carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini

Yuk, Ketahui Perbedaan Samsung Galaxy A32 dan A31!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 1 Juni 2021
Update!
Untuk info harga HP terbaru klik di sini

Samsung Galaxy A32 resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (17/3/2021). Ponsel ini diperkenalkan bersama lini Galaxy A terbaru lainnya, yakni Galaxy A52 dan Galaxy A52. Dilihat dari segmentasinya, Galaxy A32 diperuntukkan buat kaum muda yang punya keinginan tinggi mengeksplorasi seluruh potensinya.

Samsung sadar akan hal itu lantaran melihat generasi milenial dan generasi z yang kian hari kian kreatif. Dalam hal ini, para pemuda masa kini gemar menciptakan berbagai konten. Galaxy A32 pun dipandang bisa untuk mengakomodasi beragam aktivitas para pemuda, baik itu indoor ataupun outdoor.

Pasalnya, Samsung mengklaim Galaxy A32 adalah salah satu smartphone yang Awesome alias mengagumkan. Mengagumkan dari sisi layarnya, kameranya, dan performanya. Lantas, seberapa mengagumkan ponsel ini ketimbang pendahulunya?

Untuk itu, mari simak perbedaan Samsung Galaxy A32 dan Galaxy A31 yang telah Carisinyal siapkan di artikel ini. Namun, sebelum ke pembahasan, tengok dulu spesifikasi umum dari kedua ponsel berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A32

  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci Full HD+
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 6 GB. 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus) sampai 1 TB
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Samsung Galaxy A31

  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci Full HD+
  • Chipset: MediaTek MT6768V/CA / Helio P65
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz & 6x1.7 GHz)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Galaxy A32 dan Galaxy A31

Apakah setelah membaca spesifikasi di atas kamu sudah tahu seluk beluk perbedaan keduanya? Jika sudah, mari kita cocokkan dengan pemaparan berikut ini

1. Desain dan Dimensi

Seseorang yang melihat dan memegang dua ponsel ini pasti langsung sadar dengan perbedaannya satu sama lain. Meskipun dia tidak tahu nama dan jeroan yang dikandungnya. Pasalnya, tampang ponsel ini memang tidak sama, terutama di sektor buritan (belakang).

Untuk material penutup belakang, Galaxy A32 memakai plastik (polikarbonat) yang dipoles glossy seperti kaca tanpa motif apa pun. Hanya ada tulisan Samsung di bagian bawah. Warna yang diberikan pun terlihat kalem, yakni Awesome Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Violet.

Sementara itu, Galaxy A31 juga memakai plastik yang dipoles motif prisma perbedaan kontras warna. Ponsel ini disediakan dalam tiga pilihan warna, yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Blue.

Sumber: samsung.com

Bergerak ke area atas, kedua ponsel punya lima lingkaran yang terdiri atas empat kamera dan satu lampu flash. Namun, penataannya berbeda. Galaxy A32 tampak seamless (mulus) karena empat kamera dan satu flashnya ditata tanpa modul.

Samsung merancang selembar penutup belakang tanpa tonjolan dengan beberapa lubang sebagai tempat kamera dan flash Galaxy A32 bernaung. Adapun sedikit tonjolan di pojok kanan atas berasal tiga lensa kamera.

Smentara itu, Galaxy A31 punya modul berwarna hitam berbentuk persegi panjang sebagai dudukan kamera dan flash. Lingkaran lensa kamera dan flash ponsel ini tampak lebih kecil ketimbang Galaxy A32. Pembahasan berlanjut ke soal dimensi.

Galaxy A32 lebih pendek, lebih lebar, lebih tipis, dan lebih ringan ketimbang Galaxy A31. Ia memiliki ukuran 158,9 x 73,6 x 8,4 mm dengan bobot 184 g. Sedangkan Galaxy A31 berdimensi 159,3 x 73,1 x 8,6 mm dengan berat 185 g. Bisa dikatakan Galaxy A32 sedikit lebih kompak daripada si kakak.

2. Layar

Kedua ponsel memang sama-sama dibekali layar berkualitas bikinan sendiri, yakni Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Resolusi keduanya juga Full HD+ dengan kepadatan piksel per inci 411. Namun, karena dimensi Galaxy A32 lebih lebar, rasio layar ke bodinya jadi lebih kecil, yaitu 84,6 persen berbanding 84,9 persen milik Galaxy A31.

Rasio layar ke bodi bukanlah masalah yang krusial. Hal krusial yang patut kamu ketahui adalah teknologi yang membuat layar Galaxy A32 lebih unggul daripada kakaknya. Teknologi itu adalah laju penyegaran 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, dan kecerahan maksimal 800 nit.

Laju penyegaran yang tergolong cukup tinggi ini akan memberikan pengalaman scrolling mulus, gambar dan animasi yang ditampilkan di berbagai aplikasi dan gim pun makin asyik. Sedangkan touch sampling rate 180 Hz bakal menjamin respon layar yang cepat tanpa jeda sesaat setelah jari menyentuhnya.

3. Chipset

helio g80

Galaxy A32 mengikuti jejak sang kakak untuk memakai chipset dari MediaTek. Hanya saja, tipe yang dipakai tidaklah sama. Adalah Helio G80 terkandung di dalam mainboard Galaxy A32. Sedangkan chipset yang terpasang di dalam Galaxy A31 adalah Helio P65.

Helio G80 dan Helio P65 sebetulnya dibikin dengan proses fabrikasi yang sama, yaitu 12 nm. Namun, kedua chipset delapan inti ini punya perbedaan di clock speed core hemat daya. Helio G80 sedikit lebih kencang karena 6 core hemat daya berbasis Cortex A55-nya berjalan di kecepatan 1,8 GHz. Di lain sisi, core irit Helio P65 adalah kumpulan Cortex A55 yang bisa melaju hingga 1,7 GHz.

Perbedaan ini tentu saja berakibat pada performa. Sebab, mengutip situs nanoreview skor Antutu 8 Helio G80 memang lebih tinggi ketimbang Helio P65, yaitu 203.545 berbanding 186.140. Skor tersebut bermakna Helio G80 9 persen lebih bertenaga daripada Helio P65.

4. Kamera

Sumber: samsung.com

Jumlah lensa kamera belakang Galaxy A32 dan Galaxy A31 sama, yaitu lima. Terdiri atas empat lensa kamera dan satu lensa lampu flash. Kalau dilihat dari bentuknya, lensa di Galaxy A32 memang tampak besar-besar. Namun, sebenarnya resolusi dan bukaan yang disertakan serupa.

Kecuali di sektor lensa kamera utama. Sebab, Galaxy A32 dibekali resolusi dan bukaan lebih besar dengan 64 megapiksel f/1.8. Sementara itu, Galaxy A31 punya resolusi 48 MP dengan diafragma f/2.0. Ukuran megapiksel tak terlalu berpengaruh untuk menghasilkan foto berkualitas.

Pasalnya, ukuran megapiksel hanya sebagai penanda seberapa besar sebuah foto bisa dicetak. Kalau bukaan diafragma secara teori jelas bisa memberikan perbedaan. Sebab, diafragma yang besar akan membuat sensor kamera lebih banyak menangkap cahaya.

Hal selanjutnya yang membedakan kamera Galaxy A32 dan Galaxy A31 adalah resolusi tertinggi yang bisa dihasilkan saat digunakan untuk merekam video. Galaxy A32 mendukung perekaman beresolusi 4K di 30 fps dan 1080p di 30 atau 120 fps. Sedangkan Galaxy A31 hanya bisa menghasilkan video 1080p di 30 fps.

5. Konfigurasi Memori

Sumber: samsung.com

Samsung Electronic Indonesia (SEIN) menghadirkan dua varian memori buat Galaxy A32, yakni penyimpanan internal 128 GB dengan RAM 6 GB, serta storage 128 GB dengan RAM 8 GB. Sementara itu, Galaxy A31 cuma punya satu varian memori, yaitu 128 GB storage plus 6 GB RAM.

Ukuran storage 128 GB di kedua ponsel sudah cukup buat kebutuhan untuk menyimpan gim, aplikasi, dan file-file media masa kini. Namun, Galaxy A32 lebih andal dalam hal multitasking karena punya varian RAM yang lebih besar. Hal yang menjadi masalah adalah opsi ekspansi penyimpanan ke microSD.

Galaxy A32 mendukung microSD hingga 1 TB, dua kali lipat ketimbang Galaxy A31. Menariknya, slot yang disediakan terpisah dari dua kartu nano-SIM. Karena itu, kamu tidak perlu lagi bingung memilih antara memakai dua kartu nano-SIM atau satu nano-SIM dengan microSD.

6. Harga Perilisan

Samsung patut diapresiasi karena berhasil mengembalikan keluarga Galaxy A3x pada habitat harganya, yakni Rp3 jutaan. Terbukti dengan Galaxy A32 yang dijual dengan harga di bawah Rp4 juta. Rinciannya, Rp3,59 juta buat varian memori 6/128 GB dan Rp3,79 juta untuk varian memori 8/128 GB.

Harga jual ini jelas lebih murah ketimbang Galaxy A31 yang pada perilisannya dilepas dengan harga Rp4,1 jutaan. Bahkan, menurut kami, Galaxy A32 lebih worth it dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Seperti layar, kamera utama, dan chipset.

Demikian pemaparan mengenai enam perbedaan dari Samsung Galaxy A32 dan Samsung Galaxy A31. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari ulasan ini adalah Galaxy A32 punya banyak kelebihan yang membuatnya unggul ketimbang sang pendahulu. Sehingga, di atas kertas, ponsel ini layak untuk diburu.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram