carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy Tab S9, Tab S9+, dan Tab S9 Ultra

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Juli 2023 menjadi bulannya Samsung karena meluncurkan tablet terbarunya yaitu Samsung Galaxy Tab S9 Series 5G. Terdapat tiga model tablet yang cukup bergengsi di dalamnya yaitu Samsung Galaxy Tab S9 5G, Tab S9+ 5G, dan Tab S9 Ultra 5G. Ketiganya ini mengusung spesifikasi dan kemampuan ala tablet flagship masa kini.

Yang paling menarik, ketiganya hadir dengan jaringan 5G. Tidak ada model yang menawarkan WIFI saja. Selain itu, ketiganya hadirkan kemampuan yang serupa karena penggunaan cip yang sama. Namun, jelas ada perbedaan di antara ketiga tablet tersebut.

Nah, dalam artikel ini, saya sudah merangkum beberapa perbedaan dari Samsung Galaxy Tab S9 5G, Tab S9+ 5G, dan Tab S9 Ultra 5G. Tanpa berlama-lama, silakan simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 5G

Samsung Galaxy Tab S9 5g
Layar Dynamic AMOLED 2X 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 8400 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9+ 5G

Samsung Galaxy Tab S9 Plus 5g
Layar Dynamic AMOLED 2X 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5g
Layar Dynamic AMOLED 2X 14.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 11200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy Tab S9 5G, Tab S9+ 5G, dan Tab S9 Ultra 5G

Keberadaan tablet Samsung Galaxy Tab S9 Series membuat persaingan di segmen tablet makin sengit. Nah, untuk Anda yang bingung menentukan mana tablet yang paling oke di seri ini, simak beberapa perbedaan Samsung Galaxy Tab S9 Series berikut ini.

1. Ukuran Bodi Bervariasi

galaxy tab s9 plus tahan air_

Salah satu perbedaan paling mencolok dari Samsung Galaxy Tab S9 Series ini adalah ukurannya. Ketiganya memiliki ukuran bodi yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini tentu akan menjadi bahan pertimbangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, jika Anda mencari tablet berukuran standar untuk penggunaan tablet biasa, maka Samsung Galaxy Tab S9 5G paling cocok untuk Anda. Samsung Galaxy Tab S9 5G ini menjadi model dengan ukuran bodi paling ringkas. Dimensi dan ketebalan yang dimilikinya hanya 254,3 x 165,8 x 5,9 mm saja.

Model reguler ini lebih cocok untuk penggunaan tablet biasa seperti scrolling, membaca, atau aktivitas produktif lainnya. Pasalnya, dengan ukuran yang lebih ringkas, bobot yang dimilikinya juga lebih ringan yaitu 498 gram saja. Ukuran tersebut juga sudah cukup untuk aktivitas hiburan lain seperti menonton atau bermain game.

Namun, jika ingin mendapatkan pengalaman menonton yang lebih Anda bisa memilih Samsung Galaxy Tab S9+ 5G yang punya ukuran lebih besar. Meski dimensinya lebih besar, justru model ini punya ketebalan lebih tipis. Dimensi yang dimilikinya yaitu 285,4 x 185,4 x 5,7 mm.

Sedangkan untuk bobotnya tentu akan sedikit lebih berat yaitu 586 gram. Aktivitas gaming menggunakan model ini memang sedikit kurang nyaman karena lebih berat. Model ini lebih cocok untuk menonton atau produktivitas lain menggunakan aksesori seperti Smart Book Cover atau Book Cover Keyboard.

Sementara itu, model tertingginya yaitu Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G memiliki ukuran bodi paling besar. Meski begitu, ketebalannya menjadi yang paling tipis di antara ketiganya. Dimensi yang dimilikinya yaitu 326,4 x 208,6 x 5,5 mm. Sedangkan untuk bobotnya jadi yang paling berat yaitu 732 gram.

Ukuran bodi Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G ini bahkan mirip seperti layar pada laptop standar. Dengan begitu, model ini cocok untuk Anda yang ingin punya tablet seukuran laptop. Anda bisa melakukan produktivitas dengan lebih nyaman baik itu bekerja atau menyelesaikan tugas kuliah.

Soal ketahanan, ketiga model di Samsung Galaxy Tab S9 Series ini tidak ada yang berbeda. Ketiganya sudah dibekali sertifikasi IP68 yang membuatnya mampu bertahan dari debu dan di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit. Bodi bagian belakang dan frame-nya juga sudah dilapisi bahan material armor aluminium yang kokoh dari Samsung.

2. Layar Imersif dengan Ukurannya

galaxy tab s9 plus vision booster_

Soal kemampuan layar, ketiga model Samsung Galaxy Tab S9 Series ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Ketiganya sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang mampu menghasilkan warna dan visual sangat memukau. Selain itu, layarnya ini juga cukup aman untuk mata karena mampu mengurangi pancaran cahaya biru.

Kemampuannya dalam menampilkan warna benar-benar jernih dengan ketajaman tingkat tinggi. Layarnya juga sudah mampu menampilkan visual HDR10+ yang disempurnakan. Sedangkan untuk pergerakan animasinya didukung oleh refresh rate 120 Hz yang mulus. Pergerakannya sama sekali tidak membuat warna dan detail menjadi kabur.

Lantas, apa saja perbedaan yang dimiliki Samsung Galaxy Tab S9 Series di sektor layarnya? Perbedaan pertama yang sudah pasti Anda sadari adalah ukuran layarnya. Di poin sebelumnya dijelaskan bahwa ketiganya memiliki ukuran bodi yang berbeda, hal itu juga berlaku untuk ukuran layar.

Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi model dengan ukuran layar paling kecil yaitu 11 inci. Meski begitu, ukuran tersebut sebenarnya sudah cukup untuk sebuah tablet. Desain bezel yang mengelilinginya juga tidak terlalu tebal dengan rasio layar ke bodi mencapai 83,2 persen. Sedangkan resolusinya adalah 1600 x 2560 piksel.

Ukurannya ini sudah cukup untuk penggunaan tablet pada umumnya seperti scrolling, multitasking, menonton, hingga bermain game. Dengan ukuran layarnya, menurut Saya masih cukup nyaman untuk bermain game menggunakan kontrol jari. Sebab jarak tombolnya masih bisa dijangkau dengan cukup mudah.

Jika Anda ingin merasakan tablet yang punya ukuran layar lebih luas, Anda bisa pilih Samsung Galaxy Tab S9+ 5G. Ukuran layarnya sedikit lebih luas yaitu 12,4 inci. Menariknya lagi, jika diperhatikan dengan saksama, desain bezel yang dimilikinya ternyata lebih tipis dari model Galaxy Tab S9 5G. Rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai 84,3 persen.

Selain itu, resolusinya juga sedikit lebih tinggi yaitu 1752 x 2800 piksel. Hal ini membuatnya lebih cocok untuk aktivitas seperti menonton atau produktivitas lain. Sedangkan untuk bermain game, menurut saya akan kurang nyaman apalagi jika kontrolnya menggunakan jari. Kecuali kalau kontrolnya menggunakan joystick atau semacamnya.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G menjadi model dengan ukuran layar paling luas. Bahkan, ukurannya ini setara dengan ukuran layar laptop standar yaitu mencapai 14,6 inci. Belum lagi desain bezel-nya yang terlihat lebih tipis dengan rasio layar ke bodi mencapai 90,7 persen.

Dengan ukurannya, Anda bisa mengubah fungsi tablet ini menjadi sebuah laptop untuk bekerja. Anda hanya perlu menambahkan aksesori seperti Smart Book Cover dan Book Cover Keyboard. Untuk produktivitas lainnya juga bisa menggunakan S Pen yang sudah ditingkatkan soal latensi dan sensitivitasnya.

Resolusi yang dimiliki model ini juga jadi paling tinggi yaitu 1848 x 2960 piksel. Anda bisa menonton dengan puas berkat ukuran layar dan kemampuannya yang sangat imersif. Belum lagi didukung oleh stereo speakers berjumlah empat yang menggunakan sistem AKG dan surround sound dari Dolby Atmos.

Meski tidak disebutkan secara spesifik untuk tingkat kecerahannya. Samsung Galaxy Tab S9 Series ini mengeklaim bahwa ketiganya mampu digunakan di luar ruangan yang terik dengan nyaman. Hal ini berkat fitur Vision Booster yang mampu mengimbangi cahaya terang dari luar.

Soal ketahanannya, Samsung tidak menjelaskan secara detail perlindungan layar yang digunakan. Yang jelas, ketiganya sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass yang menurut Saya sudah cukup untuk meminimalisir risiko tergores.

3. Varian Memori

galaxy-tab-s9-processor-pc-0719_

Beralih ke performa, Samsung Galaxy Tab S9 Series menjadi salah satu tablet dengan performa tinggi. Ketiganya kompak menggunakan chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Menariknya lagi, chipset ini dirancang khusus untuk Samsung Galaxy sehingga performa yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan perangkat lainnya.

Tidak hanya performa saja, Samsung juga memikirkan tingkat efisiensi dayanya saat digunakan bermain game. Hal ini membuat penggunanya makin nyaman saat bermain game atau melakukan aktivitas berat lain di Samsung Galaxy Tab S9 Series.

Meski dibekali chipset yang sama, ketiganya ini memiliki varian memori yang berbeda. Hal ini akan sedikit banyak memengaruhi performa yang dihasilkan. Sebagai informasi, makin luas kapasitas memori yang digunakan, maka makin tinggi atau optimal juga performa yang dihasilkan.

Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi model reguler dengan harga yang paling murah. Hal ini disebabkan karena varian memori yang ditawarkannya lebih kecil dibanding model lain. Samsung Galaxy Tab S9 5G menawarkan varian RAM mulai dari 8 GB dan 12 GB. Sedangkan memori internalnya adalah 128 GB dan 256 GB.

Meski memiliki kapasitas yang lebih kecil, Samsung menyediakan slot khusus untuk microSD. Anda bisa memperluas kapasitas memorinya hingga 1 TB.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dan Tab S9 Ultra 5G memiliki varian memori mirip. Kedua tablet ini hanya menawarkan satu varian RAM saja yaitu 12 GB. Sedangkan memori internalnya adalah 256 GB dan 512 GB. Menariknya lagi, Samsung tetap memberikan slot khusus untuk microSD untuk penggunanya yang masih merasa kurang.

Sebenarnya, Samsung galaxy Tab S9 Ultra 5G ini memiliki varian yang lebih luas lagi sebagai pembeda dengan model Galaxy Tab S9+ 5G. Terdapat varian RAM 16 GB dan memori internal mencapai 1 TB. Sayangnya, varian ini tidak turut masuk ke pasar Indonesia dan hanya dirilis di pasar global saja.

4. Konfigurasi Kamera

Samsung Galaxy Tab S9 5G

Keberadaan kamera untuk sebuah tablet sebenarnya tidak terlalu penting, kecuali kamera depan. Sama seperti laptop, kamera depan pada tablet biasanya lebih sering digunakan daripada kamera belakangnya. Saya pribadi juga akan lebih memilih memotret menggunakan HP dibandingkan tablet yang bisa dibilang lebih ribet.

Meski begitu, Saya akan tetap membahasnya karena terdapat perbedaan dari Samsung Galaxy Tab S9 Series ini. Soal kemampuan, sudah pasti Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G yang lebih mumpuni.

Model paling mahal ini bahkan dibekali dua kamera di bagian depannya. Saking tipisnya bezel yang digunakan, Anda sampai bisa melihat modulnya yang berbentuk seperti poni pada sebuah HP.

Kedua kamera tersebut merupakan kamera utama berjenis ultrawide 12 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.4 dengan FoV (Field of View) mencapai 120 derajat. Kemudian kamera tambahannya adalah kamera wide 12 MP yang punya bukaan f/2.2. Kemampuan kameranya ini sudah cukup baik karena mampu mencapai kualitas video 4K dengan 60 fps.

Sementara di bagian belakangnya, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G juga dibekali dua buah kamera. Terdiri dari kamera utama wide 13 MP dengan bukaan f/2.0 dan ukuran sensor 1/3.4 inci. Kemudian dilengkapi oleh kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2. Kemampuan perekaman videonya tidak jauh berbeda yaitu 4K dengan 60 fps.

Konfigurasi kamera belakangnya tersebut mirip dengan yang dimiliki oleh Samsung galaxy Tab S9+ 5G. Perbedaannya hanya berada di bagian depan karena hanya dibekali satu kamera saja. Meski begitu, Samsung menggunakan kamera ultrawide dengan kemampuan mirip.

Penggunaan kamera ultrawide di bagian depan ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, hal ini membuatnya mampu menangkap objek yang lebih banyak. Anda bahkan bisa melakukan panggilan video hingga beberapa orang di dalam satu frame.

Hal yang sama juga dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 5G yang dibekali konfigurasi satu kamera ultrawide di bagian depannya. Hal yang membedakannya terletak di bagian belakang yaitu hanya terdapat satu kamera saja. Hal ini wajar mengingat model ini memiliki harga yang lebih murah.

Jenis kamera yang digunakan di bagian belakangnya adalah kamera wide. Meski hanya dibekali satu saja, hal ini tidak memengaruhi kemampuan perekaman videonya. Samsung Galaxy Tab S9 5G masih mampu mencapai kualitas 4K dengan 60 fps untuk videonya.

5. Kapasitas Baterai

galaxy tab s9 plus battery share function_

Perbedaan lainnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 Series adalah sektor baterai. Mulai dari Samsung Galaxy Tab S9 5G sebagai model reguler yang dibekali baterai 8400 mAh. Menurut Saya, kapasitas tersebut sudah cukup baik untuk sebuah tablet untuk menemani aktivitas selama seharian.

Sedangkan Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dibekali baterai sedikit lebih luas. Kapasitasnya mencapai 10.090 mAh yang sudah sangat baik untuk penggunaan selama seharian penuh. Bahkan, penggunaan berat sekalipun tetap bisa dijalankan dengan durasi lebih lama berkat kapasitasnya.

Kemudian Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G sebagai model tertinggi tentu saja punya kapasitas baterai paling luas. Kapasitasnya ini mencapai 11.200 mAh yang siap menemani apapun aktivitas Anda selama seharian. Mulai dari produktivitas, kreativitas, sampai bermain game sekalipun.

Selain dibekali kapasitas baterai yang luas, ketiga model Samsung Galaxy Tab S9 Series juga kompak dibekali fitur pengisian daya cepat 45 W. Hal ini tentu cukup menarik untuk mempersingkat proses pengisian dayanya. Namun, Samsung Galaxy Tab S9 5G harusnya jadi yang lebih cepat mengingat kapasitas baterainya paling kecil.

Sayangnya, Samsung tetap tidak menyematkan kepala charger-nya di dalam kotak penjualan. Hal ini tetap menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli produk dari Samsung.

6. Harga dan Ketersediaan

galaxy-tab-s9-display-before-pc_

Samsung Galaxy Tab S9 Series resmi meluncur di pasar Indonesia pada Juli 2023. Terdapat tiga model yang diboyong di seri ini yaitu Samsung Galaxy Tab S9 5G, Tab S9+ 5G, dan Tab S9 Ultra 5G. Ketiganya memiliki dua varian warna yang sama yaitu Graphite dan Beige yang terinspirasi dari warna alam.

Samsung Galaxy Tab S9 5G menjadi model reguler yang punya harga paling murah. Model ini dijual dengan harga mulai dari Rp13.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan internal 128 GB. Selama masa pre-order, Samsung juga menawarkan harga yang sama yaitu Rp13.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB, hemat sampai Rp2 jutaan.

Sedangkan model teratasnya yaitu Samsung Galaxy Tab S9+ 5G dijual dengan harga Rp16.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB. Sedangkan untuk varian RAM 12 GB dan internal 512 GB juga dijual dengan harga sama yaitu Rp16.999.000 selama masa pre-order, lebih hemat Rp2 jutaan.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G memiliki harga paling tinggi yaitu Rp19.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB. Kemudian untuk varian RAM 12 GB dan internal 512 Gb dijual dengan harga sama yaitu Rp19.999.000 selama masa pre-oreder, lebih hemat sampai Rp2 jutaan.

Simpulan

Samsung Galaxy Tab S9 Series menjadi salah satu tablet paling bergengsi tahun 2023. Ketiga modelnya yaitu Samsung Galaxy Tab S9 5G, Tab S9+ 5G, dan Tab S9 Ultra 5G menawarkan berbagai kemampuan menarik. Hal ini tidak heran mengingat ketiganya merupakan tablet yang berada di kelas flagship.

Salah satu yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab S9 Series ini adalah chipset Snapdragon 8 Gen 2 khusus untuk Galaxy. Selain itu, layarnya juga sudah didukung Dynamic AMOLED 2X dengan 120 Hz, kelengkapan notifikasi dan sensor oke, sampai ketahanan bodi yang tangguh.

Meski begitu, ketiga modelnya ini dijual dengan harga yang berbeda. Hal ini membuat ketiganya memiliki beberapa perbedaan di sektor tertentu. Misalnya dari segi ukuran desain dan layar, varian memori yang ditawarkan, konfigurasi kamera, hingga kapasitas baterai.

Nah, setelah mengetahui beberapa perbedaan yang ada pada Samsung Galaxy Tab S9 Series. Mana kira-kira model yang menjadi favorit Anda? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram