Carisinyal / RAM / Review T-FORCE Zeus DDR4 16GB: RAM untuk Gaming, Bisa Overclock

Review T-FORCE Zeus DDR4 16GB: RAM untuk Gaming, Bisa Overclock

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kami jarang sekali mengulas produk PC Desktop. Namun, ketika kami ditawari untuk mengulas RAM PC Desktop, kami merasa tertantang untuk melakukannya. Kami merasa perlu melakukan sesuatu yang baru dan keluar dari zona kami yang terlalu sering mengulas ponsel dan laptop.

RAM PC Desktop yang datang ke meja kami adalah T-FORCE Zeus DDR4. RAM ini dibuat oleh perusahaan TeamGroup.

Sebagai informasi, TeamGroup merupakan perusahaan asal Taiwan yang sering memproduksi hardware seperti SSD, RAM, flash drive, dan lainnya. Mereka memiliki lini produk yang dinamakan T-FORCE dan T-CREATE.

Dan, T-FORCE Zeus DDR4 adalah salah satu produk dari TeamGroup yang dihadirkan sebagai sebuah RAM untuk kebutuhan bermain gim. Menariknya, harga yang ditawarkan terbilang murah untuk ukuran sebuah RAM untuk gaming. 

Lalu seperti apa T-FORCE Zeus DDR4 ini? Bagaimana performanya untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap jauh lebih detail pada artikel kali ini. Namun, mari simak spesifikasi T-FORCE Zeus DDR4 terlebih dahulu.

Spesifikasi T-FORCE Zeus DDR4 16GB

  • Module Type: 288 Pin Unbuffered DIMM Non ECC
  • Kapasitas: 8 GB x 2
  • Frequency (Mhz): 3.200 (PC4 25600)
  • Data Transfer Bandwidth: 25,600 MB/s
  • Latency: CL20-22-22-46
  • Voltage: 1.2V
  • Dimensi: 32(H) x 134(L)mm
  • Garansi: Seumur Hidup

Desain

T-FORCE Zeus DDR4 menawarkan kemasan yang tergolong umum. Di dalam kemasanya, terdapat dua tipe memori. Yang datang ke kami adalah konfigurasi RAM 8 GB x 2 keping. Itu artinya, kami bakal mengetes RAM di PC dengan mode dual Channel.

T-FORCE Zeus DDR4 yang kami uji hadir dengan kecepatn 3.200 Mhz. Informasi ini tertera juga di luar kemasannnya. Sementara di dalamnya, selain ada dua keping RAM T-FORCE Zeus, ada juga sticker T-FORCE dan kertas yang menegaskan kalau RAM ini dilindungi dengan garansi seumur hidup dan telah 100% teruji.

Soal desain RAM ini sendiri, saat melihat T-FORCE Zeus DDR4 pertama kali, kami berpikir kalau desainnya agak sedikit mirip dengan T-FORCE Vulcan Z. Apalagi keduanya sama-sama warna merah.

Hanya saja, T-FORCE Zeus DDR4 ini tampak lebih gahar berkat aksesn petir di bagian tengah. Aksen petir sesuai identitas dari Zeus yang sebelumnya sudah diungkapkan, seperti Zeus yang memegang cahaya petir.

TeamGroup menyebut jika RAM ini dirancang dengan elemen bolt lighting dan totem khusus T-FORCE. Dengan desain seperti ini, T-FORCE Zeus DDR4 hadir dengan tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan T-FORCE Vulcan Z yang cenderung sederhana untuk sebuah RAM gaming. 

Hal yang agak disayangkan dari sisi desain adalah pilihan warna. T-FORCE Zeus DDR4 memiliki warna merah yang mencolok dan terlihat keren, meski tanpa lampu-lampu RGB.

Sayangnya, tidak ada opsi warna lain sehingga bagi yang kurang suka warna merah harus bisa beterima. Namun, rasanya agak sulit mencari gamer yang tidak menyukai warna merah. Mereka tentu terbiasa dengan lampu kerlap-kerlip RGB.

Konfigurasi Tes

Sebelum bahas performa, perlu kami sampaikan bawah kami menguji RAM T-FORCE Zeus DDR4 ini pada PC dengan prosesor AMD Ryzen 2000 series. Hasil bisa saja berbeda ketika digunakan di PC dengan prosesor Intel atau prosesor AMD Ryzen yang lebih baru.

T-FORCE Zeus DDR4 ini kami pasang pada perangkat PC dengan spesifikasi berikut ini.

  • Prosesor            : AMD Ryzen 3 2200G
  • VGA                      : MSI Nvidia 1050 Ti 4GB
  • Motherboard   : MSI B350 PC MATE ·
  • Storage               : WD Blue 1 TB
  • PSU                      : Simbada

Karena perangkat PC Desktop yang kami tes ini memakai RAM 2 x 4 GB. Ketika kami ganti dengan T-FORCE Zeus DDR4, tentu kapasitasnya bertambah, yaki 2 x 8 GB. Keduanya ada dalam kondisi mode dual channel.

Namun, karena RAM sebelumnya hanya memiliki kecepatan 2.400 Mhz, kami perlu mengatur profil baru di pengaturan BIOS.

Jika tidak diatur di BIOS, komputer tidak bisa booting Windows sehingga kami perlu mengaurnya dengan memilih profile A-XMP DDR4-3200 MHz.

Benchmark

Untuk mengukur kinerja dari RAM T-FORCE Zeus DDR4, kami menggunakan beberapa benchmark yang biasa digunakan para pengulas RAM.  Kami awali dengan Userbenchmark.

Hasil pengujian dari Userbenchmark menunjukan jika  RAM T-FORCE Zeus DDR4 memiliki kecepatan 31,8 GB/s untuk multicore read alias ketika membaca. Sementara saat multicore write hasilnya 29,8 GB/s. Pada pengujian campuran, hasilnya 27,7 GB/s.

Userbenchmark T-FORCE Zeus DDR4

Pada pengujian single core read, T-FORCE Zeus DDR4 mendapatkan kecepatan 18,8 GB/s. Di pengujian single core write, hasilnya 30,4 GB/s. Di pengujian campuran, hasilnya 23,2 GB/s.

Sementara latency dari RAM ini adalah 95,2. Hasil benchmark secara kesulurhan menunjukan kalau menurut Userbencmark, T-FORCE Zeus DDR4 ini memiliki skor 81,2% atau excelent.


Harus diingat, Userbenchmark jangan jadi patokan karena sebenarnya hasilnya masih kategori mencukupi, bukan yang luar biasa amat. Untuk itu, mari uji T-FORCE Zeus DDR4 dengan benchmark lain, yakni AIDA64.

Terlihat dari pengujian di atas, jika kemampuan baca T-Force Zeus DDR4 ini ada di angka 41.965 MB/s. Sementara pada kemampuan tulis T-Force Zeus DDR4, hasilnya adalah 44.392 MB/s seperti yang terlihat di bawah ini.

 

Pada pengujian copy, kecepatan yang didapat adalah 37.935 MB/s seperti terlihat gambar di bawah ini.

Untuk hasil latency,  hasilnya adalah 85,3 ns seperti terlihat pada gambar di bawha ini.

Hasil tersebut tergolong cukup dan baik, apalagi kemampuan write T-FORCE Zeus DDR4 tergolong bagus.

Selanjutnya, kami menguji T-FORCE Zeus DDR4 dengan tes benchmark Winrar.  Benchmark ini mengukur kinerja multithread winrar dalam kb/s. Hasilnya adalah 4.153 kb/s.

 

Karena kami belum punya hasil untuk dikomparasi, kami tidak bisa bagus atau tidak. Semoga pada pengujian lain, misalnya dalam mode OC, kami bisa melakukan komparasi hasil.

Performa

Pada PC yang kami gunakan, ketika masih memakai RAM 2 x 4 GB, kami memainkan gim Valorant. Gim ini berjalan dengan baik pada mode RAM 2 x 4 GB.

Ketika PC diganti dengan T-FORCE Zeus DDR4, kami merasa gim Valorant berjalan lebih baik. FPS yang didapatkan cukup meningkat. Hal yang sama juga terjadi pada beberap gim lain, seperti PUBG Mobile dan DOTA 2.

T-FORCE Zeus DDR4 memang dirancang dan didesain untuk gim. Terbukti dari hadirnya  fitur seperti dukungan O.C profile, baik AMD maupun Intel ataupun kehadiran teknologi IC berkualitas tinggi yang membuat performa PC menjadi lebih stabil saat bermain gim.

Tidak hanya saat bermain gim, saat digunakan bekerja, memori ini menghadirkan performa yang enteng. Kami bisa membuka banyak aplikasi yang berat seperti Google Chrome dengan banyak tab, Microsoft Word, dan aplikasi lainnya secara bersamaan.

Simpulan

Ada banyak hal yang baru kami pelajari ketika mengulas T-FORCE Zeus DDR4. Karena itu, kami merasa tes kali ini kurang begitu maksimal karena tidak ada bahan lain sebagai pembanding, sehingga hasil benchmark tidak bisa dikatakan benar-benar bagus karena belum ada pembanding  lainnya.

Terlepas dari itu, kami tetap merasa T-FORCE Zeus DDR4 ini merupakan tipe memori RAM yang baik yang layak dipilih oleh para gamer.  Apalagi harganya masih cukup diakal, yakni kisaran Rp900 ribuan untuk tipe yang kami uji.

Ada juga varian T-FORCE Zeus DDR4 3200 2 x 16 GB yang harganya mencapai kisaran Rp1 jutaan.

Dengan rentang harga tersebut, para gamer akan mendapat berbagai kelebihan seperti desain khas Zeus, kualitas IC untuk performa gim yang lebih stabil, kompabilitas yang dapat diandalkan, dan dukungan O.C. Profile. Tertarik membeli RAM ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *