Carisinyal / Samsung 2019 / Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30!

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Samsung memiliki seri M yang jadi pembeda lain dari seri A dan seri S. Samsung Galaxy M menawarkan desain yang lebih cakep dengan fitur kamera yang lebih kekinian. Hal ini terlihat dari seri Samsung Galaxy M20 yang memang menawarkan sesuatu yang menarik.

Selain Samsung Galaxy M20, Samsung Indonesia juga membawa resmi Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M30 ke Indonesia. Kedepan, mungkin akan lebih banyak Samsung Galaxy seri M yang hadir di Indonesia.

Samsung Galaxy M30 sendiri tergolong HP yang menarik. HP ini bisa dibilang HP dengan spesifikasi dan fitur yang sedikit lebih baik jika dibandingkan Samsung Galaxy M20. Lantas, seperti apa Samsung Galaxy M30 ini? Simak ulasannya berikut ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy M30

Umum

  • Diumumkan
    Februari, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    159 x 75.1 x 8.4 mm
  • Berat
    -

Layar

  • Jenis
    Super AMOLED capacitive touchscreen
  • Ukuran
    6.4 inci
  • Resolusi
    1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~394 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 7904 (14 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-G71 MP2

Memori

  • RAM
    4 GB
  • Memori Internal
    64 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 512 GB

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    13 MP + 5 MP + 5 MP
  • Fitur
    f/1.9, PDAF + f/2.2, 12mm (ultrawide) + f/2.2, depth sensor + LED flash, panorama, HDR
  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    Non-removable 5000 mAh
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Fast battery charging 15W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.1 Oreo
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Black, Blue
  • Lainnya
    -

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M30

Samsung Galaxy M30 memiliki beberapa kelebihan yang membuat HP ini menarik untuk dilirik. Apa saja kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Kapasitas Baterai Besar

Samsung Galaxy M30

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy M30 dipasarkan di Indonesia dengan jargon “#SobatAntiLowBat”. Slogan ini mengindikasikan kalau HP ini memiliki ketahanan daya baterai yang lama. Hal ini tidak berlebihan, mengingat kapasitas baterai yang dimiliki HP ini adalah 5.ooo mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, HP ini mendapat endurance rating 119h berdasarkan pengujian GSMArena.

Baterai Samsung Galaxy M30

* sumber: www.gsmarena.com

Seperti terlihat pada gambar di atas, daya tahan baterai HP ini bisa mencapai 32 jam untuk waktu bicara, 15 jam untuk internetan, dan 18 jam 44 menit untuk pemutaran video. Tentu hasil tersebut tergolong bagus.

Jika berdasarkan pengalaman Techradar, daya tahan baterai HP ini bisa mencapai dua harian dengan penggunaan normal. Sementara dengan penggunaan berat, daya tahannya hanya mencapai satu harian kurang. Hasil ini tetap menunjukan kalau daya tahan baterai HP ini masih tergolong bagus.

2. Waktu Pengisian Cukup Oke

Samsung Galaxy M30

Samsung Galaxy M30 dibekali dengan adaptor pengisian cepat. Berdasarkan pengujian yang dilakukan GSMArena, pengisian baterai HP ini memakan waktu 2 jam 24 menit. Untuk waktu setengah jam pertama, baterai hanya terisi 24% saja.

Situs Digit.In juga mengatakan hal yang sama dengan GSMArena, yakni pengisian baterai ini mencapai 2 jam lamanya. Hasil ini menunjukan kalau pengisian daya HP ini masih terhitung cepat mengingat kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh.

3. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy M30

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy M30 hadir dengan layar 6,3 inci. Layarnya menawarkan resolusi FullHD+ 2340 x 1080 piksel dengan rasio layar 19.5:9. Tidak seperti Samsung Galaxy M20 yang hanya menawarkan panel PLS TFT, Samsung Galaxy M30 justru hadir dengan panel Super AMOLED.

Penggunaan Super AMOLED di HP ini membuat HP ini memiliki tingkat kecerahan yang baik. Tingkat keterbacaan di bawah sinar matahari juga baik. Malah lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy M20. Seperti yang diungkapkan oleh situs Smartprix, jika layar AMOLED di HP ini benar-benar membuat tampilan layar HP ini lebih cantik dan lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy M20.

4. Kamera Ultrawide yang Oke

Samsung Galaxy M30

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy M30 dibekali tiga kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 13 MP yang memiliki bukaan f/1.9. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 5 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera 5 MP untuk efek bokeh.

Kamera kedua di HP ini jadi hal menarik. Mengapa? Seperti yang ditulis di GSMArena, kamera ultra-wide Samsung Galaxy M30 mampu menghadirkan sudut 123 derajat yang berarti sudutnya tergolong super lebar. Hasil tangkapan kamera ultra wide ini tergolong bagus. Berikut contoh hasil tangkapan kamera ultra-wide Samsung Galaxy M30.

hasil foto samsung galaxy m30

* sumber: www.gsmarena.com

hasil foto samsung galaxy m30

* sumber: www.gsmarena.com

hasil foto samsung galaxy m30

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat hasil tangkapan kamera ultra-wide di HP ini benar-benar lebar. Selain itu warna yang dihasilkan cenderung bagus. Lantas, bagaimana dengan hasil tangkapan kamera utama 13 MP di HP ini? Berikut contoh hasil tangkapannya.

hasil foto samsung galaxy m30

* sumber: www.gsmarena.com

hasil foto samsung galaxy m30

* sumber: www.gsmarena.com

Seperti kata GSMArena, hasil tangkapan kamera utama HP ini tergolong memiliki gambar yang oke. Untuk kondisi foto di siang hari, hasil tangkapannya tergolong bagus dan detail. Sayangnya, untuk penangkapan foto di malam hari hasilnya kurang memuaskan. Hal yang sama berlaku untuk kamera ultra-wide.

Techradar juga sependapat dengan apa yang dikatakan GSMArena. Menurut mereka, hasil tangkapan HP ini tergolong bagus ketika di kondisi cahaya yang terang tetapi kurang memuaskan untuk kondisi gelap. Hanya saja, Samsung Galaxy M30 ini memiliki peningkatan untuk kualitas sensor kedalamannya jika dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Dengan demikian, tidak berlebihan rasanya menyebut HP ini memiliki performa yang oke untuk sektor kameranya. Meskipun memang mengecewakan di kondisi gelap tetapi secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong baik.

5. Kamera Selfie Cukup Bagus

Samsung Galaxy M30

* sumber: www.smartprix.com

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy M30 ada pada bagian kamera depannya. Kamera depan HP ini menawarkan sensor 16 MP. Bandingkan dengan Samsung Galaxy M20 yang hanya menawarkan kamera 8 MP. Kamera selfie ini menurut Smartprix sendiri menawarkan kualitas peningkatan selfie yang lebih baik.

GSMArena juga memuji kamera depan HP ini. Menurut GSMArena, kamera depan HP ni mampu menawarkan foto selfie dengan ketajaman yang baik, warna yang tepat, dan dynamic range yang tergolong oke. Satu keunggulan lain dari Samsung Galaxy M30 tentunya.

6. Dedicated MicroSD

Samsung Galaxy M30

* sumber: www.smartprix.com

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy M30 adalah hadirnya slot dedicated. Artinya, HP ini mendukung penggunaan dua kartu SIM bersamaan dengan slot microSD. Terlebih slot microSD ini bisa mendukung penyimpanan sampai 1 TB. Hal ini bisa jadi solusi jika seandainya, memori internal 64 GB yang dimiliki HP ini terasa kurang.

Kekurangan Samsung Galaxy M30

Ada beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy M30 ini, apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Desain Plastik

Samsung Galaxy M30 memiliki desain keseluruhan yang oke. Depannya memakai kaca. Sayangnya, bagian belakang HP ini masih memakai bodi plastik. Penggunaan bodi plastik ini membuat HP ini tampak tidak premium. Meskipun penggunaan bodi plastik sebenarnya sudah jadi hal umum agar harga HP bisa lebih murah.

2. Performa Biasa di Kelas Harganya

Samsung Galaxy M30

Samsung Galaxy M30 dibekali dengan chipset Exynos 7904. Chipset ini terdiri dari delapan core dengan konfigurasi dua core Cortex-A73 at 1.8GHz dan enam core Cortex-A53 at 1.6GHz. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat pengolah grafis Mali-G71 MP2. Chipset ini disokong dengan RAM 4 GB.

Chipset ini sendiri memiliki performa yang biasa saja. Performanya mirip dengan HP Samsung lain yang memakai chipset yang sama seperti Samsung Galaxy M20 atau Samsung Galaxy A30 yang juga memakai Exynos 7904 sebagai dapur pacunya. Hal ini terlihat dari nilai Antutu Samsung Galaxy M30 yang cenderung mirip dengan dua HP tersebut.

Antutu Benchmark Samsung Galaxy M30

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat pada gambar di atas, kalau skor Antutu Samsung Galaxy M30 berada di angka 100 ribuan. Untuk sebuah HP mendekati RP3 juta dengan skor Antutu 100 ribuan saja, tentu secara performa keseluruhan tergolong kurang. Mari melihat skor benchmark Samsung Galaxy M30 lainnya berikut ini.

Benchmark Samsung Galaxy M30

* sumber: www.digit.in

Terlihat pada gambar, kalau Samsung Galaxy M30 memiliki skor Geekbench single core sebesar 1.193 dan skor multi-core sebesar 4171. Sementara untuk performa grafisnya, melalui tes 3D Mark Sling Shot, hasil yang didapatkan adalah 730. Skornya memang tidak jauh berbeda dengan saudaranya yang memakai chipset yang sama.

Berdasarkan data tersebut, performa dari Samsung Galaxy M30 secara keseluruhan tergolong biasa saja. Menurut GSMArena, Samsung Galaxy M30 ini tidaklah lambat tetapi bukanlah HP yang tepat jika mengincar HP dengan kinerja yang cepat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Digit.In. Situs ini mengatakan kalau untuk kebutuhan sehari-hari, performa Samsung Galaxy M30 sudah cukup tetapi tidak spesial. Hal ini juga terlihat dari performa gim HP ini yang hanya mendapatkan 24 fps untuk PUBG Mobile di grafis menengah. Bisa dibilang, HP ini tidak cocok untuk kebutuhan performa HP yang kencang.

3. Rekaman Video Mengecewakan

Samsung Galaxy M30

Untuk penggunaan foto-foto, hasil tangkapan kamera HP ini tentu bagus. Sayangnya, untuk rekaman video, tidak sebagus penangkapan foto. Hal ini karena kamera di HP ini hanya bisa merekam video sampai 1080p 30 fps. Tidak mendukung rekaman 4K atau bahkan 1080p 60 fps.

Tidak ada fitur EIS juga yang tentunya membuat pengalaman merekam video di HP ini kurang memuaskan. Padahal menurut GSMArena, untuk kualitas videonya sebenarnya oke. Hanya saja dukungan resolusinya yang terbatas membuat rekaman video jadi sektor yang tidak terlalu istimewa.

4. OS Bawaan Masih Android Oreo

Samsung Galaxy M30

* sumber: www.mysmartprice.com

Samsung Galaxy M30 hadir dengan tampilan antarmuka OneUI, UI khas Samsung yang benar-benar memberikan pengalaman penggunaan yang menarik. Sayangnya, HP ini secara bawaan hanya menawarkan Android Oreo saja. Tentu hal ini jadi kekurangan tersendiri. Untungnya, HP ini mendapat dukungan pembaruan ke Android Pie.

Simpulan

Samsung Galaxy M30 adalah HP Samsung Galaxy M30 yang lebih menarik jika dibandingkan Samsung Galaxy M20. Kehadiran panel SUPER AMOLED, kamera selfie yang lebih baik, kamera ultra-wide, dan tentunya, daya tahan baterai yang masih lama jadi keunggulan tersendiri.

Sayangnya, untuk jeroan, tidak ada peningkatan, karena chipset yang digunakan Samsung Galaxy M30 dan Samsung Galaxy M20 adalah chipset yang sama. Jika hal ini bukan masalah besar, Anda yang butuh HP Samsung dengan daya tahan baterai lama, kamera oke, dan layar yang oke bisa lirik HP ini. Silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30!”

  1. Mohon saran hp dengan kinerja cepat, fast charging

Tinggalkan komentar