Carisinyal / Review / Review Asus TUF FX505DU: Laptop Gaming Berkekuatan AMD Ryzen 7

Review Asus TUF FX505DU: Laptop Gaming Berkekuatan AMD Ryzen 7

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bermain gim paling menyenangkan adalah bermain gim yang bisa dilakukan dimana saja. Karena itu, laptop gaming popularitasnya naik signifikan. Hal ini membuat banyak produsen menghadirkan berbagai varian laptop gaming dari yang murah sampai yang mahal. Contohnya, ASUS.

ASUS adalah salah satu produsen yang banyak menghadirkan laptop gaming. ASUS TUF FX505DU salah satunya. Laptop yang satu ini dijual di kisaran harga Rp14 sampai Rp15 jutaan. Harga tersebut tentunya tergolong menarik jika menilik spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop yang punya nama lengkap ASUS TUF Gaming FX505DU ini.

Memang seperti apa spesifikasinya? Di judul, saya sudah memberi petunjuk kalau laptop yang satu ini dibekali AMD Ryzen 7. Tapi, untuk spesifikasi selengkapnya, Anda bisa simak berikut ini. Setelah melihat spesifikasinya, Anda bisa simak pembahasan alias review tentang laptop gaming ini.

Spesifikasi Asus TUF FX505DU

ASUS TUF FX505DU

  • Layar: 15.6-inch FHD (1920 x 1080) Anti-Glare LED-Backlit 120 Hz
  • Processor: AMD Ryzen™ R7-3750H Processor 2.3GHz (6M cache, up to 4.0GHz)
  • Graphic Card: Radeon™ RX Vega 10 Graphics, Discrete Graphic 6GB
  • RAM: 8 GB RAM DDR4 up to 32 GB
  • Storage: 512GB SSD NVME
  • Konektivitas: Integrated 802.11 AC (2×2) 10/100/1000 Base T, Bluetooth V4.2
  • Port: 1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB2.0, 2 x Type-A USB 3.1 (Gen 1), 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI
  • Baterai: 3 Cells 48 Whrs Battery

Desain dan Konektivitas

ASUS TUF FX505DU

Seperti biasa, ulasan sebuah produk biasa dimulai dari desain. Karena sebelum melihat “isi” tentu harus melihat luar terlebih dahulu agar bisa mengerti secara keseluruhan apa yang ditawarkan oleh laptop yang satu ini.

ASUS FX505DU  hadir dengan tipe Gold Steel. Tipe ini datang dengan desain bodi yang terbilang kokoh. Garis desainnya cenderung sederhana tetapi hal ini justru menunjukan kalau laptop ini jadi terlihat sebagai sebuah laptop gaming yang elegan.

ASUS TUF FX505DU

Laptop ini semakin elegan karena bagian permukaan belakangnya terbuat dari bahan metal yang kokoh. Sementara bagian dalam laptop ini masih berbahan plastik. Meskipun masih plastik, tetapi bahannya ini tidak menunjukan kalau laptopnya terasa ringkih tetapi justru kokoh.

Ketika dipegang bagian bodi laptop ini, terasa sekali kekokohannya. Terasa sekali kalau laptop ini cukup kokoh. Apalagi, laptop ini sudah mendapat sertifikasi MIL-STD-810G yang menegaskan kalau laptop ini memang benar-benar tangguh.

Informasi soal sertifikasi ini terlihat di sticker yang menempel di sebelah kanan touchpad. Di stickter tersebut, terdapat informasi fitur-fitur yang dimiliki oleh laptop ini.

ASUS TUF FX505DU

Fitur-fitur tersebut adalah IPS-Level NanoEdge Display, layar dengan refresh rate 120Hz, HyperCool Technology, DTS7.1-channel Surround Sound, AURA RGB Keyboard, dan sertifikasi MIL-STD-810G.

Dengan adanya sertifikasi MIL-STD-810G, ASUS TUF FX505DU berarti sudah melewati berbagai tes ketahanan kelas militer. Berdasarkan informasi di situs ASUS, laptop ini ternyata berhasil selamat dari berbagai kondisi termasuk paparan radiasi matahari, ketinggian tinggi, dan suhu ekstrem.

Artinya, laptop ini bisa tetap kokoh ketika digunakan sehari-hari. Walaupun dalam penggunaan, terjadi ketidaksengajaan jatuh dari atas meja atau sedikit terkena benturan. Jadi, untuk Anda yang selalu khawatir akan ketahanan sebuah laptop, ASUS TUF FX505DU bisa jadi solusi yang tergolong menarik.

ASUS TUF FX505DU

ASUS TUF FX505DU datang dengan dimensi 36 x 26,2 x 2,5 cm. Menilik dimensinya, ketebalan laptop ini tergolong standar untuk sebuah laptop gaming.

Untuk beratnya, laptop ini memiliki berat 2,2 kg yang bisa dikatakan tidak terlalu berat. Tentu tidak relevan jika dibandingkan ultrabook yang cenderung memiliki berat kisaran 1 kg.

Untuk sebuah laptop gaming, bobot laptop ini masih kategori wajar. Meskipun beban akan sedikit agak berat karena charger atau power adaptor laptop ini cukup besar. Untuk dibawa berpergian memang akan terasa berat tetapi masih dalam bentuk wajar. Apalagi jika Anda memang terbiasa membawa tas dengan bebas yang berat.

ASUS TUF FX505DU

Satu hal yang saya suka dari desain laptop ini, adalah keempat sudutnya yang berbentuk diagonal tegas, bukan melingkar. Hal ini memberi kesan yang menarik dan membuat laptop semakin tambah gagah.

Kalau menelisik dari sisi kanan, laptop terasa sekali kesederhanaan nan tegas yang hadir di laptopnya. Sebabnya, di bagian sisi kanan, tidak ada port, kecuali Kensington Lock yang keberadaannya tidak terlalu menonjol.

ASUS TUF FX505DU

Sebenarnya pada bagian ini, akan lebih menarik menambah port mengingat jumlah port yang ada di laptop ini bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Tetapi sebenarnya sudah cukup. Ketiadaan port di sisi kanan ini sebenarnya bisa dimaklumi karena ASUS ingin bagian kanan tidak terlalu mengganggu tangan kanan yang banyak memakai mouse.

Lalu, ada apa saja port di laptop ini? Untuk mengetahuinya, mari simak di sisi sebelah kanan dari laptop ini.

ASUS TUF FX505DU

Seperti terlihat pada gambar di atas, di bagian kanan terdapat port yang terdiri dari port charging, port RJ45, HDMI, USB 2.0, 2 x USB 3.1, dan port audio untuk headset atau mikrofon. Tentu akan lebih menarik jika menambah port USB Type-C atau menambah jumlah port USB 3.1 di sebelah kanan.

ASUS TUF FX505DU

Untuk bagian belakang bodi laptop ini, ternyata ada dua buah lubang ventilasi udara. Hadirnya dua ventilasi di laptop ini karena laptop ini memiliki dua kipas di dalamnya. Untuk membuktikannya, mari buka bagian belakang laptop ini.

ASUS TUF FX505DU

Seperti terlihat di atas yang merupakan ada dua buah kipas, di kanan dan kiri. Kipas ini hadir dengan teknologi HyperCool, seperti yang tertulis di sticker bodi laptop ini. Dengan teknologi tersebut, kipas ini bisa menyesuaikan kecepatannya secara otomatis ketika main game.

Di gambar tersebut, terlihat ada RAM, yang cukup dekat dengan kipas sebelah kiri. RAM di laptop ini sendiri hadir dengan RAM 8 GB DDR4 yang bukan onboard. Ada slot tambahan untuk menambah RAM sehingga membuat laptop ini bisa upgrade ke 32 GB

Sementara di sebelah atas kipas kiri, yang bersebelahan dengan baterai, terdapat satu slot kosong. Slot ini bisa diisi oleh storage HDD atau SSD tipe 2,5 inci.

Keyboard, Touchpad, dan Armoury Crates

ASUS TUF FX505DU

Selanjutnya, mari bahas soal touchpad dan keyboard. Mari bahas soal touchpad terlebih dahulu. Mengapa touchpad? Karena touchpad di laptop ini tidak ada hal yang terlalu istimewa. Meskipun begitu, touchpad di laptop ini tergolong nyaman ketika digunakan.

Sekarang, mari bahas soal keyboard di ASUS TUF FX505DU. Keyboard ini hadir dengan layout full size. Tipe keyboard ini mirip dengan keyboard yang ada di seri ASUS TUF Gaming lainnya.

Keyboard ini memiliki tombol WASD yang berwarna putih dan lebih mencolok. Tujuannya tentu untuk memudahkan saat bermain gim. Mengingat tombol WASD adalah tombol yang sering digunakan untuk bermain gim di PC Desktop atau laptop.

ASUS TUF FX505DU

Keyboard di laptop ini tergolong nyaman digunakan. Dengan key travel 1,8 mm, mengetik di laptop ini terasa nyaman dan enak. Tidak perlu takut juga dengan ketahanan keyboard laptop ini.  ASUS sendiri mengklaim jika keyboard laptop ini hadir dengan fitur overstroke technology dan ketahanan tekanan sampai 20 juta kali.

keyboard ASUS TUF FX505DU

Seperti terlihat pada gambar di atas, laptop ini menawarkan AURA RGB. Hal ini berarti kalau laptop sudah dibekali dengan LED Backlight. Hanya saja lampu LED Backlight ini satu zona warna saja alias warnanya serupa di tiap tombol keyboard.

ASUS TUF FX505DU 

LED Backlight di keyboard ini sangat membantu ketika memakai laptop ini di kondisi gelap. Ketika saya ajak laptop ini untuk bermain gim maupun mengetik dan internetan, pengalamannya tergolong menyenangkan karena LED Backlight sangat membantu menerangi tombol keyboard sehingga saya tidak salah mengetik keyboard yang tepat.

ASUS TUF FX505DU

Meskipun LED Backlight hanya satu zona warna, LED backlight ini bisa diatur warnanya sesuai keinginan kita. Untuk mengaturnya, Anda perlu membuka Armoury Crates.

Di Armoury Crate ini, terdapat empat pengaturan cahaya di keyboard (static, breathing, strobing, dan color cycle. Ada juga pengaturan untuk mengubah siklus warna di keyboard laptop ini jika memilih opsi efek color cycle.

Armoury Crates ASUS TUF FX505DU

Hadirnya Armoury Crate ini tentu membuat laptop ini terasa sekali sebagai sebuah laptop gaming yang keren dan menarik. Memang gimmick RGB di laptop ini tidak terlalu banyak tetapi justru hal ini adalah sesuatu yang bagus.

Armoury Crate juga bisa digunakan untuk profil penggunaan laptop ini. Anda bisa memilih profil silent, balanced, dan turbo.

Armoury Crates ASUS TUF FX505DU

Jika menggunakan laptop ini untuk internetan, mengetik, dan kerja ringan, opsi silent mode bisa jadi pilihan. Sementara mode balanced bisa digunakan untuk kerja yang agak berat. Dan mode turbo tentu bisa dipilih ketika ingin menjalankan gim yang tergolong berat. Hanya saja mode turbo akan membuat kipas berputar lebih kencang.

Hadirnya fitur Armoury Crate tentunya membuat laptop ini semakin menarik. Apalagi, untuk pengaturan performa yang membuat Anda bisa lebih bebas menentukan mode seperti apa yang ingin Anda jalankan ketika ingin membuka aplikasi atau gim tertentu.

Layar

ASUS TUF FX505DU

Asus TUF FX505DU hadir dengan layar 15,6 inci dengan resolusi full HD. Layarnya ini sudah memakai LED-backlit dengan teknologi NanoEdge Display. Teknologi membuat bezel laptop ini jadi lebih tipis, yakni 5,5 mm.

Dengan bezel yang lebih tipis, laptop ini bisa menghadirkan visual yang menarik Betapa tidak, bezel sisi kanan dan kiri laptop ini tidak lebar dan membuat layar terlihat kompak. Bezel bagian atas juga cenderung tipis dan cukup muat untuk sebuah web cam.

ASUS TUF FX505DU

ASUS TUF FX505DU

Layar laptop ini mampu menghadirkan visual yang cerah. Layarnya tergolong enak dan cukup jelas dilihat dari sudut pandang manapun. Penggunaan panel IPS tentu paling berpengaruh yang membuat sudut pandang laptop terlihat bagus dari sudut manapun.

Untuk dipakai nonton, jelas visual laptop ini tergolong cerah. Sayangnya, layar di laptop ini hanya menawarkan 45% NTSC yang tentu akan sangat berpengaruh untuk kreator desain dan editor video. Tetapi hal ini tidak akan terlalu terasa jika fokus penggunaan laptop ini untuk main gim, nonton video, maupun kerja kantoran.

ASUS TUF FX505DU

ASUS TUF FX505DU

ASUS TUF FX505DU

Meskipun menawarkan 45% NTSC, laptop ini sudah hadir menawarkan panel IPS-level dengan refresh rate 120Hz. Dukungan layar refresh rate 120Hz jelas membuat laptop ini mampu menampilkan gameplay super smooth dengan blur gerakan minimal.

Teknologi NanoEdge Display yang dipadukan dengan panel IPS-level refresh rate 120Hz jelas membuat layar laptop ini tergolong oke. Teknologi visual yang ada di laptop ini menawarkan visual warna yang konsisten meski dilihat dari sudut pandang lain.

Performa CPU

AMD RYZEN-+-BENERANCEPAT

 

Yang benar-benar jadi daya tarik dari laptop ini adalah prosesor yang digunakan. Laptop ini dibekali dengan prosesor dari AMD, AMD Ryzen 7 3750H. Prosesor ini hadir dengan 4 Core yang memiliki kecepatan kecepatan mencapai 4.0Ghz.

Di dalam prosesor ini juga, hadir pengolah grafis terintegrasi AMD Radeon RX Vega 10 yang performanya sangat baik dan membantu prosesor dalam menangani berbagai tugas komputasi.

Kombinasi prosesor Ryzen 7 dan Radeon RX Vega 10 di laptop ini memberi pengalaman tersendiri. Saya bisa menjalankan berbagai aplikasi di laptop ini dengan sangat cepat dan baik. Saya pun tidak ragu dengan tagar #BENERANCEPAT yang AMD promosikan terkait prosesornya ini.

Sebagai informasi, ASUS TUF FX505DU ini hadir pula dengan kartu grafis tambahan (discrete graphic). Hanya saja, pada mode penggunaan biasa, performa grafisnya banyak mengandalkan performa dari Radeon RX Vega 10. Tentu untuk bermain gim atau membutuhkan tenaga yang lebih cepat, discrete graphic akan bekerja.

Pada pengujian synthetic benchmark di laptop ini, mode yang dipilih adalah silent mode, sehingga benchmark seperti PCMARK 10 akan menilai performa AMD Ryzen 7 dan Radeon RX Vega 10. Untuk skornya, bisa simak pada gambar di bawah ini.

benchmark pcmark10 asus tuf fx505du

Terlihat dari gambar tersebut, jika AMD Ryzen 7 dan Radeon RX Vega 10 dapat menghasilkan skor sebesar 3.824. Skor ini tergolong tinggi dan kencang untuk menjalankan berbagai aplikasi berat.

Synthetic benchmark lainnya, yakni Novabench, memberi skor pada laptop ini dengan nilai 626 untuk CPU. Sementara untuk GPU, skor yang diberikan adalah 467.

NOVABENCH asus tuf fx505du

Skor GPU, seperti pada gambar di atas adalah skor GPU AMD Radeon RX Vega 10. Skor tersebut terbilang tinggi untuk sebuah pengolah grafis terintegrasi. Sebagai informasi pembanding, saya pernah menguji Novabench pada laptop dengan discrete graphic yang tergolong mumpuni untuk main gim. Skor Novabench yang didapatkan untuk GPU tersebut adalah 283.

Tentu mengandalkan 2 benchmark sintetis saja akan terasa kurang. Karena itu, saya juga melakukan benchmark sintetis lain, yakni menggunakan Cinebench R15 di laptop ini pada mode balanced. Hasilnya, bisa disimak pada gambar di bawah ini.

Cinebench CPU ASUS TUF FX505DU

Cinebench CPU ASUS TUF FX505DU Mode Balanced

Pada pengujian pertama, saya bisa mendapatkan skor 754 cb. Skor yang tergolong tinggi untuk mode balanced. Pengujian kedua sampai kesepuluh, skor yang didapatkan stabil di bawah 700 cb. Dua kali, nilainya naik di atas 700 tetapi kebanyakan berada di bawah 700.

Saya juga sempat melakukan benchmark Cinebench R15 di laptop ini menggunakan mode turbo. Skornya sebenarnya tidak terlalu jauh,yakni di 700-an. Hanya saja, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketika mode turbo diaktifkan, kipas berputar lebih kencang dan cenderung berisik.

Selain itu, saya juga melakukan tes render menggunakan Blender. Tes Blender yang saya uji memakai metode tes render image dari gambar BMW menggunakan CPU alias memakai AMD Ryzen 7.

Blender Render BMW Image asus tuf fx505du

Blender ini mengetes seberapa lama, sebuah sistem dalam melakukan render grafis. Dan untuk ASUS TUF FX505, waktu yang dimakan mencapai 10 menit 18 detik. Durasi waktu ini tergolong  cukup bagus.

Biasanya jika Blender tes memakan waktu lebih dari 10 menit (untuk simulasi tes yang sama), misalnya 11 menit ke atas, hasilnya bisa dibilang cukup lama. Karena itu, durasi waktu yang didapatkan oleh ASUS TUF FX505 pada pengujian Blender Image ini tergolong bagus.

Selanjutnya, saya melakukan benchmark menggunakan Geekbench 5. Saya jarang memakai benchmark ini untuk laptop tetapi tidak ada salahnya untuk digunakan dan bisa jadi benchmark tambahan untuk review laptop selanjutnya.

Geekbench 5 asus tuf fx505du

Hasil benchmark Geekbench 5 bisa terlihat pada gambar di atas. Dapat dilihat, kalau prosesor di laptop ini memiliki skor single-core 472 dan skor multi-core 2.583. Saya belum bisa bilang bagus atau tidak, tetapi menilik angkanya yang tinggi, kecenderungannya positif.

Performa Grafis

Game Apex di ASUS TUF FX505DU

Asus TUF FX505DU dibekali dengan discrete graphic 6 GB, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kartu grafis ini bakal bekerja ketika laptop membutuhkan performa maksimal, terutama untuk bermain gim.

Untuk melihat performa dari kartu grafis yang ada di laptop ini, saya melakukan tes OpenGL di memakai Cinebench R15. Hasilnya, bisa disimak pada gambar di bawah ini.

CINEBENCH R15 OPENGL TURBO MODE asus tuf fx505du

Di gambar tersebut, terlihat kalau kartu grafis yang ada di ASUS TUF FX505DU memiliki nilai 55,5 fps. Angka ini tergolong bagus, meski belum mendekati angka 6o fps.

Tentu untuk gambaran performa dari kartu grafis di laptop ini, perlu pengujian langsung. Karena itu, saya menjalankan sebuah gim untuk menilik performa keseluruhan dari laptop ini, terutama kombinasi AMD Ryzen 7 dan discrete graphic 6 GB yang ada di laptop ini.

ASUS TUF FX505DU

Gim yang saya tes adalah gim APEX Legends. Gim ini bisa dimainkan dengan pengaturan grafis rata kanan. Gim ini ternyata dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan FPS di kisaran 120 fps.

Tentu skor 120 fps adalah skor yang tinggi. Apalagi skor fps ini bisa terintegrasi dengan refresh rate 120 Hz pada layar. Efeknya, pengalaman bermain gim jadi lebih menyenangkan, karena visual yang ditampilkan benar-benar smooth. 

Oh yah, jangan lupakan juga, ketika diajak bermain gim, laptop ini akan menjalankan kipasnya untuk mendinginkan prosesor dan GPU. Tujuannya agar CPU dan GPU memiliki suhu yang terjaga yang berpengaruh kepada pengalaman bermain yang lebih tenang tanpa khawatir naik suhu.

Storage

ASUS TUF FX505DU

Selanjutnya, mari bahas soal storage atau penyimpanan yang ada di laptop ini. Storage yang digunakan di laptop ini adalah SSD M.2 NVMe yang tentu akan saya apresiasi. Ingat, “No SSD No Party”.

Penggunaan, SSD sangat diperlukan untuk kebutuhan komputasi zaman sekarang. Tidak hanya untuk bermain gim saja, tetapi juga untuk tugas komputasi lain, SSD bisa menawarkan performa yang lebih baik. Contohnya adalah SSD berkapasitas 512 GB (terbaca 476 GB) yang ada di laptop ini.

crystall disk mark ssd asus tuf fx505du

Gambar di atas adalah gambar dari tes CrystalDiskMark. CrystalDiskMark ini banyak digunakan untuk menguji kecepatan baca dan tulis HDD maupun SSD. Dan untuk SSD yang ada di ASUS TUF FX505DU, skor yang didapatkan adalah 1.725 untuk kecepatan bacanya dan 966 untuk kecepatan menulisnya.

Apakah skor tersebut bagus? Saya bisa bilang lebih dari cukup. Skor CrystalDiskMark untuk SSD kelas atas bisa mencapai tiga ribuan lebih untuk kemampuan bacanya. Tetapi untuk sebuah laptop gaming di kelasnya, skor SSD yang didapatkan oleh laptop ini sudah tergolong lebih dari cukup.

Baterai

ASUS TUF FX505DU

ASUS TUF FX505DU menggunakan baterai  3-Cell 48 Wh Battery dan power adaptor dengan daya 180 watt. Baterai di laptop ini tergolong cukup oke, tentu untuk ukuran sebuah laptop gaming. ASUS sendiri melakukan tes performa baterai laptop ini dengan hasil yang bisa dilihat pada gambar berikut.

performa baterai ASUS TUF FX505DU

Tentu hasil akan berbeda seperti di gambar, karena spesifikasi yang biasanya sedikit berbeda. Contohnya, pada pengujian yang dilakukan ASUS, RAM yang digunakan adalah dual channel 32 GB. Sementara ASUS TUF FX5O5DU yang saya uji memakai RAM 8 GB.

Karena itu, saya akan memaparkan penggunaan baterai laptop ini berdasarkan pengalaman saya. Untuk penggunaan mengetik, internetan, sambil membuka video Youtube, baterai laptop ini bisa berkurang 89% dalam waktu 4 jam 24 menit. Bisa dibilang, daya tahan baterai laptop ini cukup mendekati 5 jam.

Di lain kesempatan, saya menonton video HD dengan durasi 40 menit. Laptop dalam keadaan internet mati alias “airplane mode”. Sementara tingkat kecerahan layarnya sedang. Hasilnya, baterai hanya berkurang 15% saja.

Sementara untuk waktu pengisian daya, tergolong umum. Dari daya 11% tersisa sampai 100%, hanya dibutuhkan waktu satu jam setengah. Dari hasil tersebut, asumsi saya,jika baterai mencapai 0%, dan diisi sampai 100%, waktu yang dibutuhkan bisa mendekati 2 jam.

Bagaimana untuk bermain gim? Saya tidak menyarankan bermain gim menggunakan baterai. Hal ini akan membuat daya cepat terkuras dan performa bermain gim tidak maksimal. Karena itu, untuk bermain gim, selalu pastikan laptop terhubung dengan daya listrik.

Simpulan

ASUS TUF FX505DU

ASUS TUF FX505GD dapat dikatakan seebagai sebuah laptop yang mumpuni untuk digunakan bermain gim maupun untuk pekerjaan lainnya yang lebih berat. Untuk kebutuhan desain maupun mengedit video, laptop ini juga tergolong bagus. Hanya saja, Anda harus berkompromi dengan layar yang hanya NTSC 45%.

Setelah menggunakan laptop ASUS TUF FX505GD dan menguji, saya bisa menyimpulkan beberapa poin menarik dari laptop ini. Poin-poin tersebut sebagai berikut.

  • Desain Simpel tanpa banyak gimmick
  • Bodi kokoh dan ketahanan bodi berkat sertifikasi MIL-STD 810G
  • Keyboard LED AURA
  • Profil performa di Armoury Crate
  • Layar refresh rate 120Hz dengan bezel yang tipis
  • Performa AMD Ryzen 7 dan Radeon RX Vega 10 yang kencang 
  • Performa GPU yang sudah mumpuni untuk memainkan gim 
  • Pendingin HyperCool Technology (meskipun agak berisik) 
  • DTS 7.1 Surround 

Untuk poin terakhir, yakni DTS 7.1 Surround menjadi satu kelebihan menarik dari laptop ini. Mengapa? Karena suara yang dihasilkan tergolong kencang dan jernih dan enak di dengar.

Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda tertarik meminang ASUS TUF FX505DU? Jika tertarik, pastikan Anda menyiapkan dana di kisaran Rp15 juta untuk meminang laptop ini.

Satu saran terakhir, jika sudah membeli laptop ini, sebaiknya, segera membeli RAM tambahan, minimal 8GB. Tujuannya agar kemampuan RAM bisa dual channel 16 GB. Terlebih performa AMD Ryzen 7 akan lebih optimal jika memakai RAM dual channel.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Kemana gpu nvidia nya? Ga diriview 😑😑😑😑

    1. itu di bagian performa grafis ada kok, nilai dari Cinebench R15-nya. Skor itu udah cukup sih menggambarkan performa grafisnya

  2. utk gem ets2 v1.38 , gmn bang performanya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *