carisinyal web banner retina

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 16 Juli 2021

SSD berfungsi untuk memberi tambahan kapasitas penyimpanan pada PC atau laptop. Saat ini kamu bisa membeli SSD dengan mudah di pasaran, baik secara daring atau langsung. Berbeda dengan HDD, kamu harus menyiapkan ekstra uang untuk membeli produk ini. Bahkan saking mahalnya, harga sebuah SSD ada yang dibanderol hingga Rp 30 jutaan. Tentu saja performa yang ditawarkannya juga ada yang terbaik.

Supaya kamu tidak bingung memilih SSD terbaik untuk komputermu, maka Carisinyal akan memberikan rekomendasi merek SSD terbaik saat ini. Kami pun akan menyisipkan satu model paling populer dalam setiap merek rekomendasi, sebagai referensi yang up to date. Simak daftarnya sebagai berikut.

1. Samsung

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 1

Samsung awalnya bukanlah perusahaan teknologi. Perseroan yang berdiri pada 1938 ini mulanya menjual hasil pertanian, seperti sayuran, buah, dan ikan. Baru pada 1967 Samsung terjun ke industri elektronik, dengan semikonduktor sebagai lini bisnis inti.

Karena itu, kamu pasti tak asing dengan berbagai jenis produk memori dari Samsung. Mulai dari RAM, microSD, hingga SSD. Untuk SSD, dunia mengakui bahwa Samsung adalah salah satu produsen terbaik. Tak ada yang perlu diragukan soal kualitasnya.

Berbicara masalah SSD Samsung mana yang tengah populer, Samsung 980 Pro adalah jawabannya. Samsung mengklaim bahwa ini adalah SSD M.2 NVME dengan antarmuka PCIe 4.0 terkencang di dunia. Kecepatan baca yang ditawarkan bisa sampai 7000 MB/detik. Sementara kecepatan tulisnya bisa mencapai 5100 MB/detik.

Samsung 980 Pro tersedia dalam ukuran 250 GB sampai 2 TB. Varian paling kecil bisa diperoleh dengan harga Rp1 jutaan. Samsung memberi garansi hingga 5 tahun untuk SSD ini.

2. Intel

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 3

Inti bisnis Intel adalah prosesor untuk PC desktop dan laptop. Namun, sejak 2008, mereka juga terjun ke dunia memori, khususnya SSD. Masuknya Intel ke bisnis SSD membuat produsen komputer sadar bahwa hardisk adalah bottleneck yang membuat PC desktop dan laptop gagal dalam mencapai performa optimalnya.

Sejak saat itu, Intel melakukan kampanye penggunaan SSD sambil memperbarui katalog produknya di pasaran. Pada 2020, Intel sepakat menjual bisnis SSD-nya ke kompetitor asal Korea Selatan, SK Hynix, kecuali seri memori kelas atas Optane. Proses akuisisi dengan melibatkan dana 9 triliun dolar itu rampung pada 2021.

Produk SSD Intel yang tersisa dan masih cukup populer yakni Intel 660P. SSD M.2 NVME ini dengan interface PCIe 3 ini menawarkan kecepatan baca dan tulis sama, yaitu 1800 MB/detik. Masa pakainya pun panjang, mencapai 1,6 juta jam. Varian 1 TB dijual dengan kisaran harga Rp1 jutaan.

3. Corsair

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 5

Corsair memproduksi berbagai macam komponen dan periferal komputer. Ada keyboard, mouse, power supply, kipas, flash disk, RAM, sampai SSD. Semuanya dirancang memadai untuk kebutuhan gaming. Oleh sebab itu, umumnya produk-produk Corsair punya kinerja tinggi.

Salah satu SSD Corsair yang statusnya populer adalah Corsair Force Series MP600. SSD M.2 NVME ini cukup kencang karena kecepatan bacanya menyentuh 4950 MB/detik. Sedangkan kecepatan tulisnya bisa sampai 2950 MB/detik. Kamu tak perlu melihat kenyataan bahwa SSD Corsair Force Series MP 600 memakai arsitektur memori TLC.

Sebab dengan pemutakhiran teknologi ala Corsair, SSD ini bisa dipakai hingga 1,7 juta jam dengan TBW 850 (siklus hapus-tulis dalam terabyte). Varian 500 GB SSD ini dijual dengan harga Rp2 jutaan. Menariknya, Corsair memberi garansi seumur hidup seluruh produk SSD-nya, termasuk Force Series MP600 ini.

4. TeamGroup

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 7

TeamGroup adalah merek asal Taiwan yang memang fokus memproduksi memori jenis flash. Mulai dari flash disk, RAM, dan SSD. Perusahaan yang berdiri pada 1997 ini punya beberapa seri kategori produk SSD. Di antaranya adalah T-Create Classic dan T-Create Expert untuk pengguna rumahan dan pekerja profesional. Ada lagi T-Force Gaming buat gamers.

Seluruh SSD dari kategori itu tersedia dalam bentuk 2,5 inci atau M.2. Contoh SSD TeamGroup yang populer adalah T-Create Classic SATA. SSD ini adalah pilihan masuk akal buat kamu yang hendak hijrah dari HDD. Soalnya, dengan banderol Rp1 jutaan, kamu bisa memperoleh SSD ini dengan kapasitas 1 TB.

SSD 2,5 inci ini menawarkan kecepatan yang cukup gegas buat pemakaian sehari-hari. Yakni 550 MB/detik buat kecepatan baca, dan 520 MB/detik buat kecapatn tulisnya. TeamGroup memberikan garansi 3 tahun buat SSD yang punya umur pakai (MTBF) 1 juta jam ini.

5. Western Digital

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 9

Siapa yang tidak kenal dengan Western Digital. Ya, perusahaan asal Amerika Serikat ini kondang dengan produk hard disk drive (HDD) WD. Awalnya, Western Digital sangat kukuh dan percaya diri dengan HDD. Karena itu, mereka sempat punya produk SSHD yang merupakan perpaduan SSD dengan hard disk.

Namun, sepertinya itu tidak direspons pasar dengan baik karena tren telah beralih ke SSD. Western Digital akhirnya terjun ke pasar SSD meski masih memproduksi HDD. Keseriusan mereka ke pasar SSD dibuktikan dengan mengakuisisi Sandisk pada 2016.

Kalau mampir ke toko-toko online, kamu bakal menemukan WD Black SN750 sebagai salah satu SSD Western Digital yang populer. Soalnya, ini adalah salah satu SSD M.2 paling murah, harganya kurang dari Rp1 juta buat varian 250 GB.

SSD ber-interface PCIe 3 ini cukup kencang dengan kecepatan hingga 3400 MB/s (baca) dan 2900 MB/s (tulis). Western Digital memberi garansi SSD WD Black SN750 ini 5 tahun.

6. Crucial

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 11

Perusahaan memori yang berbasis di Amerika Serikat, Micron Technology, adalah salah satu pemain senior. Sebab, perusahaan ini sejak 1972. Sebelum era milenium, Micron Technology memproduksi RAM. Baru setelah itu mereka terjun ke bisnis memori penyimpanan berbasis flash, yakni kartu SD dan SSD.

Merek yang mereka pakai adalah Crucial. Contoh SSD populer dari Crucial yang diminati orang-orang adalah Crucial P5. SSD ini menggunakan bentuk M.2 dengan antarmuka PCIe 3.0. Anda bisa memperoleh SSD NVME ini dengan varian 250 GB sampa 2 TB. Varian 500 GB-nya dibanderol Rp1 jutaan.

Crucial P5 menawarkan kecepatan baca 3400 MB/detik, dan kecepatan tulis 3000 MB/detik. Buat yang butuh kemanan data, SSD bergaransi 5 tahun ini cocok karena mampu dienkripsi seutuhnya.

7. Adata

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 13

Adata merupakan perusahaan yang tergolong muda karena baru berdiri pada 2001. Namun, geliat perusahaan asal Taiwan ini luar biasa. Dalam beberapa tahun terakhir, Adata masuk dalam 5 besar perusahaan dengan penjualan RAM terbanyak.

Untuk produk SSD, penjualannya memang belum sementereng RAM. Walau begitu, bukan berarti SSD Adata tidak bagus. Adata adalah salah satu merek SSD dengan kualitas mumpuni dan harga terjangkau. Bahkan, SSD gamingnya bisa Anda dapatkan pada harga Rp1 jutaan.

Misalnya, Adata XPG SX8200 Pro yang merupakan SSD M.2 NVME. SSD ini bisa berjalan di kecepatan 3500 MB/detik (baca) dan 3000 MB/detik (tulis). Dukungan teknologi RAID Engine dan LPDP ECC menandakan bahwa SSD ini berkinerja tinggi dengan realibilitas sip.

Anda pun tak perlu khawatir SSD gaming ini cepat panas karena Adata membekali dengan paket heatsink. Umur pakai Adata XPG SX8200 Pro terbilang panjang, hingga 2 juta jam. SSD dengan antarmuka PCIe 3.0 ini diberi garansi oleh Adata selama 5 tahun.

8. SK Hynix

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 15

SK Hynix awalnya merupakan divisi elektronik dari produsen mobil Korea Selatan, Hyundai. Namun, pada 2012, perusahaan telekomunikasi SK Telecom mengakuisisi saham mayoritas mereka. Tak peduli siapa pun yang memiliki sahamnya, SK Hynix tetap berstatus sebagai produsen chip memori yang disegani di dunia.

Khususnya untuk produk memori RAM dan SSD. SK Hynix memberi kategori yang sederhana buat produk SSD-nya. Yakni Client SSD buat komputer personal dan kantoran, serta Enterprise SSD ditujukan untuk server dan workstation. Salah satu model SSD SK Hynix yang populer digunakan adalah SK Hynix PC711.

SSD ini dirancang SK Hynix dengan bentuk M.2 2280 dan memakai interface PCIe 3.0. Varian kapasitasnya mulai dari 256 GB hingga 1 TB. SSDSK Hynix PC 711 ini umumnya dijadikan sebagai drive utama oleh produsen komputer seperti Apple, ASUS, Dell, dan HP.

9. Transcend

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 17

Taiwan merupakan gudangnya produsen elektronik berkualitas jempolan. Itu termasuk Transcend Information yang membikin berbagai produk memori. Transcend, yang berdiri pada 1988, merupakan produsen memori pertama asal Taiwan yang memperoleh sertifikasi ISO 9001.

Sertifikasi tersebut menandakan bahwa produk memori mereka punya mutu yang terjaga. Di lini produk SSD, Transcend punya banyak pilihan. Ada SSD 2,5 inci SATA, PCIe M.2, SATA III M.2, hingga mSATA. Salah satu model yang paling dicari-cari orang adalah Transcend MTE220S. Ini adalah SSD M2 NVME yang terjangkau.

Untuk varian terendahnya, 256 GB, dijual dengan harga kurang dari Rp1 juta. Meski murah, kecepatan yang dimilikinya terbilang sip: baca 3300-3500 MB/detik, tulis 1100-2700 MB/detik. SSD dengan garansi 2 tahun ini dijanjikan punya masa pakai panjang, yakni 2 juta jam, dengan 550 TBW.

10. Patriot

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun [year] 19

Silicon Valley, yang terletak di California, AS, adalah tempatnya perusahaan elektronik dunia berkumpul. Di dalamnya ada Patriot Memory, perusahaan dengan produk utama memori dan periferal gaming. Patriot memasarkan SSD-nya dengan nama Burst untuk segmen profesional, dan Viper khusus buat pasar gaming.

Contoh produk SSD Patriot yang statusnya populer adalah Patriot Burst SATA III. SSD 2,5 inci ini menawarkan price to performance dan durabilitas yang baik. Varian tertinggi SSD ini, 960 GB, bisa diperoleh dengan harga kurang dari Rp1,5 juta.

Patriot Burst SATA III diklaim punya kecepatan baca 560 MB/detik, dengan kecepatan tulis 540 MB/detik. Ia juga punya MTBF 2 juta jam dengan siklus tulis-hapus 835 Terabyte. SSD ini cocok buat kamu yang beralih dari HDD, atau kamu yang ingin mencari drive yang tahan lama, berkapasitas besar, dengan harga terjangkau.

Itulah daftar SSD terbaik rekomendasi Carisinyal yang bisa kamu miliki. Dengan fitur yang berbeda-beda dan harga yang tidak sama pula, pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhanmu (dan juga budgetmu).

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram