Carisinyal / Earphone / Ini Dia Cara Menggunakan Headset Bluetooth yang Benar

Ini Dia Cara Menggunakan Headset Bluetooth yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sepertinya saat ini sudah mulai banyak ya jenis headset Bluetooth yang bermunculan di pasar, posisi headset ini mulai menyingkirkan headset kabel yang dianggap repot karena setiap ditaruh di dalam tas atau saku celana, pasti berakhir kusut kayak benang.

Ini kenapa, khususnya kaum milenial, banyak yang lebih prefer untuk menggunakan headset berbasis Bluetooth; meski masih banyak juga yang menggunakan Headset berkabel.

Headset Bluetooth

Headseat Bluetooth (Copy)

*Source: Runner’s World

Perangkat pelengkap gawai kalian ini pertama kali ditemukan di tahun 1997 dan mulai dipatenkan sebagai sebuah produk yang bisa dijual ke pasar di tahun 2003 dan dipakai oleh beberapa industri besar seperti Nokia, Intel, Ericsson, Toshiba dan IBM. Semenjak itu, headset Bluetooth menjadi semakin berkembang hingga hadirnya Airpods di tahun 2016.

Airpods (Apple) akhirnya membuat pengembang bisnis lainnya mulai membuat produk serupa sehingga menjamurnya banyak headset Bluetooth selain Airpods semacam Galaxy Buds (Samsung), Airdots (Xiaomi), Enco (Oppo), Freebuds (Huawei) dan masih banyak lainnya. Apakah diantara pembaca Carisinyal sudah mulai menggunakan perangkat tersebut?

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Carisinyal akan coba memberitahu kalian cara penggunaan beberapa headset Bluetooth yang sudah disebutkan diatas. Beberapa penggunaanya ada yang sama persis, namun lainnya ada yang berbeda. Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Airpods

Headseat Bluetooth_Airpods (Copy)

Airpods saat ini sudah memasuki gen 2 yang sudah mengalami banyak pembaharuan dari edisi pertamanya. Airpods gen 2 ini terdapat H1 prossesor yang sudah mendukung opsi bantuan ‘Hey Siri’, konektivitas Blueetooth 5, memiliki daya untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan lebih lama.

Bahkan apabila perangkat kalian sudah mendukung iOS  13.2, kalian bisa meminta Siri mendikte pesan yang akan kalian balas. Canggih bukan? Jika kalian pengguna produk Airpods sebagai perangkat pelengkap gawai Apple kalian (iPhone, iPad, iPod, Apple Watch, MacBook, iMac), ini dia langkah-langkah mudah untuk menggunakan Airpods.

  1. Buka perangkat iPhone atau iPad kalian
  2. Airpods dilengkapi dengan charging case untuk mengisi daya; buka dulu charging case Airpods lantas dekatkan dengan produk Apple kalian
  3. Secara otomatis, iPhone atau iPad kalian akan mendeteksi Airpods tersebut
  4. Ketuk opsi yang ada di layer iPhone atau iPad kalian untuk mengaktifkan Airpods
  5. Ta-Da! Kini Airpods sudah aktif dan bisa dipakai.

Apakah Airpods ini bisa dikoneksikan dengan perangkat selain Apple? Android contohnya. Jawabannya, ya bisa! Dengan catatan, perangkat Android kalian sudah mendukung Bluetooth 4.0.

2. Galaxy Buds

Headseat Bluetooth_Galaxy Buds (Copy)

Headset Bluetooth keluaran Samsung ini berbentuk imut sekali seperti kacang. Saat ini Samsung Electronics mengeluarkan 3 varian untuk headset Bluetooth mereka; yaitu Galaxy Buds, Galaxy Buds + dan yang terakhir Galaxy Buds Live. Meski fungsi utamanya sama yaitu ‘perpenajangan’ pendengaran kita, namun tiap varian sudah memiliki pembaharuannya sendiri.

Untuk cara pemakaiannya tidak jauh berbeda dengan headset Bluetooth lainnya;

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah memasang buds dengan benar, fitur touch-sensitive pada buds akan menyala sebagai indikasi bahwa buds telah terpasang di telinga dan terhubung dengan gawai Android anda.
  2. Panel sentuh yang terdapat dalam bagian luar buds memungkinkan anda untuk mengatur musik
  • 1 ketukan pada panel berarti memulai atau jeda lagu yang dimainkan
  • 2 ketukan pada panel berarti melanjutkan lagu berikutnya dalam playlists kalian
  • 3 ketukan pada panel berarti kalian memutar lagu sebelumnya
  • 1 ketukan dan menahan panel berarti mengontrol volume
  • 2 ketukan dan menahan panel berarti kalian mengaktifkan Bluetooth pairing.
  1. Sedangkan untuk menerima atau mengakhiri panggilan yang masuk, pengguna hanya tinggal mengetuk panel sentuh sebanyak 2 kali.
  2. Galaxy Buds ini memiliki baterai yang cukup lama untuk dipakai; total waktu sebelum baterai habis semasa pemakaian sampai 6-7 jam
  3. Saat Galaxy Buds kalian habis baterai ada lampu indikator yang bisa kalian lihat sebagai acuannya. Hijau berarti kapasitas baterai masih penuh sampai 60%, kuning; dibawah 60% sampai 30%, sedangkan merah; 30% atau lebih rendah.

3. Enco

Headseat Bluetooth_Enco (Copy)

Tidak mau ketinggalan, brand sekelas OPPO ‘pun meluncurkan headset berbasis Bluetooth yang diberi nama Enco. Seperti yang sudah diinformasikan diatas, Enco ‘pun memiliki kegunaan untuk mendengarkan musik dan menerima panggilan atau notifikasi yang masuk ke dalam ponsel kalian

Enco sendiri sudah menggunakan chip Bluetooth 5.0 yang sama seperti Airpods. Chip ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan terhadap gangguan sinyal yang kadang terjadi sehingga pelanggan bisa terus mendengarkan lagu atau menerima panggilan tanpa adanya gangguan. Enco ini pun tahan terhadap air dan debu. Tak perlu khawatir kalau kalian kehujanan!

Untuk cara penggunaan Enco hampir sama dengan Galaxy Buds yang sudah memiliki fungsi fitur touch-sensitive pada panel headset;

  1. Buka penutup charging case headset dan lakukan pairing
  2. Setelah terkoneksi, kalian sudah bisa mendengarkan musik atau menerima panggilan.
  3. Untuk menyalakan musik atau menjedanya, kalian hanya perlu mengetuk satu kali; sedangkan untuk mengubah track, kalian tinggal mengetuk panel sebanyak 2 kali. Mau mengubah volume? Mudah, kalian hanya perlu mengetuk dan menahan panel.
  4. Menerima panggilan atau mengakhirinya? Ketuk dua kali. Sedangkan untuk mengaktifkan asisten suara, kalian perlu mengetuk panel sebanyak 3 kali
  5. 6 jam pemakaian, lampu indikator akan berkedip memberitahu pengguna apabila akan habis.

4. Freebuds

Headseat Bluetooth_Freebuds (Copy)

Huawei mengeluarkan produk headset bluetoothnya bernama Freebuds, namun ukuran headset ini masih bisa dibilang sangat besar. Di saat 3 brand lainnya menggunakan single headset/buds sebagai headset Bluetooth mereka, maka Freebuds masih menggunakan headphone. Meski demikian performa dan fitur yang ditawarkan tidak kalah canggih dengan brand lainnya.

Memiliki 2 antena, noise-cancelation, bisa digunakan oleh 2 device sekaligus, 24 jam pemutar music selama 60 menit pengisian daya. Canggih bukan? Oh iya, di saat yang lain lebih megedepankan fitur ketuk dan tahan, freebuds beda sendiri; ia menggunakan fitur usap dan geser pada area responsif. Beginilah cara penggunaannya;

  1. Freebuds memiliki fitur Auto Search, begitu diaktifkan, ponsel kalian akan langsung mengeluarkan animasi yang mengindikasikan bahwa freebuds mencoba terhubung pada ponsel, dalam 1 ketukan perintah aktivasi, maka Freebuds sudah bisa digunakan.
  2. Geser ke atas/ke bawah untuk mengatur volume suara
  3. Geser ke kiri/ke kanan untuk melanjutkan atau memutar ulang lagu yang dimainkan
  4. Ketuk dua kali untuk memutar, menjeda musik, melakukan dan mengakhiri panggilan
  5. Tekan area responsif selama dua detik untuk mengaktifkan asisten suara atau menolak panggilan yang masuk

Kendala yang Sering Terjadi dan Cara Penanggulangannya

Headseat Bluetooth_Problems (Copy)

*Source: Kenny Zhi Yao Chan

Kendala yang kerap terjadi adalah failed menyambungkan headset Bluetooth dengan gawai para penggunanya. Ini diakibatkan gawai tidak responsif atau Bluetooth tidak berfungsi tiba-tiba. Namun jangan khawatir, Carisinyal akan membantu kalian untuk mengakali dan menanggulangi kendala tersebut.

Untuk masalah Airpods, kalian bisa melakukannya dengan mudah. Apabila tidak bisa melakukan pairing; kalian bisa kembali memasukan Airpods kalian ke dalam charging case tunggu 10 detik dan mulai pairing kembali. Masih tidak bisa? Non aktifkan terlebih dahulu Bluetooth di gawai kalian dan mulai kembali.

Untuk Airdots dari Xiaomi, kita harus mengaturnya agak lebih rumit dibanding Airpods. Pertama kalian harus mengeluarkan kedua buds dari charging case, lantas tekan tombol buds sampai keduanya berkedip merah. Sesudah itu, tekan kembali masing-masing buds sampai lampu berkedip merah putih sebanyak dua kali; proses ini akan mereset buds kalian.

Setelahnya, kalian bisa mengambil buds sebelah kiri, menekannya kembali hingga berkedip cepat, lakukan juga untuk buds sebelah kanan. Voila! Masalah selesai.


Itu tadi cara penggunaan dari masing-masing headset Bluetooth dari beberapa brand terkenal. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian bisa jadi lebih mudah menggunakannya dan bisa mengatasi masalah umum yang kerap timbul dalam pemakaian headset Bluetooth itu sendiri.

Oh iya, di antara banyak headset Bluetooth yang bermunculan, mana nih brand atau jenis headset Bluetooth yang kalian suka? Tulis di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *