Yuk, Kenali Beberapa Kelebihan dan Kekurangan OPPO A54!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

OPPO Indonesia merilis ponsel seri A terbarunya pada Maret 2021. Ponsel tersebut adalah OPPO A54 yang dijual dengan kisaran harga Rp2,7 juta, untuk varian memori internal 128 GB dengan RAM 4 GB. Jika dilihat dari penamaannya, ponsel ini adalah penerus dari OPPO A53.

Namun, mengutip laman Kompas, PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, menyebut bahwa OPPO A54 adalah suksesor dari OPPO A31. Kemunculan OPPO A54 tentu saja penting buat OPPO dalam menghadirkan smartphone terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Terlebih, ponsel seri A menyumbang 40-50 persen penjualan OPPO di Indonesia. Berkat seri A pula OPPO bisa menjadi salah satu penguasa pangsa pasar smartphone di Indonesia. Karena itulah Carisinyal akan mencoba menyajikan ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO A54 dalam artikel ini.

Ulasan ini dapat kamu jadikan referensi untuk memberikan penilaian atau jadi landasan sebelum meminang si ponsel. Sebelum ke pembahasan, yuk simak spesifikasi singkat OPPO A54 sebagai berikut:

Spesifikasi OPPO A54

Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A54

Kelebihan adalah alasan utama mengapa ponsel dinilai baik dan layak untuk dibeli. Beberapa poin di bawah ini akan menggambarkan kelebihan OPPO A54 ditinjau dari berbagai sisi. Mari simak satu per satu!

1. Desain Segar, Tahan Cipratan Air

OPPO A54 memiliki rupa yang berbeda dari OPPO A53 maupun A31. Sorotan utamanya tentu saja ada di bagian belakang dari si ponsel. Hal pertama yang dapat kamu sadari adalah ponsel ini mampu memunculkan kesan elegan. Sebab, tidak ada aksen neko-neko selain tulisan "OPPO" di pojok kanan bawah.

Kemudian, pilihan warna yang tersedia bisa jadi cocok untuk semua usia, yakni Starry Blue dan Crystal Black. Kedua pilihan warna berjenis glossy yang mengilap ketika kena terpaan cahaya. Khusus Starry Blue, ia bisa memperlihatkan efek pelangi. Adapun penutup belakangnya terbuat dari bahan plastik polikarbonat.

Hal kedua yang unik adalah modul kamera belakang. Susunan kamera belakang OPPO A54 tidak sama dengan A53 dan A31 yang memanjang ke bawah. Kini OPPO A54 disusun di sebuah modul persegi panjang dengan formasi 2-2. Namun, kamu jangan salah sangka dengan adanya empat lingkaran yang ada.

Sebab, hanya tiga lingkaran yang benar-benar kamera, lingkaran terakhir yang punya tulisan AI hanya pajangan. Sekitar 1/3 bagian modulnya dipoles dengan warna sesuai kover belakang, dan jadi tempat lampu flash beserta tulisan "Triple Camera".

Penyegaran selanjutnya dari sisi desain adalah penempatan sensor sidik jari yang kini dipindah ke samping kanan (menyatu dengan tombol power). Sebelumnya, OPPO A53 dan A31 masih menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang. Adapun OPPO A54 punya dimensi 163,6 x 75,7 x 8,4 mm dengan bobot 192 g.

Ukurannya tergolong pas dan masih nyaman digenggam. Kesan ramping juga didapat karena rangka tengahnya yang berukuran 0,2 mm disambung dengan bodi 3D. Terakhir, OPPO A54 ini juga andal karena punya sertifikasi tahan cipratan air IPX4 dan lolos serangkaian uji ketahanan.

Soal angka 4 pada IPX4 memiliki arti bahwa ponsel ini tahan cipratan air di berbagai sisi. Hal ini berbeda dari angka 3 dalam IP53 yang maknanya adalah tahan cipratan air dari satu sisi saja. Fakta ini membuat OPPO A54 kini menjadi ponsel dengan ketahanan air paling baik di kelas harga Rp2 jutaan.

Mengingat ponsel lain di rentang harga Rp2 jutaan biasanya baru sampai IP53. Adapun rangkaian uji ketahanan yang berhasil dilewati OPPO A54 di antaranya: tes jatuh 10 cm (28 ribu kali), tes port USB (20 ribu), tes tombol volume (150 ribu), dan tes tombol daya (500 ribu).

2. Tampilan Oke

HP OPPO terbaru ini dibekali dengan layar berukuran cukup besar untuk standar zaman sekarang. Yakni 6,51 yang berpanel IPS LCD dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Panel IPS bukanlah jenis yang tidak lebih baik ketimbang OLED. Sebab, panel ini menawarkan reproduksi warna yang natural, serta terhindar dari efek burn-in seperti panel OLED.

Untuk diketahui, efek burn-in singkatnya adalah munculnya bayangan atau perbedaan warna tampilan, seiring umur pemakaian. Sektor tampilan ponsel ini pun tergolong oke untuk kebutuhan pemakaian sehari-hari, apalagi OPPO menyematkan tiga fitur tepat guna.

Tiga fitur itu adalah Smart Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan Eye Comfort Mode. Dua fitur yang disebut pertama berfungsi untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis sesuai lingkungan. Kecerahan maksimal layar OPPO A54 ini bisa sampai 550 nit, sedangkan kecerahan terendahnya ada di angka 2 nit.

Sementara itu, Eye Comfort Mode akan mengubah temperatur warna menjadi lebih hangat, sekaligus menyaring warna biru yang bisa membuat mata mudah lelah.

Adapun layar OPPO A54 ini memiliki laju penyegaran 60 Hz dan touch sampling rate 120 Hz. Dua angka ini menandakan bahwa layar ponsel ini punya kemampuan cukup untuk menampilkan animasi, dan cukup responsif dalam membaca sentuhan

3. Memori Besar

Sektor ruang simpan OPPO A54 terbilang cukup besar di kelas harganya. Ponsel ini punya memori internal 128 GB (eMMC5.1) yang dipadukan dengan RAM 4 GB (LPDDR4X). Kamu tentu bisa membayangkan berapa banyak video, foto, aplikasi, dan gim yang bisa ditampung dalam ponsel ini. Ya, cukup banyak!

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram