Carisinyal / Samsung 2019 / Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A20s!

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A20s!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Samsung Galaxy A20s dihadirkan Samsung sebagai penerus dari Samsung Galaxy A20. Ponsel ini jadi pelengkap seri pembaruan dari seri sebelumnya. Seperti contohnya Samsung Galaxy A50 yang kemudian dilanjut dengan Samsung Galaxy A50s, Samsung Galaxy A30 yang dilanjut dengan Samsung Galaxy A30s, atau Samsung Galaxy A10 yang dilanjut dengan Samsung Galaxy A10s.

Samsung Galaxy A20s sendiri memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti apa kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A20s berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    163.3 x 77.5 x 8 mm
  • Berat
    183 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6,5 inci
  • Resolusi
    720 x 1560 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~264 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • CPU
    Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 506

Memori

  • RAM
    3 GB, 4 GB
  • Memori Internal
    32/3 GB, 64/4 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 1 TB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    13 MP + 8 MP + 5 MP
  • Fitur
    13 MP, f/1.8, 27mm (lebar), PDAF
    8 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar)
    5 MP, f/2.2, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, panorama, HDR
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    8 MP, f/2.0

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    Konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 15W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Black, Blue, Red, Green

Kelebihan Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s hadir dengan beberapa kelebihan yang terbilang oke di kelasnya. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh HP ini? Simak poin kelebihan dari Samsung Galaxy A20s berikut ini.

1. Tiga Kamera Belakang yang Lumayan Oke

kamera Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s hadir dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera depan 13 MP  dengan bukaan f/1.8 dan PDAF, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera depth sensor 5 MP. Konfigurasi kamera ini mirip dengan Samsung Galaxy A30S. Bedanya, kamera utama Samsung Galaxy A30s menawarkan resolusi 25 MP sementara kamera utama Samsung Galaxy A20s hanya 13 MP saja

Lalu, bagaimana kualitas dari kamera HP ini? Untuk mengetahuinya, mari simak hasil tangkapan dari kamera belakang Samsung Galaxy A20s berikut ini.

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy A20s

* sumber: www.merdeka.com

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy A20s

* sumber: www.merdeka.com

Terlihat kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini masih kategori lumayan. Kualitasnya bisa dibilang lebih baik jika dibandingkan kualitas kamera belakang Samsung Galaxy A10s. Menurut Niko dari channel Obat Gaptek, kualitas kamera ponsel ini memiliki tone warna yang netral dan tidak lebay.

Sementara situs Merdeka.com, yang mengulas ponsel ini, mengatakan bahwa kamera ponsel ini tergolong cukup baik. Kamera mampu menghasilkan foto dengan detail dan rentang dinamis yang cukup baik. Masih menurut mereka, warna yang keluar dari fotonya tidak berlebihan. Satu pendapat dengan Niko dari Obat Gaptek.

Karena alasan tersebut, bisa dibilang kalau kamera ponsel ini tergolong cukup oke di kelas harganya. Terlebih ponsel ini memiliki kamera wide angle yang bisa menghasilkan foto yang luas meski detailnya terasa kurang.

2. Desain Premium

Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s hadir dengan desain yang tergolong premium. Seperti kata Merdeka.com, desain ponsel ini terlihat elegan dan memiliki warna belakang yang solid. Desain ponsel ini sendiri berbahan polikarbonat yang didesain agar terlihat seperti kaca. Faktor inilah yang kemudian membuat desain ponsel ini tergolong menarik dan tidak murahan.

3. Daya Tahan Baterai Cukup Lama

baterai Samsung Galaxy A20s

Di sektor baterai, Samsung Galaxy A20s dibekali baterai dengan kapasitas 4.o00 mAh. Kapasitas yang tentunya tergolong besar. Dengan kapasitas tersebut, smartphone ini bisa bertahan cukup lama, bisa lebih dari satu hari.

Dalam pengujian yang dilakukan Tabloid Pulsa, daya tahan baterai ponsel ini bisa berkurang 14% ketika digunakan bermain gim HD selama 60 menit. Baterainya juga hanya berkurang 10% ketika digunakan menonton video HD selama 60 menit.

4. Pengisian Daya Cukup Cepat

Samsung Galaxy A20s

Tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang lama, ponsel ini juga hadir dengan pengisian super cepat. Berdasarkan pengalaman penggunaan dari tim Merdeka.com, pengisian baterai bisa memakan waktu satu jam lebih dari 20% ke 100%. Bandingkan dengan ponsel di kelasnya yang juga menawarkan baterai 4.000 mAh. Biasanya, pengisiannya memakan waktu dua jam sampai tiga jam lebih.

5.  USB Type-C dan Triple Slot SIM

Samsung Galaxy A20s

* sumber: www.merdeka.com

Samsung Galaxy A20s juga punya kelebihan lain. Kelebihan tersebut adalah hadirnya port USB Type-C yang tentunya tergolong bagus. Selain itu, ponsel ini juga sudah hadir dengan triple slot yang memungkinkan ponsel memiliki dua kartu SIM dan slot microSD yang bisa ditambah sampai 1 TB.

6. OneUI dan Dolby Atmos

Samsung Galaxy A20s

* sumber: www.merdeka.com

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy A20s adalah OneUI yang terkenal user friendly dan intuitif. Selain itu, ponsel ini juga sudah mendukung teknologi Dolby Atmos yang memungkinkan ponsel bisa mengeluarkan suara yang cukup menggelegar. Menariknya, Dolby Atmos ini bisa digunakan tidak hanya menggunakan earphone tapi juga bisa dari speaker.

7.  Layar Lega Infinity-V

Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s memang tidak menawarkan layar dengan panel AMOLED. Panel yang digunakan adalah PLS TFT dengan dimensi layar 6,5 inci HD+ 720 x 1560 piksel. Menariknya, layarnya ini dengan Infinity-V yang membuat tampilan tampak lega.

Kualitas layarnya sendiri tergolong bagus. Seperti kata Niko dari Obat Gaptek, kualitas layar ponsel ini tetap terjaga dan warnanya tergolong bagus. Merdeka.com juga mengatakan kalau layar ponsel ini memiliki warna yang lebih menyala dan kontras yang baik.

Kekurangan Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s hadir dengan beberapa kekurangan yang membuat HP ini terasa jadi terasa kurang menarik.Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A20s ini? Berikut tiga poin kekurangan dari Samsung Galaxy A20s.

1. Chipset yang Sedikit Lampau

Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s hadir dengan chipset Snapdragon 450. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Tidak ada yang salah dengan chipset ini tetapi perlu diingat Snapdragon 450 adalah chipset lama. Di saat ponsel lain hadir dengan chipset baru dengan proses fabrikasi 12nm atau kurang, Samsung malah memakai Snapdragon 450 yang sudah ketinggalan.

Untuk performanya, Snapdragon 450 memang lumayan. Tapi untuk kelas harganya bukan yang terbaik. Simak nilai Antutu dari Samsung Galaxy A20s berikut ini.

antutu samsung galaxy a20s

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SSkxx1LHDwY

Terlihat jika Antutu dari Samsung Galaxy A20s ini ada di angka 70 ribuan. Angka yang tidak jauh berbeda dengan ponsel yang memakai chipset Helio P22 yang diproses dengan fabrikasi 22nm.

Memang, chipset ini cukup mumpuni untuk penggunaan dasar. Tapi jelas tidak ada yang istimewa dari sebuah ponsel yang memakai chipset cukup lampau. Niko dari Obat Gaptek aja “garuk-garuk kepala” melihat chipset yang dipakai ponsel ini. Meskipun menurut dia, chipset yang digunakan ini tergolong enak-enak aja. Tapi jelas untuk bermain PUBG Mobile dan gim dengan grafis berat lainnya, performanya kurang nendang.

2. Mudah Tinggalkan Sidik Jari

Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20s memang memiliki desain yang menarik. Sayangnya, bodi belakang ponsel ini rentan terkena bekas sidik jari. Hal ini seperti yang dikeluhkan oleh Tabloidpulsa. Menurut Tabloidpulsa, kover bodi belakang ponsel ini selalu meninggalkan bekas sidik jari.

3. Tidak Ada LED Notifikasi

Samsung Galaxy A20s

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy A20s adalah tidak adanya LED notifikasi. Karena ponsel ini tidak menawarkan panel AMOLED dan tidak ada fitur always-on-display, jelas fitur LED notifikasi tergolong sangat dibutuhkan.

Simpulan

Samsung Galaxy A20s merupakan HP yang tergolong tanggung jika menilik harga yang ditawarkannya, yakni Rp2 jutaan. Ponsel ini memang menarik dari sisi baterai dan desainnya yang cukup elegan. Sayangnya, sektor lain dari ponsel ini tidak begitu menonjol. Masih banyak ponsel lain di kelas harga yang serupa yang menawarkan spesifikasi dan fitur lebih baik.

Namun perlu diingat, ini adalah Samsung. Banyak orang yang kadang tidak begitu memperhatikan spesifikasi. Yang paling penting adalah kualitas. Dan Samsung terkenal sebagai produsen ponsel dengan kualitas produk yang baik. Jadi, tertarik untuk membeli ponsel Samsung Galaxy A20s ini? Jika tertarik, cek di sini untuk membeli Samsung Galaxy A20s di Bukalapak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *