carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 23 September 2021

Pada Juli 2021, realme meluncurkan dua produk dari GT Series bernama realme GT Master dan realme GT Master Explorer, menyusul realme GT 5G dan realme GT Neo yang terlebih dulu meluncur pada kuartal pertama tahun 2021.

Kali ini Carisinyal mau bahas soal realme GT Master yang menghadirkan spesifikasi unggul di kelasnya. realme GT Master sendiri pertama kali dirilis untuk pasar Tiongkok, namun akhirnya ponsel ini pun meluncur secara resmi untuk pasar Tanah Air.

Hingga artikel ini ditulis, masih belum diketahui berapa harga persis realme GT saat akan rilis di Indonesia. Hanya saja, menurut laman resmi realme China, produk ini dipatok dengan harga 2399 yuan atau setara dengan Rp5,3 jutaan. Otomatis hal ini menjadikannya ponsel di kelas mid-range, menjadi pesaing dari vivo V21 5G dan POCO F3 5G.

Pastinya Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan realme GT Master, bukan? Berikut adalah spesifikasi beserta pro dan kontra dari realme GT Master.

Spesifikasi realme GT Master

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 1
  • Rilis: Juli 2021
  • Layar: Super AMOLED 6,43 inci FHD+
  • Chipset: Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU: Adreno 642L
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4300 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme GT Master

Pada poin-poin kelebihan realme GT Master berikut, Anda akan menemukan kamera dan performa chipset andal yang membuatnya semakin menggiurkan. Apa saja kelebihan-kelebihan lainnya? Simak yang berikut ini.

1. Layar Super AMOLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 3

realme GT Master dihadirkan dengan layar yang sungguh memukau, sebagaimana yang bisa diekspektasikan pada ponsel seharga 5 jutaan. Tidak lagi menggunakan panel IPS, perangkat ini sudah tawarkan panel Super AMOLED yang punya tingkat kecerahan dan kontras rasio tinggi.

Ukuran layar yang diusungnya adalah 6,43 inci pada resolusi Full HD Plus (1084 x 2400 piksel), menggunakan aspek rasio 20:9 dan memiliki kepadatan piksel sebesar ~409 ppi. Layar tersebut menggunakan gamut warna DCI-P3 100% yang luas, serta mampu menampilkan kontras rasio 5000000:1.

Untuk membuat pengalaman gaming dan navigasi jadi lebih menyenangkan, realme juga membekali ponsel ini dengan laju penyegaran tinggi 120 Hz. Dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz konvensional, layar HP ini mampu hadirkan animasi pergeseran layar 2x lipat lebih mulus.

Bukan itu saja, layar juga dikemas dengan touch sampling rate sebesar 360 Hz yang mampu hadirkan responsivitas sentuhan secepat kilat. Sangat berguna untuk game-game kompetitif seperti PUBG Mobile dan sejenisnya.

Omong-omong, kehadiran 120 Hz pada ponsel ini membuatnya berdaya saing tinggi ketimbang beberapa ponsel pesaingnya. Sebut saja OPPO Reno5 5G yang berada di segmen harga yang sama, namun hanya menawarkan refresh rate 90 Hz saja.

Tampilan layar realme GT Master juga masih sangat layak dilihat sekalipun pengguna sedang berada di bawah sinar matahari. Sebab, layar memiliki tingkatan brightness yang begitu tinggi, mencapai 1000 nit (puncak).

2. Dapur Pacu Snapdragon 778G 5G yang Powerful

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 5

Semua pasti mendambakan performa yang kencang dari sebuah smartphone. Ditambah lagi, khalayak umum pastinya punya harapan yang besar pada realme GT Series. Soalnya, sebelumnya telah dirilis realme GT 5G yang sempat menduduki predikat ponsel Android dengan skor benchmark AnTuTu tertinggi di dunia.

Lalu bagaimana dengan realme GT Master? Soal dapur pacunya, ia memang tidak membawakan Snapdragon 888 seperti realme GT 5G. Ia justru menghadirkan Snapdragon 778G 5G, sebuah chipset mid-range yang diumumkan pada Mei 2021. Jadi, chipset ini memang terbilang baru sejak dirilisnya realme GT Master pada Juli 2021.

Snapdragon 778G 5G ini dirancang pada proses manufaktur 6 nm dengan kartu pengolah grafis Adreno 642L. Chipset unggulan ini menawarkan performa gesit dengan penggunaan konfigurasi octa core dengan clock speed yang mencapai 2.4 GHz.

Snapdragon 778 5G ini memiliki konfigurasi octa core yang sama dengan Snapdragon 780G yang sempat discontinued gara-gara isu kelangkaan chipset secara global.

Chip ini terdiri dari satu inti Kryo 670 Prime (berbasis ARM Cortex A78) pada clock 2,4 GHz, tiga inti Kryo 670 Gold (berbasiskan Cortex A78) pada frekuensi 2,2 GHz, dan empat inti Kryo 670 Silver (berbasis Cortex A55) pada kecepatan 1,9 GHz.

Selain dibekali dengan chipset yang gahar, ponsel realme ini juga menawarkan RAM 8 GB LPDDR4x dengan opsi memori internal 128 GB dan 256 GB.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Kimovil, realme GT Master ini mendapatkan skor benchmark AnTuTu v8 yang begitu tinggi di kelas harganya, yakni 541.640 poin.

Ponsel ini otomatis jadi salah satu pilihan dengan dapur pacu terbaik di kelas harga mid range, mengalahkan OPPO Reno6 5G yang tawarkan Dimensity 900 5G ataupun vivo V21 5G dengan Dimensity 800U 5G.

Performa dari ponsel ini pun terbukti kuat memainkan game berat, seperti yang terlihat pada video pengujian dari Tech Mentor. realme GT Master diuji dengan permainan open-world Genshin Impact pada pengaturan Highest. Permainan terlihat berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan, namun sesekali ada frame drop saat mengeluarkan jurus pada musuh.

Untuk membuat permainan semakin seru, layar realme GT Master ini menghadirkan Tactile Engine Linear Motor 4D yang dapat membuat sensasi sentuhan terasa lebih nyata, menyuguhkan immersion yang lebih mendalam setiap kali Anda mengeluarkan serangan pada musuh.

3. Bodi Ramping dan Berbobot Ringan

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 7

Smartphone dengan bodi yang ramping memang lebih enak dibawa ke mana saja. Selain itu, bodi tipis juga akan memberikan feel yang lebih nyaman saat digenggam, terlebih jika Anda berniat menggunakan smartphone pada durasi panjang.

realme tentunya mengerti betul akan hal ini, terbukti dari realme GT Master yang disuguhkan dengan desain bodi yang begitu ergonomis. Bagaimana tidak? Terlepas dari performa chipsetnya yang powerful dan sejumlah spesifikasi hebat lainnya, perangkat hanya memiliki bobot seringan 174 hingga 178 gram saja. Tergantung dari opsi warna yang dipilih.

Nah, berbicara soal warna, ada yang menarik dari desain bodi belakang realme GT Master ini. realme menjalin kolaborasi dengan desainer Jepang ternama, Naoto Fukasawa. Itu mengapa, Anda pun akan menemukan suatu hal yang unik dari desain HP tersebut.

Adalah varian Suitcase Grey, yang bentuknya menyerupai koper dengan tulisan brand realme di samping kameranya. Di bawahnya, ada tanda tangan khas dari sang desainer yang membuat tampilan sungguh terlihat eksklusif. Untuk varian ini, realme GT Master memiliki bobot seberat 178 gram dengan ketebalan 8,7 mm.

Varian koper tersebut bukanlah satu-satunya opsi warna yang tersedia pada realme GT Master. Anda pun bisa memilih opsi Snow Mountain dengan warna putih salju, serta opsi Dawn dengan warna yang agak keunguan. Dua varian ini memiliki bobot serta ketebalan yang lebih kecil yaitu 174 gram dan 8 mm.

4. Hasil Foto Memukau Berkat Triple Camera 64 MP

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 9

Untuk hadirkan foto berkualitas, realme juga membekali HP ini dengan kombinasi Triple Camera yang menjanjikan. Sebagai kamera utamanya, realme GT Master dibekali lensa 6P berupa Sony IMX682 Exmor RS dengan resolusi 64 MP, memiliki ukuran sensor 1/1,7 inci dengan bukaan f/1.8 dan ukuran piksel 1.0 mikron.

Lensa utamanya ini tentu didampingi dengan lensa 5P (ultrawide) berupa Sony IMX355 berkekuatan 8 MP dengan field of view seluas 112 derajat. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, sensor ultrawide bermanfaat untuk mengambil foto secara fish eye, agar pemandangan yang masuk frame bisa lebih luas.

Nah, pada lensa ketiganya, tersemat sensor makro Omnivision OV02B10 pada resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 yang dapat menangkap subjek berukuran kecil pada jarak 4 cm.

Dari segi fitur perekaman videonya, realme GT Master juga lumayan dapat diandalkan. HP ini mendukung resolusi hingga 4K pada frame rate 30 FPS. Sayangnya, jika Anda ingin merekam @60 FPS, harus menurunkan resolusi menjadi 1080p.

Tidak lupa, realme GT Master Edition ini juga punya kamera depan yang berkualitas, lho! Kameranya dibuat pada desain punch hole di pojok kiri atas seperti ponsel mid range kebanyakan, menghadirkan sensor Sony IMX615 berkekuatan 32 MP dengan ukuran sensor 1/2.74 inci dan bukaan f/2.5.

Kamera ponsel juga dibubuhi beragam macam fitur untuk membuat hasil foto dan video jadi lebih mengesankan, seperti EIS sebagai stabilisasi foto agar hasil kamera terhindar dari blur, slow motion video pada frame rate 240 FPS,

Di atas kertas, kinerja kamera HP ini bisa saja menggiurkan. Tapi alangkah baiknya Anda melihat langsung beberapa sampel fotonya, bukan? Yuk, simak di bawah ini!

5. Hadir dengan WiFi 6

Jika Anda ingin merasakan koneksi internet WiFi yang super ngebut, salah satu solusinya adalah menggunakan realme GT Master yang sudah mendukung jaringan WiFi 6 (802.11 a/b/g/n/ac/6).

Untuk diketahui, WiFi 6 ini merupakan generasi lanjutan dari WiFi 5 yang hadirkan kecepatan lebih unggul. Syaratnya, Anda pun harus mengoneksikan smartphone ke router yang juga mendukung WiFi 6.

Intel mengatakan bahwa WiFi 6 memiliki batasan bandwidth sebesar 9,6 Gbps, sedangkan batasan pada WiFi 5 lebih rendah lagi di angka 3,5 Gbps. Dengan begitu, Anda bisa merasakan download speed yang lebih cepat jika menggunakan realme GT Master.

Fakta menariknya, tidak semua HP 5 jutaan sudah dibekali dengan WIFi 6, lho! Contohnya seperti vivo V21 5G, yang masih dibekali dengan WiFi 5. Jadinya, realme GT Master semakin terasa worth it, bukan?

6. Pengisi Daya Fast Charging 65 W yang Super Cepat

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 18

Kadang, membawa power bank ke mana-mana bisa terasa merepotkan. Untuk itulah Anda sebaiknya menggunakan realme GT Master dengan baterai yang cukup awet demi menunjang keseharian Anda sampai tuntas. Perangkat ini ditenagai dengan baterai Li-Po berkapasitas 4300 mAh pada port pengisian daya USB Type-C 2.0.

Dan seperti ponsel dengan panel Super AMOLED lainnya di harga 5 jutaan, ukuran baterai di bawah 5000 mAh sudah jadi standar umum yang dianggap layak. Ini karena panel tersebut tidak membutuhkan banyak daya saat penggunaannya, memberikan durasi yang lebih panjang dibandingkan ponsel dengan panel IPS.

Sementara itu pada fitur fast charging-nya, tersemat daya 65W yang diklaim dapat mengisikan baterai HP dari nol hingga penuh dalam waktu 33 menit saja (menurut pengujian lokal). Dengan durasi pengisian daya cepat, Anda bisa langsung melanjutkan mobilitas tanpa harus menunggu ponsel selesai dicas.

Kekurangan realme GT Master

Terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki realme GT Master, ponsel besutan sub-brand dari OPPO ini juga tidak luput dari kekurangan yang membuatnya sedikit kalah saing. Apa sajakah kekurangan-kekurangan tersebut? Ketahui jawabannya pada poin-poin di bawah ini, ya!

1. Tanpa Dual Stereo Speaker

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 20

realme GT Master merupakan salah satu ponsel realme dengan banyak kelebihan. Namun sayangnya, bagi Anda yang suka menonton tanpa gunakan headset mungkin akan kecewa dengan kondisi speaker ponsel ini. Kendati masih berikan suara yang oke, realme GT Master tidak hadirkan stereo speaker.

Padahal, stereo speaker turut menjadi kualitas yang dilirik oleh para konsumen, dan berbagai ponsel di rentang harga murah pun sudah berbondong-bondong hadirkan speaker ganda tersebut. Untung saja, ponsel masih dibekali dengan 3.5mm jack audio sehingga Anda pun bisa dengan mudah mencolokkan speaker eksternal tanpa harus andalkan Bluetooth.

2. Absennya Slot Memori Eksternal

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 22

realme GT Master adalah ponsel di kelas mid range yang sudah dibekali dengan memori internal tinggi, yakni 128 GB dan 256 GB. Meskipun kapasitasnya terbilang besar, sebagian pengguna tetap membutuhkan keberadaan slot microSD karena berbagai kemduahan yang ditawarkannya.

Contohnya, bisa taruh file di memori eksternal dan mencabutnya untuk digunakan pada perangkat lain, atau sebagai backup data yang tidak akan terhapus saat melakukan factory reset. Sungguh disayangkan, realme GT Master hanya hadir dengan dual SIM Slot tanpa hadirkan slot memori eksternal sama sekali.

3. Tanpa Kaca Pelindung dan Sertifikasi IP

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 24Sumber: linak.com

Sebagai perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi, tentu disayangkan bila hal buruk terjadi pada realme GT Master. Meskipun elektronik seperti laptop dan smartphone sudah disertai masa garansi, layar yang retak akibat jatuh atau rusak karena terkena air akan membuat hari pengguna jadi lebih buruk.

Dijamin, realme GT Master sungguh akan terlihat lebih menggiurkan jika sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass ataupun sertifikasi IP, seperti beberapa pesaingnya.

Akan banyak orang yang menolerir absennya sertifikasi IP karena harganya yang termasuk murah. Tapi nyatanya, sudah ada ponsel di harga lebih murah yang sudah tawarkan IP54 seperti Redmi Note 10. Atau jika ingin perbandingannya lebih apple to apple, POCO F3 5G juga punya harga 5 jutaan dan sudah hadirkan IP54.

4. Ukuran Layar Terbilang Kecil

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Master! 26

Rupanya, realme GT Master punya kekurangan yang sama dengan realme GT 5G, yakni ukuran layar yang terbilang kecil. Keduanya sama-sama tawarkan ukuran layar 6,43 inci yang menurut Carisinyal kurang layak untuk hadirkan immersion optimal saat kegunaan sehari-hari ataupun menonton film.

Padahal jika Anda berkaca pada beberapa HP 5 jutaan terbaik, banyak yang sudah mengantongi layar 6,67 inci. Contohnya seperti POCO F2 Pro dan Xiaomi Mi 10T.

Simpulan

Dari sekian banyaknya kelebihan yang dimiliki realme GT Master, manakah yang paling menarik perhatian Anda? Di antara semua ponsel realme GT series, GT Master ini merupakan kedua yang termurah setelah realme GT Neo.

Walau harganya terjangkau, realme GT Master tetap membawakan sejumlah spesifikasi unggul di kelas harga 5 juta, seperti WiFi 6, performa chipset Snapdragon 778G 5G yang powerful, serta refresh rate 120 Hz yang dipadukan dengan Super AMOLED.

Namun jika Anda mencari ponsel dengan layar lebar untuk menonton film dengan khusyuk, realme GT Master bukanlah yang terbaik. Hadirnya layar berukuran kecil dan absennya dual stereo speaker membuat realme GT Master sedikit terlihat kalah saing dibanding sejumlah kompetitornya.

Tapi satu hal yang pasti, realme GT Master tetap menjadi kontender yang unik dan menonjol karena berhasil tawarkan performa unggul pada form factor yang ringan, serta hadirkan bentuk desain koper yang eksklusif dari tokoh desainer ternama. Berminat memilikinya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram