carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 12 Juli 2021

Persaingan ponsel gaming semakin hari semakin memanas. Sudah banyak brand yang mengeluarkan smartphone dengan performa tinggi dan fitur-fitur yang disesuaikan untuk kegiatan gaming, seperti Xiaomi dengan BlackShark-nya, seri Lenovo Legion, Razer Phone, hingga Nubia Red Magic series.

Tidak ketinggalan, ASUS selaku salah satu perusahaan elektronik terkemuka yang berdiri di Taiwan juga kerap kali mengeluarkan varian baru dari ASUS ROG Phone. Di tahun 2021, seri tertinggi yang dimilikinya adalah ASUS ROG Phone 5 series.

Seri tersebut mencakup tiga versi yang berbeda, yakni ASUS ROG Phone 5 reguler, ASUS ROG Phone 5 Pro, dan yang tertinggi adalah ASUS ROG Phone 5 Ultimate. Banyak kemiripan spesifikasi yang terbentang di antara ketiga smartphone tersebut.

Namun jika kita ingin menilik seberapa jauh ASUS mampu mendorong batasan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membedah varian terbaiknya. Untuk itu, Carisinyal pun memutuskan untuk menghadirkan poin-poin kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate, seperti yang bisa disimak di bawah ini.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Ultimate

Asus ROG Phone 5 Ultimate
  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.78 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 18 GB
  • Memori Internal: 516 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 24 MP
  • Baterai: Li-Po 6.000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan ASUS ROG Phone 5 Ultimate

Seperti yang bisa diduga, ASUS ROG Phone 5 Ultimate pastinya hadir dengan segala kebaikan yang akan membuat Anda betah bermain game lama-lama. Mau tahu lebih lengkapnya seperti apa? Berikut adalah poin-poin kelebihan yang bisa dijadikan referensi.

1. Performa Unggul dari Snapdragon 888

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 2

Sudah tidak lagi mengagetkan kalau ASUS ROG Phone 5 Ultimate dihadirkan dengan chipset terbaik di dunia. Setiap iterasi dari seri ini selalu membawakan chipset terbaru dan tergahar saat model tersebut diluncurkan, seperti ASUS ROG Phone 3 yang dirilis pada saat Snapdragon 865 menduduki peringkat chipset terbaik pada saat itu.

Dengan mengemas Snapdragon 888, pengguna Ultimate akan rasakan dukungan performa terbaik saat melakukan tugas-tugas berat, termasuk di antaranya mengedit video secara profesional, melakukan kompresi data, dan terutama saat bermain game.

Chipset Snapdragon 888 tidak berbeda dengan yang digunakan pada ponsel-ponsel lainnya, sama-sama menawarkan clock speed tertinggi hingga 2,84 GHz pada performance core Kryo 680.

Sementara itu, core berperforma lainnya juga dihadirkan oleh tiga buah Kryo 680 dengan frekuensi 2,42 GHz. Sedangkan untuk efficiency core, disediakan empat inti Kryo 680 dengan clock speed 1.8 GHz. Perangkat gaming bergengsi ini juga tawarkan kinerja grafis bersaing tinggi berkat Adreno 660 yang beroperasi pada frekuensi 840 MHz.

Mengacu pada base version dari ASUS ROG Phone 5 series yang dilansir dari AnTuTu.com, tingkatan performa benchmark AnTuTu yang didapatkan sekitar 819197 poin. Versi Ultimate juga cukup diuntungkan, mengingat versi ini hadirkan RAM 18 yang lebih besar dari "reguler" yang hanya tawarkan opsi maksimal 16 GB.

Kinerja dalam gaming juga pastinya bisa meningkat lagi karena ponsel ini turut hadir dengan berbagai macam tweak dan setting yang bisa dioptimasikan. Bisa dibilang, ASUS ROG Phone 5 Ultimate tidak hanya diperuntukkan bagi yang sekadar hobi game saja, melainkan sebuah mesin buas untuk menunjang segala keinginan gamer profesional.

2. Penampilan ROG Vision yang Dinamis

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 4

ASUS ROG Phone series selalu punya tampilan desain yang distinctive dibandingkan ponsel flagship lainnya. Balutan desain yang memberikan kesan keren dan gaming banget kembali hadir pada ROG Phone 5 yang menawarkan lampu RGB di belakangnya.

Namun, Ultimate hadirkan yang berbeda. Untuk menggantikan RGB tersebut, pengguna mampu menampilkan opsi grafis ataupun teks pada layar kecil AMOLED yang diletakkan di belakang bodi. Fitur ini dinamakan ROG Vision.

Ini sungguh cocok bagi pelaku e-sport yang ingin memamerkan logo tim, atau sekadar menampilkan pesan dan quote yang selaras dengan personalitas individu yang memakainya. Layar ROG Vision tidak hanya hadir pada Ultimate tapi juga pada Pro. Bedanya, Pro memiliki layar berwarna sedangkan Ultimate hanya monokrom.

Tujuannya cukup jelas, agar layar monokrom tersebut bisa selaras dengan warna dominan hitam-putih yang dinamakan Matte White pada Ultimate.

3. Hadir dengan Aksesoris "AeroActive Cooler 5"

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 6

Harga dari Ultimate pastinya lebih mahal dibanding reguler. Tapi sesuai dengan kata pepatah, ada harga ada barang. ASUS memberikan reward tambahan bagi konsumen yang memilih versi Ultimate, yakni dengan menyertakan aksesoris AeroActive Cooler 5 di dalam boks pembelian.

Seberapa penting aksesoris ini? Well, AeroActive Cooler 5 mampu memberikan cara lebih untuk menurunkan suhu, yakni hingga 15 derajat celsius. Aksesoris ini memiliki ukuran cukup kecil yang bisa dipasangkan dengan mudah pada port di pinggir bodi.

Tidak hanya itu saja. Saat aksesoris terpasang, Anda mendapatkan dua tambahan tombol yang bisa di-map sesuai kebutuhan. Ini akan sangat berguna jika sedang memainkan FPS battle royal, MMORPG, ataupun game MOBA seperti Mobile Legends.

Pastinya, ini akan menambah motivasi pengguna untuk memilih versi Ultimate. Sebab, jika Anda memilih yang reguler, aksesoris ini dijual secara terpisah.

4. Layar AMOLED Menyegarkan dengan Refresh Rate 144 Hz

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 8

Keberadaan layar canggih menjadi salah satu ciri smartphone gaming yang mutakhir. ASUS ROG Phone 5 Ultimate menjadi contoh yang pas dalam hal ini, menyuguhkan panel layar AMOLED 6,78 inci Full HD+ dengan bezel yang lebih tipis dibandingkan seri predesornya.

Layar ini hadirkan panel E4 dari Samsung yang mampu memberikan kecerahan lebih tinggi serta akurasi warna yang lebih tepat. Benar saja, ASUS ROG Phone 5 Ultimate memiliki layar dengan gamut warna DCI-P3 111% dan juga akurasi Delta E < 1.

Untuk menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik, layar juga dilengkapi dengan refresh rate 144 Hz yang dipercaya mampu berikan pergeseran layar dinamis yang lebih smooth dan menyegarkan.

Serta, keberadaan touch sampling rate 300 Hz juga mendukung responsivitas jauh lebih baik daripada sebelumnya, hadirkan latensi input secepat 24,3 ms.

Ukuran layar 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus sudah dianggap ideal bagi penggunaan gaming. Walau tidak hadirkan peningkatan signifikan dibandingkan ROG Phone 3 yang berukuran 6,59 inci, ASUS sudah ambil langkah tepat; ketimbang harus hadirkan layar dan resolusi lebih besar yang akan membuat baterai lebih boros.

5. AirTrigger 5 yang Solid + Sensor Sentuh di Belakang

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 10

Banyak ponsel yang memiliki chipset mutakhir. Nyatanya, Snapdragon 888 juga dimiliki oleh ponsel flagship lain yang tidak dikhususkan untuk gaming seperti Samsung Galaxy S21 versi USA/China, OPPO Find X3 Pro, dan sebagainya.

Tapi, ASUS ROG Phone 5 series hadir dengan fitur yang ekslusif untuk para gamer, yakni AirTrigger 5 yang berfungsi sebagai tombol bahu layaknya tombol L/R pada kontroler PlayStation. Anda pun jadi bisa merasakan pengalaman bermain di konsol walau menggunakan ponsel.

Sensor ultrasonik yang dihadirkan juga membuat kedua tombol ini bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Anda bisa membuat masing-masing tombol untuk dibagi menjadi dua partisi, sehingga bisa difungsikan sebagai tombol L1, L2, R1, dan R2.

Tombol juga bisa memberikan perintah berbeda saat di-swipe ke kiri atau pun ke kanan, ataupun diatur ke swipe vertikal dan horizontal. Lalu, versi Ultimate juga ketambahan satu fitur kontrol baru. Yaitu, pengguna diberi kesempatan menggunakan dua buah touch sensor yang berada di belakang bodi.

Kontrol seperti ini sangatlah ideal untuk permainan yang biasa digunakan pada konsol handheld. Buktinya, PlayStation Vita pun memiliki fitur sensor sentuh yang tidak berbeda.

6. Ketahanan Baterai yang Luar Biasa

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 12

Bagi yang menyukai kegiatan mobile gaming, ketahanan baterai selalu jadi isu yang harus diperhatikan. Untungnya, ASUS ROG Phone 5 Ultimate memiliki baterai yang tangguh untuk penggunaan sehari-hari dan juga saat sedang bermain game secara intens.

Perangkat buas ini dikemas dengan kapasitas baterai 6.000 mAh yang terdiri dari dual cell dengan kapasitas 3.000 mAh. Konfigurasi baterai ini bukan barang baru, mengingat ROG Phone 3 juga punya kapasitas yang sama besarnya.

Dengan menawarkan kapasitas besar, otomatis membuat baterai menjadi punya umur yang lebih panjang. Karena, baterai akan mengalami siklus yang lebih sedikit. ASUS ROG Phone 5 series mendapatkan upgrade dari sisi fast charging, dari yang awalnya ROG Phone 3 hanya punya daya 30 W kini meningkat jadi 65 W.

Menurut Phone Arena, pengguna pun dapat mengekspektasikan ketahanan baterai yang cukup baik, tahan hingga 13 jam 40 menit saat melakukan browsing (60 Hz) dan juga 10 jam 49 menit saat bermain game 3D (60 Hz).

Ketahanan baterai inipun terbilang cukup baik saat berada pada mode 120 Hz, di mana browsing bisa ditunjang selama 13 jam 17 menit dan aktivitas gaming bisa berjalan sekitar 6 jam 20 menit.

ASUS ROG Phone 5 series juga hadirkan kecepatan fast charging luar biasa, hampir dua kali lipat dari ASUS ROG Phone 3 series. Menurut sumber yang sama, suksesornya ini bisa terisi penuh dalam waktu hampir 1 jam, atau tepatnya 57 menit. Tentu jauh lebih cepat dibanding ROG Phone 3 yang butuh waktu 103 menit.

7. Kualitas Hasil Kamera yang Memukau

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 14

Umumnya, pengguna sebaiknya tidak berharap kualitas kamera yang sempurna pada HP gaming seperti ini. Tapi siapa sangka, rupanya ASUS ROG Phone 5 Ultimate tetap hadir dengan kualitas hasil foto yang lumayan bagus di kelas flagship.

Perangkat dibekali dengan konfigurasi Triple Camera di belakang dan satu kamera selfie di depan yang terletak pada bezel. Triple Camera ini terdiri dari lensa utama 64 MP f/1.8 dengan ukuran sensor 1/1.73 inci, focal length 26 mm serta besaran piksel 0.8µm.

Sebagai pendampingnya, hadir juga sensor ultrawide 13 MP yang mampu hadirkan zoom 0.6x dengan sudut keluasan 125 derajat. Terakhir, Anda juga bisa memaksimalkan kualitas foto close up pada benda-benda yang kecil berkat kehadiran sensor makro 5 MP.

Konfigurasi ini sama sekali tidak mengalami perubahan dari ASUS ROG Phone 5 reguler, bahkan tidak pula berbeda dengan seri ROG Phone 3. Nampaknya kamera ini sudah jadi default khas ROG Phone, entah apakah kita akan melihat konfigurasi berbeda pada ROG Phone series selanjutnya.

Sedangkan pada lensa depan, tersemat kamera 24 MP. Ini juga merupakan besaran yang sama persis seperti ROG Phone 5 reguler. Dibandingkan dengan ROG Phone 3, lensa selfie-nya sama-sama tawarkan resolusi 24 MP. Hanya saja, bukaan aperturnya sedikit berbeda yakni f/2.5 pada ROG Phone 5 reguler/Ultimate dan f/2.0 pada ROG Phone 3.

Kami akan beberkan beberapa sampel foto yang dikumpulkan dari beragam sumber di bawah ini. Untuk perekaman videonya, baik ROG Phone 5 reguler maupun Ultimate sama-sama hadirkan dukungan resolusi up to 8K pada 30 FPS.

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 16
ASUS ROG Phone 5 Ultrawide *source: gsmarena.com
10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 18
ASUS ROG Phone 5 Ultimate Portrait Mode. *source: phonearena.com
10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 20
ASUS ROG Phone 5 Ultimate Night Mode 2x zoom. *source: gsmarena.com

8. ROG UI yang Kaya Fitur Khusus Gaming

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 22

Secara hardware, ASUS ROG Phone 5 Ultimate sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya. Untuk memberikan pengalaman gaming lebih menyenangkan, perangkat pun hadir dengan antarmuka ROG UI berbasiskan Android 11 yang memiliki banyak fitur khusus gaming.

Salah satu fitur utama yang bisa tingkatkan performa game adalah X Mode. Saat mode ini diaktifkan, perangkat akan menghapus aplikasi lain yang sedang berjalan di belakang agar efisiensi daya bisa difokuskan pada game. Menu ini bisa diakses melalui Quick Mode.

Selanjutnya, Anda bisa menikmati fitur Game Genie yang hadir sebagai antarmuka overlay yang bisa dimunculkan saat berada di tengah-tengah game. Game Genie memungkinkan pengguna untuk melakukan beragam tweak untuk tingkatkan pengalmaan gaming.

Contohnya, Anda bisa melihat beragam informasi secara realtime seperti tingkatan FPS, muatan daya CPU dan GPU, besaran suhu, dan perkiraan durasi gaming berdasarkan sisa baterai. Game Genie juga menyediakan opsi untuk hadirkan floating app agar bisa menampilkan aplikasi lain di dalam game pada jendela yang terpisah.

Tidak lupa, ASUS ROG Phone 5 Ultimate juga hadirkan Armory Crate yang pernah hadir di seri sebelumnya. Fungsinya kurang lebih tetap sama, yakni melakukan konfigurasi terhadap jalannya permainan seperti mengatur refresh rate, sensitivitas layar, dan skenario spesifik untuk masing-masing game.

Bahkan saat dikoneksikan pada aksesoris AeroActive Cooler 5, Anda juga bisa mengatur tingkat intensitas kipas melalui Armory Crate. ASUS sungguh-sungguh memastikan penggunanya bisa mengatur semua hal sesuai keinginan, hingga hal-hal terkecilnya.

Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate

Mungkin Anda kaget, ponsel yang overkill seperti ini apa benar masih memiliki kekurangan? Nyatanya, ponsel gaming secanggih apapun tidak luput dari kekurangan.

1. Tanpa IP Rating

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 24

Untuk ponsel sekelas flagship seperti ASUS ROG Phone 5 Ultimate, beberapa konsumen mungkin akan kecewa kalau perangkat ini tidak dihadirkan dengan proteksi terhadap air dan debu.

Hal ini mungkin bisa diwajarkan mengingat komponen perangkat yang lebih kompleks dari perangkat flagship biasanya. Anda pun disarankan untuk lebih hati-hati, absennya IP Rating bisa-bisa membuat ponsel langsung rusak saat terjatuh ke dalam genangan air.

2. Absennya Dukungan Memori Eksternal

10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 5 Ultimate 26

Varian Ultimate memiliki konfigurasi RAM dan memori internal paling tinggi dibandingkan reguler dan Pro. Hadir dengan memori internal 512 GB dan RAM 18 GB, sebagian konsumen bahkan menganggap kapasitas tersebut terlalu overkill, bahkan untuk keperluan gaming se-profesional apapun.

Ini yang mendorong ASUS untuk tidak lagi menghadirkan slot memori eksternal, karena pengguna sudah dapat menginstal banyak game dan aplikasi dan menyimpan file-file penting pada memori internal. Walau begitu, pengguna yang sudah terbiasa gunakan microSD mungkin akan merasa dirugikan.

Simpulan

ASUS ROG Phone 5 Ultimate banyak membawa kesamaan dengan varian-varian di bawahnya. Namun tetap ada yang menjadikannya berbeda, yakni penggunaan aksesoris kipas eksternal yang tidak hanya berfungsi untuk menurunkan suhu lebih baik lagi, namun juga menghadirkan dua tombol tambahan.

Desain warna bodi yang dominan putih membuatnya terlihat begitu futuristik dan modern, belum lagi tambahan ROG Vision yang bisa diatur dengan berbagai desain bawaan ataupun menampilkan desain custom sesuai selera.

Yang pasti, ASUS ROG Phone 5 series bisa dibilang lebih baik atau mungkin setara dengan ponsel-ponsel gaming sekelas Black Shark 4, Lenovo Legion Duel, ataupun nubia Red Magic 6 series.

Dengan semakin ketatnya persaingan ponsel flagship untuk game, niscaya ASUS akan selalu berikan iterasi yang lebih baik lagi untuk teknologi-teknologi berikut yang akan hadir pada seri ROG Phone selanjutnya. Untuk sementara waktu, ROG Phone 5 Ultimate sudah lebih dari yang dibutuhkan gamer sejati.

ASUS ROG Phone 5 Ultimate hadir di Indonesia secara resmi pada bulan Agustus 2021 dengan harga yang begitu fantastis, yakni mencapai Rp19 jutaan, hadir dengan dual SIM 5G serta konektivitas WiFI 6E. Siap jadi yang pertama meminang ponsel ini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram