Carisinyal / Samsung 2019 / Mari Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50s

Mari Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50s

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Samsung Galaxy A50s adalah HP Samsung kelas menengah yang jadi penerus dari Samsung Galaxy A50. HP yang satu ini memiliki beberapa peningkatan yang cukup menarik dibandingkan seri sebelumnya.

Apa yang menarik dari HP ini? Apakah HP ini layak beli? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s berikut ini. Tetapi sebelumnya, mari simak terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy A50s.

Spesifikasi Samsung Galaxy A50s

SAMSUNG GALAXY A50S

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    158.5 x 74.5 x 7.7 mm
  • Berat
    169 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED
  • Ukuran
    6.4 inci
  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (~ kepadatan 403 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 9610 (10 nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-G72 MP3

Memori

  • RAM
    4 GB, 6 GB
  • Memori Internal
    64/4 GB, 128/4 GB, 128/6 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 1 TB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 5 MP
  • Fitur
    48 MP, f/2.0, (lebar), 1/2", 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar)
    5 MP, f/2.2, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, panorama, HDR
  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 15W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (di bawah layar), accelerometer, proximity, compass
    ANT+
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Prism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Green, Prism Crush Violet2

Kelebihan Samsung Galaxy A50s

Apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy A50s. Setidaknya, ada enam poin kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy A50s ini. Simak keenam poin tersebut berikut ini.

1. Kamera 48 MP

Kamera Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50S memiliki tiga kamera belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera 8 MP untuk lensa ultra-wide, kamera 5 MP untuk depth sensor, dan kamera utama 48 MP. Kehadiran kamera utama 48 MP menambah daftar panjang HP yang menawarkan kamera belakang 48 MP.

Seperti apa hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A50S ini? Mari cek beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A50S berikut ini.

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus, terutama untuk kondisi siang hari. Hasil tangkapan kameranya benar-benar bagus. Hal ini tentu berkat penggunaan lensa Sony IMX582 yang membuat hasil tangkapan kamera belakang HP ini benar-benar bagus.

Menurut Mashable India, hasil tangkapan kamera belakang HP tergolong bagus di kondisi luar ruangan dan kondisi cahaya yang cukup. Hal yang sama juga diungkapkan oleh situs 91Mobiles. Menurut mereka, kamera Samsung Galaxy A50s dapat menghasilkan foto dengan detail yang baik. Mode 48 MP pun tergolong fantastis.

2. Kamera Selfie 32 MP

selfie Samsung Galaxy A50s

Selain kamera belakang, kamera depan Samsung Galaxy A50s tergolong bagus. Kamera depan Samsung Galaxy A50s ini memiliki ukuran 32 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur HDR dan perekaman video 1080p.

Menurut Smartprix, kamera selfie HP ini mampu melakukan tugasnya dengan baik, terutama ketika memotret di luar ruangan. Mashable India dan situs 91Mobiles juga memuji kualitas selfie HP ini di kondisi cukup cahaya.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50s dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong biasa karena kini sudah banyak HP yang bahkan di kelas harga termurah memiliki kapasitas baterai yang besar.

Lalu pasti muncul pertanyaan tentang daya tahan baterai HP ini. Seberapa lama daya tahan baterai Samsung Galaxy A50s? Kalau berdasarkan berbagai sumber, daya tahan baterai ini tergolong bagus. Seperti 91Mobiles yang menguji pengurasan baterai ini yang membuat Samsung Galaxy A50s mampu bertahan selama 14,5 jam.

Mashable India menyatakan kalau HP ini dapat bertahan sampai seharian penuh. Hasil tersebut didapatkan dengan penggunaan ponsel level moderat seperti menonton video, bermain gim berat, mendengarkan musik, dan memakai media sosial. 

4. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy A50s dibekali dengan layar 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini memiliki rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 403 ppi. Layarnya sendiri menggunakan panel Super AMOLED yang sudah diakui sebagai salah satu panel layar terbaik.

Kalau menurut Mashable India, layar HP ini terlihat cukup tajam dan cerah. Selain itu, layarnya memiliki keterbacaan yang cukup bagus ketika berada di bawah sinar matahari. Hal yang sama diungkapkan situs 91mobiles yang mengatakan kalau panel layar HP ini cukup cerah di bawah matahari. 

Selain itu, masih menurut 91mobiles, panel layar Samsung Galaxy A50s ini memiliki tampilan layar yang bagus. Warna yang ditampilkan tergolong mencolok dan memiliki sudut pandang yang luas. Pernyataan tersebut, jelas menegaskan kalau layar termasuk salah satu keunggulan Samsung Galaxy A50s. 

5.  Desain Solid

Samsung Galaxy A50s

Keunggulan lainnya dari Samsung Galaxy A50s adalah soal desainnya. Desain HP ini tergolong solid. Terlebih dengan dimensi 158.5 x 74.5 x 7.7 mm, membuat HP ini terasa slim. Apalagi bobot HP ini yang hanya 169 gram.

Memang desain belakang HP ini masih plastik. Tetapi Samsung mampu “membungkus” HP dengan desain yang nyaman digenggam. Seperti kata Smartprix, yang menyatakan kalau HP ini tergolong slim dan memiliki kurva yang ergonomis.

6.  OneUI dan NFC

Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy A50s adalah One UI. Antarmuka ini memiliki fitur dan beberapa penyempurnaan yang membuat penggunanya bisa nyaman memakainya. Salah satu fitur menarik jelas adalah fitur untuk menghapus aplikasi pihak ketiga yang terinstal.

Selain itu, HP ini sudah mendukung NFC, sebuah fitur yang sering ditanyakan pengguna Indonesia. Kehadiran fitur NFC ini jadi semacam penghilang dahaga di tengah oase akan minimnya HP kelas menengah dengan fitur NFC. Jangan lupakan juga kalau HP ini sudah mendukung Widevine DRM L1 yang memungkinkan streaming HD di Netflix.

Kekurangan Samsung Galaxy A50s

Setelah mengetahui kelebihan dari Samsung Galaxy A50s, selanjutnya mari mengetahui kekurangan dari Samsung Galaxy A50s. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A50s ini? Berikut empat poin kekurangan dari

1. Performa Termasuk Biasa di Kelas Harganya

Performa Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50s dibekali chipset Exynos 9611. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 10nm yang membuat chipset ini lebih hemat daya.

Adapun, prosesor di dalam chipset ini adalah prosesor octa core yang terbagi ke dalam dua kluster. Kluster pertama adalah empat core Cortex-A73 2,3 GHz untuk performa dan kluster kedua empat core Cortex-A53 1,7 GHz untuk hemat daya. Tipe GPU yang digunakan di chipset ini sendiri adalah Mali-G72 MP3.

Dengan spesifikasi tersebut, bagaimana performa HP ini? Mari simak nilai Antutu dari Samsung Galaxy A50s berikut ini.

antutu samsung galaxy a50s

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Oq4Qke6sroA

Terlihat pada gambar di atas, kalau Samsung Galaxy A50s hanya mendapatkan nilai Antutu sebesar 137 ribuan. Menilik nilainya, performa HP ini bisa dibilang mirip dengan HP yang dibekali Snapdragon 660 ataupun Snapdragon 665.

Lantas, apakah performa ini bagus atau tidak? Mari sebelumnya tengok harga yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A50s. Samsung Galaxy A50s ditawarkan dengan harga resmi Rp4.099.000 untuk RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Sementara untuk varian RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB dijual dengan harga resmi Rp4.899.000.

Menilik harganya,  jelas performa Samsung Galaxy A50s di kelas harganya. Dengan harga yang yang tidak jauh beda, ada HP lain yang memiliki performa lebih baik. Tengok saja data dari Smartprix yang menyatakan kalau HP ini mengalami frame drop saat menjalankan PUBG Mobile di pengaturan grafis high. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh 91Mobiles. Menurut mereka,HP ini mengalami penurunan frame saat memainkan PUBG Mobile. Solusi untuk masalah ini sebenarnya mengubah pengaturan grafis ke pengaturan smooth. 

Untuk pemakaian sehari-hari, jelas Exynos 9611 lebih dari cukup. Hanya saja, performa HP ini untuk gim dengan grafis intensif terasa kurang. Terlebih HP ini dijual di harga yang tergolong cukup tinggi jika menilik spesifikasi yang ditawarkan.

2. Hanya Fast Charging 15W

Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50s dibekali dengan teknologi fast charging. Hanya saja teknologi yang didukung 15W saja. Hal ini membuat pengisian daya HP ini tidak terlalu spesial. Seperti kata Mashable India yang menyatakan kalau pengisian daya HP ini dari 0% sampai 100% membutuhkan waktu 3 jam. Waktu yang tergolong lama tentunya.

3. Respon Sensor Sidik Jari yang Mengecewakan

fingerprint Samsung Galaxy A5oS

Samsung Galaxy A50s dibekali dengan teknologi sensor sidik jari di layar. Teknologi ini jadi terlihat biasa karena banyak HP lain di kelas menengah yang memakai teknologi yang sama. Tinggal bagaimana dengan performa sensor sidik jari di layar, apakah cukup responsif atau lambat?

Berdasarkan pengalaman penggunaan dari Mashable India, sensor sidik jari di HP ini tergolong lambat. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Smartprix yang mengatakan kalau sensor sidik jari di layar pada HP ini bukan yang tercepat.

4. Kamera lowlight Kurang Memuaskan

Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy A50s tergolong HP yang bagus untuk pemotretan, tetapi untuk kondisi siang hari atau kondisi cukup cahaya. Sayangnya untuk kondisi dengan minim cahaya, hasil kamera HP ini (baik depan maupun belakang) kurang memuaskan. Tengok contohnya berikut ini.

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy A50s

* sumber: www.smartprix.com

Terlihat kalau foto lowlight dari HP ini memiliki banyak noise. Seperti kata situs 91Mobiles yang mengatakan kalau kamera HP ini gagal dalam menangkap foto di lowlight atau di pengaturan night mode. Terlalu banyak noise yang membuat hasil foto kurang menarik dan detail.

Simpulan

Samsung Galaxy A50s tergolong HP yang menarik. HP ini memiliki desain yang slim, layar yang oke, hemat daya, dan juga kehadiran fitur NFC yang tentu jadi fitur paling menarik. Selain itu, sektor lain dari HP ini tergolong biasa saja.

Apakah HP ini layak beli? Untuk mereka yang butuh HP Samsung dengan fitur NFC, jelas HP ini layak beli. Tetapi tentu tidak masalah dengan harga. Mengapa? Karena dengan harga yang tak jauh berbeda, ada HP lain yang lebih menarik. Jika tetap menginginkan HP ini, tidak masalah. Silakan beli HP ini di toko online melalui link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. Ponsel ini kameranya cukup baik, hanya saja utk foto atau video wa story gambarnya jadi sangat pecah, dan itu sangat mengecewakan buat saya (saya pakai seri a50 dan a50s). Untuk yang lainnya sih memuaskan.
    Apa ada tips untuk mengatasi foto/video wa story pecah di hp samsung a50s?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *