Carisinyal / Aksesoris / Aksesoris Laptop / 10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2018

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2018

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 November 2018

SSD berfungsi untuk memberi tambahan kapasitas penyimpanan pada PC atau laptop. Anda pun bisa membeli SSD dengan bebas di pasaran. Akan tetapi, beda merk SSD, beda pula kualitasnya. Kali ini, Carisinyal ingin membantu Anda dalam memilih merk SSD terbaik yang ada saat ini.

Di daftar merk SSD terbaik versi Carisinyal ini, kami hanya akan memberi review mengenai SSD yang bertipe NVMe M2 saja sehingga SSD di daftar ini memang sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan gaming.

Setiap SSD yang akan dibahas di sini memiliki keunggulannya tersendiri. Anda hanya perlu memilih produk dengan spesifikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, terutama jika Anda adalah seorang gamer.

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop

1. Samsung SSD 960 Pro

Samsung SSD 960 Pro Merk SSD Terbaik

Merk SSD terbaik yang mengisi posisi pertama daftar ini adalah Samsung SSD 960 Pro. Ini adalah SSD yang dirancang khusus untuk komputer kelas atas dan menawarkan arsitektur berbasis cutting-edge 48-layer Samsung V-NAND yang memberikan kinerja generasi berikutnya dalam bentuk M.2 yang lebih ringkas.

Melalui SSD 960 Pro ini, Samsung menawarkan sebuah SSD dengan kemampuan membaca data 3.500MB/detik dan kecepatan menulis 2.100MB/detik. Tentu saja performa SSD ini lebih cepat dalam menyimpan atau membuka data yang tersimpan di dalamnya. Samsung SSD 960 Pro tersedia dalam kapasitas 512GB, 1.024GB, dan 2.048GB. Anda bisa membeli SSD ini secara online melalui Bukalapak di link ini.

2. Samsung SSD 960 EVO

Samsung SSD 960 EVO

Selanjutnya, ada SSD terbaik dari Samsung yang juga akan meningkatkan kinerja PC Anda, yakni SSD 960 EVO. Produk ini sudah dilengkapi dengan interface NVMe ™ yang menyediakan bandwith yang sudah disempurnakan dan teknologi TurboWrite cerdas dari Samsung untuk memberikan kinerja generasi berikutnya.

Kecepatan SSD 960 EVO dalam membaca data adalah 3.200MB/detik, sedangkan kecepatan menulisnya adalah 1.900MB/detik. Samsung juga membekali produk ini dengan Thermal Guard untuk mencegah overheating dan melindungi data serta mengoptimalkan kinerja SSD ini. Samsung SSD 960 EVO tersedia dalam kapasitas 250GB, 500GB, dan 1TB. Anda bisa membelinya lewat Bukalapak di link ini.

3. Intel SSD 750

Intel SSD 750

Sebagai perusahaan produsen prosesor ternama, Intel juga memproduksi komponen SSD untuk memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih besar pada PC Anda. Intel SSD 750 adalah SSD dengan performa yang cukup baik. Produk ini memiliki kemampuan membaca data dengan kecepatan hingga 2.500MB/detik dan kecepatan menulis hingga 1.200MB/detik.

Dengan kombinasi antara empat jalur PCIe 3.0 dan NVMe, maka SSD ini memberikan performa yang lebih baik untuk gaming, membuat konten, dan melakukan pekerjaan teknik lainnya. Kapasitas yang ditawarkan Interl SSD 750 antara lain adalah 400GB, 800GB dan 1,2TB. SSD ini tersedia di toko online Bukalapak lewat link ini.

4. Intel SSD 600p

Intel SSD 600p

Ingin memiliki PC yang lebih responsif dalam membuka aplikasi atau data? Merk SSD terbaik yang satu ini bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut. Adalah Interl SSD 600p yang menggunakan TLC NAND 3D. SSD 600p mengandalkan driver NVMe sebagai sistem operasi bawaannya.

Performa yang diberikan SSD ini cukup baik karena dapat membaca data dengan kecepatan 1.570MB/detik dan kecepatan menulisnya 540MB/detik. Untuk produk yang satu ini, Intel memberikan 4 pilihan kapasitas, mulai dari 256GB, 128GB, 512GB, dan 1TB. Bahkan, Anda mendapatkan garansi selama 5 tahun ketika membeli SSD dari Intel ini. SSD ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

5. Corsair Force Series MP500

Corsair Force Series MP500

SSD yang satu ini menawarkan performa yang bagus, sistem boot up  yang cepat, dan kecepatan transfer data yang tidak perlu diragukan lagi. Dengan adanya NVMe PCIe yang tersemat pada SSD ini, Anda bisa memuat data dan membuka aplikasi 4 kali lebih cepat dari SATA 3.0.

Corsair Force Series MP500 didesain secara lebih baik agar SSD ini lebih handal, kuat, dan tahan terhadap getaran. Di samping itu, Corsair juga memberikan garansi 3 tahun untuk produk ini. Anda dapat memilih SSD Corsair ini berdasarkan kapasitas yang Anda butuhkan, mulai dari 120GB, 240GB, dan 480GB. Anda bisa membelinya melalui Bukalapak di link ini.

6. OCZ RD400

OCZ RD400

Tak ada yang bisa menolak fitur dan keunggulan yang ditawarkan OCZ RD400. SSD ini mengusung PCIe Gen3 yang 4,5 kali lebih cepat dibanding SATA SSD. OCZ turut menyematkan NVM Express® M.2 sehingga membuat PC Anda jadi lebih responsif dan latensi penyimpanan jadi lebih pendek dari hardisk drive tradisional seperti SATA SSD.

SSD yang hadir dengan performa terbaik ini menawarkan kecepatan membaca di 2.600MB/detik dan 1.600MB/detik. Brand ini juga memberikan garansi 5 tahun untuk produk ini. Dapatkan OCZ RD400 dalam pilihan kapasitas yang berbeda, yakni 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

7. Plextor M8PE(G)

Plextor M8PE(G)

Dengan memadukan controller kombinasi dari Marvell 88SS1093 dan Flash NAND Toshiba 15mm Toogle tip MLC, Plextor M8PE(G) menawarkan performa yang sangat prima sebagai penampungan data atau sarana untuk transfer data dari PC atau sebaliknya.

SSD ini memanfaatkan jalur interface PCIe Gen 3 x4 sehingga dapat menghasilkan kecepatan membaca data 1.600MB/detik dan menulis 500MB/detik. Produk ini akan membuat PC Anda bekerja dengan lebih stabil. Di samping itu, SSD yang berkualitas ini sangat cocok disematkan dalam PC yang dipakai untuk gaming.

8. Patriot Hellfire

Patriot Hellfire

Berikutnya, ada sebuah merk SSD terbaik dari Patriot Hellfire. Ini adalah produk SSD dari Patriot yang mengusung controller Phison’s E7 NVMe. Di samping itu, SSD ini turut mendukung interface PCIe 3.0 dan 8 saluran untuk akses NAND.

Merk ini diminati konsumen karena harganya cukup terjangkau dibanding SSD dengan spesifikasi yang sama lainnya. Selain itu kecepatan membaca data yang bisa Anda peroleh dari produk ini adalah 2.740MB/detik dan menulis 1.090MB/detik.

Patriot Hellfire ini hanya tersedia dalam 2 pilihan kapasitas yang tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil, yakni 240GB dan 480GB saja. Anda bisa membelinya secara online melalui Bukalapak di link ini.

9. WD Black

wd black

Pernahkah Anda mengalami pengalaman di mana saat bermain game PC Anda jadi lemot dan tidak responsif? Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena hardisk Anda kurang mumpuni untuk bermain game yang kapasitasnya cukup besar. Lengkapi PC Anda dengan SSD WD Black. Ini merupakan SSD dengan performa mumpuni yang memang disesuaikan untuk keperluan gaming dan multimedia lain.

Tentu saja kecepatan data yang ditawarkan produk ini begitu fantastis. Yang paling membuat konsumen merasa puas, WD Black menyediakan pilihan kapasitas mulai dari 256GB sampai dengan 512TB.

10. Kingston HyperX Predator

Kingston HyperX Predator

Berbeda dengan SSD SATA biasa, Kingston HyperX Predator dilengkapi dengan controller Marvell yang membuatnya memiliki kecepatan yang lebih dibanding SSD SATA pada umumnya. SSD ini mampu memberikan kecepatan membaca data hingga 1.400MB/detik dan menulis hingga 1.000MB/detik.

Keunggulan lainnya adalah SSD Kingston ini sangat awet dan performanya tidak menurun meskipun sudah bertahun-tahun. Apalagi Kingston juga memberikan garansi 3 tahun. Anda bisa memilih Kingston HyperX Predator dengan kapasitas 240GB, 480GB, atau 960GB. Silakan beli di Bukalapak lewat link ini.

Upgrade HDD standar Anda dengan salah satu dari sepuluh merk SSD terbaik ini. Rasakan kinerja dan performa perangkat yang lebih cepat dan prima setelah Anda mengupgrade dengan SSD terbaik rekomendasi dari Carisinyal ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Bacaterus.com.

Leave A Comment