10 Tablet Samsung Terbaru dan Spesifikasinya (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Samsung merupakan salah satu produsen yang tidak pernah absen dalam merilis tablet. Meskipun tidak sebanyak produk smartphone seri Galaxy, tablet buatan Samsung selalu berhasil menggaet hati para konsumen. Hal tersebut tidak lain karena kualitas serta fitur yang selalu disuguhkan dalam tablet-tablet andalannya.

Nah, jika Anda berencana untuk membeli tablet terbaru, tidak ada salahnya untuk melirik tablet dari Samsung. Pasalnya, kali ini Carisinyal mengulas daftar tablet Samsung terbaru yang bisa Anda jadikan pilihan di tahun ini. Apa sajakah itu?

1. Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022
Layar PLS TFT 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Salah satu tablet Samsung di 2022 yang punya kualitas tinggi di segmen harga menengah adalah Galaxy Tab S6 Lite (2022). Ini berbeda dengan Galaxy Tab S6 Lite yang dirilis pada 2020. Versi baru ini, memiliki dapur pacu yang lebih gahar dengan Snapdragon 720G.

Jika dibandingkan dengan Exynos 9611 yang mengotaki model keluaran 2020, tablet ini mengalami peningkatan performa CPU 1,5 kali lipat dan GPU 1,6 kali lipat lebih baik. Artinya, dengan Galaxy Tab S6 Lite (2022), Anda dapat menjalankan beragam aktivitas dengan lebih lancar.

Hadir dengan stylus S Pen yang tersedia dari boks penjualannya, pengguna dapat meningkatkan produktivitasnya dengan mencatat menggunakan stylus pada layar seluas 10,4 inci. Resolusi layar yang mengusung WUXGA+ juga memastikan teks dan gambar yang ditampilkan dapat terlihat dengan detil tajam.

Konfigurasi RAM dan memori internal tablet ini juga terbilang cukup dan memadai, yakni RAM 4 GB dengan penyipanan 128 GB. Tak lupa, tersedia juga slot microSD terpisah yang mendukung hingga kapasitas 1 TB.

Jika Anda seorang pegawai kantoran yang membutuhkan tablet berkualitas untuk menunjang produktivitas, Galaxy Tab S6 Lite (2022) ini dijamin cocok. Pelaku kreasi konten juga akan merasakan benefit melimpah lantaran tablet memiliki kamera yang memadai.

2. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra
Layar Super AMOLED 14.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 11200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Mungkin Anda tidak menyangka rupanya masih ada tablet Android yang sanggup menyaingi pamor keluarga iPad series dari Apple. Siapa lagi kalau bukan Samsung sebagai produsennya? Ya, ini adalah Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang dibekali dengan begitu banyak keunggulan, terutama dari sisi layar, performa, dan juga desain.

Ia menghadirkan layar berukuran 14,6 inci yang sangat besar, pada resolusi 2960 x 1848 piksel. Jelas saja, panelnya sudah menggunakan Super AMOLED yang tawarkan tingkat kecerahan puncak hingga 420 nit, dan tersertifikasi HDR10+.

Selain dapat tetap terang di bawah terik matahari, kontras rasio layar yang tinggi membuat pengalaman menonton semakin menyenangkan.

Ia pun sudah hadirkan fitur Multi Active Windows yang memudahkan aktivitas multi-tasking dengan sempurna. Hadirkan chipset flagship Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm dan GPU Adreno 730, tablet powerful ini selalu siap jalankan aplikasi apapun yang ingin Anda jalankan.


Hadir dengan dukungan stylus, layarnya ini mendukung latensi sentuhan sebesar 2,8 milidetik, serupa dengan yang dipakai pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Dengan begini, Anda tidak akan merasakan delay sedikitpun saat menulis ataupun menggambar menggunakan S Pen.

Hadirnya dua lensa di depan membuat tablet ini jadi pilihan solid untuk vlogging atau grup selfie. Pasalnya, ia turut hadirkan kamera ultrawide dengan FOV 120 derajat yang dapat memuat lebih banyak area dalam satu frame. Tablet high end ini tersedia dalam dua varian, yakni WiFi-only dan 5G. Tertarik?

3. Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Samsung Galaxy Tab S8 Plus
Layar Super AMOLED 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selain Ultra, seri Galaxy Tab S8 juga tersedia dalam varian Plus yang merupakan satu tingkat di bawahnya. Di tablet ini, untungnya Anda masih dibekali dengan segala hal baik yang dimiliki Ultra, seperti performa tangguh Snapdragon 8 Gen 1 dengan layar panel Super AMOLED yang sama cerahnya, walau ukurannya berkurang menjadi 12,4 inci.

Dengan WiFi 6E sebagai protokol WiFi yang didukungnya, Anda pun bisa terhubung dengan pita jaringan 6 GHz. Dan jika Anda memilih varian jaringan seluler, Galaxy Tab S8 Plus ini juga menyuguhkan jaringan 5G yang kecepatan unduhannya berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding LTE.

Bagi pencinta dunia seni dan desain, tablet ini tentunya masih mendukung penggunaan S Pen seperti varian Ultra. Menariknya latensi S Pen di Tab S8 Plus serupa dengan versi Ultra, yakni tingkat presisi yang rendah: 2,8 milidetik. Hal ini membuat pengguna serasa menulis di atas kertas.

Dari sisi fotografi, ia tidak berbeda jauh dengan Ultra. Masih mengusung dual camera yang mencakup 13 MP wide-angle dan 6 MP ultrawide.

Meski begitu, Samsung memutuskan untuk mengurangi jumlah kamera depannya menjadi single camera. Tapi jangan khawatir, meski hanya satu, ia tetap mengusung fungsi ultrawide (12 MP) dengan FOV 120 derajat untuk menunjang selfie group.

4. Samsung Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy Tab S8
Layar LTPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 8000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jika Anda merasa varian-varian Plus dan Ultra kemahalan ataupun overkill, masih ada Samsung Galaxy Tab S8 standar yang siap menjadi pilihan. Ia hadir dengan ukuran layar paling kecil dibanding kedua varian lain, yakni hanya 11 inci pada resolusi 1600 x 2560 piksel. Jadi, lebih mudah dimasukkan ke tas ataupun dipegang lama-lama.

Yang disayangkan, varian ini tidak lagi menggunakan panel layar Super AMOLED, melainkan hanya TFT LCD. Masih terbilang bagus sih sebenarnya, namun tidak menyuguhkan kontras rasio sebaik kedua "saudara"-nya. Terlebih lagi, tidak ada sertifikasi HDR10+.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram