Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone OPPO A53!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Selang beberapa bulan setelah peluncuran OPPO A52, kini kembali dirilis OPPO A53 yang menjadi penerusnya. Kali ini OPPO A53 membawakan sejumlah peningkatan di beberapa parameternya.

OPPO A53 adalah anggota dari seri A yang ditujukan untuk pasar HP terjangkau. Dan ternyata memang benar, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2.499.000,- saja untuk model 64 GB dan RAM 4 GB.

Nah, apakah HP OPPO terbaru ini mampu menarik minat para fans OPPO dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang dibawakannya? Kira-kira aspek apa yang menonjol dari perangkat ini? Untuk mengetahuinya, yuk simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan OPPO A53 berikut!

Spesifikasi OPPO A53

Oppo A53 2020
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 460
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A53

OPPO A53 bukanlah sembarang HP murah. Nyatanya, memang ada beberapa kelebihan yang menjadikannya salah satu yang terunggul di pasar entry-level. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

1. Refresh Rate 90 Hz

oppo a53 refresh rate 90hz

Bagi Anda yang selalu penasaran dengan refresh rate 90 Hz tapi tidak ada budget untuk membeli ponsel mahal, OPPO A53 bisa jadi salah satu opsi menarik. Cukup jarang lho ada ponsel di harga entry-level yang menghadirkan laju penyegaran 60 Hz.

Untuk touch sampling rate-nya sendiri, layarnya sudah mencapai angka 120 Hz. Bagi Anda yang kurang familiar dengan konsep refresh rate (laju penyegaran) dan touch sampling rate, laju penyegaran adalah tingkat kecepatan layar dalam melakukan refresh setiap detiknya.

Sedangkan, touch sampling rate berkaitan dengan seberapa cepat ponsel merespon terhadap sentuhan. Ini artinya, OPPO A53 mampu menampilkan tampilan yang lebih mulus saat menonton film, serta menerima input yang dilakukan pengguna untuk serangan yang mudah dilakukan saat bermain game.

2. Dual Stereo Speaker

oppo a53 dual speaker

Dengan menghadirkan dua speaker pada ponsel, pengguna pun bisa merasakan imersif yang berlebih karena suara yang dihasilkan lebih lantang. Biasanya, stereo speaker ini sendiri hanya hadir pada ponsel dengan rentang harga cukup mahal. Itulah yang menjadi kelebihan OPPO A53, ponsel entry-level yang sudah dibekali dengan dual stereo speaker.

Speaker ini juga mendapat dukungan dari teknologi Dirac 2.0 yang bisa meningkatkan kualitas suara agar terdengar tajam dan ngebass. Sinyal audio yang dikelola oleh Dirac ini juga bisa membuat suara lebih jernih dan detil. Anda pun tetap dapat menikmati pengalaman mendengarkan lagu yang maksimal walau tanpa earphone ataupun speaker eksternal.

3. Baterai Super Awet

oppo a53 baterai awet

Karena baterai sangat penting untuk menjaga ponsel agar bertahan lama, OPPO pun menawarkan kapasitas baterai Li-Po sebesar 5.000 mAh pada OPPO A53. Dengan kapasitas sebesar ini, niscaya ponsel bisa bertahan sampai seharian penuh pada pemakaian normal, bahkan mencapai dua hari jika pemakaiannya lebih awet lagi.

Di kala baterainya habis, Anda pun tidak perlu menunggu lama untuk mengecasnya hingga penuh karena sudah ada fitur fast charging 18 W. OPPO A53 sendiri disertai dengan port pengecasan USB tipe-C versi 2.0.

Selain itu, OPPO pun turut menyematkan mekanisme penghematab baterai yang dinamakan Super Power Saving Mode. Jika diaktifkan, HP bisa dipakai untuk menelepon pada durasi 1 jam walau sisa baterainya tinggal 5%.

4. Layar Penuh dengan Punch-Hole Display

oppo a53 layar

Biasanya, HP yang berada di rentang harga Rp2 jutaan hanya kebagian desain berponi saja atau yang biasa disebut waterdrop notch. Desain seperti ini terkesan jadul di masa sekarang, dan masih menyisakan bezel yang cukup mengganggu. Nah, ini dia mengapa OPPO A53 tergolong ponsel entry-level yang sepadan dengan harganya.

Pasalnya, perangkat OPPO yang terjangkau ini memang sudah mengusung desain layar punch-hole dengan bentang layar yang terlihat memenuhi seluruh penjuru sisi.

Memang, ukuran bezel dahi dan dagunya kurang terlihat simetris, tapi OPPO A53 cukup mampu menawarkan pengalaman menggunakan ponsel punch-hole display tanpa harus keluar banyak duit. Panelnya menggunakan A-Si TFT LCD di ukuran 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9. Sementara itu, rasio perbandingan bodi ke layarnya mencapai sekitar 82,9%.

5. Triple Camera yang Tergolong Bagus

oppo a53 triple camera

Kalau dilihat dari spesifikasi kameranya, OPPO A53 termasuk pada sebuah ponsel dengan kamera yang tidak begitu menonjol.

Terdapat konfigurasi triple camera yang menghadirkan lensa utama 13 MP yang disertai fitur PDAF, dan dua lensa lainnya yang berfungsikan kamera makro serta sensor bokeh berkekuatan 2 MP. Walau tidak ada lensa telefoto, Anda masih bisa melakukan zoom digital sebanyak 6 kali.

Di bagian depan, ada lensa selfie dengan resolusi 16 MP dengan ukuran sensor 1/3.06". Baik kamera depan dan belakang, dua-duanya sama-sama menghadirkan kemampuan video recording dengan resolusi maksimal 1080p. Kameranya juga dibekali dengan beragam mode dan fitur berguna seperti mode panorama, Pro Mode, dan time lapse.

Tersedia juga mode HDR untuk rentang dinamis yang lebih tinggi dan Dazzle Mode untuk menghasilkan kualitas warna yang lebih mendalam. Sementara itu di bagian depan ada fitur AI Beautification yang berfungsi untuk mempercantik wajah, serta dukungan efek bokeh.

Walaupun tergolong standar, OPPO A53 masih mampu memberikan hasil fotografi yang layak di kelas harganya. Warna objek yang ditampilkan cukup bagus, begitu pun dengan ketajaman detil yang terjaga dengan baik. Berikut adalah beberapa hasil foto yang telah kami kumpulkan dari beberapa sumber.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram