carisinyal web banner retina

Review T-CREATE CLASSIC PCIe SSD, SSD Kencang untuk Para Kreator

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 15 Oktober 2021

TeamGroup, perusahaan penyedia perangkat keras komputer yang sudah berpengalaman, seringkali mengirim kami untuk bahas produk mereka. Kami sudah bahas soal RAM dan SSD besutan mereka. Contohnya adalah RAM  T-FORCE Zeus DDR4 16GB atau SSD T-Force DELTA MAX RGB.

Kali ini, kami juga kedatangan dua unit SSD dari TeamGroup. Yang pertama adalah SSD Portable TeamGroup PD1000 yang sudah kami bahas. Yang kedua adalah yang bakal dibahas pada artikel kali ini, T-CREATE CLASSIC PCIe SSD.

Produk dari TeamGroup memang cukup banyak. Sebagai informasi, TeamGroup merupakan perusahaan asal Taiwan yang sudah berpengalaman dalam menghadirkan perangkat aksesoris komputer. Mereka sering memproduksi hardware seperti SSD, RAM, flash drive, dan lainnya. Mereka memiliki lini produk yang dinamakan T-FORCE, yang biasanya untuk kebutuhan gaming dan T-CREATE, yang fokus untuk kreator.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD sendiri adalah salah satu produk TeamGroup yang menarik. Setidaknya berdasarkan pengalaman kami ketika mengulasi produk ini.

Oh yah, sebagai info tambahan, T-Create punya dua lini produk. Yang pertama adalah T-CREATE Classic dan yang kedua adalah T-CREATE Expert. Versi Expert merupakan produk TeamGroup yang menyasar level enterprise atau perusahaan. Sementara T-CREATE Classic dihadirkan sebagai produk untuk para kreator yang membutuhkan hardware penunjang yang kencang dan stabil.

Kedua lini produk T-CREATE tersebut punya beberapa tipe hardware seperti SSD M.2, SSD 2,5 inch, dan RAM Desktop. Khusus T-CREATE Classic, ada juga produk untuk RAM laptop. Untuk unit yang kami bahas kali ini adalah T-CREATE CLASSIC PCIe SSD yang merupakan produk SSD dengan form factor M.2 Seperti apa produk ini? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD
  • Kapasitas: 1 TB (tersedia opsi 2 TB)
  • Antarmuka: PCIe Gen3x4 with NVMe 1.3
  • Voltase: DC 3,35V
  • Suhu Operasi: 0°C hingga 70°C
  • Form Factor: M.2
  • Berat: 75 gram
  • Dimensi: 80(L) x 22(W) x 3,7(H) mm
  • MTBF: 1.500.000 hours
  • TBW: 600 TB (1 TB), 1000 TB (2 TB)
  • Garansi: 5 tahun garansi terbatas

Berdasarkan informasi spesifikasinya, T-CREATE CLASSIC PCIe SSD hadir sebagai produk dengan form factor M.2 tapi punya antarmuka PCIe Gen3x4 with NVMe 1.3. Hal ini jelas membuat performa SSD ini bakal lebih cepat dibandingkan SSD dengan antarmuka SATA. Soal perbedaan tipe SSD ini, bisa disimak lebih dalam pada artikel yang bahas soal jenis-jenis SSD di Carisinyal.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD sendiri punya versi yang lebih kencang, yakni T-CREATE CLASSIC PCIe 4.0 SSD. Versi ini punya antarmuka PCIe Gen4 x4 with NVMe 1.4 yang lebih kencang dari PCIe Gen3x4 with NVMe 1.3. Namun, T-CREATE CLASSIC PCIe SSD sudah kencang dan mumpuni.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD yang kami ulas ini adalah varian 1 TB. Di pasaran, ada juga varian 2 TB yang tentunya punya kapasitas yang lebih besar tetapi juga punya banderol harga yang lebih mahal.

Konfigurasi Tes

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Sebelum bahas performa, perlu kami sampaikan bawah kami menguji RAM T-CREATE CLASSIC PCIe SSD pada PC dengan prosesor AMD Ryzen 2000 series. Hasil performa tidak menunjukan bahwa ketika SSD ini digunakan pada komputer lain akan menunjukan hasil yang sama. Akan ada sedikit perbedaan tentunya jika SSD ini digunakan di PC atau laptop dengan sepsifikasi yang berbeda.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSDni kami pasang pada perangkat PC dengan spesifikasi berikut ini.

  • Prosesor: AMD Ryzen 3 2200G
  • VGA: MSI Nvidia 1050 Ti 4GB
  • RAM: DDR4 2 X 4 GB
  • Motherboard: MSI B350 PC MATE ·
  • PSU: Simbada

Isi Kotak

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD (5)

Mari bedah terlebih dahulu kotak T-CREATE CLASSIC PCIe SSD. Seperti kotak penjualan SSD M.2 NVMe lainya, tidak ada hal yang spesial dari kotak penjualan. Di bagian depan, akan terlihat informasi soal produk, kapasitas, dan fitur-fitur yang mungkin dianggap sebagai nilai jual.

Bagian bawahnya, ada tulisan "unleash creativity" yang menunjukan bahwa produk ini bisa jadi penunjang agar kreator bisa lebih bebas dalam berkarya. Informasi soal "made for/by Creator" juga jadi higlight di kotak penjualan bersama fitur lainnya. Hal tersebut seolah menunjukan bahwa produk ini akan sangat cocok digunakan para kreator konten seperti video editor, desainer grafis, dan lainnya.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD (6)

Di bagian belakang kotak penjualan, terdapat informasi spesifikasi lengkap dengan keterangan kemampuan baca dan tulisnya. Ada juga ilustrasi gambar cara memasang SSD ini di PC Desktop atau laptop, tentunya jika motherboard-nya mempunya slot M.2 NVMe.

Di bagian bawah ada keterangan soal Teamgroup dan juga stiker garansi lengkap dengan nomor serial. Ada juga informasi yang menegaskan kalau produk SSD ini dibuat di Taiwan.

Desain

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD (1)

Tidak ada yang istimewa dari desain SSD ini. Karena memang kebanyakan desain SSD M.2 NVMe memiliki bentuk yang serupa. Yang membedakan cuman bagian penutup atas dan belakangnya yang biasanya diis dengan informasi merek. Seperti pada T-CREATE CLASSIC PCIe SSD ini yang hadir dengan pelindung warna putih dengan informasi tipe produknya.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD (2)

Sementara di bagian belakang, ada kertas tempel soal informasi yang sebenarnya sudah ada di kotak penjualan. hanya stiker tempel ini disarankan tidak untuk dicabut. Alasannya karena jika dicabut, garansi produknya akan hangus. Karena itu, usahakan selama 5 tahun, sesuai masa garansi yang dijanjikan, tidak usah mencabut stiker tersebut.

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD sendiri punya bobot 11 gram, tergolong ringan seperti SSD NVMe pada umumnya. Dimensi produknya punya panjang 80 mm, lebar 22 mm, dan ketebalan 3,7 mm. Ukuran yang cukup umum untuk sebuah SSD M.2 NVMe.

Fitur

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Informasi soal fitur sebenarnya sudah terlihat jelas di kotak penjualan. Namun, mari bahas lagi sebagai informasi pelengkap. T-CREATE CLASSIC PCIe SSD ini diklaim sebagai produk untuk para kreator yang selalun bekerja multitasking dan membutuhkan produk penunjang dengan desain dan performa yang menarik.

Beberapa hal yang membuat performanya diklaim bagus adalah fitur high stability. Fitur ini bekerja dengan cara menggabungkan pengontrol yang sangat andal dengan firmware stabil. Tujuannya agar produk ini bisa menghasilkan performa yang sangat stabil dalam menangani berbagai pekerjaan.

Ada juga fitur 3D TLC Flash yang dipilih dengan baik (3K P / E Cycle). Fitur ini telah lulus tes ketat untuk memberikan lingkungan kerja terbaik sehingga kreator dapat fokus pada kreasinya tanpa khawatir. Selain itu, SSD ini juga mendukung fitur ECC LDPC (Low Density Parity Check). Fitur ini menghadirkan kemampuantingkat tinggi yang memastikan keamanan dan integritas data dalam menangani berbagai pekerjaan.

Performa

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Selanjutnya, kami menguji performa dari T-CREATE CLASSIC PCIe SSD di PC Desktop dengan spesifikasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Kami mencoba cari tahu lebih dulu soal produk ini melalui Crystal Disk Info. Informasi tersebut bisa disimak pada gambar di bawah ini.

CrystalDisk Info T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Terlihat dari gambar tersebut, bahwa SSD yang kami uji memang benar adalah produk dari Team Group dengan kapasitas 512 GB. Terdapat juga informasi tentang interface SSD ini, yakni SATA antarmuka NVMe dengan mode transfer PCIe 3 x 4.

Dari informasi tersebut juga, diketahui kalau T-CREATE CLASSIC PCIe SSD ini mendukung fitur S.M.A.R.T. Dengan bahasa lebih sederhana, S.M.A.R.T ini adalah fitur untuk memantau, mendeteksi, dan juga melaporkan berbagai masalah yang terjadi storage. Fitur yang sebenarnya cukup umum ada di SSD.

Tidak ada informasi soal TBW (TeraByte Written) dari SSD ini di CrystalDisk. Namun, informasi ini sebenarnya sudah disebutkan di bagian spesifikasi. Di bagian t ersebut ada info soal TBW dari SSD ini yakni 600 TB.

Sebagai informasi tambahan,  SSD merupakan tipe storage yang memiliki batas pemakaian. Batas pemakaian ini ditandai dengan TBW (TeraByte Written) SSD. TBW ini ditandai dengan semakin banyaknya penggunaan menulis data di SSD, maka semakin berkurang umur SSD. Contohnya, jika SSD menampung data sebesar 10 GB, maka SSD tersebut telah melakukan TBW sebesar 10 GB.

Jika TBW SSD tercapai, SSD tersebut tidak dapat menulis data tetapi masih memungkinkan untuk membaca data.Umumnya, TBW SSD tergolong panjang. Biasanya sampai 5 hingga 7 tahun atau bahkan lebih. Dengan TBW 600 TB, jelas kalau produk ini bisa digunakan sangat lama.

Selanjutnya mari bahas performa dari T-CREATE CLASSIC PCIe SSD. Di situs resminya, SSD ini diklaim memiliki kecepatan baca 2.100 MB/ dan kecepatan tulis 1.700 MB/s berdasarkan Crystal Disk Mark. Mari uji sendiri untuk melihat klaim tersebut.

CrystalDisk Mark T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Terlihat dari data di atas, berdasarkan benchmark CrystalDisk Mark 8, SSD ini punya kecepatan baca 2.162 MB/ dan kecepatan tulis 1.701 MB/s. Kecepatannya sedikit lebih tinggi dari hasil yang ditunjukan di situs resminya.

Kami juga menguji kecepatan baca dan tulis SSD ini menggunakan benchmark lain. Kami memakai AS SSD Benchmark 2 untuk melihat kecepatan baca dan tulis dari SSD ini. Hasilnya bisa disimak berikut ini.

A SSD BENCMARK SPEED T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Hasil yang didapatkan sedikit lebih rendah dibandingkan hasil CrystalDisk Mark. Terlihat jika SSD ini punya kecepatan baca mencapai 1.894 MB/s untuk kecepatan baca dan 1.578 MB/s untuk kecepatan tulis. Namun hasil ini tetap menunjukan kalau kecepatan SSD ini tergolong kencang.

Kami juga menguji tes perpindahan data atau copy file memakai AS SSD Copy Benchmark. Berikut hasilnya.

A SSD BENCMARK SPEED COPY DATA T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Terlihat jika SSD ini mampu menangai perpindahan data dengan kecepatan 1026,85 MB/s dalam waktu 1,05 detik untuk file tipe ISO. Terlihat juga informasi tentang kecepatan memindahkan data untuk tipe file program an tipe file gim. Sebagai pembanding, SSD Team Group CX2 Classic SATA punya kecepatan perpindahan data 449,06 MB/s dalam waktu 2,39 detik untuk file tipe ISO.

Kareana fokus untuk kreator, kami menguji SSD ini untuk kebutuhan kreator konten. Kami mengetes render video 4K berdurasi 12 menit. Kami render ke full HD memakai program Filmora yang diinstal di SSD ini.

Tes edit video T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

Hasilnya bisa terlihat di gambar. Waktu render yang dibutuhkan adalah 53 menit. Hasil jelas bakal lebih cepat jika memakai PC dengan spesifikasi yang lebih baik.

Simpulan

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD

T-CREATE CLASSIC PCIe SSD bisa dikatakan sebagai sebuah SSD yang menarik dari sisi performa. Terlebih ada garansi 5 tahun yang membuat SSD ini semakin menarik untuk dibeli. Namun, untuk membeli produk ini, harus merogoh kocek kisaran Rp2 jutaan untuk kapasitas 1 TB.

Produk lain yang sejenis dengan spesifikasi yang sama punya banderol di bawah Rp2 juta. Masalah harga ini tentu bisa jadi kekurangan tersendiri bagi mereka yang punya dana terbatas. Namun, produk ini bisa bersaing dengan produk SSD kelas atas laiinya yang membuatnya bisa jadi pilihan menarik.

Kami bisa menyimpulkan kalau SSD ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya

  • Performa oke dan kencang
  • Fitur dan garansi yang patut diapresiasi
  • TBW yang tinggi

Satu hal yang mengganggu kami sebenarnya adalah fokus produk ini yang untuk kreator. Menurut kami, SSD NVMe dengan gimmick gaming maupun kreator keduanya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. tidak perlu fokus tertentu. Namun, tampaknya TeamGroup punya pandangan tersendiri terkait hal ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram