carisinyal web banner retina

Kupas Tuntas 6 Perbedaan ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 7

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada April 2023, ASUS kembali menghadirkan seri HP gaming terbaru mereka di pasar Global yaitu ASUS ROG Phone 7 Series. Kali ini, ASUS menghadirkan dua model sekaligus yaitu ASUS ROG Phone 7 dan ASUS ROG Phone 7 Ultimate. ASUS ROG Phone 7 Series ini merupakan penerus dari ASUS ROG Phone 6 Series yang rilis di 2022.

Soal peningkatan tak usah ditanyakan lagi, bahkan untuk ASUS ROG Phone 7 versi regulernya. ASUS ROG Phone 6 memang dikenal akan kemampuan gaming-nya yang luar biasa. Namun, ASUS ROG Phone 7 ini berada satu tingkat di atasnya.

Kehadiran HP ASUS ROG Phone Series ini selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya, terutama oleh para gamer. Nah, kira-kira apa saja peningkatan-peningkatan yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 7 ini?

Dalam artikel ini, Carisinyal sudah menyiapkan pembahasan mengenai apa saja perbedaan ASUS ROG Phone 6 dan ASUS ROG Phone 7. Tanpa berlama-lama lagi, silakan simak spesifikasi utama dari kedua HP berikut ini sebelum masuk ke pembahasan lengkapnya.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan ASUS ROG Phone 6 dan ASUS ROG Phone 7

Sekilas, ASUS tampaknya fokus mengubah sektor dapur pacu dari ASUS ROG Phone 7. Hal ini guna mendapatkan performa gaming yang lebih tinggi dari sebelumnya. Namun, tidak hanya itu saja yang membedakan ASUS ROG Phone 6 dengan ASUS ROG Phone 7 ini. Agar lebih jelas, silakan simak poin-poin perbedaannya berikut ini sampai selesai.

1. Sisi Desain

asus rog Phone 7

Dari segi desain, ASUS masih percaya diri dengan desain futuristik ala ROG Phone. Kedua HP ini masih sama-sama menggunakan desain gaming yang dilengkapi berbagai ornamen. Meski terlihat ramai, desain bodinya ini malah terlihat sangat modern dan mewah.

Jika melihat di bagian belakangnya, kedua HP ini menyusun kamera secara horizontal. Namun, bentuk modul serta posisi LED Flash-nya dibuat sedikit berbeda. Namun, Anda bisa sedikit mengabaikan hal itu. Pasalnya, perbedaannya terlihat lebih jelas di bagian bodinya.

ASUS ROG Phone 7 hadir dengan desain yang bisa dibilang sedikit rapi. HP ini hadir dengan dua tones warna yang menarik yang dipisahkan oleh garis diagonal tegas di bagian tengah. Garis diagonal tersebut memisahkan elemen lapisan transparan di bagian atas. Sedangkan lapisan bawahnya terdapat sebuah logo di atas lapisan yang lebih bersih.

Seperti ROG Phone generasi sebelumnya, warna logo ASUS tersebut bisa Anda sesuaikan. Hal ini berkat adanya Aura RGB dengan pilihan warna yang banyak. Anda bisa memilih dua warna sekaligus untuk menampilkan gradasi warna yang lebih solid.

Sementara itu, ASUS ROG Phone 6 hadir dengan desain ala Cyberpunk. Desainnya diambil dari perpaduan antara kesederhanaan geometris dan teknologi yang mutakhir. HP ini juga memiliki logo dengan pencahayaan Aura RGB. Sistem pemilihan serta ketersediaan warnanya kurang lebih sama.

Bodi bagian samping kedua HP ini juga dibuat lebih tebal dengan ketebalan sama yaitu 10,3 mm. Hal itu tidak masalah, sebab kedua HP ini memiliki lubang port yang cukup lengkap. Misalnya speaker stereo dengan kualitas suara menggelegar, port jack 3,5mm, port USB Type-C, bahkan tombol tambahan untuk bermain game.

Adanya tombol tambahan di bagian bodi tentu untuk meningkatkan kenyamanan dalam bermain game. ASUS juga menyediakan hingga dua port untuk USB Type-C. Port tersebut disimpan di bagian bawah dan di samping bagian tengah. Port USB Type-C di bagian samping ini bisa Anda gunakan untuk menghubungkan HP dengan aksesori yang tersedia.

Untuk ketahanannya, bodi dari kedua HP ini sudah dilindungi oleh Gorilla Glass Series. Selain itu, ASUS ROG Phone 6 juga sudah dibekali sertifikasi ketahanan air yaitu IPX4. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 hadir dengan sertifikasi IP54.

2. Kemampuan Layar Memukau

asus rog Phone 7

Beralih ke sektor layarnya, kedua HP ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Baik ASUS ROG Phone 6 atau ROG Phone 7, keduanya masih mengandalkan panel buatan Samsung yaitu AMOLED. Ukuran layar keduanya juga sama yaitu 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Ukuran layar tersebut memang cukup pas untuk penggunaan sehari-hari, terutama bermain game. Belum lagi dukungan-dukungan dari fitur lainnya yang cukup menarik. Untuk meningkatkan kenyamanan dalam bermain game, kedua HP ini tidak hanya dibekali refresh rate 120Hz atau 144 Hz, melainkan 165 Hz.

Angka tersebut benar-benar tinggi, pergerakan animasinya benar-benar sangat mulus dan memanjakan mata. Selain itu, terdapat touch sampling rate hingga 720 Hz. Dengan fitur ini, sang HP memiliki respons yang sangat cepat terhadap sentuhan. Dengan begitu, Anda memiliki satu keunggulan di dalam game untuk bisa bereaksi lebih cepat.

Selain itu, terdapat fitur-fitur lain sebagai pendukung, seperti HDR10+, 1,07 miliar warna, hingga Eye are Display. Fitur ini memastikan mata Anda tidak terasa sakit meski bermain game cukup lama. Keduanya juga dibekali Corning Gorilla Glass Victus untuk ketahanan layarnya. Membuatnya lebih tahan terhadap goresan dari benda-benda kasar.

Sebagian besar kemampuan layar yang dimiliki kedua HP ini bisa dibilang cukup mirip. Namun, ada satu hal yang membuatnya sedikit berbeda, yaitu pada kemampuan tingkat kecerahannya. ASUS ROG Phone 7 hadir dengan tingkat kecerahan puncak sedikit lebih tinggi yaitu 1500 nit. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 hanya mencapai 1200 nit.

Perbedaan ini mungkin bukan hal yang besar. Namun, Anda akan merasakan perbedaannya ketika menggunakan HP di luar ruangan dengan keadaan terik.

3. Snapdragon 8 Plus Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 2

asus rog Phone 7

ASUS ROG Phone 6 sebenarnya sudah memiliki performa yang cukup tinggi. Sebagai HP gaming kelas atas, ia mengandalkan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 sebagai sumber tenaganya. Chipset ini dirancang atas proses manufaktur 4 nm dengan prosesor octa-core di dalamnya.

Prosesor tersebut memiliki tiga klaster yang terdiri dari klaster super berupa satu core Kryo Prime berbasis Cortex X2 (3,19 GHz). Selain itu, terdapat klaster performa sebanyak tiga core Kryo Gold berbasis Cortex A710 (2,75 GHz). Terakhir adalah klaster efisiensi berisi empat core Kryo Silver berbasis Cortex A510 (1,80 GHz).

Salah satu chipset terbaik dari Qualcomm ini juga mendapatkan dukungan dari komponen lain. Misalnya GPU Adreno 730 (900 MHz) untuk pengolah grafisnya, NPU Hexagon, serta modem internal 5G dari Snapdragon X65.

Performa yang dihasilkan chipset ini cukup mengesankan. Tidak heran jika banyak HP flagship tahun 2022 banyak yang menggunakannya. Sebagai penerus, ASUS ROG Phone 7 tentu tidak ingin kalah. Ia mengalami peningkatan di sektor ini dengan menggunakan chipset terbaik dan terbaru dari Qualcomm per-2023. Siapa lagi kalau bukan Snapdragon 8 Gen 2.

Untuk meningkatkan performa, ASUS ROG Phone 7 mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2 sebagai sumber tenaganya. Chipset yang dirancang dengan proses manufaktur 4 nm ini juga ditenagai oleh prosesor octa-core. Hanya saja, arsitektur yang dimilikinya sedikit berbeda.

Prosesor tersebut terdiri dari tiga klaster yang terdiri dari klaster super berisi satu core Kryo Prime berbasis Cortex X3 (3,2 GHz). Selain itu, terdapat klaster performa yang diisi oleh dua core Kryo Gold berbasis Cortex A715 (2,8 GHz) dan dua core Cortex A710 (2,8 GHz). Terakhir adalah klaster efisiensi yang berisi tiga core Kryo Silver berbasis Cortex A510 (2,0 GHz).

Snapdragon 8 Gen 2 ini juga didukung oleh komponen-komponen lainnya. Mulai dari GPU Adreno 740 (680 MHz) yang bertanggung jawab untuk menampilkan kualitas grafis terbaik, serta modem internal 5G dari Snapdragon X70.

ASUS ROG Phone 7 ini diklaim memiliki kecepatan lebih tinggi hingga 15 persen dan efisiensi daya lebih baik hingga 15 persen. Peningkatan tersebut juga dipengaruhi oleh sektor pendukung lainnya. Misalnya dipadukan dengan RAM LPDDR5X berkapasitas lega hingga 16 GB. Serta memori internal UFS 4.0 yang lebih cepat berkapasitas 512 GB.

Lantas, bagaimana dengan hasil pengujian sintetis yang dilakukan untuk kedua chipset ini? Snapdragon 8 Gen 2 tentu memiliki hasil yang cukup jauh lebih baik. Berdasarkan data benchmark di Nanoreview, Snapdragon 8 Gen 2 ini mendapatkan skor 1.288.465 pada pengujian AnTuTu v9. Sedangkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 hanya mencapai 1.091.089 saja.

Tidak hanya itu, pengujian juga dilakukan menggunakan GeekBench 5. Hasilnya, Snapdragon 8 Gen 2 mendapatkan skor 1489 untuk single-core dan 5000 untuk multi-core-nya. Sedangkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 hanya 1317 untuk single-core dan 4184 untuk multi-core.

Hasil skor yang didapatkan oleh keduanya terbilang cukup jauh. Bahkan, ketika diuji menggunakan 3DMark Wild Life Performance, Snapdragon 8 Gen 2 melesat dengan mendapatkan skor 12.270. Sedangkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 hanya mampu mencapai skor 9706 saja.

Performa yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 7 ini memang bukan main-main. Belum lagi didukung oleh berbagai fitur lain yang bisa meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya. Misalnya saja sistem GameCool 7 Thermal yang sudah ditingkatkan dari sebelumnya yaitu GameCool 6. Thermal ini mampu mendinginkan CPU dari segala arah.

Di dalamnya juga terdapat Rapid-Cycle Vapor Chamber dan Graphite Sheets yang dioptimasikan. Terakhir ada AeroActive Cooler 7 yang sudah ditingkatkan dengan menambah lebih banyak bilah kipas. Selain itu, terdapat Thermoelectric Peltier Cooler bawaan untuk menghasilkan daya pendinginan yang lebih maksimal.

4. Kamera Hampir Serupa

ROG PHONE 6.camera_

Beralih ke sektor kamera, kedua HP ini memang dibuat sebagai HP gaming kelas atas. Namun, bukan berarti kamera yang disematkannya hanya “asal ada”. Meski tidak disertai fitur kamera kekinian seperti OIS atau telefoto.

Di bagian belakangnya, kedua HP ini sama-sama dibekali tiga buah kamera. Ketiganya juga diposisikan sama yaitu disejajarkan secara horizontal di dalam modulnya. Untuk kamera utama, keduanya kompak memakai resolusi 50 MP (f/1.9 PDAF) menggunakan sensor IMX766. Serta kamera ultrawide 13 MP (f/2.2) dengan sudut pandang hingga 120 derajat.

Namun, kamera ketiga atau kamera makro yang disematkan sedikit berbeda. Jika ASUS ROG Phone memiliki kamera makro 5 MP, maka ASUS ROG Phone 7 sedikit lebih baik dengan 8 MP (f/2.0). Meski begitu, keduanya masih sama-sama mampu merekam di kualitas 8K dengan 24 fps dengan dukungan gyro-EIS.

Perbedaan lain dari sektor kamera ini juga terlihat pada kamera bagian depan atau kamera selfie. ASUS ROG Phone 6 dibekali kamera selfie 12 MP saja. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 hadir dengan kamera selfie 32 MP (f/2.5). Hal ini tentu membuatnya lebih baik ketika menangkap gambar menggunakan kamera depan.

Meski begitu, untuk sebagian orang, kamera bukanlah hal yang penting dari sebuah HP gaming. Sebab kewajiban dari HP gaming tentu saja menghadirkan performa bermain game yang maksimal.

5. Versi Lebih Baru, Dukungan Konektivitas Lebih Baru

asus rog Phone 7

Sebenarnya, jenis konektivitas yang dimiliki oleh kedua HP ini cukup mirip. Keduanya juga terbilang baik karena memiliki konektivitas yang lengkap. Mulai dari jaringan 5G, Bluetooth 5.2, hingga NFC.

Bahkan, kedua HP ini juga memiliki port jack 3,5mm untuk memudahkan pengguna ketika akan menggunakan earphone atau headset. Selain itu, keduanya juga sudah dibekali dua port USB Type-C. Terdiri dari USB Type-C 3.1 yang disimpan di samping dan USB Type-C 2.0 di bagian bawah.

Nah, yang membedakan kedua HP ini soal konektivitas adalah penggunaan jenis Wi-Fi. ASUS ROG Phone 6 masih menggunakan Wi-Fi 6e atau 802.11 a/b/g/n/ac/6e dengan tri-band dan Wi-Fi direct. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 sudah dibekali Wi-Fi 7 atau 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7 dengan tri-band dan Wi-Fi direct.

Penggunaan jenis Wi-Fi ini tentu akan berpengaruh terhadap kecepatan transfer data dan penggunaannya. Bahkan, Wi-Fi 7 ini diklaim memiliki kecepatan transfer data secara teoritis hingga 46 GBps. Sedangkan Wi-Fi 6 hanya memiliki maksimum teoritis 9,6 GBps saja.

Selain itu, Wi-Fi 7 (802.11be) ini juga mampu menggandakan bandwidth saluran yang tadinya 160 MHz menjadi 320 MHz. Anda juga bisa terhubung dengan pita frekuensi yang berbeda secara bersamaan berkat Operasi Multi-Link. Kemudian HyperFusion yang dapat membantu meningkatkan kecepatan koneksi internet dengan menggabungkan koneksi 4G/5G dan Wi-Fi.

6. Varian ASUS ROG Phone 6 dan ASUS ROG Phone 7

asus rog Phone 7

ASUS ROG Phone 6 Series pertama kali diperkenalkan pada Juli 2022. Awalnya, ASUS memperkenalkan ASUS ROG Phone 6 Series ini dengan dua model yaitu ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Kedua HP ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang cukup mirip, seperti penggunaan chipset, layar, dan sebagainya.

Perbedaan dari ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro ini hanya terletak pada bodi bagian belakang serta varian warna. Di bagian belakangnya, ASUS ROG Phone 6 Pro ini memiliki satu layar tambahan. Layar tersebut berukuran cukup kecil yaitu 2 inci menggunakan panel OLED. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 hanya dihiasi lampu RGB saja.

Selain itu, varian warna yang ditawarkan oleh kedua HP ini juga berbeda. ASUS ROG Phone 6 menawarkan varian warna Phantom Black dan Storm White. Sedangkan ROG Phone 6 Pro hanya menawarkan varian warna Storm White saja.

Harga keduanya juga pasti berbeda, keduanya sudah resmi rilis di Indonesia dengan harga bervariatif. ASUS ROG Phone 6 dijual mulai dari Rp8,9 jutaan untuk RAM 8 GB dan internal 256 GB. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 Pro dijual mulai dari Rp9 jutaan untuk RAM 8 GB dan internal 256 GB.

Setelah sukses dengan ROG Phone 6 Series, ASUS kembali merilis model di lini serinya dengan konsep Special Edition. Terdapat dua model yang dirilis yaitu ASUS ROG Phone 6 Batman Edition dan ASUS ROG Phone 6 Diablo Immortal Edition. Kedua HP ini memiliki kemampuan yang cukup mirip, bahkan dengan ASUS ROG Phone 6 sekalipun.

Hanya saja, keduanya memiliki desain yang dibuat khusus sesuai edisinya. Sehingga perbedaan utamanya adalah soal desain dan tampilan. Untuk harganya, ASUS ROG Phone 6 Batman Edition ini dibanderol sekitar Rp11,9 juta untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 Diablo Immortal Edition dibanderol sekitar Rp16,6 juta untuk varian RAM 16 GB dan internal 512 GB.

Tidak hanya merilis versi special edition saja, ASUS juga merilis model ASUS ROG Phone 6 dengan chip MediaTek dan diberi nama ASUS ROG Phone 6D Series. Terdapat dua model yang dirilis yaitu ASUS ROG Phone 6D dan ASUS ROG Phone 6D Ultimate. Perbedaan kedua HP ini dengan ROG Phone 6 Series bisa dibilang hanya dari penggunaan chipsetnya saja.

ASUS ROG Phone 6D dan ROG Phone 6D Ultimate kompak menggunakan chip MediaTek Dimensity 9000 Plus. Spesifikasi lain yang dimiliki keduanya juga cukup mirip. Lagi-lagi, perbedaannya hanya terletak pada layar tambahan di bagian bodi belakang.

Dengan perbedaan tersebut, ASUS ROG Phone 6D Ultimate memiliki harga yang sedikit lebih mahal yaitu mulai dari Rp22,8 juta untuk varian RAM 16 GB dan internal 512 GB. Sedangkan ASUS ROG Phone 6D dijual dengan harga mulai dari Rp21,5 juta untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB.

Pada April 2023, ASUS merilis ASUS ROG Phone 7 Series secara global. Kedua HP ini juga akan masuk ke pasar Indonesia. Konsep yang digunakan pada seri kali ini juga masih sama. ASUS kembali merilis dua model di lini serinya yaitu ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate.

Dengan menggunakan formula yang sama, kedua HP ini memiliki spesifikasi dan kemampuan yang cukup mirip. Perbedaannya hanya pada tambahan layar OLED berukuran 2 inci di bagian bodi belakang ASUS ROG Phone 7 Ultimate.

Untuk harganya sendiri, ASUS ROG Phone 7 dijual mulai dari 999 Euro atau sekitar Rp16,2 juta untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB. Sedangkan ASUS ROG Phone 7 Ultimate dijual mulai dari 1.399 Euro atau sekitar Rp22,7 juta untuk varian RAM 16 GB dan internal 512 GB.

Tidak ada seri Pro di ASUS ROG Phone 7 series. Tetapi bisa jadi ada ASUS ROG Phone 7 varian baru di kemudian hari seperti penggunaan cip yang berbeda atau edisi spesial.

Simpulan

ASUS ROG Phone Series ini menjadi salah satu HP gaming terbaik yang sangat disarankan. JAdi, tidak heran jika kedatangan ASUS ROG Phone 7 Series ini cukup ditunggu-tunggu, terutama para gamer. Pasalnya, seri kali ini memiliki sejumlah peningkatan yang cukup menarik.

Bahkan untuk versi regulernya yaitu ASUS ROG Phone 7 pun memiliki performa yang sudah sangat baik. Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu ASUS ROG Phone 6, peningkatannya bukan main-main.

Misalnya penggunaan chipset yang semakin kencang yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Performa yang dihasilkan tentu akan lebih tangguh, apalagi didukung oleh fitur-fitur lain seperti RAm, hingga sistem pendingin yang lebih baik. Bagian layarnya juga mengalami sedikit peningkatan yaitu kecerahan layar maksimal dari 1200 nit menjadi 1500 nit.

Untuk spesifikasi lainnya, bisa dibilang masih cukup mirip, mulai dari kemampuan layar, kamera, hingga baterai. Bisa dibilang, peningkatan utama dari ASUS ROG Phone 7 ini terletak pada performanya saja. Bagaimana menurut Anda, lebih tertarik dengan generasi baru atau generasi lama?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram