carisinyal web banner retina

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun 2021

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 10 Juli 2021

Jika Anda termasuk orang yang suka online khususnya dari rumah, Anda mungkin membutuhkan sebuah perangkat bernama router WiFi. Perangkat ini memungkinkan Anda mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan jangkauan yang luas, sehingga aktivitas internet bisa dilakukan dengan lancar.

Sebuah router WiFi atau nirkabel mengubah koneksi internet kabel dari modem di rumah Anda ke dalam sinyal WiFi. Tergantung spesifikasinya, setiap router memiliki performa yang berbeda-beda, baik itu soal kecepatan, jangkauan, kestabilan, dan lain sebagainya.

Pita (band) jaringan yang dimiliki setiap router berbeda-beda. Ada router satu pita, dua pita, hingga tiga pita. Router satu pita cocok untuk pemakaian internet sehari-hari, contohnya seperti web browsing. Dua pita dengan kecepatan yang lebih tinggi dapat diandalkan untuk file transfer dan konferensi video. Sedangkan tiga pita yang paling cepat sangat ideal untuk TV 4K serta streaming dan bermain game HD.

Router juga mendukung standar WiFi yang berbeda-beda. Singkatnya router dengan standar WiFi terbaru memiliki kinerja paling baik. Lalu jumlah antenanya juga berbeda-beda. Router dengan antena yang lebih banyak memungkinkan cakupan jaringan yang lebih baik. Dan masih banyak fitur-fitur router yang bisa Anda pertimbangkan sebelum siap membeli.

Jika Anda bingung memilih merek router WiFi yang bagus, di bawah ini Carisinyal telah mengumpulkan 10 merek yang paling direkomendasikan. Merek-merek ini menawarkan beragam model router yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget. Berikut adalah daftarnya.

1. ASUS

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 1

Merek yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga pecinta gadget Indonesia. ASUS umumnya dikenal sebagai pembuat laptop dan ponsel gaming yang andal. Namun, ASUS juga menawarkan lini produk teknologi lain yang luas, termasuk router nirkabel.

Ada cukup banyak router WiFi yang ASUS tawarkan. Sebut saja salah satunya ASUS RT-AX3000. Router ini hadir dengan fitur-fitur canggih yang membuatnya cocok digunakan di rumah besar, termasuk dukungan standar WiFi terbaru 802.11AX (WiFi 6) dan bandwidth 160 MHz.

Router RT-AX3000 juga menawarkan kecepatan WiFi yang sangat tinggi. Total kecepatan jaringan yang ditawarkannya adalah sekitar 3000 Mbps — 574 Mbps pada pita 2,4 GHz dan 2402 Mbps pada pita 5 GHz.

Untuk keamanan yang terjamin, pengguna Router RT-AX3000 akan mendapatkan AiProtection gratis seumur hidup, yang didukung oleh Trend Micro. Fitur keamanan ini akan memblokir ancaman keamanan internet untuk semua perangkat cerdas yang terhubung.

2. TP-Link

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 3

TP-Link mengklaim dirinya sebagai penyedia perangkat jaringan WiFi konsumen nomor 1 di dunia. Produk-produknya, termasuk router WiFi, sudah tersebar ke lebih dari 170 negara di dunia, termasuk Indonesia.

TP-Link menyediakan model router WiFi yang terbilang banyak dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang terjangkau di angka Rp 100 ribuan hingga jutaan rupiah untuk produk berspesifikasi tinggi. Salah satu model terbaiknya adalah TP-Link TL-WR940N.

Router TL-WR940N yang dijual di angka Rp 300 ribuan menawarkan kecepatan jaringan hingga 450 Mbps, ideal untuk aplikasi sensitif gangguan seperti streaming video HD. Router ini dibekali dengan tiga buah antena yang berfungsi meningkatkan ketahanan dan stabilitas nirkabel.

Selain mode router, TL-WR940N juga mendukung dua mode lain, yaitu mode perluasan jangkauan dan mode titik akses nirkabel. Fitur lainnya termasuk tombol WPS dan kontrol bandwidth.

3. Netgear

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 5

Netgear adalah perusahaan jaringan komputer terkemuka yang berasal dari Amerika Serikat. Jika Anda sedang mencari router WiFi berkualitas dan berperforma tinggi, Netgear adalah salah satu merek yang paling disarankan. Nighthawk menjadi salah satu seri router yang populer dari Netgear.

Sebut saja salah satunya Netgear RAX50 Nighthawk. Router dengan WiFi 6 ini mampu memberikan kecepatan hingga 5,4 Gbps sehingga Anda dapat terhubung, streaming, dan mengunduh lebih cepat ke perangkat seluler yang lebih baru.

Netgear RAX50 Nighthawk yang dijual di angka Rp 3 jutaan ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih. Salah satunya adalah dukungan keamanan siber Netgear Armor yang menjaga jaringan dan data pribadi Anda aman dari ancaman online.

Lalu ada fitur Netgear Smart Parental Controls yang memungkinkan Anda mengelola waktu online anak-anak Anda dengan mudah. Sementara itu, hadirnya aplikasi Nighthawk memudahkan penggunaan dan penyetelan WiFi.

4. Linksys

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 7

Linksys adalah merek produk perangkat keras jaringan data asal Amerika yang berdiri pada tahun 1988. Produk-produk Linksys sudah dapat ditemukan secara resmi di Indonesia. Ini adalah pilihan yang bagus untuk produk berkualitas.

Salah satu model router WiFi yang populer dari Linksys adalah model E5600. Router ini memiliki bentuk yang ringkas dan modern, tidak mengganggu pemandangan saat ditempatkan di dalam rumah. Tidak hanya bagus dari segi desain, router ini juga punya kinerja yang andal.

Dengan harga di angka Rp 700 ribuan, router WiFi 5 Linksys E5600 dapat mencakup ruang hingga 1.000 kaki persegi, menangani 10 lebih perangkat, dan kecepatan hingga 1,2 Gbps. Lalu ada teknologi Dual-Band untuk menggandakan bandwidth untuk menghindari gangguan dan memaksimalkan throughput.

Fitur-fitur lainnya termasuk setup yang mudah dengan instalasi berbasis browser menggunakan smartphone, tablet, atau komputer. Router ini juga memungkinkan Anda memberikan akses WiFi tamu untuk menjauhkan tamu yang tidak diinginkan dari jaringan dan perangkat Anda yang terhubung.

5. Totolink

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 9

Totolink juga termasuk salah satu merek produk jaringan nirkabel yang populer. Totolink menawarkan sejumlah produk router WiFi yang bervariasi. Harga yang ditawarkannya berkisar antara Rp 100 ribuan hingga jutaan rupiah.

Salah satu model router WiFi terlaris dari Totolink adalah model N300RT. Router yang bisa Anda dapatkan di bawah Rp 200 ribuan ini menawarkan kecepatan jaringan hingga 300 Mbps. Dengan kecepatan tersebut Anda bisa melakukan aktivitas internet sehari-hari dengan lancar.

Router N300RT dilengkapi dengan antena ganda untuk kestabilan performa saat jaringan digunakan secara bersamaan oleh beberapa perangkat. Menariknya, router ini memungkinkan orang tua untuk mengatur jadwal akses jaringan WiFi di rumah, sehingga penggunaan internet untuk anak-anak dapat dikontrol.

Router N300RT sudah mengadopsi enkripsi WPA / WPA2 (TKIP / AES untuk memastikan keamanan koneksi nirkabel tanpa harus khawatir terhadap penggunaan yang tidak sah. Dan masih ada lagi fitur-fitur lain yang tidak disebutkan di sini.

6. Prolink

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 11

Prolink juga termasuk penyedia produk jaringan nirkabel yang populer. Lebih dari itu, perusahaan ini memproduksi beragam aksesoris ponsel seperti pengisi daya mobil dan power bank serta produk cadangan daya.

Prolink PRN3009 adalah salah satu router WiFi yang populer di merek ini. Router yang dijual di angka Rp 200 ribuan ini memiliki antena 7dBi yang diperluas yang memiliki kinerja dan cakupan yang bagus. Kecepatan jaringannya adalah hingga 300 Mbps.

Prolink PRN3009 juga menyediakan opsi jaringan sekunder yang bisa disetel untuk pengguna tamu sambil menjaga jaringan yang ada aman. Selain itu router juga sudah didukung oleh enkripsi untuk keamanan tinggi.

7. Tenda

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 13

Tenda adalah pemasok peralatan dan perangkat jaringan terdepan yang telah berdiri sejak tahun 1999. Produk-produknya, termasuk router WiFi sudah banyak beredar di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Tenda AC6 adalah salah satu router WiFi yang paling banyak diminati dari merek ini. Router ini mendukung standar WiFi 802.11ac generasi ke-5 dan kecepatan dual band secara serentak hingga 1167 Mbps.

Dengan harga di kisaran Rp 400 ribuan, router Tenda AC6 memiliki kemampuan 2x menembus dinding daripada router normal dengan amplifier daya yang terpisah, teknologi beamforming+ canggih dan 4x antena 5dBi HG.

Fitur lainnya termasuk manajemen jadwal WiFi, indikator LED dan penghematan daya. Memiliki sejumlah fitur canggih dengan harga bersaing membuat Tenda AC6 adalah salah satu pilihan yang bagus di kelasnya.

8. Mercusys

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 15

Mercusys juga termasuk merek produk jaringan yang bagus dengan harga bersaing. Produk router yang dimiliki Mercusys cukup banyak dan variatif. Anda bisa menemukan router Mercusys dengan WiFi 6, namun salah satu yang paling populer adalah model MW305R.

Dengan kecepatan hingga 300 Mbps, router yang dijual di angka Rp 100 ribuan tersebut dapat diandalkan untuk beragam penggunaan internet sehari-hari, termasuk streaming video HD, bermain game online, dan mengunduh file berukuran besar.

Mercusys MW305R memiliki tiga antena 5dBi yang mampu meningkatkan kekuatan, ukuran, dan stabilitas sinyal nirkabel. Selain itu, adanya halaman web yang intuitif memudahkan proses penyetelan router ini.

9. D-Link

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 17

D-Link adalah merek jaringan yang sudah dipercaya konsumen di banyak negara, termasuk negara. D-Link menawarkan beragam produk router dengan harga mulai Rp 100 ribuan hingga jutaan rupiah untuk router berperforma tinggi.

D-Link DIR-612 menjadi salah satu router terlaris dari merek ini. Router dengan kecepatan hingga 300 Mbps ini memiliki keistimewaan berupa adanya mode repeater yang memungkinkan pengguna untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah agar koneksi internet dapat mencapai setiap sudut ruangan dengan kapasitas yang sama besar.

Untuk keamanan dan kelancaran saat digunakan, pabrikan juga melengkapinya dengan proteksi firewall dan Quality of Service (QoS). Dengan harga yang bersaing dan memiliki fitur unggulan, router ini sangat ideal untuk melakukan transfer file dalam jumlah besar, browsing, dan bermain game online.

10. Xiaomi

10 Merk Router WiFi dengan Kualitas Terbaik Tahun [year] 19

Xiaomi yang dikenal sebagai brand ponsel murah namun kualitas yang bersaing memiliki sejumlah produk ekosistem yang cukup bervariasi, mulai dari jam tangan pintar hingga router WiFi.

Produk router Xiaomi memang belum banyak, tapi bisa menjadi pilihan yang bagus dan terjangkau. Contohnya adalah Mi Router 4C. Dengan harga di bawah Rp 200 ribuan, router ini menawarkan kecepatan jaringan hingga 300 Mbps.

Mi Router 4C dibekali dengan empat buah antena eksternal omnidireksional dengan penguatan sinyal 5dBi yang dapat secara efektif meningkatkan efek penguatan sinyal
untuk meningkatkan kinerja transmisi, dan dapat digunakan dengan mudah di berbagai lingkungan yang kompleks.

Xiaomi juga membekalinya dengan aplikasi untuk manajemen yang mudah dari dalam maupun luar rumah. Dengan memori sebesar 64 MB, Mi Router 4C dapat dihubungkan secara stabil hingga ke 32 perangkat (batas yang disarankan).

Itulah beberapa merek router WiFi yang Carisinyal rekomendasikan. Untuk mendapatkan salah satu router WiFi, Anda setidaknya harus menyiapkan dana paling kecil Rp 100 ribuan. Jika punya dana besar dan kebutuhan juga besar, router dengan harga jutaan adalah pilihan yang tepat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram