carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S9 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Juli 2023, Samsung meluncurkan produk tablet paling bergengsinya yaitu Samsung Galaxy Tab S9 Series. Kali ini, Samsung meluncurkan tiga produk dengan kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Namun, jika Anda ingin mencari yang value for money-nya lebih tinggi, maka Anda bisa memilih versi regulernya yaitu Samsung Galaxy Tab S9 5G.

Meski begitu, harganya memang tetap cukup tinggi mengingat ini adalah tablet flagship. Namun, jika dibandingkan dengan dua versi lainnya, Samsung Galaxy Tab S9 5G jadi yang paling murah.

Kemampuan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 5G juga tidak jauh berbeda dengan versi di atasnya. Hal inilah yang membuat tablet versi ini lebih disarankan jika budget Anda lebih terbatas. Anda bisa melihat ringkasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S9 5G dalam tablet berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain tipis ketahanan jempolan
Tanpa kamera ultrawide dan gyro-EIS
Layar tajam dan jernih
Tanpa charger dan reverse charging
Performa maksimal
Masih lebih mahal dari iPad Air M1 dan iPad Pro M1/M2
Quad speakers dan sensor lengkap
Kemampuan multitasking
Aksesori tambahan
Kemampuan kamera unggul
Baterai awet dengan fast charging

Beberapa dari kalian mungkin akan merasa makin penasaran setelah melihat daftar kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, artikel ini akan membahas lengkap kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G. Jadi, silkana simak sampai akhir, ya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 5G

Samsung Galaxy Tab S9 5g
Layar Dynamic AMOLED 2X 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 8400 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S9 5G

Samsung Galaxy Tab S9 5G jadi versi paling murah di serinya dengan harga sekitar Rp13,9 jutaan. Menariknya, kemampuan dan spesifikasinya ini tidak jauh berbeda dari versi lain di atasnya. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G.

1. Desain Tipis Ketahanan Jempolan

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Sebagai tablet kelas flagship, tampilan jadi salah satu hal yang cukup penting. Maka dari itu, Samsung membalut tablet ini dengan bahan material yang kokoh dan premium. Bodi bagian belakang sampai frame dari Samsung Galaxy Tab S9 5G menggunakan bahan material Armor Aluminium.

Sebagai informasi, material Armor Aluminium jadi bahan material paling keras dan kokoh yang dimiliki Samsung. Menariknya, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada bobotnya. Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki bobot sekitar 498 gram. Meski digunakan dengan satu atau dua tangan, Anda tidak akan merasa pegal saat menggunakannya.

Hal yang paling menarik dari desain bodinya ini adalah dimensi dan ketebalannya. Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki ukuran bodi paling kecil dibandingkan versi lain di serinya. Kemudian untuk ketebalannya hanya 5,9 mm saja. Jika dihitung-hitung, ketebalannya ini bahkan lebih tipis dibandingkan HP dengan ketebalan rata-ratanya 6-7 mm.

Jika berbicara soal ketahanan, Samsung ini bisa dibilang sudah menjadi ahlinya. Tidak sedikit produknya yang dibekali ketahanan luar biasa. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab S9 5G yang sudah dibekali sertifikasi IP68. Sertifikasi ini membuatnya mampu bertahan dari debu dan air dengan kedalaman hingga 1,5 m selama 30 menit.

Menurut saya, hal ini sebenarnya agak berlebihan, mengingat penggunaan tablet yang biasanya hanya di dalam ruangan saja. Namun, hal ini justru membuktikan bahwa Samsung tidak main-main untuk setiap produknya. Apalagi Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki beberapa lubang di bodinya, seperti empat speaker, microphone, hingga USB Type-C.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S9 5G juga memiliki beberapa detail penting di bagian bodinya. Salah satunya adalah setrip yang berada di samping tonjolan kamera. Setrip tersebut memiliki sistem magnet di dalamnya sebagai tempat untuk menyimpan dan mengisi daya S Pen.

Samsung Galaxy Tab S9 5G hadir dengan dua warna cantik yang terinspirasi dari alam. Warna tersebut adalah Graphite yang punya kesan anggun dan profesional. Sedangkan warna Beige memiliki kesan lebih lembut dan natural.

2. Layar Tajam dan Jernih

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Sektor lain yang juga jadi keunggulan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G adalah layarnya. Bahkan, sektor ini menjadi sebuah peningkatan yang drastis dibandingkan seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy Tab S8 5G.

Jika Samsung Galaxy Tab S8 5G hadir dengan panel TFT LCD, Galaxy Tab S9 5G hadir dengan Dynamic AMOLED 2X. Peningkatannya tidak main-main, kualitas warna dan visual yang ditampilkan sudah jauh lebih baik. Apalagi didukung oleh visual HDR10+ yang meningkatkan kejernihan dan ketajaman yang imersif.

Tidak hanya itu, kualitas warna yang ditampilkan juga sangat memukau dengan color gamut hingga 100 persen DCI-P3. Kemampuan tersebut sudah cukup baik untuk sebuah tablet berukuran layar 11 inci. Ukurannya juga pas untuk penggunaan sehari-hari dengan rasio layar ke bodi hingga 83,2 persen.

Sedangkan untuk resolusinya tidak ada yang berbeda dari generasi sebelumnya. Resolusinya masih berada di angka 1600 x 2560 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 274 ppi. Sama halnya dengan refresh rate yang berada di angka 120 Hz. Hal ini membuat pergerakannya makin terlihat mulus saat digunakan dalam berbagai kondisi.

Bagi Saya, meski tidak ada peningkatan di angka resolusinya, jenis panel yang digunakannya ini cukup berpengaruh besar. Apalagi untuk Anda yang memiliki hobi menggambar atau menonton. Perbedaan kualitasnya akan lebih terasa saat digunakan untuk aktivitas yang mengandalkan kemampuan warna pada layar.

Peter Kostadinov dari Phone Arena juga sangat mengapresiasi kemampuan layar dari Samsung Galaxy Tab S9 5G ini. Bahkan, Ia menempatkannya menjadi salah satu yang terbaik dalam catatannya. Hal ini tidak lepas dari kemampuannya dalam menampilkan kontras warna yang sangat baik, kecerahan maksimal, serta sudut pandang yang pas.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S9 5G didukung oleh fitur Vision Booster untuk kemampuan kecerahannya. Fitur ini memanfaatkan algoritma luar ruangan yang cerdas untuk mendeteksi cahaya. Setelah itu, layar akan coba mengimbangi kecerahan tersebut sehingga layar tetap terlihat dengan jelas meski berada di luar ruangan yang terik.

3. Performa Maksimal

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Berbicara soal performa, Samsung Galaxy Tab S9 5G sudah sangat bisa diandalkan. Apalagi, kemampuannya di sektor ini tidak jauh berbeda dengan versi lain di serinya yang punya harga lebih mahal. Hal inilah yang membuat Samsung Galaxy Tab S9 5G cukup direkomendasikan bagi Anda yang punya budget lebih terbatas.

Untuk performanya, Samsung Galaxy Tab S9 5G mengandalkan chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset yang digunakannya bahkan dirancang khusus untuk Samsung. Clock speed yang berhasil diraihnya lebih tinggi 5 persen dibandingkan versi reguler yang digunakan perangkat lain.

Jika ingin mencari gambarannya, Anda bisa bandingkan Snapdragon 8 Gen 2 dari Samsung Galaxy Tab S9 5G ini dengan HP Samsung Galaxy S23 Series. Sebagai informasi, Galaxy S23 Series menjadi salah satu HP Android terbaik yang dimiliki oleh Samsung saat ini.

Snapdragon 8 gen 2 yang digunakan Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki fabrikasi 4 nm. Sedangkan untuk performanya mengandalkan prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari satu core utama yaitu Cortex X3 (3,36 GHz) sebagai sumber performa tertingginya.

Selain itu, ada dua core Cortex A715 dan dua core Cortex A710 dengan frekuensi masing-masing 2,8 GHz. Kemudian tiga core Cortex A510 (2,0 GHz) untuk efisiensi dayanya. Chipset ini juga didukung oleh GPU Adreno 740 dengan frekuensi 719 MHz.

Berdasarkan database dari Kimovil, Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki performa yang luar biasa. Untuk pengujian AnTuTu v9, Samsung Galaxy Tab S9 5G mampu meraih skor hingga 1.250.000. Skor ini bahkan lebih baik dibandingkan 97 persen HP lainnya.

Untuk penggunaan berat seperti bermain game, Samsung Galaxy Tab S9 5G sudah bisa diandalkan. Bahkan, Tony Polanco dari Tom’s Guide pun mengatakan bahwa tablet ini mampu memainkan Genshin Impact dengan lancar. Meski terdapat penurunan resolusi, Ia mengatakan bahwa hal tersebut kemungkinan untuk menjaga performanya.

Di sisi lain, performa dari Snapdragon 8 gen 2 ini juga sudah dipadukan dengan kapasitas memori yang luas. Samsung Galaxy Tab S9 5G menawarkan varian RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan memori internalnya mulai dari 128 GB dan 256 GB. Menariknya, tablet ini masih menawarkan slot khusus untuk microSD sehingga bisa diperluas hingga 1 TB.

Menurut pendapat pribadi Saya, hal ini tentu cukup menarik. Pasalnya, sangat jarang sekali perangkat flagship yang masih menyediakan perluasan memori. Kapasitas memori yang luas juga akan meningkatkan performa mencapai level maksimal.

4. Quad Speakers dan Sensor Lengkap

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Sebagai sebuah tablet, Samsung Galaxy Tab S9 5G dibekali kemampuan speaker yang sudah sangat baik. Tablet ini dibekali quad speakers yang diletakkan di sebelah kiri dan kanan ketika tablet dalam posisi landscape. Hal ini tentu untuk meningkatkan pengalaman penggunaannya.

Menariknya, keempat speaker tersebut juga sudah menggunakan sistem AKG dan surround sound dari Dolby Atmos. Kualitas audionya sudah bukan kaleng-kaleng. Bahkan saking lantangnya, suaranya bisa terdengar dari ruangan sebelah, seperti sebuah speaker eksternal.

Anda bisa menikmati pengalaman menonton dan bermain game yang jauh lebih seru. Namun, Anda akan sedikit kesulitan jika harus memainkan game yang dikontrol dengan jari. Sebab jangkauannya akan lebih lebar dan speaker akan tertutup jika tidak berhati-hati.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S9 5G juga dibekali sensor yang cukup lengkap. Misalnya terdapat sensor pemindai sidik jari yang sudah disimpan di bawah permukaan layar. Selain itu, ada sensor gyroscope untuk membantu mengarahkan saat bermain game balap atau tembakan. Serta sensor lain seperti accelerometer, cahaya, proximity, hingga kompas.

5. Kemampuan Multitasking

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Salah satu keunggulan dari sebuah tablet adalah sisi multitasking-nya. Dilihat dari ukurannya saja, tablet dianggap lebih bisa melakukan beberapa aktivitas dalam sekali waktu. Hal ini juga menjadi keunggulan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G sebagai sebuah tablet kelas atas.

Samsung Galaxy Tab S9 5G beroperasi pada sistem Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1. Jadi, tidak heran jika tablet ini mampu menjalankan semua aplikasi yang ada di HP Android Anda.

Tidak hanya itu, salah satu keunggulan dari sebuah tablet adalah ukurannya yang lebih luas dibandingkan HP pada umumnya. Dengan ukuran layar 11 inci, Samsung Galaxy Tab S9 5G bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus. Layaknya sebuah PC atau laptop, Anda bisa memanfaatkan fitur floating windows atau split screen untuk membuka beberapa aplikasi.

Berbicara soal PC atau laptop, Samsung Galaxy Tab S9 5G juga memiliki aksesori yang bisa Anda gunakan. Mulai dari Book Cover Keyboard yang menggunakan sistem magnetik. Dengan begitu, aktivitas multitasking bisa berjalan lebih lancar layaknya bekerja menggunakan PC atau laptop.

Jika Anda masih merasa kurang puas dan terbiasa bekerja menggunakan dua layar, tablet ini juga bisa. Terdapat fitur Samsung DeX yang bisa menghubungkan tablet dengan layar perangkat lain. Bahkan, Samsung Galaxy Tab S9 5G sudah bisa melakukan hal tersebut tanpa menggunakan kabel alias wireless. Menarik, bukan?

6. Aksesori Tambahan

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Sama seperti tablet pada umumnya, Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki aksesori tambahan yang menarik. Di poin sebelumnya sudah sempat disebutkan soal Book Cover Keyboard. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aksesori lainnya seperti Smart Book Cover dan S Pen.

Aksesori Book Cover Keyboard membantu Anda mengubah Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi sebuah PC. Dengan menggunakan aksesori ini, Anda bisa melakukan produktivitas atau multitasking dengan lebih mudah. Apalagi, Book Cover Keyboard-nya ini sudah termasuk mode DeX, function keys, trackpad, hingga backlit.

Selain itu, terdapat Smart Book Cover sebagai aksesori lainnya. Aksesori ini membantu Anda lebih leluasa saat menggunakan Samsung Galaxy Tab S9 5G. Anda bisa gunakan penyangga yang ada di bagian belakang untuk membuatnya berdiri secara vertikal atau horizontal. Anda bisa menikmati tontonan Anda tanpa harus memegang tablet tersebut.

Aksesori lainnya adalah S Pen sebagai aksesori wajib untuk sebuah tablet. S Pen yang digunakan untuk Samsung Galaxy Tab S9 5G ini memiliki kemampuan lebih kuat, cepat, dan responsif. Soal ketahanannya, S Pen ini sudah dibekali sertifikasi IP68. Hal ini membuatnya mampu bertahan dari kotoran debu dan air dalam kondisi apapun.

Selain itu, S Pen ini juga memiliki kecepatan dan responsivitas yang sudah ditingkatkan. S Pen ini bahkan memiliki latensi sekitar 2,8 ms saja, bahkan layar akan merespon bahkan sebelum stylus menempel.

Aksesori ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang hobi menggambar digital atau sekadar menulis. Apalagi Samsung Galaxy Tab S9 5G sudah dibekali aplikasi GoodNotes yang bisa didapatkan secara gratis selama satu tahun. Anda bisa menggunakannya untuk mencatat hal-hal penting saat meeting di pekerjaan atau belajar di kelas.

S Pen ini juga sudah dibekali sistem magnetik untuk pengisian dayanya. Anda hanya tinggal menempelkan S Pen ke setrip pada bodi tablet yang sudah disediakan. Hal ini juga berfungsi agar memudahkan pengguna dan tidak hilang ketika menyimpannya di sembarang tempat.

Samsung juga menyediakan aksesori unik lainnya yaitu Notepaper Screen. Aksesori ini berfungsi untuk menutupi layar bagian depan. Tampilannya seperti sebuah layar tambahan, lantaran tampilannya yang transparan dan tetap bisa disentuh. Aksesori ini cocok digunakan ketika Anda sedang menulis menggunakan S Pen. Terdapat dua varian warna yaitu white dan black yang memiliki FoV lebih sempit untuk menjaga privacy Anda.

7. Kemampuan Kamera Unggul

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Sebagai sebuah tablet, keberadaan kamera belakang sebenarnya tidak terlalu penting. Penggunaannya juga tidak terlalu sering seperti kamera belakang pada HP mengingat ukurannya yang lebih lebar dan berat. Meski begitu, akan sangat kurang jika sebuah tablet justru tidak memiliki satupun kamera di bagian belakang.

Dibandingkan versi lain di serinya, Samsung Galaxy Tab S9 5G hanya dibekali satu kamera saja di bagian belakangnya. Kamera tersebut memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.0. Sedangkan ukuran sensornya adalah 1/3.4 inci dan didukung oleh autofocus. Di sampingnya juga ada lampu LED flash yang berfungsi untuk membantu pencahayaannya.

Berbeda dengan kamera depan, sama seperti sebuah laptop, kamera depan justru dianggap lebih penting keberadaannya. Pasalnya, kamera depan ini bisa dibilang lebih sering digunakan. Misalnya untuk melakukan panggilan video saat meeting, belajar di kelas, atau live streaming.

Samsung Galaxy Tab S9 5G dibekali satu kamera depan berjenis ultrawide 12 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.4 dan FoV (Field of View) hingga 120 derajat. Penggunaan kamera ini bisa dibilang tepat agar bisa menangkap lebih banyak objek atau gambar saat menggunakan kamera depan.

Kemampuan perekaman videonya juga sudah cukup baik. Baik kamera depan atau belakang, Samsung Galaxy Tab S9 5G bisa merekam di kualitas 4K dengan 60 fps. Sayangnya, tidak ada fitur pendukung seperti gyro-EIS untuk menstabilkan video saat merekam sambil berjalan.

8. Baterai Awet dengan Fast Charging

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Salah satu keunggulan lain dari Samsung Galaxy Tab S9 5G adalah ketahanan baterainya. Meski tidak lebih besar dibanding versi lain di serinya, ketahanannya sudah cukup baik. Tablet ini dibekali kapasitas baterai hingga 8400 mAh. Kapasitas tersebut sudah lebih besar sekitar 400 mAh dari pendahulunya yaitu Galaxy Tab S8.

Kapasitas yang ditawarkan Samsung Galaxy Tab S9 5G sudah cukup untuk bertahan seharian. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari menonton, bermain game, atau melakukan produktivitas lainnya.

Hal yang menarik adalah fitur pengisian dayanya. Ketiganya, termasuk Samsung Galaxy Tab S9 5G dibekali fitur fast charging 45 W. Sama seperti pendahulunya, tablet ini membutuhkan waktu pengisian daya tidak lebih dari satu jam hingga penuh.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S9 5G

Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi salah satu tablet bergengsi yang pernah dikeluarkan oleh Samsung. Meski begitu, tablet ini tetap memiliki beberapa catatan atau kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Tanpa Kamera Ultrawide dan Gyro-EIS

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Kekurangan pertama yang perlu diperhatikan ada pada sektor kameranya. Di bagian belakangnya, Samsung Galaxy Tab S9 5G hanya dibekali satu kamera berjenis wide, tanpa adanya kamera ultrawide. Meski begitu, kemampuannya sudah cukup lumayan dengan 13 MP autofocus dan video 4K di 60 fps.

Hal yang disayangkan di sini adalah Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi satu-satunya yang hanya dibekali satu kamera. Sedangkan versi lainnya seperti Galaxy Tab S9 Plus dan Ultra dibekali hingga dua kamera dengan tambahan kamera ultrawide.

Tidak hanya itu, pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Tab S8 5G juga dibekali kamera ultrawide di bagian belakangnya. Agaknya, Samsung Galaxy Tab S9 5G ini sengaja memangkas sektor ini untuk menutupi kekurangan di sektor lainnya. Mengingat harganya yang memang lebih murah dibandingkan versi lain di serinya.

Lagi pula, keberadaan kamera belakang untuk sebuah tablet tidak terlalu penting karena jarang digunakan. Berbeda dengan kamera depan yang lebih sering digunakan untuk kebutuhan panggilan video.

Selain itu, kemampuan perekaman videonya yang sudah mencapai 4K dengan 60 fps ini terasa kurang lengkap. Lantaran tidak ada fitur pendukung untuk meredam goncangan seperti gyro-EIS. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin merekam video sambil berjalan.

2. Tanpa Charger dan Reverse Charging

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Hal lainnya yang mungkin sudah terasa biasa bagi Anda adalah tidak adanya kepala charger di dalam kotak penjualan. Hal ini memang sering dilakukan oleh Samsung untuk beberapa produk lainnya. Jadi, Anda perlu membeli kepala charger secara terpisah.

Selain itu, dibandingkan versi lain di serinya, Samsung Galaxy Tab S9 5G memiliki kapasitas baterai paling kecil. Kapasitasnya hanya sekitar 8400 mAh saja, sedangkan Galaxy Tab S9 Plus dibekali 10.090 mAh dan Galaxy Tab S9 Ultra dibekali hingga 11.200 mAh.

Meski begitu, Samsung Galaxy Tab S9 5G tetap bisa diandalkan soal ketahanannya. Anda tetap bisa menggunakan tablet ini selama seharian untuk penggunaan apapun.

Untuk pengisian dayanya, ketiga tablet ini kompak dibekali fitur pengisian daya cepat 45 W. Fitur ini juga bisa Anda temukan di generasi sebelumnya yaitu Samsung Galaxy Tab S8 5G. Dengan kata lain, tidak ada peningkatan apapun untuk fitur satu ini.

Kekurangan yang bisa Anda perhatikan adalah tidak adanya reverse charging atau pengisian daya balik. Fitur ini sebenarnya jarang digunakan karena lebih memilih menggunakan charger biasa untuk mengisi daya perangkat lain seperti HP atau earbud.

Namun, akan berbeda ceritanya jika saat itu tidak ada colokan yang bisa digunakan. Mau tidak mau harus menggunakan perangkat lain yang memiliki fitur reverse charging. Sayangnya, Samsung Galaxy Tab S9 5G tidak dibekali kemampuan tersebut sehingga tidak bisa mengisi daya perangkat lainnya.

3. Masih Lebih Mahal dari iPad Air M1 dan iPad Pro M1/M2

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Meski menjadi versi paling murah di serinya dengan harga Rp13,9 jutaan, Samsung Galaxy Tab S9 5G masih kalah murah dibandingkan iPad Air dan iPad Pro. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan yang cukup berat bagi Anda. Apalagi iPad Air dan iPad Pro ini bisa dibilang memiliki performa yang masih lebih tinggi dibandingkan Samsung Galaxy Tab S9 5G.

Samsung Galaxy Tab S9 5G memang ditenagai oleh chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Namun, iPad Air (2022) dan iPad Pro 11 (2021) masih lebih unggul dengan chip Apple M1. Apalagi harganya yang lebih murah. Bahkan, iPad Pro 11 (2022) yang sudah ditenagai oleh Apple M2 pun memiliki harga yang masih lebih murah.

Selain soal performa, iPad Air dan iPad Pro juga menawarkan beberapa kemampuan yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 5G. Misalnya pada kemampuan perekaman videonya, iPad Air dan iPad Pro sudah didukung oleh gyro-EIS untuk stabilisasinya. Bahkan, iPad Pro 11 (2022) sudah dibekali fitur Cinematic Mode dan ProRes untuk perekaman video yang lebih berkualitas ala videografer profesional.m

Simpulan

Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi salah satu tablet terbaru dari Samsung yang paling bergengsi. Tablet ini menawarkan kemampuan yang belum pernah ada sebelumnya di segmen tablet. Terutama sektor layar dengan kemampuannya yang imersif dan performa unggulan ala flagship.

Samsung Galaxy Tab S9 5G dibekali layar berukuran paling kecil dibanding versi lain di serinya yaitu 11 inci. Namun, tablet ini sudah dibekali panel Dynamic AMOLED 2X yang mampu menampilkan ketajaman serta kejernihan warna yang luar biasa. Bahkan, layarnya juga sudah didukung oleh visual HDR10+ untuk kualitas yang lebih biak.

Selain itu, performa juga menjadi salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G ini. Pasalnya, tablet ini sudah dibekali chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2 khusus untuk Samsung. Performa yang dihasilkan jadi lebih optimal berkat RAM mencapai 12 GB dan internal hingga 256 GB. Menariknya, tablet ini masih menawarkan slot untuk microSD.

Soal ketahanan, Samsung Galaxy Tab S9 5G sudah bisa diandalkan. Mulai dari ketahanan baterainya dengan 8400 mAh yang bisa awet seharian. Hingga sertifikasi IP68 yang membuatnya mampu bertahan dari debu dan air dengan kondisi apapun.

Sebagai sebuah tablet, Samsung Galaxy Tab S9 5G juga punya kemampuan multitasking yang oke. Apalagi didukung oleh aksesori seperti Book Cover Keyboard, Smart Book Cover, hingga S Pen. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Tab S9 5G memang menjadi salah satu tablet terbaik Samsung dan berpotensi menguasai segmen tablet tahun ini.

Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G. Meski dibekali berbagai kelebihan, terdapat kekurangan yang masih dimiliki tablet ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba tablet flagship dengan harga paling murah ini? Tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram