Carisinyal / SSD / 10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2020

10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

SSD berfungsi untuk memberi tambahan kapasitas penyimpanan pada PC atau laptop. Saat ini kamu bisa membeli SSD dengan mudah di pasaran, baik secara daring atau langsung. Berbeda dengan HDD, kamu harus menyiapkan ekstra uang untuk membeli produk ini. Bahkan saking mahalnya, harga sebuah SSD ada yang dibanderol hingga Rp 30 jutaan. Tentu saja performa yang ditawarkannya juga ada yang terbaik.

Supaya kamu tidak bingung memilih SSD terbaik untuk komputermu, maka Carisinyal akan memberikan rekomendasi SSD terbaik saat ini. Akan tetapi, Di daftar merk SSD terhebat versi Carisinyal ini, kami hanya akan memberi review mengenai SSD yang bertipe NVMe M2 saja, sehingga produk-produk di bawah ini sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan gaming.

1. Samsung 970 Evo Plus

Samsung-970-Evo-Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Performa, efisiensi, dan umur pemakaian yang panjang – tiga aspek yang menjadi keunggulan dari Samsung 970 Evo Plus. Dari segi performa, ia dihadirkan dengan teknologi 96-layer V-NAND yang mampu mencapai kecepatan baca hingga 3.500 MB/detik dan kecepatan tulis sebesar 3.300 MB/detik. Sejauh ini, kecepatan ini adalah salah satu tingkat kecepatan paling tinggi yang bisa diraih deretan SSD tercanggih.

Produk ini juga dilengkapi dengan Samsung Phoenix Controller dengan form factor M.2 (2280). Teknologi AES 256-bit Encryption yang diusungnya juga mampu menjaga data di dalamnya tetap aman.

Selain itu, SSD ini memiliki batas TWB sebesar 1.200 sehingga memungkinkan Anda menggunakan produk ini dengan waktu yang cukup lama. Untuk harganya, Anda perlu mengeluarkan sebesar Rp 2 juta untuk 500 GB dan Rp 8 jutaan untuk varian 2 TB.

2. Crucial P1

Crucial-P1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Crucial P1 hadir dengan varian kapasitas 500 GB dan 1 TB. Sudah mengusung teknologi NVMe PCIe® M.2, ia mampu memiliki kecepatan baca hingga 2.000 MB/detik dan kecepatan tulis hingga 1.700 MB/detik. Ia juga memiliki MTTF sebesar 1,8 juta jam dan TBW sebesar 200 TB.

Untuk menjaga keamanan data Anda, Crucial P1 juga disertai dengan aplikasi Acronis True Image yang dapat digunakan untuk mencadangkan dan memulihkan data. Untuk harganya sendiri, Anda bisa membeli varian 500 GB sebesar Rp 1 jutaan dan varian 1 TB sebesar Rp 2 jutaan.

3. Samsung 970 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk SSD ini dibangun dengan teknologi V-NAND terbaru dan pengontrol Phoenix baru dalam form factor M.2 (2280) yang compact. Oleh karenanya, produk ini mampu menghasilkan kecepatan membaca hingga 3500 MB/detik dan menulis hingga 2700 MB/detik.

Pengontrol berlapis nikel canggih dan penyebar panas pada Samsung 970 Pro memungkinkan pembuangan panas yang baik sekali. Dynamic Thermal Guard-nya akan secara otomatis memantau dan mempertahankan suhu operasi yang optimal untuk meminimalkan penurunan kinerja.

Samsung 970 PRO tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas mulai dari 512 GB hingga 2 TB. Sedangkan untuk harganya berkisar di antara Rp 4 juta hingga Rp 12 juta rupiah.

4. Samsung 970 EVO

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dari keseluruhan fitur yang dimilikinya, Samsung 970 EVO bisa jadi adalah NVMe SSD terbaik di daftar ini. Dijual dengan harga yang masih masuk akal, performa yang dikeluarkan oleh SSD ini sangat bagus. Sebut saja kecepatan membaca datanya yang mencapai angka 3400 MB/detik dan menulis hingga 2500 MB/detik.

Samsung 970 EVO dibekali dengan V-NAND terbaru, pengontrol Phoenix baru, dan teknologi Intelligent TurboWrite yang membuatnya sangat cocok digunakan untuk gaming kelas atas dan pengeditan grafis 4K & 3D. Kapasitas Samsung 970 EVO tersedia hingga 2 TB dengan harga jual di angka Rp 3 juta hingga Rp 7 jutaan.

5. WD Black 3D

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk SSD dari Western Digital ini hadir di pasaran dengan tiga pilihan kapasitas, yaitu 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Masing-masing model dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1 juta, Rp 2 juta, dan Rp 5 juta. Produk ini mampu menghasilkan kecepatan membaca hingga 3400 MB/detik dan kecepatan menulis hingga 2800 MB/detik.

Produk SSD ini sudah dilengkapi dengan manajemen daya yang inovatif dan pelambatan termal yang secara konsisten membantu mencegah panas berlebih untuk menghasilkan kinerja yang mulus dan cepat. WD Black 3D hadir dalam form factor M.2 2280 S3 dan menggunakan antarmuka PCIe 3.0 x4 yang dipadukan dengan protokol NVMe 1.3.

6. Samsung SSD 960 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Samsung SSD 960 Pro adalah SSD yang dirancang khusus untuk komputer kelas atas dan menawarkan arsitektur berbasis cutting-edge 48-layer Samsung V-NAND yang memberikan kinerja generasi berikutnya dalam bentuk M.2 yang lebih ringkas. Produk ini menawarkan kemampuan membaca data 3500 MB/detik dan kecepatan menulis 2100 MB/detik.

Samsung SSD 960 Pro tersedia dalam kapasitas 512 GB dengan harga Rp 4 jutaan, 1024 GB dengan harga Rp 9 jutaan, dan 2048 GB dengan harga Rp 18 jutaan.

7. Adata XPG SX8200 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah salah satu SSD NVMe M.2 berkinerja tinggi dari Adata yang dirancang untuk para gamer, pembuat konten video, dan yang lainnya. Produk ini memiliki kecepatan membaca dan menulis masing-masing hingga 3500 MB/detik dan 3000 MB/detik. Selain itu, Adata SX8200 juga datang dengan efisiensi daya dan penyebar panas XPG hitam yang baik.


Adata merilis produk ini ke pasaran dengan beberapa pilihan kapasitas, mulai dari 256 GB hingga 1 TB. Sebenarnya masih ada opsi 2 TB tapi masih belum direalisasikan. Kamu bisa membeli produk Adata SX8200 dengan harga mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan. XPG SX8200 Pro hadir dalam form factor M.2 2280 dan menggunakan antarmuka PCIe 3.0 x4 untuk terhubung ke sistem host.

8. WD Black SN750

WD-Black-SN750

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mengusung antarmuka PCIe Gen 3 dengan form factor M.2 2280, produk SSD yang dirancang khusus gaming ini memiliki kecepatan baca sebesar 3.400 MB/detik dan kecepatan tulis sebesar 2.900 MB/detik. Anda dijamin akan merasakan peningkatan performa yang cukup signifikan saat bermain game berat.

Produk ini pun hadir dengan opsi heatsink yang dikhususkan untuk desktop PC untuk menjaga suhu komputer berada di tingkatan yang normal. Anda pun bisa bebas memilih salah satu dari varian kapasitas yang beragam, yakni 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Untuk varian 250 GB tanpa heatsink, Anda bisa membelinya sebesar Rp 800 ribuan. Sementara itu, harganya yang tertinggi (2 TB dengan heatsink) adalah sekitar Rp 5 jutaan.

9. Samsung SSD 960 EVO

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selanjutnya ada SSD terbaik dari Samsung lain yang juga akan meningkatkan kinerja PC-mu, yakni SSD 960 EVO. Produk ini sudah dilengkapi dengan interface NVMe ™ yang menyediakan bandwith yang sudah disempurnakan dan teknologi TurboWrite cerdas dari Samsung untuk memberikan kinerja generasi berikutnya.

Kecepatan SSD 960 EVO dalam membaca data adalah 3200 MB/detik, sedangkan kecepatan menulisnya adalah hingga1900 MB/detik. Samsung juga membekali produk ini dengan Thermal Guard untuk mencegah overheating dan melindungi data serta mengoptimalkan kinerja SSD ini. Samsung SSD 960 EVO tersedia dalam kapasitas 250 GB, 500 GB, dan 1 TB.

10. Samsung 950 Pro

Samsung 950 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

SSD Samsung 950 Pro ini memiliki kecepatan membaca dan menulis data masing-masing hingga 2500 MB/detik dan 1500 MB/detik. Teknologi V-NAND yang inovatif di 950 PRO juga mampu meningkatkan daya tahan serta memperpanjang usia pakai dengan isolator yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, 950 PRO juga dilengkapi teknologi Dynamic Thermal Throttling Protection yang dapat mengontrol suhu perangkat untuk mengurangi panas berlebih dan mempertahankan tingkat kinerja berkelanjutan yang tinggi. Produk SSD ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yaitu 256 GB dan 512 GB dengan harga antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Itulah daftar SSD terbaik rekomendasi Carisinyal yang bisa kamu miliki. Dengan fitur yang berbeda-beda dan harga yang tidak sama pula, pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhanmu (dan juga budgetmu).

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. itu yg Kingston Hyper X Predator, gambarnya gambar RAM kak ? hihihi

  2. Judul kontennya gak sesuai dengan artikelnya. Judul “ssd merk terbaik” tapi isinya semua hanya tentang 1 type ssd dari merk tertentu. Apaan gak nyambung. Klo merk harusnya bahas tentang beberapa produk2 ssd dari merk terbaik tersebut untuk semua jenis tipe dan harga. Ini cuma bahas 1 tipe jadi gak sesuai judul. Klo ini judulnya harusnya “tipe ssd terbaik 2020”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *