Carisinyal / Samsung 2019 / Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30!

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Selain Samsung Galaxy S10 series, vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, kembali memperkenalkan dan merilis HP terbarunya yang masuk dalam jajaran HP Samsung seri A, Samsung Galaxy A30.

Kali, ini, Carisinyal akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan HP Samsung Galaxy A30 yang dibekali dengan layar lebar ini. Penasaran, ingin tahu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya? Simak langsung saja pembahasan berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A30

Samsung Galaxy A30

  • Chipset: Exynos 7885 Octa (14 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB atau 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 16 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh
  • Kisaran Harga: -

Spesifikasi Selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy A30

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus membeli Hp Samsung Galaxy A30 ini. Untuk mengetahuinua, silakan simak ulasan beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Layar Jernih

samsung galaxy a30_smartprix5

*Sumber: https://youtu.be/UMzPYBbpwyY

Samsung Galaxy A30 dibekali layar jernih dengan panel berteknologi AMOLED. Layarnya sendiri memiliki ukuran sebesar 6.4 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel. HP ini memiliki rasio layar 19:5:9. Oh ya, Samsung Galaxy A30 ini punya layar yang dinamakan Infinity U Display, di mana layarnya memiliki notch kecil berbentuk bulat, bukan berbentuk huruf V seperti yang ada pada Samsung Galaxy M20.

Kualitas tampilan dari layar HP ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Berkat panel Super AMOLED yang digunakan, layar HP-nya memiliki tampilan yang bagus dengan reproduksi warna yang baik.

Layar HP terbaru dari Samsung ini sudah dilapisi pelindung layar besutan Corning, yakni Gorilla Glass 3 sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan anti gores tambahan pada layar. Anda juga tidak perlu khawatir layar HP ini mudah tergores, lho.

2. Desain Modern

samsung galaxy a30_smartprix2

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy A30 ini adalah HP Samsung kelas menengah yang mengusung desain elegan dengan bodi belakang polikarbonat alias plastik yang dibuat seolah-olah dilapisi kaca sehingga tampilannya tidak terlihat murahan dan terasa premium.

Di bagian belakang HP ini bertengger dua lensa kamera utama, LED Flash, logo samsung dengan font yang khas dan sensor sidik jari alias fingerprint sensor. Sementara di bagian layar, bezel dari HP ini tergolong tipis, sehingga layarnya terasa semakin lega. HP terbaru dari vendor asal Negeri Ginseng ini hadir dalam beragam varian warna, yakni hitam, biru, dan merah.

3. Performa Oke di Kelasnya

samsung galaxy a30_gadgetbyte1

*Sumber: https://youtu.be/UMzPYBbpwyY

Nah, sekarang kita beralih ke sektor dapur pacunya. Samsung Galaxy A30 ini ditenagai dengan chipset Exynos 7904 octa yang masuk ke dalam jajaran chipset kelas menengah. HP Samsung seri ini juga didukung dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB yang masih bisa diperluas menggunakan kartu SD.

Berdasarkan pengalaman dari GadgetByte, HP ini memiliki performa yang oke di kelasnya. Samsung Galaxy A30 dapat melakukan multitasking dengan baik, meski performanya memang tidak secepat HP-HP lain. Tentu, HP ini bisa digunakan untuk aktivitas ringan seperti aktif di sosial media atau streaming video via YouTube, chatting hingga browsing di internet.

GadgetByte juga sudah mencoba memainkan game populer Player’s Unknown Battlegrounds dengan lancar di pengaturan grafis medium. HP yang memperoleh skor antutu di kisaran 100 ribuan ini juga mampu memainkan game seperti Asphalt 9, Real Racing 3 dan juga Ocean Horn dengan lancar.

4. Dual Kamera

samsung galaxy a30_smartprix3

* sumber: www.smartprix.com

Bagaimana dengan sektor kameranya? Seperti yang kita ketahui, Samsung membekali HP Samsung Galaxy A30 ini dengan dua lensa kamera di bagian belakang bodinya yang elegan. Masing-masing lensanya berukuran 16 MP dengan bukaan lensa yang cukup lebar, yakni f/1.7.

Selain itu, ada pula lensa kamera berjenis ultrawide berukuran 5 MP yang berfungsi untuk memotret gambar dengan jangkauan yang lebih luas. Kamera belakang dari Samsung Galaxy A30 ini sudah didukung LED Flash dan fitur lainnya seperti panorama dan HDR.

Selain punya dual kamera, Samsung Galaxy A30 juga dibekali satu lensa untuk selfie berukuran 16 MP. Kamera depannya memiliki berbagai fitur seperti fitur kecantikan, stiker dan emoji AR hingga live focus untuk efek blur pada foto.

Secara garis besar, hasil foto dari kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A30 ini tergolong bagus. Detilnya ada, dan reproduksi warnanya juga bagus. Nah, berikut kami sertakan beberapa sampel foto yang diambil menggunakan kamera HP ini.

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a30_gadgetbyte

*Sumber: https://youtu.be/UMzPYBbpwyY

samsung galaxy a30_gadgetbyte

*Sumber: https://youtu.be/UMzPYBbpwyY

samsung galaxy a30_smartprix4

* sumber: www.smartprix.com

samsung galaxy a30_smartprix7

* sumber: www.smartprix.com

5. Daya Tahan Baterai Bagus

samsung galaxy a30_gadgetbyte2

*Sumber: https://youtu.be/UMzPYBbpwyY

Di sektor baterai, Samsung Galaxy A30 ini disokong oleh baterai berkapasitas besar, yakni 4000 mAh. Berdasarkan pengalaman dari TabloidPULSA, baterai HP ini mampu bertahan lama dan masih menyisakan sisa daya baterai sebesar 58% setelah digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang cukup berat.

Oh ya, HP ini sudah didukung fitur fast charging, lho. Dalam paket penjualan, Samsung sudah menyertakan adapter dengan fitur fast charging ini. Fitur ini memiliki fungsi untuk membantu pengisian daya baterai yang lebih cepat dari biasanya, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai HP.

6. Dibekali Audio Jack 3.5 mm

samsung galaxy a30_gadgetbyte3

*Sumber: https://youtu.be/UMzPYBbpwyY

Satu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh HP Samsung Galaxy A30 ini adalah hadirnya audio jack berukuran 3.5 mm yang memang sangat dibutuhkan. Rata-rata HP zaman sekarang sudah menanggalkan audio jack 3.5 mm ini untuk mengikuti tren.

Beruntungnya, HP Samsung Galaxy A30 masih memiliki audio jack ini sehingga Anda tidak perlu repot menggunakan konektor untuk memasang earphone atau headphone melalui port USB.

7. Port USB Tipe-C

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a30_smartprix

* sumber: www.smartprix.com

Serupa dengan Samsung Galaxy M20, HP Samsung Galaxy A30 juga telah mengantongi port USB generasi terbaru, yakni port USB tipe-C. Seperti yang kita ketahui, port USB tipe-C ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik ketimbang USB generasi sebelumnya.

Hadirnya port USB tipe-C ini juga menjadikan HP Samsung Galaxy A30 sebagai HP kelas menengah yang menggunakan port generasi terbaru yang banyak digunakan pada HP mewah.

Kekurangan Samsung Galaxy A30

Selain memiliki beberapa kelebihan, Anda juga perlu mengetahui beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A30. Berikut beberapa kekurangan yang ada di Hp Samsung GALaxy A30.

1. Tidak Tahan Air dan Debu

samsung galaxy a30_smartprix1

* sumber: www.smartprix.com

HP Samsung Galaxy A30 juga ternyata memiliki kekurangannya tersendiri. Ya, HP ini tidak memiliki resistensi terhadap air dan debu. Maklum, HP Samsung terbaru ini belum mengantongi sertifikasi IP seperti HP-HP kelas atas, misalnya Samsung Galaxy S10. Jadi, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan HP yang sudah menjalankan OS Android 9.0 (Pie) ini.

2. Tidak Ada NFC

samsung galaxy a30_smartprix

* sumber: www.smartprix.com

Satu kelemahan lain yang dimiliki HP Samsung ini adalah, tidak adanya fitur NFC atau Near Field Communication yang mampu membantu Anda melakukan transaksi pembayaran dalam sekali tap saja dengan menggunakan ponsel. Serupa dengan teknologi water resistance, teknologi NFC ini banyak ditemukan pada HP-HP kelas atas.

3. Sensor Biometrik Kurang Responsif

samsung galaxy a30_trustedreviews

* sumber: www.trustedreviews.com

Samsung Galaxy A30 dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang layarnya. Selain sensor sidik jari atau fingerprint sensor, HP ini juga punya sensor pemindai wajah alias face unlock.

Keduanya berfungsi sebagai sensor keamanan untuk membuka kunci layar. Sayang, berdasarkan pengalaman dari GadgetByte, kedua sensor ini tidak begitu responsif dan tidak begitu cepat dalam membuka kunci layar HP.

Simpulan

Nah, saya yakin, timbul pertanyaan di benak Anda, cocok digunakan oleh siapakah HP Samsung Galaxy A30 ini? Jawabannya adalah, HP Samsung Galaxy A30 ini cocok untuk Anda yang menginginkan HP Samsung terbaru di kelas menengah yang punya spesifikasi cukup untuk menunjang kebutuhan Anda. Mulai dari berfoto ria, bermain game dan melakukan aktivitas lainnya.

Kalau Anda menginginkan HP dengan performa serupa dengan harga yang lebih terjangkau, Anda dapat memilih HP besutan vendor pesaing, yakni Asus Max Pro M1 atau M2. Kalau Anda ingin HP yang lebih canggih lagi, Anda dapat memilih HP Samsung Galaxy S10 series.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30. Setelah mengetahui tentang HP ini, apakah Anda tertarik untuk membeli HP Samsung Galaxy A30?

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment