Pelajari 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Samsung merilis HP 1 jutaan bernama Samsung Galaxy A03 pada Januari 2022. Alasan Samsung meluncurkan HP ini tidak lain karena pasar HP kelas entri di Indonesia cukup besar. Namun, Samsung tidak ingin sekadar menghadirkan produk murah yang bisa menjangkau masyarakat.

Yang Samsung inginkan ialah memberi produk dengan inovasi tepat guna. Tujuannya yakni demi mempercepat transisi gaya hidup dari konvensional menuju digital.

Galaxy A03 pun dipandang sebagai solusi untuk menjawab tren masyarakat masa kini yang suka mengabadikan momen sehari-hari dan merekam keadaan sekitar. Bahkan bisa pula dijadikan sebagai perangkat utama untuk menciptakan konten yang berkualitas.

Lantas, semenarik apa ponsel Samsung di bawah Rp2 jutaan yang satu ini? Carisinyal akan menjawab pertanyaan tersebut melalui artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03 ini. Kami berharap pembahasan dalam artikel ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk memberi penilaian terhadap si ponsel.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy A03

Definisi HP kelas entri adalah ponsel yang mampu mendukung pekerjaan-pekerjaan esensial. Namun, terkadang HP jenis ini juga punya fitur spesial. Berikut kelebihan Galaxy A03 dan fitur spesial yang dimilikinya.

1. Desain

Desain Samsung Galaxy A03

Desain memang sektor yang tidak bisa dinilai berdasarkan skor. Desain suatu HP bisa jadi akan disukai sejumlah orang, tapi tidak oleh sebagian yang lain. Begitu juga dengan desain Galaxy A03 ini.

HP ini punya desain yang simpel alias tidak neko-neko. Seluruh material pembentuk bodinya berasal dari plastik polikarbonat, kecuali bagian depan yang terbuat dari kaca.

Meskipun Galaxy A03 adalah HP murah, Samsung nyatanya bisa memberi sentuhan yang apik. Sentuhan itu dituangkan pada penutup belakang si ponsel. Ada sebuah pola pada bagian itu yang disebut Samsung dengan pola cahaya menyilang.

Pola tersebut membentuk tekstur kurva halus, membuat kesan yang nyaman saat tangan menggenggam HP ini. Polesan matte yang ditambahkan pun menjadikan penutup belakang Galaxy A03 mampu terhindar dari berkas sidik jari.

Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, menilai bodi Galaxy A03 terasa kokoh dan solid. Ia juga mengaku suka dengan desain HP ini yang simpel dan minimalis.

Adapun Galaxy A03 mempunyai dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 dengan bobot 196 gram. HP ini tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu berat.

2. Tampilan

layar galaxy A03

Samsung membekali sektor tampilan Galaxy A03 dengan layar 6,5 inci yang cukup lebar. Panel yang digunakan layar ini adalah PLS TFT. Panel bikinan Samsung ini bukan TFT biasa, kualitasnya sama dengan IPS LCD.

Oleh karena itu, Anda akan memperoleh kualitas tampilan yang bagus dengan sudut pandang luas. Irfan Hilmy, dalam kanal YouTube GontaGantiHape, menilai bahwa tampilan warna layar Galaxy A03 tidak berubah, kendati dilihat dari sudut kemiringan yang ekstrem.

Artinya, warna yang muncul bagus! Meskipun begitu, kaca yang melapisi layar HP ini agak reflektif terhadap cahaya, sehingga tampak ada sedikit jarak antara panel sentuh panel tampilan. Namun, jarak itu tidak lagi terlihat ketika kecerahannya dinaikkan.

Kanal YouTube TeknoLoGue juga mengakui kualitas layar Galaxy A03. Pasalnya, tidak ditemui bayangan-bayangan hitam di bagian tepi layar sebagaimana ponsel kelas entri lain. TeknoLoGue juga merasa bahwa layar HP ini responsif terhadap sentuhan tangan.

Adapun resolusi yang diusung layar Galaxy A03 adalah HD+ (720 x 1600 piksel). Layar dengan rasio aspek 20:9 ini memiliki kerapatan piksel 270 ppi.

3. Dapur Pacu

samsung galaxy a03

Dapur pacu merupakan sektor yang cukup menonjol dari Galaxy A03. Pasalnya, SoC yang dipakai tak lagi MediaTek Helio P35 seperti Galaxy A03s. SoC yang digunakan HP ini adalah Tiger T606 bikinan UNISOC (baca: UNI-SoC).

SoC yang dibikin dengan proses manufaktur 12 nm ini memang punya clockspeed puncak yang tidak terlalu tinggi: 1,6 GHz. Namun, ia punya inti CPU dengan arsitektur Cortex A75. Jumlah inti CPU dengan arsitektur Cortex A75 ada dua, dan ditemani enam inti CPU Cortex A55 (1,6 GHz).

Keberadaan Cortex A75 memberi tenaga ekstra saat ponsel menangani beban kerja yang serius. Selain CPU, Tiger T606 mengandung komponen penting lain, yaitu GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz.

Lantas, bagaimana dampak UNISOC Tiger T606 pada performa Galaxy A03? Berdasarkan pengujian yang dilakukan kanal YouTube TeknoLoGue, skor AnTuTu 8 HP ini mencapai 153.732. Skor tersebut cukup bagus untuk HP kelas entri. Sebagai informasi, unit Galaxy A03 yang diuji adalah yang memiliki memori 4/64 GB.

Jika dibandingkan dengan Galaxy A03s, HP ini menang telak. Pasalnya, skor AnTuTu 8 Galaxy A03s hanya mencapai 105 ribuan. Fakta ini menjadi indikasi pertama bahwa Galaxy A03 mengalami peningkatan performa dari Galaxy A03s.

Pengujian yang dilakukan kanal YouTube TeknoLoGue pun berlanjut untuk mengetes kemampuan gaming si ponsel. Pada gim PUBG Mobile, setelan grafik maksimal yang bisa dipakai adalah HD-high. Gameplay selama pengujian terlihat mulus, cukup stabil, tidak terjadi frame drop.

4. Kamera

Kamera Galaxy A03

Jumlah kamera yang disematkan pada Galaxy A03 memang lebih sedikit ketimbang Galaxy A03s. Di sektor belakang, HP ini hanya punya dua kamera, terdiri atas kamera utama dan sensor kedalaman (2 MP. f/2.4).

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram