10 HP Samsung di Bawah 2 Jutaan Terbaik (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada banyak HP Android yang dijual dengan harga kurang dari Rp2 juta. Berbagai varian di kelas harga ini memang cukup bersaing, terutama dengan hadirnya HP asal Tiongkok seperti Xiaomi, realme, dan lainnya. Sayangnya, tidak semua HP tersebut menarik bagi kalangan yang menyukai merek tertentu. Salah satu contohnya adalah Samsung.

Ya, meskipun harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan merek lain, namun banyak orang yang setia dengan HP Samsung karena kualitas yang ditawarkannya. Nah, jika Anda menjadi salah satu penggemar brand asal Korea Selatan ini, kali ini Carisinyal akan merekomendasikan sejumlah HP Samsung yang dijual dengan harga di bawah Rp2 jutaan. Apa sajakah itu?

1. Samsung Galaxy A04e

Samsung Galaxy A04e
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Membutuhkan smartphone 4G yang layak di bawah 2 juta? Anda bisa memilih Samsung Galaxy A04e yang merupakan penerus dari Galaxy A03 Core. Tidak diketahui apakah akan muncul Galaxy A04 Core.

Namun, jika melihat spesifikasinya, Galaxy A04e memang sama-sama diperuntukkan untuk penggunaan esensial seperti browsing, chatting, membuka aplikasi medsos, dan mengedit dokumen.

Di dalamnya tersemat konfigurasi delapan inti prosesor dengan balutan RAM mulai dari 3 GB, diserta memori internal 32 GB. Meski terbilang kecil, Samsung juga sediakan fitur RAM Plus yang dapat tingkatkan RAM sebanyak 3 GB, serta slot memori eksternal terpisah hingga 1 TB.

Ponsel inipun banyak membawakan peningkatan dari Galaxy A03 Core, yakni seperti Bluetooth 5.0 alih-alih 4.2, kehadiran dual camera 13+2 MP, serta bobot bodi lebih ringan di angka 188 gram (versus 211 gram pada Galaxy A03 Core).

Salah satu highlight utama dari HP ini adalah layarnya yang memukau di kelas entry-level. Pasalnya, ia mengusung panel PLS LCD berukuran lebar 6,5 inci. Panel PLS sendiri diketahui memiliki kecerahan 10% lebih baik ketimbang IPS LCD. Sehingga, lebih cocok untuk penggunaan di luar ruangan.

Selain itu, karena layarnya yang beresolusi HD+, Galaxy A04e juga memiliki efisiensi daya yang tinggi. Cocok untuk yang hobi menonton berlama-lama dengan budget terjangkau.

2. Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy A04s dibanderol dengan harga rilis Rp2,1 jutaan, sehingga membuatnya jadi salah satu opsi termurah di Galaxy A series. Meski terjangkau, jangan remehkan kualitasnya. Galaxy A04s dihadirkan dengan keunggulan di sisi kamera belakang karena punya resolusi 50 MP.

Selain kamera utama, terdapat dua kamera pendamping berupa sensor depth 2 MP dan kamera makro 2 MP. Pengguna juga akan merasakan kualitas layar yang baik berupa desain Infinity-V berukuran 6,5 inci.

Meski bukan AMOLED, terdapat refresh rate 90 Hz yang dapat tingkatkan pengalaman swipe dan bermain gim. Kecerahannya di luar ruangan juga dapat diandalkan karena sanggup mencapai brightness puncak 400 nit.

Desain bodinya dibuat lebih minimalis dari rata-rata ponsel kebanyakan, hadirkan vibe yang chic abis dengan hamparan kosong yang elegan. Modul kameranya dirancang untuk berjejer tiga secara vertikal tanpa ada camera bump.

Perangkat didukung dengan fast charging 15 W yang menghiasi baterai berkapasitas 5.000 mAh. Meski sanggup bertahan seharian, durasi pengecasan akan memakan waktu yang cukup lama.

Dapur pacunya sendiri tidak dapat dikatakan terlalu gahar, karena hanya hadirkan Exynos 850 yang setara dengan Snapdragon 460. Chipset ini malahan tidak mengandung core performa tinggi, jadi peruntukkannya memang untuk aktivitas ringan sehari-hari.

Samsung Galaxy A04s sangat cocok untuk mereka yang ingin tampil modis dengan HP terjangkau. Selain itu, kehadiran kamera 50 MP juga menjadikannya cocok untuk hasilkan jepretan bermutu. Cocok untuk anak yang medsos banget.

3. Samsung Galaxy A04

Samsung Galaxy A04
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy A04 adalah versi "murah" dari Galaxy A04s. Atau, bisa juga dianggap A04s adalah versi "mahal" dari Galaxy A04. Perbedaan keduanya tidak begitu kentara, masih suguhkan desain yang sama kecenya.

Meski tampak seperti hadirkan triple camera, HP ini cuman suguhkan dua. Satunya lagi adalah dekorasi. Tapi jangan khawatir, kamera utamanya tetap hadirkan resolusi 50 MP untuk pemotretan yang lebih menyenangkan.

Bukan itu saja, ponsel seharga rilis Rp1,8 jutaan ini juga punya baterai awet 5.000 mAh dengan fast charging yang sama yaitu 15 W. Dengan penggunaan normal ke ringan, bukan tidak mungkin HP mencapai hari kedua pada satu kali pengisian daya.

Dibandingkan dengan model Galaxy A04s, versi reguler ini suguhkan bobot bodi sedikit lebih ringan yaitu 192 gram. Adapun untuk kemampuan dapur pacunya, ponsel dibekali Helio P35 dengan fabrikasi 12 nm yang merupakan penurunan dari Exynos 850.

Bila ingin berhemat Rp300 ribu, Galaxy A04 cocok untuk Anda pertimbangkan. Terlebih untuk yang hobi fotografi dan menyukai desain elegan khas Samsung.

4. Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung punya misi penting saat menghadirkan Samsung Galaxy A03. Mereka ingin menghadirkan perangkat yang semakin mendekatkan orang ke era digital. Berdasarkan riset mereka, sebuah HP di kisaran satu jutaan penting punya kamera berkualitas.

Oleh sebab itu, Galaxy A03 dibekali kamera dengan resolusi 48 MP. Kamera ini diharapkan bisa menciptakan konten hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, baik melalui foto atau video. Di samping itu, HP ini juga punya performa yang oke punya karena SoC UNISOC Titer T606.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram