    1. SSD 2,5 inch yang ukurannya sama kayak HDD, HDD utama ganti sama SSD. Terus yang bagian optical disk nya dijadikan tempat HDD menggunakan HDD Caddy

  5. boss, ssd msata bisa di pasang di wwan laptop dell gak…?
    terus bagus mana antara ssd sata III dengan ssd msata…?
    ini masih bingung boss?…

  6. ada slotnya tapi slot wwan,mirip sih sama slot ssd msata, nah bisakah slot wwan ini bisa di passang ssd msata…?
    maklum pemula bos?…

  7. Gan, ada rekomendasi ssd nvme buat Laptop Acer Predator Triton 300 ga?

  8. Gan, nanya dong ane masih pemula banget nih. Laptop ku Lenovo Y-70, ada saran ga make jenis SSD yg mana. 🙏

  9. Om minta rekomendasi SSD 128-256 GB buat laptop Asus X450jf, yg aslinya pake hdd sata 2.5 inch. range budget mentok di 500 Ribu. makasih om.

  10. mau tanya dong untuk INTEL SSDPEKNW512G8H termasuk jenis ssd apa? dan saya rencananya mau upgrade dan merk yang bagus itu apa? terima kasih

  11. Apakah ada batasan size untuk mengganti hdd ke ssd? misalnya batas maks ssd hanya 128GB

  12. Dell Inspiron 3459 3000 series, bisa ganti HDD pakai SSD type mana ya Bang? thyu

  13. Bang saya masih pemula. Saya minta saran nih, untuk laptop HP 14-cf1046tu saya ingin tanya jenis ssd apa yang di support. Terima kasih…

  14. Gan saya mau nanya untuk harga ganti ssd macbook air 11inch tahun 2015 adayg dibawah 1jt nggk ya gan? 🙏

  15. SSD usianya dibatasi oleh kemampuan menulisnya, sementara usia HDD dibatasi keutuhan cakramnya sementara kemampuan tulisnya tidak berpengaruh. SSD memiliki ketahanan fisik tinggi dan tahan guncangan walaupun saat beroperasi dan sangat mendukung mobilitas, saya rasa ini cocok sekali untuk saya sebagai pelajar yang sering membawa laptop kemana-mana didalam tas. Sementara HDD ketahanan fisiknya relatif dibawah SDD dalam menghadapi guncangan atau benturan tetapi memiliki kemampuan write yang tidak menjadi batas usia menjadikan HDD sebagai penyimpanan yang lebih baik secara usia dari pada SSD. Komputer dalam ruangan yang membutuhkan kapasitas besar dan sering mengolah data ukuran raksasa sangat cocok menggunakan HDD karena kemampuan menulis tidak jadi batas usia.

    1. Kalau menurut saya SSD masih unggul di segalanya, HDD bisa buat internal buat backupdata saja karena harganya murah untuk kapasitas besar. Soal usia menulis, biasanya usia SSD itu lebih dari yang diklaim kok.

  16. Aitsnainawati dewi berkata:

    Rekomendasi ssd buat laptop asus vivobook

  17. kak sya ingin memasang ssd di laptop asus tuf gaming fx505dt tpi sya gak tau ssd apa yang bagus dipasangkan untuk laptop sya?

  18. Om kalo hp elitebook 820 disitu dia ada slot ssd dan tulisannya flash cache bisa ga dipakein ssd m.2 nvme biar lebih ngebut

  19. Bang laptop ane Asus X455LF i3 gen 4 bang, kalo mau nambah ssd kira2 ambil yang apa ya bang? maap bang ane baru pertama kali rencana mau up ke ssd, terimakasih bang.

  20. Kalo untuk laptop acer aspire 5 a514 52kg, yg katanya support up to nvme, kira2 pasnya ssd apa bang?

  21. Bang ane numpang nanya karena masih pemula, laptop ane kan HP dk-0008ax. Kira kira bisa di tambah ssd ga bang tanpa lepas hdd, dan saran ssd yg bagus apaan bang untuk laptop saya ini (budget 1 jt an)

  22. rekomendasi ssd buat acer one 14 z1402-3563 makasih gan

  23. Apakah memungkinkan HDD tetap terpasang di dalam laptop, kemudian nambah dg SSD? Laptop saya Lenovo IdeaPad S145-14AST

    1. bisa, laptop tersebut punya slot SSD M.2 Sata, jadi nanti belinya SSD M.2 Sata yah. Kalau bisa nanti windows nya pindahin ke SSD yah jangan di HDD

  24. Permisi kak saya mau nanya SSD yang cocok buat Laptop HP tipe 7DKG69UK itu RAMnya 4.00GB mau pasang SSD tapi Tipe yang cocok apa ya kak??
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *