carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dan Tab S9 FE+ 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Resmi, Samsung meluncurkan Samsung galaxy Tab S9 FE 5G Series ke tanah air pada Oktober 2023. Terdapat dua model yang mengisi seri ini, salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G. Tablet ini hadir sebagai versi yang lebih murah dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G yang ada di Samsung Galaxy Tab S9 Series.

Meski begitu, kedua tablet tersebut memiliki harga yang terpaut cukup jauh. Jadi, tidak heran ketika terdapat perbedaan yang cukup terlihat di beberapa sektor tertentu. Nah, bagi Anda yang penasaran, silakan simak perbedaan dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dan Galaxy Tab S9 FE+ 5G berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9+ 5G

Samsung Galaxy Tab S9 Plus 5g
Layar Dynamic AMOLED 2X 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G

galaxy tab s9 fe plus
Layar PLS LCD 12.4 inci
Chipset Exynos 1380
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 8 MP (wide) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10009 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dan Galaxy Tab S9 FE+ 5G

Berada di kelas harga berbeda, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G harus mengalami penyesuaian di beberapa sektornya. Berikut adalah daftar perbedaan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dan Galaxy Tab S9 FE+ 5G.

1. Desain Mirip, Ketebalan dan Bobot Beda

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Jika dilihat dari desainnya, Samsung sepertinya mengadopsi langsung dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G untuk Galaxy Tab S9 FE+ 5G. Di bagian belakangnya terlihat mirip mulai dari penempatan dua kamera, strip untuk mengecas Stylus, hingga pola khas di bagian tepinya.

Langkah tersebut dilakukan tidak lain adalah untuk mempertahankan kesan minimalis dan premium. Tidak hanya secara tampilan ketika dilihat, ketika disentuh pun terasa premium. Hal ini karena keduanya sudah dibekali bahan material bodi aluminium di bagian belakangnya.

Namun, jika diperhatikan dengan saksama, terdapat sedikit perbedaan di bagian dekat kameranya. Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G tidak dibekali LED flash di bagian belakangnya. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G memiliki LED flash yang disimpan di bagian bawah dua kameranya.

Perbedaan lainnya yang ada pada ketebalan dan bobotnya. Sebagai tablet flagship, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan ketebalan yang cukup tipis. Tablet ini memiliki dimensi 285,4 x 185,4 x 5,7 mm dengan bobot yang hanya 586 gram saja.

Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hadir dengan bodi yang sedikit lebih tebal. Tablet ini hadir dengan dimensi 285,4 x 185,4 x 6,5 mm dengan bobotnya yaitu 627 gram. Meski begitu, ketebalannya tetap masih wajar untuk sebuah tablet.

Bahkan, bobot yang dimiliki keduanya juga cukup nyaman saat digunakan untuk berbagai aktivitas. Mulai dari aktivitas produktif dengan berbagai aksesorinya, scrolling, menonton, hingga bermain game.

Menariknya lagi, meski memiliki harga yang lebih murah, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G sudah dibekali sertifikasi IP kelas atas. Terdapat sertifikasi IP68 yang membuatnya mampu bertahan dari debu dan air. Bahkan mampu berada di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Sertifikasi ini juga tentu saja dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 5G.

2. Kemampuan Layar Beda Kelas

galaxy tab s9 plus vision booster_

Salah satu sektor yang mungkin memiliki perbedaan cukup signifikan adalah layar. Tampaknya, sektor inilah yang mengalami pemangkasan sehingga akhirnya Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G memiliki harga yang lebih murah.

Sebagai tablet flagship, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan kemampuan layar yang sangat mumpuni. Ukurannya bahkan cukup luas yaitu 12,4 inci menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x. Menariknya lagi, desain bezel yang mengelilinginya ini cukup tipis untuk sebuah tablet dengan rasio layar ke bodi hingga 84,3 persen.

Layarnya yang luas ini tentu saja membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas. Misalnya untuk melakukan multitasking, menonton, scrolling, hingga bermain game. Apalagi ketajaman warna dan detailnya sangat baik dengan dukungan visual HDR10+ yang imersif dan seru.

Sementara itu, Samsung galaxy Tab S9 FE+ 5G sudah baik dengan ukurannya yang luas yaitu 12,4 inci. Bahkan memiliki desain bezel yang tipis sehingga layarnya terlihat lebih luas. Tablet ini memiliki rasio layar ke bodi hingga 84,3 persen.

Bedanya, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hanya menggunakan panel yang sederhana saja yaitu IPS LCD. Panelnya ini memiliki warna vivid yang cukup luas berkat color gamut DCI-P3.

Meski tidak dijelaskan lebih rinci, kedua tablet ini sudah didukung oleh fitur Vision Booster untuk membantu kecerahannya. Fitur ini membuat layar mampu mengimbangi intensitas cahaya yang ada di sekitar. Sehingga tampilan layar tetap terlihat dengan jelas.

Perbedaan kelas di antara keduanya makin terlihat ketika berbicara soal resolusi dan refresh rate. Sebagai tablet kelas flagship, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan resolusi tinggi yaitu 1752 x 2800 piksel. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G berada di bawahnya yaitu 1600 x 2560 piksel.

Lebih lanjut mengenai refresh rate, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G sudah sangat baik dengan 120 Hz. Angka ini sudah cukup untuk membuat pergerakan yang ditampilkan terlihat mulus. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hanya dibekali refresh rate 90 Hz saja.

3. Snapdragon 8 Gen 2 vs Exynos 1380

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Perbedaan lainnya yang mungkin membuat perbedaan harganya cukup jauh adalah penggunaan chipset-nya. Sebagai kelas flagship, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Bahkan, chipset yang digunakannya ini dirancang khusus untuk produk dari Samsung Galaxy. Akhirnya diberi nama Snapdragon 8  Gen 2 for Galaxy. Dengan kata lain, performa yang dimiliki oleh chipset ini lebih tinggi jika dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 yang digunakan oleh perangkat lain.

Untuk spesifikasinya, Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy ini hadir dengan fabrikasi 4 nm dan delapan inti CPU. Terdapat tiga klaster dengan klaster pertama terdiri dari satu core Cortex X3 (3,36 GHz), klaster kedua diisi dua core Cortex A715 (2,8 GHz) dan dua core Cortex A710 (2,8 GHz), serta klaster ketiga yang diisi oleh tiga core Cortex A510 (2,0 GHz).

Sementara Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hadir dengan chipset Exynos 1380. Chipset dengan fabrikasi 5 nm ini juga ditenagai oleh delapan inti CPU. Terdiri dari empat core Cortex A78 (2,4 GHz) untuk performa dan empat core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensi. Untuk urusan grafisnya atau GPU didukung oleh Mali G68 MP5 dengan frekuensi 950 MHz.

Lantas bagaimana dengan hasil pengujian sintetisnya? Jika merujuk pada data dari Nanoreview, Exynos 1380 mampu meraih skor 583.323 poin untuk AnTuTu v10. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya mencapai 996 untuk single-core dan 2733 untuk multi-core.

Selain itu, Kimovil juga melakukan pengujian ketika Exynos 1380 digunakan oleh Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G. Skor yang berhasil diraihnya adalah 507.000 poin untuk AnTuTu v9. Sedangkan Galaxy Tab S9 5G yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy meraih skor jauh lebih tinggi yaitu 1.250.000 poin.

Kemampuan performa yang dihasilkannya juga tidak lepas dari kapasitas memori yang disematkan. Meski memiliki harga yang lebih murah, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hadir dengan varian memori yang cukup besar. Tablet ini menawarkan satu varian saja yaitu RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan dua varian memori yang sedikit lebih luas. Untuk RAM-nya masih sama saja yaitu 12 GB. Namun, terdapat satu varian memori internal yang membuatnya memiliki harga lebih tinggi yaitu 256 GB dan 512 GB.

Menariknya lagi, terdapat slot khusus untuk microSD yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitasnya. Keduanya sudah mendukung peningkatan kapasitas hingga 1 TB. Kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan berbagai berkas dan aplikasi berat sekaligus.

4. Konfigurasi Kamera

galaxy tab s9 plus kamera (1)_

Sebagai sebuah tablet, keberadaan kamera belakang ini sebenarnya tidak terlalu penting. Pasalnya, beberapa pengguna pasti akan lebih memilih memotret menggunakan HP dibandingkan tablet. Meski begitu, kedua tablet ini sudah dibekali dua kamera di bagian belakang yang bisa diandalkan.

Kedua kamera ini disimpan di bagian belakang dengan tampilan yang sama. Namun, ternyata kedua tablet ini menggunakan konfigurasi kamera yang sedikit berbeda.

Samsung galaxy Tab S9+ 5G hadir dengan kamera utama 13 MP (f/2.0). Kamera ini memiliki sensor kamera 1/3.4 inci dan sudah didukung oleh fitur autofocus. Berbeda dengan Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G yang hanya dibekali kamera utama 8 MP saja. Tidak ada dukungan apapun untuk menunjang pemotretan menggunakan kamera ini.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G juga tidak dibekali LED flash di bagian belakangnya. Jadi, proses pemotretan tidak akan semaksimal Samsung Galaxy Tab S9+ 5G ketika dalam keadaan minim cahaya.

Meski begitu, keduanya kompak hadir dengan kamera ultrawide 8 MP sebagai kamera tambahannya. Kamera ini bisa digunakan untuk memotret objek lebih banyak untuk bisa masuk ke dalam satu frame. Kemudian kemampuan perekaman videonya pun sama saja yaitu 4K dengan 30 fps.

Beralih ke bagian depan, kedua tablet ini dibekali kamera depan menggunakan sensor ultrawide 12 MP. Sensor kamera ini mungkin akan lebih sering digunakan misalnya untuk melakukan video call, meeting, hingga belajar online.

Pemilihan sensor ultrawide juga membuatnya mampu menangkap objek lebih banyak saat digunakan. Namun, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G memiliki kamera depan yang sudah dibekali fitur HDR. Fitur ini akan membantu meningkatkan kualitas kamera saat digunakan. Perekamannya pun sudah baik karena mencapai kualitas 4K dengan 30 fps.

5. Kelengkapan Sensor dan Konektivitas

galaxy tab s9 plus tahan air_

Perbedaan lainnya yang tidak kalah penting dari kedua tablet ini ada pada kelengkapan sensor dan konektivitasnya. Sebagai tablet kelas flagship, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G jelas lebih unggul dibandingkan Galaxy Tab S9 FE+ 5G. Hal ini membuatnya makin mudah dalam penggunaannya.

Misalnya Samsung Galaxy Tab S9+ 5G yang hadir dengan sensor fingerprint. Menariknya lagi, tablet tersebut menyimpan sensor pemindai sidik jari di bawah layar atau under display. Sehingga proses membuka tablet akan jadi lebih cepat dan praktis.

Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G tidak dibekali sensor pemindai sidik jari. Sehingga harus menggunakan pola atau PIN terlebih dahulu ketika ingin membuka tablet tersebut.

Meski begitu, keduanya sudah dilengkapi sensor lain yang cukup lengkap. Mulai dari sensor akselerometer, cahaya untuk menyesuaikan kecerahan layar, proksimitas untuk mendeteksi benda pada jarak tertentu, hingga gyroscope untuk mendeteksi putaran atau rotasi melalui gerakan.

Untuk sisi konektivitasnya, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G juga hadir lebih unggul dengan WiFi 6e. Konektivitas WiFi ini sudah mendukung tri-band sehingga memiliki latensi yang lebih rendah saat menyambungkan WiFi di tempat umum. Meski begitu, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hadir dengan WiFi 6 yang sudah mendukung dual-band.

Berbicara soal WiFi, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G memiliki dua versi jaringan yang bisa dipilih. Anda bisa memilih model dengan versi yang sudah mendukung konektivitas 5G, atau hanya mengandalkan WiFi saja. Hal ini juga menjadi pembeda dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G yang tidak memiliki versi WiFi only, atau belum resmi hadir di pasar Indonesia.

6. Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE+

Samsung Galaxy Tab S9+ 5G hadir lebih dulu di pasar Indonesia pada Juli 2023. Tablet ini menjadi model penengah dari dua model lain di lini serinya. Untuk varian warnanya terdapat dua varian yang ditawarkan yaitu Beige dan Graphite.

Samsung Galaxy Tab S9+ 5G menawarkan dua varian memori yaitu dengan memori internal 256 GB dan 512 GB. Sayangnya, hanya varian memori 512 GB dengan RAM 12 saja yang masih tersedia di pasaran. Untuk harganya dijual sekitar Rp16,9 jutaan.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G hadir pada Oktober 2023. Menariknya, tablet ini menawarkan dua versi yang bisa dipilih yaitu versi dengan konektivitas 5G dan WiFi only. Terdapat empat varian warna yang tidak kalah menarik yaitu Mint, Silver, Lavender, dan Gray.

Untuk harga dengan konektivitas 5G, Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G dijual sekitar Rp10,9 jutaan dengan varian RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.

Simpulan

Samsung Galaxy Tab FE+ 5G menjadi salah satu tablet flagship versi murah dari Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Meski begitu, keduanya memiliki harga yang terpaut jauh sehingga memiliki beberapa perbedaan di sektor tertentu.

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan ada pada sektor layarnya. Samsung Tab S9 FE+ 5G hanya dibekali panel IPS LCD dengan refresh rate 90 Hz. Spesifikasi tersebut tentu berada di kelas berbeda dengan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G yang menggunakan Dynamic AMOLED 2x dengan refresh rate 120 Hz.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G juga punya performa tinggi berkat Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Sedangkan  Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G ditenagai oleh Exynos 138. Meski masih kalah jauh, performa yang dihasilkan sudah cukup baik untuk kelasnya, apalagi untuk sebuah tablet.

Soal kenyamanan dalam beraktivitas, tentu saja Samsung Galaxy Tab S9+ 5G lebih bisa diandalkan. Terdapat beberapa fitur menarik yang bisa digunakan. Mulai dari sensor fingerprint, Wireless Samsung DeX, hingga ukuran bodi yang lebih tipis dan ringan.

Nah, setelah melihat beberapa perbedaan tersebut, apakah Anda tertarik dengan Samsung Galaxy Tab S9 FE+ 5G sebagai tablet flagship versi murah? Atau masih bertahan pada Samsung Galaxy Tab S9+ 5G? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram