Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT2 Pro Ini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

realme Indonesia meluncurkan produk smartphone flagship berikutnya yang banyak membawakan inovasi baru, yakni realme GT2 Pro pada 22 Maret 2022. Ia merupakan ponsel yang ditujukan untuk segala aktivitas, suguhkan layar memukau dengan tingkat responsivitas tinggi, bahan material ramah lingkungan, dan pastinya manfaatkan chipset bertenaga Snapdragon 8 Gen 1.

Sebagai generasi penerus dari realme GT 5G, ponsel ini hadirakan beragam peningkatan dari beragam hal yang tentu membuat penasaran. Jika Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang penasaran dengan HP ini, Anda berada di tempat yang benar. Berikut Carisinyal berikan kelebihan dan kekurangan realme GT2 Pro.

Spesifikasi realme GT2 Pro

realme gt2 pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 3 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme GT2 Pro

Entah itu untuk aktivitas binge-watching, bermain game, ataupun fotografi, realme GT2 Pro merupakan ponsel flagship yang cukup baik di segala parameter. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

1. Layar LTPO 2.0 AMOLED yang Memukau

realme gt2 pro layar_

Sebagai ponsel flagship andalan realme, GT2 Pro ini menawarkan layar dengan kualitas tidak ada duanya yang akan membuat pengalaman sinematis semakin menyenangkan.

Layarnya menggunakan panel LTPO2 AMOLED dengan ukuran 6,7 inci. Yang menakjubkan, resolusi layar tak hanya Full HD+ melainkan sudah QHD+ (1440 x 3216 piksel). Resolusi lebih tinggi tersebut menampilkan kualitas layar yang lebih tajam.

Bukan itu saja, layarnya mendukung laju penyegaran (refresh rate) hingga 120 Hz, sehingga Anda bisa menikmati tampilan gerakan layar yang dua kali lipat lebih mulus dari 60 Hz konvensional, baik saat navigasi antarmuka ataupun bermain game.

Berkat kehadiran teknologi LTPO 2.0, layar juga dapat menyesuaikan refresh rate tersebut dari 1 Hz hingga 120 Hz, tergantung dari aktivitas yang ditampilkan di layar.

Misalnya saat ponsel menampilkan layar statis (terlebih pada kondisi brightness maksimal), ia akan mengusung mode 1 Hz untuk menghemat daya, dan hanya mengusung refresh rate lebih tinggi pada aktivitas yang sesuai.

Tidak hanya refresh rate tinggi, layar realme GT2 Pro mengusung touch sampling rate begitu tinggi, yaitu mencapai 1.000 Hz!

Dengan touch sampling rate yang begitu tinggi, layar dapat merekam input-an sentuhan layar, yang akan sangat berguna saat memainkan game kompetitif, agar pengguna dapat menyerang musuh duluan meski Anda dan lawan menyentuh layar di waktu bersamaan.

realme GT2 Pro diklaim menghadirkan tingkat kecerahan tinggi mencapai 1.400 nit (puncak). Kendati demikian, hasil pengujian GSM Arena mengatakan kalau kecerahannya tidak mencapai setinggi itu. Saat tingkat brightness dimaksimalkan pada slider, kecerahan mencapai 482 nit. Sementara saat berada di mode Auto, layar hanya mencapai brightness 778 nit.

Kendati tidak setinggi yang diklaim, namun kecerahan 778 nit ini terbilang lebih dari cukup supaya Anda tetap bisa melihat isi layar dengan jelas, sekalipun berada di luar ruangan di bawah terik matahari.

Tak lupa, layar realme GT2 Pro juga mendukung standar HDR10. Berkat fitur tersebut, Anda bisa menikmati konten dengan kontras ruang dinamis yang tinggi saat menonton video di YouTube dan aplikasi OTT (over the air) seperti Netflix.

2. Hadir dengan Bahan Material yang Ramah Lingkungan

realme gt2 pro terbuat dari kertas_

Jika Anda melihat ponsel seri realme GT series yang sudah-sudah, tentu akan menemukan beragam jenis tampilan desain yang unik dan beda dari HP lain kebanyakan. Kebiasaan ini masih berlanjut hingga realme GT2 Pro, yang menyuguhkan tampilan panel belakang begitu aesthetic dan terlihat bersih minimalis.

Seperti realme GT Master dan GT Master Explorer, smartphone ini juga tampilkan bodi hasil karya desainer Jepang terkenal bernama Naoto Fukusawa. Anda pun akan melihat tanda tangan sang desainer di panel belakangnya, tepatnya di samping modul kamera.

Tampilan yang estetik ini bukan satu-satunya kelebihan yang realme GT2 Pro punya. Selain cantik, bodi juga gunakan bahan material bio-based yang ramah lingkungan. Bahan berbasiskan organik tersebut menggunakan kertas daur ulang, sehingga menghasilkan jejak karbon yang 35,5% lebih rendah ketimbang bahan material lain pada umumnya.

3. Kinerja Gaming Dahsyat Berkat Chipset Snapdragon 8 Gen 1

snapdragon 8 gen 1

Karena realme GT2 Pro merupakan ponsel flagship yang hadir di tahun 2022, ia pun tentu tidak mau ketinggalan dalam menyuguhkan salah satu chipset tergahar yang pernah ada di Qualcomm series, yakni Snapdragon 8 Gen 1. SoC tersebut menghadirkan inti-inti prosesor yang tak hanya lebih bertenaga dari Snapdragon 888, melainkan juga lebih hemat daya.

Melansir dari TechArena24.com, chipset ini menghadirkan kinerja lebih tinggi 20% dan efisiensi daya yang lebih baik hingga 30% dibandingkan Snapdragon 888.

Adapun untuk kemampuan grafisnya, Adreno 730 pada Snapdragon 8 Gen 1 punya kinerja lebih cepat 30% dan lebih hemat daya 25% dibanding Adreno 660 pada Snapdragon 888.

Snapdragon 8 Gen 1 ini dibuat pada proses fabrikasi 4 nanometer dengan konfigurasi CPU delapan inti yang mencakup satu prime core ARM Cortex X2 (3 GHz), tiga big core ARM Cortex A710 (2.5 GHz), serta empat unit little core ARM Cortex A510 (1.8 GHz).

Selain keunggulan dalam arsitektur prosesor, kinerja, dan efisiensi daya, chipset ini juga alami peningkatan secara multimedia. Diketahui, SoC ini hadirkan Snapdragon X65 5 Modem-RF System yang disinyalir sanggup mencapai kecepatan seluler hingga 10 Gb per detik.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram