carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aksesoris / 10 Modem MiFi Terbaik dan Tercepat di Indonesia Tahun 2021

10 Modem MiFi Terbaik dan Tercepat di Indonesia Tahun 2021

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 23 Mei 2021

Modem Wi-Fi atau yang dikenal sebagai MiFi memang sangat praktis. Kamu bisa membawa modem ini ke mana saja. Berbeda dengan Wi-Fi yang menggunakan router yang tersambung dengan kabel khusus, MiFi ini adalah WiFi portable yang tidak tersambung kabel apapun. Selain itu, kita juga tidak harus berlangganan paket internet yang harus membayar bulanan ketika menggunakan MiFi.

Dari hari ke hari kebutuhan MiFi memang sangat meningkat. Semakin banyak orang yang membutuhkan internet praktis yang siap dibawa ke mana saja. Berdasarkan hal itulah Carisinyal sudah merangkum daftar modem MiFi terbaik untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.

1. Huawei E5576

MiFi Huawei E5576 dijual seharga Rp600-an ribu dengan bundling Telkomsel. Kendati demikian, MiFi ini sudah di-unlock agar bisa dipakai lintas operator, memanfaatkan seluruh frekuensi 4G LTE yang didukungnya. Huawei E5576 bisa disambungkan ke-16 perangkat dan mampu menyuguhkan kecepatan download hingga 150 Mb/detik, serta upload 50 Mb/detik.

MiFi ini cukup awet dipakai. Baterai 1500 mAh-nya bisa menjamin pemakaian hingga 6 jam secara terus-terusan, dengan standby mencapai 300 jam. Menariknya, Huawei memberi garansi 3 tahun buat Huawei E5576 ini. Satu tahun pertama untuk tukar unit, lalu tahun kedua dan ketiga servis ganti suku cadang.

2. Huawei E5577

Huawei E5577

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

MiFi Huawei E5577 ini dijual dengan bundling Bolt. Meskipun demikian, modem ini masih bisa diunlock agar kamu dapat menggunakan kartu provider lain. Huawei E5577 berjalan di frekuensi 4G LTE 1800, 2100 dan 2300 MHz. Jika di wilayah tempat tinggalmu belum didukung dengan jaringan 4G LTE, kamu tetap bisa menggunakan modem ini di jaringan 3G.

MiFi dengan kisaran harga Rp700 ribuan ini menawarkan kecepatan download sampai 110 Mbps, tetapi itu juga tergantung pada kecepatan internet provider yang kamu gunakan. Modem ini bisa terkoneksi ke maksimal 10 perangkat dalam waktu yang sama.

3. HKM 001

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ada satu lagi MiFi berkualitas yang layak direkomendasikan, yakni MiFi 4G HKM 001 yang sering di-bundling dengan operator Telkomsel atau XL. MiFi ini sering hadir dalam kondisi unlocked agar Anda bisa menggunakan kartu SIM jaringan 4G dan 3G dari operator lain.

Selain itu, terdapat juga layar yang cukup besar untuk menampilkan informasi sisa kuota. Anda juga bisa menghubungkan hingga 10 perangkat dalam sekali waktu. Penasaran dengan ketahanan baterainya? Anda bisa menggunakan MiFi ini selama 10 jam ketika dipakai dan 300 jam dalam keadaan stand by. Anda bisa membelinya dengan seharga Rp500 ribuan.

4. HKM G008

HKM G008 adalaah solusi jika Anda sering bepergian ke luar negeri dan butuh koneksi internet. Sebab, MiFi 4G LTE ini bisa dipasangi dua kartu SIM: satu kartu SIM fisik, satunya lagi kartu SIM elektronik (cloud SIM). HKM G008 biasanya dijual dengan bundel provider jaringan XL dan Telkomsel.

Namun, MiFI seharga Rp700-an ribu ini sudah di-unlock agar bisa dipakai dengan operator apa pun. HKM G008 dapat disambungkan ke lima perangkat dan menjamin pemakaian hingga 15 jam berkat baterai 3500 mAh-nya. HKM G008 yang bergaransi 3 tahun ini menawarkan kecepatan download hingga 150 Mbps, dan upload 50 Mbps

5. PROLINK PRT7011L

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah produk MiFi lainnya yang bisa membuat berbagai perangkat terhubung dengan koneksi WiFi yang stabil. Hadir dengan harga Rp600 ribuan, fitur pada modem ini cukup layak untuk dilirik. Anda bisa menghubungkan 11 perangkat – 10 perangkat secara wireless dan 1 perangkat menggunakan kabel.

Ia mendukung koneksi 4G, 3G, dan 2G dengan kartu SIM dari berbagai operator. Khusus untuk koneksi 4G LTE, MiFi ini menawarkan kecepatan hingga 300 Mb/detik. Terdapat tampilan layar LED untuk menampilkan indikator SMS, WiFi, baterai, dan jaringan. Baterai berkapasitas 2000 mAh yang diusungnya juga mampu bertahan hingga 10 jam.

6. D-Link DWR 932C

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jangan biarkan ketiadaan internet mengganggu produktifitas – Anda bisa mengandalkan D-Link DWR 932C sebagai MiFi 4G dengan kualitas jaringan yang stabil. Ia memiliki dukungan koneksi 4G FDD LTE Band 1, 3, 7, 8, 20 yang juga menangkap sinyal 3G seandainya di tempat Anda tidak terdapat sinyal 4G.

Dari segi portabilitas, ia pun memiliki desain bodi yang lumayan ringkas atau sebesar 106 x 16 c 65 mm. Sungguh cocok dibawa berpergian tanpa banyak memakan tempat di tas Anda. MiFi D-Link ini memiliki kecepatan download hingga 150 Mb/detik dan kecepatan upload hingga 50 Mb/detik, tapi kecepatan ini dipengaruhi oleh kualitas operator jaringan juga.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memotong kartu SIM menjadi micro atau nano, Anda perlu menggunakan adapter. Pasalnya, MiFi ini mendukung kartu SIM berbentuk mini. Terdapat juga slot microSD agar Anda bisa membagikan file antar perangkat dengan mudah. Selain itu, baterainya berkapasitas 2000 mAh dan sanggup bertahan hingga 5 jam. Anda bisa membelinya seharga Rp500 ribuan.

7. Movimax MV003

Movimax MV003 yang di-bundling dengan operator XL dapat Anda temukan di toko online dengan harga bervariasi, antara 400-600 ribu rupiah. Penjual biasanya sudah meng-unlock MiFi 4G LTE ini agar dipakai dengan seluruh operator yang ada di Indonesia, kecuali Smartfren. Meski begitu, hal itu tak menggugurkan garansi resminya selama 1 tahun.

Movimax MV003 ini cocok digunakan untuk beramai-ramai. Sebab ia bisa disambungkan ke 32 perangkat sekaligus dengan jangkauan 50 meter. Baterainya 2300 mAh-nya pun cukup awet, bisa bertahan hingga 10 jam pemakaian. Adapun kecepatan unduh maksimal yang bisa dicapai adalah 150 Mb/detik, dengan kecepatan unggah 50 Mb/detik.

8. Alcatel MW40

Hal yang mungkin membuat Anda kesal dengan MiFi adalah baterainya sering bocor. Namun, hal itu bisa ditanggulangi oleh Alcatel MW40. Sebab, MiFI ini bisa dipakai tanpa baterai, colokkan saja langsung ke sumber listrik. Baterai pun bisa jadi awet karena baru dipakai ketika sedang berada di luar rumah.

MiFi 4G LTE Rp700 ribuan dengan garansi 1 tahun ini di-bundling dengan kartu Telkomsel. Namun, penjual biasanya sudah meng-unlock agar kartu dari provider apa pun masuk. Baik itu yang menggunakan FDD LTE ataupun TDD LTE seperti Smartfren.

Alcatel MW40 dilengkapi slot microSD (hingga 32 GB) dan layar LED kecil untuk menampilkan informasi baterai, sinyal, dan SMS. Ia bisa dipakai hingga 15 perangkat hingga 7 jam berbekal baterai 1800 mAh.

9. ZTE WD670

ZTE WD670 adalah MiFi yang 'kecil-kecil cabe rawit'. Bentuknya memang mungil, tetapi bisa dipakai hingga 31 perangkat. Baterai 2300 mAh yang dikandung membuat ia bisa melayani sampai 8 jam. Anda tak perlu bingung mau pakai kartu SIM apa pun. Soalnya, ZTE WD670 sudah di-unlock oleh penjualnya.

Namun, patut Anda tahu, ZTE WD670 cuma bisa menangkap sinyal 4G LTE, 3G dan 2G tidak bisa. MiFi dengan bundling Telkomsel dilengkapi slot microSD dan beberapa LED indikator. Dengan harga Rp600 ribuan, Anda bisa membeli MiFi ini dengan kabel USB, buku petunjuk, baterai, dan garansi 1 tahun.

10. Movimax MV008

Movimax MV008 adalah MiFi 4G LTE yang bisa menampung banyak orang. Sebab, MiFi ini sejatinya adalah router yang bisa melayani 32 perangkat secara nirkabel via sinyal WiFi 2,4 GHz, plus dua perangkat lewat kabel LAN. Penjualannya memang bersatu dengan paket XL Home.

Namun, MiFi seharga Rp600 ribuan ini sudah di-unlock untuk semua operator. Movimax MV008 menawarkan kecepatan download hingga 150 Mb/detik dan mendukung VPN Passthrough. Selain memperoleh unit dan paket XL Home, Anda juga mendapat adaptor dan kabel LAN dalam paket penjualan.

Sepuluh pilihan modem MiFi terbaik dari Carisinyal ini dijual dengan harga yang bervariasi. Akan tetapi, semua produk-produk di atas menawarkan kualitas yang tergolong baik. Nah, modem MiFi manakah yang menjadi pilihan kamu? Atau apakah kamu memiliki rekomendasi modem MiFi terbaik lainnya?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram