Review Asus ROG Phone: Pantas Menyandang HP Gaming Terbaik

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada banyak cerita tentang ASUS ROG Phone dari 2018 lalu. Cerita paling menarik jelas adalah soal betapa banyak orang sangat antusias terhadap kehadiran ROG Phone, terutama untuk performa dan desain.. Yah performa, karena memang nilai jual utama ponsel ini ada di sektor performa. Namanya juga gaming, berarti memang harus kuat untuk main gim.

Pertanyaan selanjutnya yang mengemuka adalah apakah ASUS ROG Phone ini layak disebut sebagai gaming phone? Ataukah nama ROG yang terkenal sukses di laptop hanya sekadar gimmick agar ponsel ini laku keras?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu saja perlu pembuktikan apakah ROG Phone layak disebut sebagai ponsel yang memang khusus untuk gaming. Karena itu, ketika ROG Phone ini hadir meja redaksi Carisinyal, saya langsung menjajal ponsel ini.

ROG PHONE

Karena menawarkan konsep gaming, fokus pembahasan ulasan ROG Phone kali ini saua fokuskan pada performanya. Tentunya dengan cara mengetes ROG Phone dengan aplikasi benchmark dan juga mengetes dengan 10 gim. Yah, tidak main-main, saya akan mengetes 10 gim di ponsel ini.

Namun, tentu saja membahas gim secara langsung tidak akan seru. Karena itu, saya juga akan membahas soal fitur yang dimiliki oleh ROG Phone, terutama yang berkaitan dengan performa ROG Phone.Setelah itu baru membahas soal performa. Adapun sektor lain juga akan dibahas seperti desain, layar, serta kamera, hanya pembahasannya tidak akan terlalu panjang.

Langsung saja simak ulasan lengkap soal ROG Phone berikut ini. Terlebih dulu, Anda juga bisa cek spesifikasi lengkap dari Asus ROG Phone berikut ini.

Spesifikasi Asus ROG Phone

ASUS ROG Phone

[aps_product_specs id="35387"]

Review Asus ROG Phone

1. Memiliki Banyak Fitur Menarik

Poin pertama yang akan saya bahas adalah soal fitur, terutama fitur yang berhubungan dengan gaming. Contohnya adalah fitur Game Genie yang terlihat pada gambar di atas. Fitur tersebut berfungsi untuk mengatur kenyamanan bermain gim.

Contohnya fitur "Lock Mode" yang akan mematikan tiga tombol kapasitif sehingga tidak akan membuat Anda keluar dari permainan secara tidak sengaja saat menekan tombol "home", "recent apps", atau tombol "back". Ada juga fitur "Real-time info yang berfungsi untuk memberikan informasi soal FPS, suhu, dan penggunaan prosesor saat memainkan sebuah gim.

Tentu banyak fitur menarik lainnya juga yang tergolong asyk dalam memenuhi kebutuhan gaming. Ada fitur macro, ada fitur perekaman, ada juga fitur agar ketika Anda bermain gim, tidak ada panggilan atau chat yang mengganggu.

Fitur menarik lainnya dari ROG Phone adalah X Mode. Apa itu X Mode? X Mode ini merupakan fitur yang dibenamkan oleh Asus pada ROG Phone untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja chipset Snapdragon 845 yang ada di ROG Phone.. X Mode ini terdapat pada aplikasi "Game Center", aplikasi khusus yang memang hadir di ROG Phone.

Dengan mengaktifkan X Mode, ROG Phone akan menngoptimalkan kinerja prosesor dan GPU. Namun, pada praktiknya, sebenarnya aktif atau tidaknya X Mode ini tidak begitu pengaruh pada performa bermain.

Hanya saja, ketika X Mode muncul, logo ROG pada bagian belakang bodi ponsel akan menyala dan berganti-ganti warna seperti terlihat pada gambar di atas. Ketika X Mode tidak aktif, maka lampu di logo ROG akan mati.

rog phone
Warna yang dapat berubah-ubah pada logo ROG di ROG Phone

Fitur game center tidak hanya untuk mengaktifkan X Mode. Fitur ini juga berguna untuk memonitor kondisi ROG Phone. Informasi soal berapa kapasitas RAM dan memori internal serta tidak lupa kondisi CPU dan GPU juga diperlihatkan.

Selain fitur tersebut, ROG Phone memiliki fitur PowerMaster. Dari namanya, jelas kalau fitur ini dihadirkan untuk optimalisasi baterai. Saat saya memakai ROG Phone sendiri, saya tergolong jarang memakai fitur ini. Padahal, PowerMaster ini memiliki banyak fitur menarik, terutama untuk mengubah mode baterai ke mode super hemat.

Power Master

Cuman itu sajakah fitur yang ada di ROG Phone? Tentu tidak, ROG Phone memiliki banyak fitur menarik. Fitur tersebut tidak hanya untuk mendukung kebutuhan gaming tetapi juga fitur yang memang seharusnya ada di sebuah ponsel kelas atas.  Perhatikan gambar berikut yang merupakan kumpulan fitur menarik yang dihadirkan oleh ROG Phone.

fitur ui rog phone

Terlihat dari gambar, kalau ROG Phone memiliki fitur-fitur istimewa. Fitur-fitur tersebut banyak yang memang penting dan tidak sekadar gimmick. Berikut beberapa fitur menarik yang ada di ROG Phone.

  • WiGig
  • WiGig Display
  • Cast
  • AiTriggers
  • NFC
  • Screenshot,
  • AudioWizard
  • Bluelight Filter
  • Multi Windows
  • Memory Cleaner
  • HDR Visual,
  • Refresh Rate Option
  • Glove Mode
  • X Mode, dan masih banyak lagi.

Fitur lainnya tidak saya tulis karena sudah umum hadir di sebuah ponsel. Hal menarik dari fitur-fitur tersebut adalah fitur WiGig. WiGig adalah teknologoi wifi generasi berikutnya yang memang digadang-gadang lebih cepat dan bakal menggantikan teknologi wifi. Hal ini berarti ROG Phone sudah siap dengan teknologi internet generasi selanjutnya.

Fitur lainnya yang menarik adalah Glove Mode. Glove mode ini memungkinkan ROG Phone digunakan menggunakan sarung tangan. Selain itu, fitur yang berhubungan dengan layar juga menarik, yakni fitur HDR Visual dan Refresh Rate.

HDR Visual adalah teknologi layar yang didukung oleh ROG Phone. Fitur ini dapat diaktifkan atau dimatikan. Terkadang saya memilih untuk tidak mengaktifkan fitur ini karena HDR Visual kadang terasa lebih warm dan lebih gelap warnanya.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram