carisinyal web banner retina

Review Team Group CX2 Classic, SSD Murah untuk Pengganti HDD

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 25 Desember 2020

Tipe storage yang banyak digandrungi saat ini adalah SSD atau Solid State Drive. SSD merupakan tipe storage yang menawarkan kecepatan baca dan tulis yang lebih baik, bahkan jika dibandingkan storage tipe HDD (Hard Disk Drive) tercepat sekalipun.

Karena alasan inilah, sebaiknya untuk saat ini, orang-orang harus sudah mulai memakai SSD dibandingkan HDD.  SSD sendiri memiliki banyak jenis atau tipenya. Ragam jenis SSD ini berpengaruh juga pada kecepatan yang dimilikinya.

Namun, tipe SSD apapun, kecepatannya selalu lebih baik jika dibandingkan HDD yang diklaim lebih kencang sekalipun. Salah satu tipe SSD yang layak dipilih adalah Team Group CX2 Classic. SSD ini menawarkan performa yang mumpuni meski hanya tipe SSD SATA.

Sekadar info, kami juga sempat membuat ulasan tentang SSD  SATA lainnya, yakni SSD T-Force DELTA MAX RGB. Silakan baca jika diperlukan.

Selanjutnya, mari bahas soal SSD Team Group CX2 Classic berikut ini.

Spesifikasi Team Group CX2 Classic

Team Group CX2 Classic

  • Kapasitas: 512 GB
  • Interface: SATA Rev. 3.0 (6Gb/s) – with backwards compatibility to SATA Rev. 2.0
  • Voltase: DC +5V
  • Temperatur: 0 C ~ 70 C
  • Form Factor: 2,5 inch
  • Dimensi: 100(L) x 69.9(W) x 7(H) mm
  • MTBF: 1.000.000 hours
  • TBW: 400TB

Isi Kotak

Team Group CX2 Classic

Mari bedah terlebih dahulu kotak Team Group CX2 Classic. Sebenarnya tidak ada yang spesial dari isi kotak ini. SSD ini hadir dengan kotak warna hijau putih yang bertuliskan informasi soal SSD ini. SSD yang kami uji ini berkapasitas 512 GB.

Di atas ifnormasi kapasitas, ada informasi yang menegaskan jika SSD ini memiliki garansi 3 tahun. Waktu garansi yang tergolong panjang dan patut diapresiasi. Sementara informasi lain yang ada di kotak adalah gambaran bentuk SSD, fitur SSD seperti 3D Nand, 6GB/s, dan SLC Caching.

Team Group CX2 Classic

Di dalam kotak SSD ini, ternyata SSD memiliki ukuran yang lebih kecil. Ada plastik penyangga SSD yang ukurannya menyerupai kotak penjualan SSD ini. Di dalam kotak juga tersedia petunjuk dari SSD ini.

Tidak ada informasi lain yang berarti dari kemasan sebenarnya. Malah kemasan SSD ini bisa dikatakan lebih sederhana jika dibandingkan T-Force DELTA MAX RGB yang memiliki banyak kabel dukungan.

Tentu saja T-Force DELTA MAX RGB lebih ribet karena punya fitur efek lampu RGB. Sementara Team Group CX2 Classic merupakan SSD sederhana yang tanpa "gimmick".

Desain

Team Group CX2 Classic

SSD ini hadir dengan bentuk desain sederhana berwarna perak. Bentuknya tergolong sederhana tetapi cukup tegas. Namun, jika dibandingkan SSD di kelas harganya, SSD ini punya desain warna yang menarik dan cukup menonjol. Karena itu, akan lebih menarik jika SSD ini digunakan di PC.

SSD ini punya ukuran 2,5 inci dengan panjang 100 mm, lebar 69,9 mm, dan ketebalan 7 mm. Tebalnya lebih tipis dibandingkan T-Force DELTA MAX RGB yang memiliki ketebalan 9,5 mm. Karena desain SSD ini tampak sederhana dan tergolong ringan.

Meskipun ringan, Team Group CX2 Classic memiliki kemampuan untuk tahan dari guncangan. SSD ini juga tergolong aman jika jatuh. Ketika jatuh, SSD ini  tidak menimbulkan suara mekanis yang mengganggu. Hal ini juga dapat secara efektif menghindari crash komputer ketika tidak sengaja komputer terguncang.

 

Fitur

Team Group CX2 Classic

Selain tahan banting, Team Group CX2 Classic memiliki fitur lain. Contohnya adalah Teknologi Wear-Leveling dan fungsi ECC (Error Correction Code). Dengan teknologi ini, ada kemampuan yang dapat meningkatkan keandalan transfer data dan memperpanjang masa pakai SSD.

Ada juga fitur SLC Caching technology. Dengan fitur ini, algoritma Caching SLC yang canggih membuat kecepatan baca dan tulisnya  menjadi lebih mudah dan 4 kali lebih cepat dari HDD tradisional.

CX2 juga menggunakan fitur-fitur seperti teknologi FLASH, konsumsi daya rendah, dan transfer berkecepatan tinggi. Ini adalah pilihan terbaik untuk mengganti HDD yang selama ini digunakan.

Performa

Team Group CX2 Classic

Selanjutnya, kami menguji performa dari SSD ini. Ketika memakai SSD ini, kami mendapatkan performa yang baik dalam menjalankan aplikasi dan gim. Kami juga memiliki oooting Windows yang lebih cepat. Kurang lebih 4 detik, Windows bisa langsung terbuka.

Kami kemudian menggunakan Crystal Disk Info untuk melihat informasi yang berkaitan dengan SSD ini. Informasi tersebut bisa disimak pada gambar di bawah ini.

info ssd cx2

Terlihat dari gambar tersebut, bahwa SSD yang kami uji memang benar adalah produk Team Group dengan kapasitas 512 GB. Terdapat juga informasi tentang interface SSD ini, yakni SATA, dengan mode transfer SATA/600.

Dari informasi tersebut juga, diketahui kalau SSD ini mendukung fitur S.M.A.R.T. Dengan bahasa lebih sederhana, S.M.A.R.T ini adalah fitur untuk memantau, mendeteksi, dan juga melaporkan berbagai masalah yang terjadi storage. Fitur yang sebenarnya cukup umum ada di storage. 

SSD ini juga sudah mendukung fitur TRIM dan NCQ. Fitur TRIM merupakan fitur pengoptimalan untuk memakai blok kosong ketika sistem akan menulis DATA. Sementara fitur NCQ berfungsi untuk mempercepat kinerja baca dan tulis dari SSD, dan secara efektif memperpanjang masa pakai SSD.

Sekadar informasi,  SSD merupakan tipe storage yang memiliki batas pemakaian. Batas pemakaian ini ditandai dengan TBW (TeraByte Written) SSD.

TBW ini ditandai dengan semakin banyaknya penggunaan menulis data, semakin berkurang umur SSD. Contohnya, jika SSD menampung data sebesar 10 GB, maka SSD tersebut telah melakukan TBW sebesar 10 GB.

Jika TBW SSD tercapati, SSD tersebut tidak dapat menulis data tetapi masih memungkinkan untuk membaca data.

Umumnya, TBW SSD tergolong panjang. Biasanya sampai 5 tahun atau bahkan lebih. Team Group CX2 Classic sendiri memiliki  TBW sampai 400 TB. Kemampuan ini lebih baik jika dibandingkan TBW dari T-Force DELTA MAX RGB 500 GB yang hanya  mencapai 120 TB.

Selanjutnya mari bahas performa dari Team Group CX2 Classic. Di situs resminya, Team Group CX2 Classic ini diklaim memiliki kecepatan baca 530 MB/ dan kecepatan tulis 470 MB/s.

Karena penasaran, kami pun menguji kecepatan baca Team Group CX2 Classic memakai Crystal Disk Mark versi 8. Hasilnya bisa disimak pada gambar berikut ini.

crystal disk mark cx2

Terlihat dari data di atas, kalau Team Group CX2 Classic memiliki kecepatan baca 556 MB/s dan kecepatan tulis 486 MB/s. Lebih tinggi dari hasil yang ditunjukan di situs resminya.

Kami juga menguji kecepatan baca dan tulis SSD ini menggunakan benchmark lain. Kami memakai AS SSD Benchmark 2 untuk melihat kecepatan baca dan tulis dari Team Group CX2 Classic. Hasilnya bisa disimak berikut ini.

ASSD BENCHMARK CX2

Hasil yang didapatkan tidak berbeda jauh dengan CrystalDiskMark. Terlihat jika SSD ini

Pada pengujian umum, tampak kalau kecepatan baca SSD ini mencapai 514 MB/s untuk kecepatan baca dan 450 MB.s untuk kecepatan tulis.

Kami juga menguji tes perpindahan data atau copy file memakai AS SSD Copy Benchmark. Berikut hasilnya.

ASSD BENCHMARK CX2 S

Terlihat jika SSD ini mampu menangai perpindahan data dengan kecepatan 449,06 MB/s dalam waktu 2,39 detik untuk file tipe ISO. Terlihat juga informasi tentang kecepatan memindahkan data untuk tipe file program an tipe file gim.

Kami juga menguji tes kompresi SSD ini memakai AS SSD Compression benchmark. Berikut hasilnya.

ASSD BENCHMARK CX2 B

Terlihat dari informasi di atas, jika SSD ini memiliki kecepatan baca yang cenderung stabil. Sayangnya, untuk kecepatan menulisnya cenderung naik turun.

Simpulan

Team Group CX2 Classic bisa dikatakan sebagai sebuah SSD yang menarik untuk kelas harganya. SSD ini memiliki fitur yang cukup oke jika dibandingkan SSD lain di kelas harga Rp500 ribuan. Malah, jika kami bandingkan dengan SSD tipe yang sama milik kami dari merek lain, kecepatan baca dan tulis Team Group CX2 Classic  lebih baik.

Kami bisa menyimpulkan kalau SSD ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya

  • Desain menarik dan tegas
  • Fitur Keamanan dari Jatuh 
  • Performa tergolong oke di kelas harganya. 
  • TBW yang tinggi untuk kapasitas 512 GB. 

Untuk kekurangan, hanya satu yang menurut kami jadi kekurangan. Kekurangan tersebut terlihat dari hasil benchmark compression. Hasilnya menunjukan tes tulis yang kurang stabil. Namun, jelas hal ini bukan masalah besar.

Dengan banderol harga sekitar Rp500 ribu, Team Group CX2 Classic ini merupakan SSD yang menarik dan sangat layak untuk dilirik. Jika Anda bingung mencari SSD terbaik untuk pengganti HDD Anda dengan harga terjangkau dan memiliki masa pakai yang panjang, sebaiknya memilih Team Group CX2 Classic.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram