10 Perbedaan POCO X3 GT vs realme GT Master Edition

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tahun 2021 menjadi tanda kelahiran buat dua smartphone flagship killer yang sudah berteknologi 5G bernama POCO X3 GT dan realme GT Master Edition. Baik POCO maupun realme tidak mengungkap secara gamblang apa makna singkatan "GT" pada masing-masing nama ponsel.

Namun, sejumlah pihak meyakini bahwa penamaan GT terinpirasi dari game Gran Turismo. Dalam game tersebut, seluruh mobil balap punya ciri yang sama, yaitu punya desain sip dan kecepatan tinggi. Dua ciri khas itulah yang mungkin mengilhami POCO dan realme untuk memberi nama POCO X3 GT dan realme GT Master Edition.

Orang-orang pun mulai memperbincangkan dua ponsel ini sejak kemunculannya. Hal itu tidak lepas dari nama yang mirip serta harga jual yang tidak jauh beda. Nah, dalam artikel ini, Carisinyal mengajak Anda untuk turut membicarakan kedua ponsel dan mengupas segala perbedaan yang ada.

Dengan mengetahui perbedaan masing-masing, Anda jadi bisa memilih smartphone mana yang sesuai dengan kebutuhan, atau memilihkan HP yang pas buat teman dan keluarga. Mari kita awali perbincangan dengan menilik spesifikasi utama POCO X3 GT dan realme GT Master Edition sebagai berikut.

Spesifikasi POCO X3 GT

  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Dimensity 1100 5G (6 nm)
  • GPU: Mali-G77 MC9
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi realme GT Master Edition

  • Rilis: Juli, 2021
  • Layar: Super AMOLED 6,43 inci FHD+
  • Chipset: Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU: Adreno 642L
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4300 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan POCO X3 GT vs realme GT Master Edition

POCO dan realme tentu punya gagasan, filosofi, dan kreativitas yang berlainan. Oleh sebab itu, hasil akhir dari produk yang mereka bikin berbeda. Berikut ini adalah poin-poin perbedaan yang kami temukan antara POCO X3 GT vs realme GT Master Edition.

1. Desain dan Dimensi

Sumber: po.co.id

Mungkin butuh waktu lebih dari sehari hanya untuk membicarakan desain kedua HP ini. Pasalnya, desain kedua HP merupakan salah satu yang terbaik di kelas harganya. Namun, mari kita bahas secara singkat saja untuk mengurai bagian-bagian pentingnya dimulai dari penutup belakang.

Xiaomi menyiapkan dua macam desain penutup belakang buat POCO X3 GT. Desain pertama bernama varian Stargaze Black untuk yang memiliki warna dominan hitam.

Permukaan penutup belakang pada Stargaze Black dipoles secara halus, menciptakan transisi warna dari abu-abu (atas) menuju hitam gelap (bawah). Semakin ke bagian bawah, semakin terlihat titik-titik kilauan memesona yang menyerupai langit berbintang atau pasir hitam berkilauan.

Desain kedua POCO X3 GT yakni Wave Blue (biru) dan Cloud White (putih). Desain ini berbeda dari yang pertama karena POCO memberikan tekstur garis-garis lurus. POCO mengklaim, garis-garis tersebut mampu menangkal berkas sidik jari dan menambah kenyamanan menggenggam.

Lanjut ke penutup belakang realme GT Master Edition yang fenomenal, khususnya untuk varian Voyager Grey. Kreator desain ini adalah desainer kenamaan asal Jepang, Naoto Fukasawa. Fukasawa mengaku, ia terinspirasi dari ciri khas sebagian orang ketika sedang berlibur, yakni membawa koper.

Berangkat dari situ, jadilah penutup belakang realme GT Master Edition dengan empat grid (kisi-kisi) alias bagian menonjol. Penutup belakang ini memiliki tekstur yang kesat dan halus karena menggunakan bahan kulit vegan. Hal ini membuat Anda tak perlu lagi membeli case tambahan.

Sumber: realme.com

Aksen lain yang ditambahkan adalah logo realme dan tanda tangan Fukasawa yang dicetak dengan warna perak. Saking bagusnya desain Voyager Grey, realme GT Master Edition bersama Naoto Fukasawa mendapat penghargaan dari IF Design Award 2021.

Voyager Grey bukan satu-satunya desain yang tersedia buat realme GT Master Edition. Sebab, Anda bisa memilih varian Daybreak Blue yang mulus. Penutup belakang pada varian ini bisa memunculkan warna yang unik perpaduan antara biru, putih, dan merah muda, tergantung dari sudut mana Anda melihat.

Bagian selanjutnya yang bisa kita lihat perbedaannya adalah modul kamera belakang. POCO X3 GT punya modul kamera dengan dua kompartemen. Kompartemen pertama berwarna perak dihuni satu lensa dan lampu flash. Kompartemen keduanya yang berkelir hitam jadi tempat dua lensa dan sejumlah sensor.

Sementara itu, modul kamera belakang realme GT Master Edition berbentuk persegi panjang dengan kelir yang menyesuaikan warna penutup belakangnya. Di dalamnya terdapat tiga lensa sebaris yang agak menonjol, lalu ada satu lampu flash yang bersebelahan dengan lensa paling belakang.

Pembahasan mengenai penutup belakang tuntas, mari ke geser ke depan. Pada bagian depan, kita akan melihat bahwa kedua ponsel menganut layar berlubang sebagai tempat kamera depan. Bedanya, lubang di POCO X3 GT ada di tengah atas, sedangkan realme GT Master Edition terdapat di pojok kiri atas.

Sekarang lanjut ke material apa yang digunakan pada seluruh bodi ponsel. POCO X3 GT memakai bahan plastik untuk penutup belakang dan rangkanya, serta Gorilla Glass Victus untuk bagian depan. Ini adalah kali pertama ponsel POCO menggunakan Gorilla Glass Victus. POCO pun menjamin ponselnya ini tahan kemasukan debu dan cipratan air karena punya sertifikasi IP53.

Sementara itu, realme realme GT Master Edition memakai material kulit vegan (Voyager Grey) dan plastik (Daybreak Blue) pada penutup belakangnya. Rangka ponsel ini terbuat dari plastik. realme tak menjelaskan kaca apa yang dipakai pada layarnya. Sementara untuk sertifikasi ketahanan debu dan air, ponsel ini belum punya.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram