carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Samsung Galaxy Tab S8+ 5G dan Tab S9+ 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Juli 2023 menjadi bulan paling bergengsi untuk Samsung. Salah satunya karena peluncuran tablet Samsung Galaxy Tab S9 Series. Salah satu model yang mengisi seri ini adalah Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Model ini menjadi yang paling “netral” dengan spesifikasi unggul dan seimbang di harga yang sepadan.

Samsung Galaxy Tab S9+ 5G juga hadir sebagai penerus dari pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Tab S8+ 5G. Memiliki jarak waktu perilisan kurang lebih satu tahun, terdapat beberapa peningkatan dari segi spesifikasinya.

Nah, jika Anda berencana membeli perangkat tablet dengan kemampuan tinggi ala Samsung. Simak dulu perbedaan Samsung Galaxy Tab S8+ 5G dan Tab S9+ 5Gberikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8+ 5G

Galaxy Tab S8 Plus
Layar Super AMOLED 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9+ 5G

Samsung Galaxy Tab S9 Plus 5g
Layar Dynamic AMOLED 2X 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy Tab S8+ 5G dan Tab S9+ 5G

Kira-kira apa saja perbedaan dari Samsung Galaxy Tab S8+ 5G dan Tab S9+ 5G. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain Bodi dan Ketahanan

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G

Jika Anda sandingkan kedua tablet ini, desain dan ukurannya tampak mirip. Mulai dari dimensi, sampai desain bezel yang mengelilinginya. Hanya saja, desain setrip untuk tempat S Pen di bagian belakangnya terlihat berbeda.

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G memberikan warna hitam untuk setripnya. Kedua kameranya juga dimasukkan ke dalam setrip sehingga menyamarkan bentuknya. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G menggunakan warna yang identik untuk setripnya. Hal ini membuatnya terlihat lebih bersih dan hanya ada dua kamera saja di bagian belakangnya.

Untuk ukurannya, kedua tablet ini terlihat cukup mirip termasuk ketebalannya yang sudah cukup tipis. Baik Samsung Galaxy Tab S8+ 5G atau Tab S9+ 5G, keduanya memiliki ketebalan 5,7 mm untuk bodinya. Hal ini membuatnya cukup nyaman ketika digenggam.

Namun, tipis saja belum cukup untuk sebuah tablet. Berat atau bobotnya juga harus cukup ringan agar tangan tidak cepat pegal saat menggunakannya. Samsung Tab S8+ 5G memiliki bobot yang sedikit lebih ringan yaitu 572 gram. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G memiliki bobot 586 gram untuk versi 5G dan 581 gram untuk Wi-Fi only.

2. Adanya Sertifikasi IP68 di Galaxy Tab S9+ 5G

Samsung Galaxy Tab S9+ 5G

Salah satu peningkatan yang cukup terasa dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G soal bodinya adalah ketahanannya. Tablet ini menggunakan bahan material armor aluminium untuk bodi bagian belakang dan frame-nya. Material ini menjadi salah satu material paling tangguh yang dimiliki oleh Samsung.

Samsung Galaxy Tab S9+ 5G juga sudah dibekali sertifikasi IP rating yang menarik. Terdapat IP68 yang membuatnya mampu bertahan dari kotoran debu dan air. Bahkan, tablet ini mampu berada di kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit.

Hal ini tentu cukup menarik mengingat Samsung Galaxy Tab S8+ 5G tidak dibekali sertifikasi IP apa pun. Kehadiran IP68 jadi nilai lebih yang membuat Galaxy Tab S9+ 5G jauh lebih menarik dibanding Galaxy Tab S8+ 5G.

3. Super AMOLED vs Dynamic AMOLED 2X

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G

Salah satu sektor lain yang memiliki peningkatan cukup menarik adalah layarnya. Samsung Galaxy Tab S8+ 5G sebenarnya sudah cukup baik dengan panel yang digunakannya yaitu Super AMOLED. Panel ini sama dengan panel yang digunakan oleh Tab S8 Ultra 5G.

Panel tersebut tentu saja sudah cukup menarik jika digunakan untuk aktivitas hiburan seperti menonton atau bermain game. Namun, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G menawarkan hal yang lebih menarik lagi. Panel yang digunakannya adalah Dynamic AMOLED 2X. Panel ini mampu memberikan pengalaman visual yang imersif berkat warna dan detailnya.

Meski begitu, keduanya sudah cukup baik karena sudah didukung oleh fitur yang cukup unggul. Salah satunya adalah HDR10+ yang mampu menampilkan warna dan detail jauh lebih baik. Kemudian refresh rate 120 Hz yang membuat pergerakannya makin terlihat mulus.

Refresh rate tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan scrolling di media sosial atau bahkan bermain game. Aktivitas multitasking juga akan lebih nyaman dengan tanpa patah-patah.

Ukuran layar serta resolusi yang dimilikinya juga tidak ada yang berbeda. Samsung Galaxy Tab S8+ 5G dan Tab S9+ 5G mengusung layar berukuran 12,4 inci. Sedangkan untuk resolusi yang berhasil dicapainya adalah 1752 x 2800 piksel dengan kerapatannya mencapai 266 ppi.

Desain bezel yang mengelilinginya juga tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki layar yang cukup lebar dengan rasio layar ke bodi mencapai 84,6 persen untuk Samsung Galaxy Tab S8+ 5G. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Tab S9+ 5G mencapai angka 84,3 persen.

Penggunaan tablet terkadang akan lebih keras dibandingkan HP. Hal ini membuatnya rentan rusak seperti tergores atau retak. Untuk itu, Samsung menggunakan perlindungan yang cukup andal untuk layarnya yaitu Gorilla Glass 5 bagi Samsung Galaxy Tab S8+ 5G. Sama halnya dengan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G, tetapi versinya tidak diketahui.

4. Snapdragon 8 Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 2

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Jika Anda mencari tablet Samsung dengan performa tangguh, keduanya sama-sama bisa diandalkan. Namun, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G menawarkan performa yang sedikit lebih tinggi berkat chipset yang digunakannya.

Meski begitu, bukan berarti Samsung Galaxy Tab S8+ 5G ini memiliki performa rendah. Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakannya ini memiliki kapabilitas cukup tinggi soal performa. Chipset ini memiliki proses manufaktur 4 nm ini ditenagai oleh prosesor dengan tiga klaster utama.

Prosesor tersebut terdiri dari satu core utama yaitu Cortex X2 dengan clock speed mencapai 3.0 GHz. Kemudian terdapat tiga core Cortex A710 (2.50 GHz) untuk performa dan empat core Cortex A510 (1.80 GHz) untuk efisiensinya. Chipset ini juga mendapat dukungan dari GPU Adreno 730.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan performa yang sedikit lebih tinggi. Tablet tersebut menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dirancang khusus untuk Samsung Galaxy.

Chipset dengan proses manufaktur 4 nm tersebut ditenagai oleh prosesor octa core. Terdiri dari satu core utamanya yaitu Cortex X3 dengan clock speed mencapai 3.36 GHz. Selain itu, terdapat dua core Cortex A715 dan A710 (2.8 GHz) untuk performa. Kemudian tiga core Cortex A510 (2.0 GHz) untuk efisiensinya. Chipset ini didukung oleh GPU Adreno 740.

Lantas, bagaimana dengan performa yang dihasilkan kedua tablet tersebut? Menurut Android Authority, Samsung Galaxy Tab S8+ 5G mampu meraih skor 794.403 poin untuk pengujian AnTuTu v9. Skor tersebut terpaut cukup jauh dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Dalam pengujian AnTuTu v9, Kimovil mendapatkan skor hingga 1.250.000 poin untuk tablet ini.

Kemampuan performanya tersebut juga tidak lepas dari kapasitas memori yang digunakannya. Samsung galaxy Tab S8+ 5G menawarkan varian memori dengan RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk memori internalnya 128 GB dan 256 GB berjenis UFS.

Kapasitas tersebut masih berada di bawah dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Tablet ini menawarkan varian memori dengan RAM 12 GB dan internal 256 GB atau 512 GB. Menariknya lagi, meski sebagai tablet flagship, keduanya dibekali slot khusus untuk microSD. Jika merasa kurang, Anda bisa memperluas kapasitas memorinya sampai 1 TB.

5. S Pen yang ditingkatkan

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Performa yang dihasilkan oleh kedua tablet ini tidak hanya cocok untuk bermain game saja. Ukuran layarnya yang lebar dari sebuah tablet juga sering digunakan untuk melakukan aktivitas produktif lainnya. Misalnya menyelesaikan pekerjaan, menghadiri kelas, atau meeting.

Hal ini tidak lain adalah berkat adanya aksesori yang mendukung untuk aktivitas seperti itu. Baik Samsung Galaxy Tab S8+ 5G atau Tab S9+ 5G, keduanya memiliki aksesori cukup menarik. Salah satunya adalah Smart Book Cover atau Book Cover Keyboard. Dengan ini, Anda bisa mengubah tablet menjadi sebuah laptop lengkap dengan keyboard.

Selain itu, terdapat aksesori lain yang tidak kalah menarik yaitu S Pen. S Pen atau stylus ini cocok untuk Anda yang suka menggambar atau membuat desain grafis. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencatat hal penting saat kelas atau meeting di kantor.

Nah, meski menggunakan stylus yang sama, jenis S Pen yang digunakan kedua tablet ini ternyata berbeda. Baik Samsung Galaxy Tab S8+ 5G atau Tab S9+ 5G dibekali S Pen dengan latensi super rendah yaitu 2,8 ms saja.

Namun, S Pen milik Samsung Galaxy Tab S9+ 5G ini punya kemampuan yang lebih tangguh. Pasalnya, terdapat sertifikasi IP68 yang membuatnya mampu bertahan dari debu dan air. Anda jadi tidak usah khawatir jika tidak sengaja menjatuhkan S Pen ke dalam air. Aksesori ini mampu bertahan hingga 1,5 meter di dalam air selama 30 menit.

Sertifikasi tersebut tidak dimiliki oleh S Pen dari Samsung Galaxy Tab S8+ 5G. Namun, Anda tidak usah khawatir akan terjatuh. Kedua tablet ini memiliki tempat khusus di bagian belakang untuk S Pen-nya masing-masing. Tempatnya ini menggunakan sistem magnetis yang juga bisa mengisi daya secara otomatis saat ditempelkan.

6. Penggunaan Jenis Konektivitas

galaxy-tab-s8-selfie-cam_

Perbedaan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dibahas adalah soal jenis konektivitas yang digunakan. Baik Samsung Galaxy Tab S8+ 5G atau Tab S9+ 5G, keduanya memiliki varian 5G dan Wi-Fi only. Sayangnya, Samsung Galaxy Tab S8+ versi Wi-Fi only tidak turut hadir di Indonesia.

Berkat jaringan 5G yang dimilikinya, kedua tablet ini sudah cukup gesit untuk segala aktivitas. Mulai dari browsing, scrolling di media sosial, atau bahkan bermain game online.

Selain itu, keduanya juga sudah didukung oleh Wi-Fi 6e yang cukup cepat. Bedanya, Samsung Galaxy Tab S8+ 5G hanya menggunakan Wi-Fi dual-band saja. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G sudah menggunakan Wi-Fi tri-band. Hal ini akan berpengaruh pada kecepatan serta minim latensi saat terhubung.

Perbedaan lain dari sisi konektivitas ada pada penggunaan jenis Bluetooth. Samsung Galaxy Tab S8+ 5G masih menggunakan Bluetooth 5.2. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G sudah menggunakan Bluetooth 5.3. Meski begitu, perbedaan kedua jenis ini tidak terlalu jauh karena angka yang berbeda adalah angka di bagian belakang saja.

7. Harga dan Ketersediaan

dex samsung galaxy tab s8 ultra

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G hadir lebih dulu di pasar Indonesia yaitu pada kuartal pertama tahun 2022. Tablet ini menawarkan tiga varian warna yang cukup menarik yaitu Graphite, Silver, dan Pink Gold.

Sedangkan untuk harganya, Samsung Galaxy Tab S8+ 5G memiliki satu varian RAM yang masih tersedia. Anda bisa membelinya dengan harga Rp13,7 jutaan saja untuk varian RAM 8 GB dan internal 256 GB.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir pada Juli 2023 di pasar Indonesia. Berbeda dari pendahulunya, tablet ini hanya menawarkan dua varian warna saja yaitu Graphite dan Beige.

Terdapat dua varian memori yang bisa Anda pilih untuk memiliki Samsung Galaxy Tab S9+ 5G ini. Mulai dari RAM 12 GB dengan internal 256 GB yang dijual dengan harga Rp16,9 jutaan. Atau RAM 12 GB dengan internal 512 GB yang dijual dengan harga Rp18,9 jutaan saja.

Simpulan

Samsung Galaxy Tab S9+ 5G menjadi penerus bagi pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Tab S8+ 5G. Meski memiliki jarak perilisan hingga satu tahun, kedua tablet ini cukup bersaing. Keduanya menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang menarik sebagai tablet kelas atas.

Mulai dari ukuran layarnya yang luas hingga 12,4 inci dengan 120 Hz refresh rate. Sampai penggunaan panel yang sudah cukup baik di kelasnya. Selain itu, Samsung Galaxy Tab S8+ 5G juga sudah bisa diandalkan soal performanya. Namun Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan performa yang sedikit lebih tangguh.

Selain karena chipset yang digunakan, terdapat memori yang lebih luas dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Hal ini membuatnya lebih baik dalam menghasilkan performa untuk penggunaan berat.

Ketahanan menjadi salah satu peningkatan yang cukup menarik dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Terdapat sertifikasi IP rating yang membuatnya tahan terhadap debu dan air. Bahkan, bukan hanya tabletnya saja, tetapi juga untuk S Pen sebagai aksesori utama dari tablet ini.

Kedua tablet ini memang memiliki beberapa perbedaan di sektor tertentu. Namun, kemampuan keduanya tetap sangat menarik. Nah, mana kira-kira tablet yang jadi favorit Anda? Apakah Samsung Galaxy Tab S8+ 5G atau Tab S9+ 5G? Tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram