15 HP Samsung dengan RAM 4GB Terbaru (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Samsung punya banyak varian ponsel yang menarik. Salah satunya adalah HP Samsung yang punya varrian RAM 6 GB. Ada banyak juga HP Samsung yang punya varian RAM 8 GB, yang biasanya adalah HP Samsung kelas menengah atau midrange dan kelas atas atau flagship.

Khusus kelas menengah sampai kelas terjangkaunya atau entry level, Samsung sudah mulai menawarkan HP dengan RAM 4GB. Ponsel Android dengan RAM 4 GB ini jadi ponsel standar kenyamanan penggunaan ponsel. Terlebih karena kebutuhan RAM aplikasi di Android semakin besar.

Lantas, apa saja HP Samsung RAM 4 GB? Tanpa berlama-lama langsung saja simak daftarnya berikut ini. Perlu diingat, daftar ponsel ini adalah ponsel atau HP Samsung yang sudah beredar resmi di Indonesia.

1. Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Memiliki harga miring bukan berarti mengorbankan kualitas. Hal itu seperti Samsung Galaxy A04s ini yang merupakan suguhan Samsung untuk Anda yang memiliki bujet terbatas. HP yang bisa Anda dapatkan dengan modal Rp2 juta kurang ini menarik karena punya beragam fitur yang fungsional.

Sebut saja pemindai sidik jari di sisi samping, refresh rate 90 Hz, dan kamera utama 50 MP. Gabungan ketiganya masih sulit dicari di level harga serupa. Soal dapur pacu, Galaxy A04s didukung chipset hemat daya Exynos 850, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB.

RAM 4 GB membuat HP ini dapat menjalankan tugas multitasking dengan lancar. Pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain berjalan mulus. Jika 4 GB dirasa kurang, ada fitur RAM Plus yang bisa dimanfaatkan. Melalui fitur ini, Galaxy A04s dapat memiliki RAM tambahan sebesar 4 GB.

2. Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A13
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.599.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

HP Samsung terbaru dengan RAM 4GB datang dari seri A, yaitu Samsung Galaxy A13. Ia dibekali dengan chipset Exynos 850 dan penyimpanan sebesar 128GB. Karena itu, HP ini sangat cocok untuk digunakan sebagai HP daily driver untuk pengguna basic.

Artinya, pengguna dengan jenis aktivitas seperti bersosial media, streaming, dan sesekali bermain gim ringan. Ukuran layar dari HP ini adalah 6,6 inci dengan panel PLS. Walaupun masih berpanel PLS, resolusi layar yang diusung sudah Full HD+. Dengan begitu tampilannya tajam.

Adapun Samsung Galaxy A13 juga mempunyai pilihan RAM sebesar 6 GB untuk pengguna yang merasa kurang dengan RAM 4 GB. Dengan RAM yang lebih besar, tentu pengalaman multitasking juga akan makin baik. Namun, pilihan RAM 4 GB bisa jadi pilihan terbaik jika Anda bukan pengguna kelas berat, bahkan harganya lebih terjangkau.

3. Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy A03 adalah HP Samsung yang menawarkan RAM 4 GB. Varian hadir dengan memori internal 64 GB. Varian ini dijual dengan harga saat rilis kisaran Rp1,7 jutaan. Harga yang menarik, terlebih ponsel ini punya slot microSD yang bisa ditambah sampai 1 TB. 

Jika ingin lebih murah, bisa pilih juga Samsung Galaxy A03 varian RAM 3 GB. Namun, tentu varian ram 4 GB lebih menarik karena menawarkan pengalaman multitasking yang lebih baik. Dengan RAM yang lebih besar, tentu ponsel ini cukup bisa diandalkan di kelasnya. Terlebih Samsung Galaxy A03 juga punya keunggulan di sektor kamera utama berkat resolusi kamera 48 MP. 

Karena harganya yang murah, harus dimaklumi jika ponsel ini tidak menawarkan resolusi layar Full HD. Layarnya yang 6,5 inci hanya menawarkan resolusi 720 x 1600 piksel dengan panel PLS TFT. Namun, PLS TFT ini tergolong cukup oke dan kualitasnya mendekati IPS LCD.

4. Samsung Galaxy Xcover 5

Samsung Galaxy XCover 5
Layar PLS TFT 5.3 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak butuh pendanaan besar untuk mendapatkan ponsel yang fiturnya sangat menunjang produktivitas. Contohnya saja Samsung Galaxy XCover 5 yang harga rilisnya hanya 4 jutaan, namun sudah dibekali fitur-fitur flagship seperti sertifikasi militer MIL-STD-810H ataupun rating ketahanan air dan debu IP68.

Ia dibekali dengan konfigurasi penyimpanan yang terbilang sederhana untuk HP 4 juta, yakni hanya RAM 4 GB LPDDR4x dengan internal 64 GB. Namun untungnya, Anda masih bisa memasukkan kartu microSD pada slot khusus yang tersedia.

HP inipun menghadirkan dua jenis port pengisian daya yaitu USB Type-C dan POGO connector pin. Dengan begini, pengecasan pun lebih fleksibel, apalagi jika gunakan POGO charging dock untuk kemudahan penyimpanan saat mengecas.

Dikhususkan untuk bisnis dan korporat, Samsung Galaxy XCover 5 juga memiliki fitur beragam yang menunjang efisiensi. Contohnya saja XCover Key untuk yang dapat membuka aplikasi tertentu dengan hanya sekali sentuh.

Hal inipun memungkinkan Anda untuk langsung membuka Samsung Knox Capture untuk memindai stok barang untuk memasukkannya dalam database, ataupun untuk digunakan sebagai walkie-talkie.

Jika bisnis Anda berada pada industri yang membutuhkan banyak kerja lapangan, fitur Wet Touch miliknya akan sungguh berguna. Layar akan tetap responsif terhadap sentuhan jari sekalipun terkena air akibat gerimis. Jadi, tertarik tingkatkan produktivitas perusahaan dengan HP ini?

5. Samsung Galaxy A03s

Samsung Galaxy A03s
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy A03s adalah solusi cerdas mendapatkan ponsel berkualitas dengan harga murah meriah. Mengacu pada model yang dirilis di pasar India, Galaxy A03s punya banderol harga 12.499 rupee atau sekitar Rp2,4 jutaan saat rilis.

Meski terjangkau, spesifikasinya terbilang layak, termasuk penggunaan RAM 4 GB pada tipe LPDDR4x serta chipset MediaTek Helio P35 berfabrikasi 12 nm. Chipset ini alami peningkatan performa dibanding Snapdragon 450 pada Galaxy A02s, namun tetap saja kalah saing dibandingkan dengan pesaingnya di harga yang sama.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram