carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Samsung Galaxy A04s secara resmi telah rilis di Indonesia pada September 2022. HP ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy A03s yang berada di lini sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A03 Series yang telah dirilis tahun 2021.

Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s merupakan dua HP yang berada di persaingan HP kelas entry-level dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun termasuk HP yang murah, kedua HP ini memiliki kualitas dan spesifikasi cukup baik untuk kelasnya.

Salah satu sektor yang menarik adalah pada bagian sektor kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A04s dengan 50 MP, serta sektor chipset dari Samsung Galaxy A03s yang telah menggunakan chipset buatan MediaTek. Selain itu, kedua HP ini juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar bahkan untuk di kelasnya.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A04s yang memiliki tugas sebagai penerus tentu saja memiliki beberapa peningkatan dari pendahulunya terutama pada sektor kamera yang seperti menjadi fokus Samsung untuk HP terbarunya ini.

Lalu, ada perbedaan apa lagi, sih, antara Samsung Galaxy A03s dengan Samsung Galaxy A04s? Jika Anda juga menanyakan pertanyaan yang sama dan hendak mencari tahu jawabannya, jangan khawatir. Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s di bawah ini.

Sebelum masuk ke pembahasan, mari simak terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03s

Samsung Galaxy A03s
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s

Jika dilihat dari spesifikasinya, sudah sewajarnya Samsung Galaxy A04s memiliki spesifikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan pendahulunya. Namun, Samsung Galaxy A03s juga tidak tertinggal begitu saja. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail perbedaan kedua HP ini, sila simak artikel di bawah ini sampai habis, ya!

1. Desain Berkualitas Tapi Sederhana

Samsung Galaxy A04s cover

Dalam segi desain, keduanya mengambil tema desain minimalis atau sederhana tetapi tetap berkualitas. Bodi kedua HP ini memiliki kurva yang cukup ramping dan halus sehingga membuatnya terasa nyaman ketika disentuh. Selain itu, warna yang dihadirkan juga nyaman dilihat dengan warna klasiknya dan nuansa lembut ketika disentuh.

Samsung Galaxy A03s menawarkan tiga pilihan warna yang bisa dipilih yaitu warna hitam, putih, dan biru. Samsung Galaxy A04s juga memiliki tiga pilihan warna, tetapi dengan susunan warna hitam, hijau, dan copper.

Meskipun hanya berbeda satu generasi, kedua ponsel ini ternyata memiliki penampilan yang cukup berbeda terutama di bagian belakang. Kedua HP ini dibekali tiga kamera di bagian belakang, tetapi Samsung Galaxy A03s menyimpannya di dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang, sedangkan Samsung Galaxy A04s tidak menggunakan modul apa pun.

Selain perbedaan pada tampak luarnya, kedua HP ini juga memiliki perbedaan dalam hal bobot dan dimensinya. Meskipun keduanya sama-sama dibuat menggunakan bahan plastik polikarbonat, kedua HP ini memiliki bobot dan dimensi yang berbeda.

Samsung Galaxy A03s memiliki bobot yang sedikit lebih berat yaitu 196 g dengan dimensi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Sedangkan Samsung Galaxy A04s memiliki bobot 195 g dengan dimensi 164,7 x 76,7 x 9,1 mm.

2. Layar Dengan Refresh Rate 90 Hz.

samsung galaxy a04s

Beralih ke bagian layar, kedua HP ini memiliki ukuran layar 6,5 inci tetapi dengan panel berbeda. Samsung Galaxy A03s memiliki panel PLS TFT, sedangkan Samsung Galaxy A04s berpanel PLS LCD. Dengan panel tersebut, keduanya mampu menghasilkan resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan piksel mencapai angka 270 ppi.

Meskipun menggunakan panel layar yang sama, Samsung Galaxy A04s memiliki kemampuan layar yang sedikit lebih tinggi. Mulai dari tingkat refresh rate-nya yang mencapai 90 Hz dan tingkat kecerahan layar mencapai 400 nit. Sementara itu, Samsung Galaxy A03s memiliki refresh rate lebih kecil yaitu hanya 60 Hz saja.

3. Resolusi Kamera 50 MP

samsung galaxy a04s

Sebagai generasi penerus, Samsung Galaxy A04s tentu saja akan berusaha memberikan peningkatan dalam spesifikasi yang dimilikinya. Meskipun keduanya memiliki jumlah kamera yang sama, Samsung terlihat sangat serius dalam meningkatkan spesifikasinya terutama pada sektor kamera ini.

Bagaimana tidak, berbeda dengan Samsung Galaxy A03s yang hanya memiliki kamera utama beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2,2 serta didukung fitur autofocus. Samsung Galaxy A04s hadir dengan spesifikasi kamera utama jauh berada di atasnya yaitu dengan resolusi 50 MP dengan bukaan f/1,8 dan didukung fitur autofocus PDAF.

Sebagai pelengkap, keduanya memiliki kamera makro dan kamera sensor kedalaman dengan resolusi masing-masing 2 MP dengan bukaan f/2,4. Namun, lagi-lagi Samsung Galaxy A04 lebih unggul dalam hal fiturnya karena telah mendukung fitur panorama dan HDR.

Beralih ke bagian depan, keduanya sama-sama memiliki kamera selfie beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2,2 yang disimpan di dalam sebuah notch berbentuk waterdrop. Kemudian, keduanya juga memiliki kemampuan yang sama dalam menghasilkan rekaman video yaitu dalam kualitas 1080p dengan 30 fps baik menggunakan kamera depan atau belakang.

4. Helio P35 vs Exynos 850

samsung galaxy a03s

Beralih ke sektor dapur pacu, keduanya memiliki jenis chipset yang sama sekali berbeda. Dari kedua HP ini, jika dilihat dari pemilihan chipsetnya, tampaknya tidak satu pun yang memfokuskan chipset untuk bermain game, dengan kata lain hanya untuk penggunaan sehari-hari saja.

Samsung Galaxy A03s ditenagai oleh chipset buatan MediaTek yaitu MediaTek Helio P35 berfabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki delapan inti CPU yang terdiri dari empat inti ARM Cortex A53 dengan kecepatan 2,35 GHz dan empat inti ARM Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Sementara itu, sebagai penerusnya, Samsung Galaxy A04s ditenagai oleh chipset dari Exynos 850 dengan fabrikasi 8 nm. Chipset tersebut juga ditenagai oleh delapan inti CPU yang terdiri dari empat inti ARM Cortex A55 dengan kecepatan 2 GHz dan empat inti ARM Cortex A55 dengan kecepatan 2 GHz.

Dalam hal kartu pengolah grafisnya untuk membantu chipset yang dipakai, Samsung Galaxy A03s didukung oleh GPU PowerVR GE8320, sedangkan Samsung Galaxy A04s didukung oleh GPU Mali-G52.

Kedua chipset dari masing-masing HP tersebut kemudian dipadukan dengan penyimpanan memori yang bervariasi. Samsung Galaxy A03s memiliki variasi penyimpanan RAM mulai dari 2 GB hingga 4 GB dan memori internal 32 GB hingga 64 GB dengan slot khusus microSD untuk meningkatkan penyimpanan hingga 1 TB.

Sedangkan Samsung Galaxy memiliki variasi penyimpanan yang lebih banyak dan besar yaitu dengan penyimpanan RAM mulai dari 3 GB hingga 4 GB dan memori internal mulai dari 32 GB hingga 128 GB dengan slot khusus microSD untuk meningkatkan penyimpanan hingga 1 TB.

Sementara itu, untuk daya baterai keduanya memiliki kapasitas yang sama dan cukup besar di kelasnya yaitu dengan kapasitas 5000 mAh. Selain itu, keduanya juga telah didukung oleh fitur fast charging 15 W.

5. Sistem Operasi Saat Rilis

samsung galaxy a04s

Kedua HP ini dirilis pada waktu yang berbeda, bahkan memiliki rentang waktu hampir setahun lamanya. Maka dari itu, sistem operasi pabrikan yang dimiliki kedua HP ini juga akan berbeda.

Misalnya Samsung Galaxy A03s yang dirilis terlebih dulu memiliki sistem operasi Android 11, tetapi bisa di-upgrade atau diperbarui menjadi sistem operasi Android 12. Sedangkan Samsung Galaxy A04 yang baru saja dirilis tentu memiliki sistem operasi Android terbaru yaitu sistem operasi Android 12.

Meskipun Samsung Galaxy A03s rilis lebih dulu dengan sistem antarmuka yang dimilikinya yaitu One UI 3.1 Core. Sedangkan Samsung Galaxy A04s sudah memakai sistem antarmuka One UI Core 4.

6. Kelengkapan Sensor

galaxy-a03s-sidik-jari_

Perbedaaan lainnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A03s dengan Samsung Galaxy A04s juga terdapat pada kelengkapan sensor yang dimilikinya. Misalnya sensor fingerprint yang dimiliki keduanya dan ditempatkan di samping sehingga lebih mudah untuk digapai dan bodi belakang terlihat lebih bersih.

Sensor accelerometer juga turut hadir di keduanya sebagai sensor pendeteksi gerakan dengan memanfaatkan pergerakan poros, serta sensor proximity yang memiliki fungsi untuk mengamankan layar sentuh dari sentuhan tidak disengaja, misalnya ketika sedang melakukan panggilan dan menempelkannya ke telinga, layar akan secara otomatis mati.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy A03s, Samsung Galaxy A04s memiliki sensor yang lebih lengkap yaitu dengan menghadirkan sensor cahaya untuk mengatur intensitas cahaya secara otomatis, dan sensor giroskop yang berfungsi untuk melacak rotasi atau perputaran berdasarkan pergerakan HP.

7. Harga dan Ketersediaan

samsung galaxy a04s

Pada saat artikel ini dibuat, Samsung Galaxy A03s telah resmi masuk ke Indonesia. Varian yang tersedia saat ini di toko resmi milik Samsung adalah varian dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Varian tersebut dibanderol dengan harga Rp1.599.000.

Sementara itu, Samsung Galaxy A04s juga telah resmi masuk ke Indonesia. Varian yang resmi masuk ke Indonesia adalah varian dengan RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. HP ini juga menyediakan fitur RAM Plus hingga 4 GB, sehingga RAM yang dimiliki bisa meningkat menjadi 8 GB. Varian tersebut dibanderol dengan harga Rp2.099.00.

Simpulan

HP Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s memiliki jarak waktu perilisan yang cukup jauh, bahkan hampir setahun. Oleh karena itu, banyak perubahan dan peningkatan yang terjadi pada Samsung Galaxy A04s sebagai penerusnya.

Peningkatan yang paling terlihat dari Samsung Galaxy A04s adalah terletak pada sektor kameranya yang memiliki resolusi jauh lebih besar daripada pendahulunya. Fitur yang lebih lengkap dan sistem operasi Android terbaru.

Sementara itu, meskipun Samsung Galaxy A03s rilis lebih dulu, HP ini tidak bisa dibilang tertinggal begitu saja, karena spesifikasi yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan penerusnya terutama pada kapasitas baterai, kualitas perekaman video, dan bobotnya yang sedikit lebih ringan.

Dengan kata lain, keduanya masih cocok untuk dipertimbangkan, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda saat ini. Jadi, Hp mana yang akan Anda pilih, apakah Samsung Galaxy A03s atau Samsung Galaxy A04s?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram