10 Merk SSD Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2022

Ditulis oleh Linda

SSD berfungsi untuk memberi tambahan kapasitas penyimpanan pada PC atau laptop. Saat ini kamu bisa membeli SSD dengan mudah di pasaran, baik secara daring atau langsung. Berbeda dengan HDD, kamu harus menyiapkan ekstra uang untuk membeli produk ini. Bahkan saking mahalnya, harga sebuah SSD ada yang dibanderol hingga Rp 30 jutaan. Tentu saja performa yang ditawarkannya juga ada yang terbaik.

Supaya kamu tidak bingung memilih SSD terbaik untuk komputermu, maka Carisinyal akan memberikan rekomendasi merek SSD terbaik saat ini. Kami pun akan menyisipkan satu model paling populer dalam setiap merek rekomendasi, sebagai referensi yang up to date. Simak daftarnya sebagai berikut.

1. Samsung

Samsung awalnya bukanlah perusahaan teknologi. Perseroan yang berdiri pada 1938 ini mulanya menjual hasil pertanian, seperti sayuran, buah, dan ikan. Baru pada 1967 Samsung terjun ke industri elektronik, dengan semikonduktor sebagai lini bisnis inti.

Karena itu, kamu pasti tak asing dengan berbagai jenis produk memori dari Samsung. Mulai dari RAM, microSD, hingga SSD. Untuk SSD, dunia mengakui bahwa Samsung adalah salah satu produsen terbaik. Tak ada yang perlu diragukan soal kualitasnya.

Berbicara masalah SSD Samsung mana yang tengah populer, Samsung 980 Pro adalah jawabannya. Samsung mengklaim bahwa ini adalah SSD M.2 NVME dengan antarmuka PCIe 4.0 terkencang di dunia. Kecepatan baca yang ditawarkan bisa sampai 7000 MB/detik. Sementara kecepatan tulisnya bisa mencapai 5100 MB/detik.

Samsung 980 Pro tersedia dalam ukuran 250 GB sampai 2 TB. Varian paling kecil bisa diperoleh dengan harga Rp1 jutaan. Samsung memberi garansi hingga 5 tahun untuk SSD ini.

2. Intel

Inti bisnis Intel adalah prosesor untuk PC desktop dan laptop. Namun, sejak 2008, mereka juga terjun ke dunia memori, khususnya SSD. Masuknya Intel ke bisnis SSD membuat produsen komputer sadar bahwa hardisk adalah bottleneck yang membuat PC desktop dan laptop gagal dalam mencapai performa optimalnya.

Sejak saat itu, Intel melakukan kampanye penggunaan SSD sambil memperbarui katalog produknya di pasaran. Pada 2020, Intel sepakat menjual bisnis SSD-nya ke kompetitor asal Korea Selatan, SK Hynix, kecuali seri memori kelas atas Optane. Proses akuisisi dengan melibatkan dana 9 triliun dolar itu rampung pada 2021.

Produk SSD Intel yang tersisa dan masih cukup populer yakni Intel 660P. SSD M.2 NVME ini dengan interface PCIe 3 ini menawarkan kecepatan baca dan tulis sama, yaitu 1800 MB/detik. Masa pakainya pun panjang, mencapai 1,6 juta jam. Varian 1 TB dijual dengan kisaran harga Rp1 jutaan.

3. Corsair

Corsair memproduksi berbagai macam komponen dan periferal komputer. Ada keyboard, mouse, power supply, kipas, flash disk, RAM, sampai SSD. Semuanya dirancang memadai untuk kebutuhan gaming. Oleh sebab itu, umumnya produk-produk Corsair punya kinerja tinggi.

Salah satu SSD Corsair yang statusnya populer adalah Corsair Force Series MP600. SSD M.2 NVME ini cukup kencang karena kecepatan bacanya menyentuh 4950 MB/detik. Sedangkan kecepatan tulisnya bisa sampai 2950 MB/detik. Kamu tak perlu melihat kenyataan bahwa SSD Corsair Force Series MP 600 memakai arsitektur memori TLC.

Sebab dengan pemutakhiran teknologi ala Corsair, SSD ini bisa dipakai hingga 1,7 juta jam dengan TBW 850 (siklus hapus-tulis dalam terabyte). Varian 500 GB SSD ini dijual dengan harga Rp2 jutaan. Menariknya, Corsair memberi garansi seumur hidup seluruh produk SSD-nya, termasuk Force Series MP600 ini.

4. TeamGroup

TeamGroup adalah merek asal Taiwan yang memang fokus memproduksi memori jenis flash. Mulai dari flash disk, RAM, dan SSD. Perusahaan yang berdiri pada 1997 ini punya beberapa seri kategori produk SSD. Di antaranya adalah T-Create Classic dan T-Create Expert untuk pengguna rumahan dan pekerja profesional. Ada lagi T-Force Gaming buat gamers.

Seluruh SSD dari kategori itu tersedia dalam bentuk 2,5 inci atau M.2. Contoh SSD TeamGroup yang populer adalah T-Create Classic SATA. SSD ini adalah pilihan masuk akal buat kamu yang hendak hijrah dari HDD. Soalnya, dengan banderol Rp1 jutaan, kamu bisa memperoleh SSD ini dengan kapasitas 1 TB.

SSD 2,5 inci ini menawarkan kecepatan yang cukup gegas buat pemakaian sehari-hari. Yakni 550 MB/detik buat kecepatan baca, dan 520 MB/detik buat kecapatn tulisnya. TeamGroup memberikan garansi 3 tahun buat SSD yang punya umur pakai (MTBF) 1 juta jam ini.

5. Western Digital

Siapa yang tidak kenal dengan Western Digital. Ya, perusahaan asal Amerika Serikat ini kondang dengan produk hard disk drive (HDD) WD. Awalnya, Western Digital sangat kukuh dan percaya diri dengan HDD. Karena itu, mereka sempat punya produk SSHD yang merupakan perpaduan SSD dengan hard disk.

Namun, sepertinya itu tidak direspons pasar dengan baik karena tren telah beralih ke SSD. Western Digital akhirnya terjun ke pasar SSD meski masih memproduksi HDD. Keseriusan mereka ke pasar SSD dibuktikan dengan mengakuisisi Sandisk pada 2016.

Kalau mampir ke toko-toko online, kamu bakal menemukan WD Black SN750 sebagai salah satu SSD Western Digital yang populer. Soalnya, ini adalah salah satu SSD M.2 paling murah, harganya kurang dari Rp1 juta buat varian 250 GB.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram