10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setiap tahunnya, kita sering melihat banyak smartphone baru yang dirilis oleh beragam brand. Mulai dari realme, Xiaomi, Samsung, hingga brand lokal seperti Advan. Anda sungguh disuguhkan oleh banyak sekali ponsel yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Agar berbeda dengan tablet, di mana opsinya cenderung lebih terbatas, di tahun 2021, Samsung telah merilis produk tablet yang merupakan penurunan dari Galaxy Tab S7 Plus. Dengan harga yang lebih murah, Samsung Galaxy Tab S7 FE (Fan Edition) niscaya akan memiliki pasarnya sendiri.

Penamaan "Fan Edition" sendiri adalah cara Samsung untuk membuat nama "Lite" terdengar lebih bersahabat. Walau hadir dengan spesifikasi yang diturunkan, tapi Galaxy Tab S7 FE 5G merupakan produk yang layak dipertimbangkan.

Pasalnya, hal-hal baik pada varian Plus masih dipertahankan di tablet ini, seperti ukuran layar, kapasitas baterai, kualitas speaker, dan sebagainya. Tapi memang tidak dipungkiri, perbedaannya pun cukup banyak sehingga Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan tablet ini jika memang tertarik untuk membelinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: TFT 12,4 inci
  • Chipset: Snapdragon 750G 5G (8 nm)
  • GPU: Adreno 619
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 10090 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Walau tidak sebagus varian Plus, beberapa kelebihan di bawah ini akan membuat Anda terpana. Penasaran apa saja? Simak baik-baik beberapa poin berikut, ya!

1. Layar TFT dengan Ukuran Lebar

Sebagai salah satu tablet Samsung bergengsi, Galaxy Tab S7 "Fan Edition" ini cukup menawarkan ukuran layar yang memuaskan, yakni 12,4 inci. Mengusung resolusi 1600 x 2560 piksel (WQXGA) dengan 243 ppi, tablet ini juga dikemas dengan panel TFT, dengan kedalaman 16 juta warna.

Dari segi spesifikasi layar, panel yang ditawarkan memang tidak berbeda jauh dengan Galaxy Tab S7 reguler. Pengguna memang tidak bisa mengharapkan panel Super AMOLED seperti yang ditawarkan varian Galaxy Tab S7 Plus, karena tablet ini memang berada di segmen harga yang lebih murah.

Varian Fan Edition ini punya ukuran layar yang lebih besar ketimbang versi standar yang hanya menawarkan ukuran 11 inci. Dengan layar yang lebih lebar, seluruh kegiatan bisa dilakukan dengan maksimal. Ditambah, kebiasaan multitasking juga lebih asyik karena layar yang lebih lebar bisa lebih dimanfaatkan saat membuka banyak aplikasi sekaligus.

2. Desain Bodi yang Premium

Bahan material bodi tentu jadi salah satu pertimbangan saat memilih tablet. Piihan yang cukup populer adalah bahan plastik polikarbonat, yang biasa digunakan oleh gadget murah. Namun berbeda dengan Samsung Galaxy Tab S7 FE, menghadirkan bodi belakang yang terbuat dari metal.

Bagian belakang bodi yang membungkus perangkat ini sungguh terasa begitu kokoh dan premium di tangan, membuat tablet ini sungguh terlihat worth it dengan harganya yang lumayan mahal.

Ditambah lagi, tablet ini tidak hanya tersedia pada warna hitam yang terkesan kaku. Rupanya Samsung mengerti keinginan para fans akan opsi warna yang lebih beragam, sehingga menampilkan Mystic Silver, Mystic Green, dan Mystic Pink sebagai tambahan pada Mystic Black.

DI belakang bodinya, Samsung menampilkan housing kamera yang minimalis untuk menampung lensa 8 MP yang punya dukungan fitur autofokus dan perekaman video 1080p. Di sisi lain, Samsung juga membekali perangkat canggih ini dengan lensa depan berkekuatan 5 MP.

3. Baterai yang Tahan Lama

Pada sebuah tablet yang memiliki layar besar, kebutuhan akan baterai besar tentu lebih urgent ketimbang smartphone. Dalam hal ini, Samsung tidak hanya memberikan ukuran layar lebih lebar dibandingkan versi regulernya, namun juga menyematkan baterai yang lebih besar pula.

Merupakan sebuah upgrade dari kapasitas 8.000 mAh yang dimiliki Galaxy Tab S7, kini Anda akan menemukan baterai 10.090 mAh yang mentenagai Galaxy Tab S7 FE 5G. Samsung mengatakan bahwa durasi pemakaian browsing WiFi dan LTE bisa mencapai 12 jam, dengan durasi video playback mencapai 13 jam.

Sebagai pelengkapnya, Samsung juga tak lupa memberikan fitur fast charging 45 W yang sama dengan yang dimiliki versi reguler. Pada varian Fan Edition ini, daya 45 W diklaim mampu mencapai kondisi penuh pada durasi pengecasan 190 menit.

4. Sudah Termasuk S Pen

Sudah menjadi "resep" Samsung untuk menghadirkan S Pen pada setiap produk Galaxy Tab S series terbarunya. S Pen merupakan stylus atau pena digital yang bisa Anda gunakan untuk menulis ataupun melakukan doodle pada tablet.

Tapi perlu dicatat, penggunaan S Pen ini agak berbeda dengan yang ada di Galaxy Tab S7 reguler maupun Plus. Karena, ia tidak didukung dengan latensi serendah kedua varian tadi. Ditambah lagi, S Pen-nya kali ini tidak mendukung integrasi Bluetooth.

S Pen ini pun tidak dapat digunakan untuk melakukan navigasi dengan cara air gesture, sehingga pemakaiannya murni untuk memberikan anotasi pada dokumen dan tangkapan layar, ataupun menulis catatan dengan cara natural.

Anda pun tidak perlu repot mencolokkan atau mencabut S Pen ini dari bodi, karena ia akan menempel secara magnetis dengan bodi tablet, membuatnya semakin praktis dan nyaman digunakan.

5. Performa Chipset yang Memukau

Mungkin Anda membutuhkan tablet untuk bermain game, atau melakukan kegiatan-kegiatan yang butuhkan banyak resource dari komponen internal perangkat. Oleh karena itu, Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G merupakan tablet yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram