15 Rekomendasi HP Samsung Lipat (Flip) Terbaru (Oktober 2022)

Ditulis oleh Linda

Masih ingatkah Anda dengan masa-masa Featured Phone di awal tahun 2000-an? Pada saat itu, ponsel lipat cukup banyak diminati masyarakat karena desainnya yang unik dan lebih compact untuk dimasukkan ke saku.

Di era smartphone Android ini, ponsel lipat tampaknya mulai tersisihkan. Namun, Samsung mencoba untuk tetap mempertahankan popularitasnya dengan merilis beberapa HP lipat terbaru dengan desain dan spesifikasi yang tidak kalah dengan HP lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin kembali merasakan sensasi HP flip tersebut, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP Samsung Lipat terbaru yang bisa Anda beli di pasaran saat ini. Sebagian HP tersebut merupakan feature phone dan sebagian yang lain sudah menggunakan sistem operasi Android.

1. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Layar utama: Foldable Dynamic AMOLED 2X; Layar sekunder (kover): Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung tidak hanya punya Galaxy S22 Ultra sebagai perangkat andalan untuk kebutuhan produktivitas. Mereka juga menawarkan Galaxy Z Fold4 5G ini untuk para profesional. Dengan layar internal berdiagonal 7.6 inci, menyelesaikan pekerjaan secara multitasking akan sangat nyaman.

Apalagi ditunjang pula dengan penggunaan pena stylus S Pen. Nah, saat sedang tidak bekerja dan hanya untuk penggunaan ringan, Anda bisa melipat layar internal Z Fold4. Gunakan saja layar kovernya yang bentangnya 6,2 inci.

Hal menarik dari Z Fold4 ini adalah telah menggunakan sistem operasi Android edisi L yang diperuntukkan buat perangkat berlayar besar. Dengan begitu, pengalaman penggunaan makin menyenangkan. HP ini juga didukung SoC Snapdragon 8+ Gen yang yang kencang dan hemat daya.

2. Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Samsung Galaxy Z Flip4 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Beberapa content creator perlu tripod atau penyangga saat sedang melakukan live streaming. Namun, jika HP yang dipakai adalah Galaxy Z Flip4 5G, tripod tak lagi diperlukan. Bekuk saja layar HP ini membentuk siku-siku alias 90 derajat.

Layar sebelah atas pun berubah jadi penampil wajah, sedangkan layar sebelah bawah jadi papan navigasi. Untuk memaksimalkan mode ini, Samsung pun telah bekerja sama dengan sejumlah developer aplikasi agar kamera Z Flip4 bisa langsung aktif ketika layarnya dibekuk 90 derajat.

Adapun Layar HP ini bisa dibekuk karena merupakan ponsel layar lipat (foldable) dengan panel Dynamic AMOLED 2X. Pengguna tak perlu khawatir layarnya cepat rusak meski sering dibekuk. Pasalnya, Samsung menjamin layar Z Flip4 akan tetap baik-baik saja setelah dibekuk sebanyak 200 ribu kali.

3. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Hadir pada Agustus 2021 adalah Samsung Galaxy Z Fold3 5G, memiliki dapur pacu serta ketahanan bodi yang meningkat dibanding Z Fold2. Mengandalkan Snapdragon 888 dengan dukungan RAM 12 GB LPDDR5, niscaya semua game Android bisa dilahap ponsel lipat ini tanpa kecuali.

Samsung juga menyematkan bahan material khusus pada layarnya, membuat layar menjadi 50% lebih tipis ketimbang Galaxy Z Fold2 dan ini membuatnya jadi lebih mudah ditekuk dan dibuka tanpa cepat rusak.

Belum cukup di situ, Galaxy Fold3 ini juga dibekali lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya tahan sekalipun sudah terjatuh ke permukaan beton dari ketinggian mencapai 2 meter. Namun, jangan coba-coba sengaja jatuhkan HP ini, ya!

Apakah Anda sering membawa ponsel ke kamar mandi? Nah, ada kabar gembira. Tak hanya layarnya saja yang aman dari retak, ponsel lipat ini juga kedapatan sertifikasi IPX8 yang menjadikannya tahan meski berada di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Dan, jika Anda memiliki router yang kompatibel dengan WiFi 6E, Anda bisa gunakan koneksi tersebut pada Galaxy Z Fold3. Dengan gunakan band WiFi 6 GHz, Anda pun akan merasakan koneksi internet yang jauh lebih cepat, stabil, dengan ping yang begitu rendah untuk maksimalkan pengalaman main game online.

Namun jika memutuskan untuk gunakan ponsel ini, jangan heran jika bodinya terasa berat. Pasalnya, Galaxy Z Fold3 memang punya berat sebesar 271 gram yang akan menyulitkan pengguna saat menggenggamnya terlalu lama. Yuk, ketahui lebih lanjut pada artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3.

4. Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Galaxy Z Flip3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Cover: Super AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3300 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selain kedatangan Galaxy Z Fold3 5G pada Agustus 2021, pasar Indonesia juga turut menyambut Galaxy Z Fold3 Flip 5G. Sama-sama punya inovasi HP lipat, Flip3 ini agak berbeda dengan Fold3. Jika Fold3 adalah ponsel yang bisa di-"unfold" agar layarnya sebesar tablet. Flip3 justru ponsel yang di-"fold" agar ukurannya menjadi lebih compact.

Seperti Fold3, HP lipat ini juga turut dihadirkan dengan beberapa peningkatan dibanding Galaxy Z Fold generasi pertama. Peningkatan paling kentara terlihat dari ukuran layar di cover. Alih-alih tawarkan layar yang ukurannya hanya muat untuk tampilkan satu atau dua baris kata, kini Anda dapat menikmati fungsi beragam berkat ukuran yang lebih besar.

Layar cover ini bisa Anda gunakan saat hendak melakukan selfie menggunakan kamera belakang, atau sekadar menggunakannya sebagai cermin. Selain itu, berfungsi juga untuk hadirkan beragam notifikasi, isi pesan, serta kontrol media untuk aplikasi pemutar musik.

Dapur pacunya yang didukung oleh Snapdragon 888 memastikan penggunaan yang lancar tanpa lag, sekalipun memainkan game seberat Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi. Ponsel lipat yang mungil ini akan mudah masuk ke kantong ataupun clutches, hanya memiliki panjang dan lebar 86,4 x 72.2 mm saja saat ditutup.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram