Carisinyal / Samsung 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Samsung Galaxy M30s, itulah nama sebuah ponsel yang jadi penerus Samsung Galaxy M30. Dibandingkan seri lamanya, HP ini memiliki banyak hal yang tergolong menarik. Bahkan, peningkatannya cukup kentara.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh HP ini juga sedikit identik dengan Samsung Galaxy A50s. Hanya memiliki perbedaan di beberapa bagian. Lantas, seperti apa HP yang dijual di kisaran Rp3,1 juta ini? Untuk menjawabnya, simak informasi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30s berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M30s

Samsung Galaxy M30s

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    -
  • Berat
    188 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED
  • Ukuran
    6,4 inci
  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~411 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 9611 (10nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-G72 MP3

Memori

  • RAM
    4 GB
  • Memori Internal
    64 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 1 TB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    13 MP + 5 MP
  • Fitur
    48 MP, f/2.0, (lebar), 1/2", 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 12mm (ultra lebar)
    5 MP, f/2.2, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, panorama, HDR
  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    6000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 15W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Opal Black, Sapphire Blue, Pearl White
  • Lainnya
    Fitur audio:
    - Dolby Atmos

Kelebihan Samsung Galaxy M30s

Apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy A50s. Setidaknya, ada enam poin kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy A50s ini. Simak keenam poin tersebut berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.smartprix.com

Tidak bisa dipungkiri, keunggulan paling menonjol dari Samsung Galaxy M30s ada pada bagian baterainya. Tidak main-main, baterai pada HP ini adalah 6.000 mAh. Ini adalah kapasitas baterai besar untuk ukuran HP kelas menengah. Bahkan, HP kelas atas saja tidak memakai baterai dengan kapasitas 6.000 mAh. Tentu ASUS ROG Phone II adalah pengecualian.

Dengan baterai berkapasitas besar tersebut, jelas membuat HP ini memiliki daya tahan yang tergolong lama. Situs Digit.In mencatat dalam pengujiannya, kalau HP ini dapat bertahan sampai 2 harian dengan penggunaan medium. Hal yang sama juga diungkap situs 91mobiles yang mengatakan kalau daya tahan baterai HP ini bisa mencapai dua harian.

Situs 91mobiles juga melakukan benchmark baterai HP ini. Hasilnya, bisa disimak pada gambar berikut ini.

benchmark baterai Samsung Galaxy M30s

 

Dengan mencatatkan skor sampai 20 jam 12 menit, jelas membuat HP ini memiliki daya tahan baterai yang tergolong awet. Hasil ini menunjukan kalau daya tahan baterai dari Samsung Galaxy M30s tergolong impresif.

2. Performa Kompetitif

performa Samsung galaxy m30s

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy M30s dibekali dengan chipset Exynos 9611. Chipset ini juga digunakan di perangkat Samsung Galaxy A50s, yang harga jualnya mencapai Rp4 jutaan. Sementara dengan harga Rp3 jutaan, saja, jelas membuat HP ini tergolong menarik.

Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core yang terbagi ke dalam dua kluster. Kluster pertama adalah empat core Cortex-A73 2,3 GHz untuk performa dan kluster kedua empat core Cortex-A53 1,7 GHz untuk hemat daya. Untuk pengolah grafisnya, chipset ini memiliki pengolah grafis Mali-G72 MP3.

Bagaimana dengan performa dari Samsung Galaxy M30s ini? Mari simak benchmark dari Samsung Galaxy M30s berikut ini.

benchmark samsung galaxy m30s

* sumber: www.androidauthority.com

Tampak dari gambar di atas, kalau nilai Antutu dari Samsung Galaxy M30s mencapai 150 ribuan. Sementara untuk Geekbench, HP ini mendapat skor 5.329 untuk multi-core dan 1.674 untuk single-core. Untuk kelas harganya, angka ini cukup bagus.

Situs Android Authority mengatakan kalau HP ini dapat menjalankan gim PUBG Mobile dengan baik pada pengaturan grafis tertinggi. Sesekali terjadi frame drop tetapi tidak begitu memengaruhi pada kinerja keseluruhan HP ini. 

Situs Digit.In juga mengatakan kalau performa HP ini untuk main gim tergolong cukup oke. Asphalt 9 dan PUBG Mobile dapat dijalankan dengan pengaturan grafis tertinggi dengan cukup lancar meski sesekali drop frame. 

Performa keseluruhan bukan yang terbaik memang, tetapi, kehadiran chipset Exynos 9611 di HP Rp.3 jutaan patut diapresiasi. Dan hal ini membuat Samsung Galaxy M30s lebih menarik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50S jika tanpa memperhitungkan sektor kamera.

3. Layar Super AMOLED

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.gadgetbytenepal.com

Samsung Galaxy A30s memiliki layar 6,4 inci. Resolusi layar HP ini adalah 1080 x 2340 piksel dengan kerapatan layar 403 ppi. Layar ini menggunakan panel Super AMOLED khas Samsung yang sudah dikenal sebagai panel yang tergolong baik.

Kalau menurut situs Digit.In, layar HP ini memiliki tampilan yang colourful. Enak digunakan untuk internetan, melihat foto, maupun menonton video. Sementara menurut Android Authority, layar HP ini memiliki tampilan warna yang akurat dan enak digunakan untuk menonton video.

Hanya perlu diingat, sektor layar ini tidak mengalami peningkatan. Spesifikasi layar ini mirip dengan layar yang ada di Samsung Galaxy M30 dan Samsung Galaxy A50s. Jelas tidak ada peningkatan yang berarti, karena memang sektor layar ini sudah bagus. 

4. Kamera Belakang Kategori Oke

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy A30S menawarkan tiga kamera di bagian belakang. Konfigurasi tiga kamera belakang ini mirip dengan apa yang tersemat di Samsung Galaxy A50s. Ketiga kamera tersebut adalah kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera depth sensor 5 MP. Bagaimana hasil tangkapan kameranya? Cek hasil fotonya berikut ini.

hasil tangkapan kamera belakang samsung galaxy m30s b

hasil tangkapan kamera belakang samsung galaxy m30s b

hasil tangkapan kamera belakang samsung galaxy m30s

Tampak kalau hasil tangkapan kamera dari HP ini tergolong bebas. Yah, memang kamera 48 MP yang ada di HP ini sudah teruji bagus di Samsung Galaxy A50s. Jadi, tidak ada alasan untuk menyebut sektor kamera HP ini jadi kekurangan.

Kalau ingin bukti valid kalau kamera belakang HP ini, oke mari menelisik data dari berbagai ulasan yang membahas HP ini. Situs Digit.In misalnya menyebut hasil tangkapan kamera utama HP ini tergolong cerah. Sementara hasil foto yang diambil menggunakan kamera ultra-wide, tampak lebih berwarna dan memiliki banyak kontras.

Situs Android Authority juga mengatakan kalau hasil tangkapan kamera HP ini tergolong cerah. Situs 91Mobiles juga memuji hasil tangkapan kamera HP ini. Menurut situs tersebut, kamera belakang HP ini dapat menangkap gambar dengan detail yang banyak. Reproduksi warna yang dihasilkan juga tergolong tepat.

Situs 91Mobiles juga mengatakan kalau di kelas harganya, HP ini bisa dibilang memiliki sektor kamera yang tergolong baik. Pernyataan ini jelas menegaskan kalau kamera HP ini tergolong bagus.

5.  Kualitas Audio yang Baik

samsung galaxy m30s

* sumber: www.gadgetsnow.com

Android Authority menyebut kalau kualitas suara yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy M30s tergolong bagus. Hal ini terlihat dari kualitas suara yang keluar dari speaker HP ini yang cenderung tidak memiliki distorsi. Selain itu, kualitas suara yang keluar memiliki jangkauan dinamis yang baik. 

Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Ternyata ada lima poin keunggulan dari Samsung Galaxy M30s. Lantas, untuk kekurangan dari HP ini ada berapa poin? Ternyata ada lima juga. Apa sajakah kekurangan tersebut? Simak langsung poin-poinnya berikut ini.

1. Kamera untuk Kondisi Low-light Mengecewakan

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.smartprix.com

Kualitas tangkapan kamera belakang HP ini tergolong bagus dan jadi salah satu keunggulan. Tetapi di sektor kamera ini, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M30s. Kekurangan tersebut adalah tidak optimalnya kemampuan kamera HP ini ketika memotret di kondisi low-light atau kurang cahaya.

Hasil pengujian Sammobile menunjukan hal tersebut. Menurut situs yang banyak membahas HP Samsung tersebut, ketika kamera ini menangkap foto di kondisi cahaya yang kurang, banyak detail yang hilang dari foto. Situs Digit.In juga mengatakan kalau tangkapan kamera kondisi low-light menunjukan gambar yang memiliki distorsi dan blur.

2. Kamera Selfie Bisa Lebih Baik

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.gadgetbytenepal.com

Kamera depan HP ini hadir dengan resolusi 16 MP. Kameranya ini sudah mendukung HDR dan kemampuan merekam video sampai 1080p. Penasaran dengan hasil tangkapan kamera HP ini? Hasil tangkapan kamera depan HP ini masih kurang maksimal.

Hasil kamera depannya sama dengan kamera depan Samsung Galaxy M30 karena sama-sama menawarkan kamera 16 MP. Dan tidak ada peningkatan dari sektor kamera depan ini, menjadikan kamera depan jadi salah satu sektor kekurangan dari HP ini. Terlebih karena HP dari merek lain di kelas harga yang sama memiliki kualitas kamera depan yang lebih baik.

3. Hanya Fast Charging 15W

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.gadgetbytenepal.com

Samsung Galaxy A30s dibekali dengan teknologi pengisian cepat 15W saja. Teknologi ini bukan yang tercepat sehingga membuat pengisian baterai HP ini cenderung lama.

Situs Sammobile mencatatkan waktu pengisian daya baterai HP ini sampai penuh mencapai 2 jam 30 menit. Sementara Android Authority mencatatkan waktu pengisian daya sampai penuh mencapai 158 menit.

Cukup lama memang waktu yang ditempuh untuk mengisi daya HP ini sampai penuh tetapi untungnya tidak sampai 3 jam. Hanya saja sebenarnya, HP ini bisa mencatatkan waktu pengisian baterai lebih cepat lagi semisal dengan teknologi fast charging 18W.

4. Desain Berbodi Plastik

Samsung galaxy m30s

* sumber: www.business-standard.com

Samsung Galaxy A30s memiliki desain yang tidak menarik dan cenderung murahan. Seperti terlihat pada gambar diatas, desainnya cenderung biasa. Terlebih fakta kalau kover bodi HP ini terbuat dari plastik.

5. Tidak Ada Pelindung Layar

samsung galaxy m30s

* sumber: www.gadgetsnow.com

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy M30s adalah tidak adanya pelindung layar. Mengapa hal ini penting? Karena kini banyak HP di kelas harga yang serupa dengan Samsung Galaxy M30s, sudah memiliki pelindung layar. Contohnya adalah Redmi Note 8 Pro.

Simpulan

Samsung Galaxy M30s pada dasarnya memiliki spesifikasi yang menarik. HP ini memiliki beberapa peningkatan yang cukup penting jika dibandingkan Samsung Galaxy M30. Peningkatan tersebut terletak pada sektor kapasitas baterai, kamera, dan juga chipset yang digunakan.

Samsung Galaxy M30s adalah HP yang menarik untuk dilirik. HP ini bisa jadi pilihan yang oke untuk yang membutuhkan perangkat dengan daya tahan baterai yang lama, kamera cukup oke, serta chipset yang tergolong tidak jelek di kelasnya. Tertarik dengan HP ini. Silakan beli HP ini di toko online dengan klik link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Bang itu udah ada charging potectionnya belum? Mksudnya klo ng charge 100% otomatis terputus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *