8 Perbedaan Samsung Galaxy A04, Galaxy A04s, dan Galaxy A04e

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada September dan Oktober 2022, Samsung secara resmi merilis seri A04 yang terdiri dari Samsung Galaxy A04, A04s dan A04e. Ketiga HP ini dirilis sebagai penerus dari seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A03 Series yang dirilis pada 2021.

Samsung Galaxy A04 series ini memang perlu dibahas perbedaannya bukan hanya karena beda harga saja. Namun, juga karena ketiga ponsel ditujukan untuk segmentasi yang sama. Apalagi, keempat ponsel memiliki spesifikasi sederhana yang berbeda, namun sangat penuh inovasi meski dipasarkan di harga dibawah 2 jutaan.

Yang pasti, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Samsung Galaxy A04, A04s, dan A04e. Simak spesifikasi ketiga ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

samsung galaxy a04
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Spesifikasi Samsung Galaxy A04e

Samsung Galaxy A04e
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Perbedaan Samsung Galaxy A04, Galaxy A04s, dan Galaxy A04e

HP Samsung A04 dan ‘saudara’-nya ini memiliki beberapa perbedaan, termasuk di sektor dapur pacu dan kamera. Pembahasan lebih detail mengenai keempat HP ini bisa Anda simak dalam poin-poin berikut.

1. Desain Hampir Serupa, Beda Model Kamera

samsung galaxy a04_
Desain Samsung Galaxy A04

Samsung menghadirkan desain yang lebih segar khas seri Galaxy A dalam ponsel ini. Perubahan paling tampak tentu di bagian bodi belakang, dimana desain kameranya kini lebih terinspirasi dari seri Galaxy S dengan tanpa modul. Dengan demikian, Desain bodinya nampak sederhana namun tetap ada kesan elegan meski dipasarkan di harga murah.

Keempat seri Samsung Galaxy A04 ini masih menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing matte. Ini membuat bodi belakang mudah terkena bekas sidik jari dan sedikit licin. Bodi belakang ponsel tampak polos tanpa tekstur, hanya ada logo Samsung saja.

Yang membedakan keempatnya hanya di bagian kamera. Untuk Samsung Galaxy A04 memakai 2 kamera belakang dan Samsung Galaxy A04s memakai 3 kamera belakang.

samsung galaxy a04s
Desain Samsung Galaxy A04s

Untuk bagian depan, Samsung masih menggunakan model kamera depan tipe lama, yakni model Infinity-V atau waterdrop. Anda memang tidak bisa berharap banyak di bagian depan ini karena ponsel ini dipasarkan di harga 1 jutaan.

Untuk penggunaan harian, keempat HP ini didukung dimensi yang pas. Seri GalaxyA04 berukuran 164,4 x 76,3 x 9,1 mm dengan berat 192 gram. Untuk seri Galaxy A04s, yakni berukuran 164,7 x 76,7 x 9,1 mm dengan berat 195 gram. Lalu, seri Galaxy A04e berukuran 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dengan berat 188 gram. 

Dimensinya khas ponsel entry-level lainnya, sedikit tebal dan tidak terlalu besar sehingga cukup ideal untuk penggunaan harian meski terasa berat.

Untuk sistem keamanan, Samsung kini menempatkan sensor sidik jari menyatu bersama tombol power di sisi samping. Penempatan tombol power ini sangat pas, sehingga membuat Anda bisa membuka dan mengunci HP dengan cepat dan mudah.

2. Layar Luas Minim Ubahan

samsung galaxy a04s cover
Layar Samsung Galaxy A04s

Sebagai ponsel entry-level, Anda memang tidak akan mendapatkan layar dengan panel AMOLED pada seri A ini. Walaupun demikian, Samsung tetap menghadirkan layar yang berukuran luas, yakni 6,5 inci resolusi HD+ pada keempat ponsel Seri A ini. Ukuran ini sudah terbilang sesuai standar zaman sekarang.

Untuk panel, keempatnya memakai panel PLS LCD yang merupakan versi samsung dari panel IPS LCD. Walaupun tidak memakai panel AMOLED, layar ini tetap terasa nyaman untuk harian baik browsing hingga main game.

Layar pun tampak lebih luas karena bezel-nya dibuat cukup tipis, baik di sisi kiri, kanan dan atas. Sedikit disayangkan, bezel layar bagian bawah masih tampak tebal. Walaupun demikian, tidak mengurangi kesan mewah di HP ini.

Selain itu, untuk menambah kesan layar lebih besar, Samsung menghadirkan desain kamera depan waterdrop di keempat ponsel. Desain ini memang sedikit tertinggal, tapi masih pas untuk harga ponsel yang memang murah.

samsung galaxy a04s
Layar Samsung Galaxy A04

Samsung sudah menambahkan kecerahan layar 400 nits pada semua seri Samsung Galaxy A04. Dengan kecerahan ini, layar HP Samsung masih nyaman digunakan di dalam maupun luar ruangan. Namun, kala terik siang, tetap saja layar ini tidak terlalu jelas terlihat dibawah sinar matahari.

Perbedaan layar Samsung Galaxy A04 series justru ada di bagian refresh rate layar. Berbeda dengan seri A04 lainnya yang masih refresh rate 60 Hz, layar Samsung Galaxy A04s ini sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang lebih smooth saat scrolling, lebih responsif untuk gaming dan lebih immersive saat streaming

3. MediaTek vs Exynos

OPPO A57 Helio G35

Meski hanyalah produk entry-level, Samsung tidak gegabah menghadirkan chipset pada keempat seri A04 ini. Nyatanya, Samsung mengandalkan dua chipset berbeda yakni MediaTek Helio P35 untuk varian Galaxy A04, Exynos 850 untuk varian Galaxy A04s, serta MediaTek Helio G35 untuk varian A04e.

MediaTek-Helio-P35-1000_-1Sumber: mediatek.com

Samsung Galaxy A04 memakai chipset MediaTek Helio P35. Chipset ini masih sama dengan chipset murah lainnya menggunakan fabrikasi 12nm.

Dalam chipset ini tersemat prosesor octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz untuk performa dan 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 1.8 GHz untuk hemat daya. Untuk pengolah grafis, SoC ini memakai GPU PowerVR GE8320.

Untuk konfigurasi memori, Samsung menghadirkan pilihan RAM 3 GB dengan memori penyimpanan 32 GB atau pilihan RAM 4 GB dengan memori penyimpanan 64 GB. Menariknya, ada fitur RAM Plus yang mampu menambahkan RAM virtual sebanyak 4 GB.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram