carisinyal web banner retina

Ketahui 7 Perbedaan Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e

Ditulis oleh Aris Wibowo

Produsen Evercoss melalui submerek, Luna, kembali memanaskan pasar ponsel Android entry-level dengan produk bernama Luna V6. Mengusung tagline ‘Maximum Performance”, Luna berusaha menghadirkan produk dengan performa yang unggul untuk bersaing. Maka dari itu, smartphone ini menggunakan RAM cukup besar, yakni 6 GB. HP ini mengandalkan chipset UNISOC T606 yang terkenal kencang di kelas entri. 

Dipasarkan dengan harga 1 jutaan, ponsel Android 4G ini akan bersaing dengan Samsung Galaxy A04e. Ponsel buatan Samsung ini cukup laris di pasaran karena bodinya yang trendi dan enak digenggam. Selain itu, kamera yang dihadirkan cukup detail cocok untuk anak muda zaman sekarang yang sering posting ke media sosial.

Tentu kedua HP entry-level ini cukup menarik untuk dibandingkan. Apalagi, harga kedua ponsel terbilang cukup terjangkau. Nah, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Luna V6

Luna V6
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 20 MP (wide) MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy A04e

Samsung Galaxy A04e
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e

Sektor dapur pacu dan kamera menjadi salah satu faktor yang jadi pertimbangan pengguna dalam memilih smartphone entry-level. Maka dari itu, baik Evercoss maupun Samsung menghadirkan pilihan dapur pacu dan kamera yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak seluruh perbedaan kedua ponsel pada poin-poin berikut ini.

1. Bodi Rapi, Beda Desain Kamera Belakang

Tidak bisa dipungkiri desain smartphone beberapa tahun ini hampir mirip atau tidak banyak berubah. Beberapa produsen bahkan mulai berani menghadirkan desain yang sedikit mewah pada produk Android entry-level-nya. Seperti dalam Luna V6 maupun Samsung Galaxy A04e, keduanya memiliki desain bodi kekinian yang cukup rapi meski dipasarkan untuk harga 1 jutaan.

Melihat dari sisi depan, Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e menggunakan desain kamera depan water drop notch. Desain ini tidak banyak berubah dibanding smartphone murah lainnya. Untuk bodi samping, kedua ponsel juga menghadirkan bodi samping yang sedikit melengkung. Lekukan ini diklaim menambah rasa nyaman saat tangan Anda menggenggam ponsel.

Pengalaman menggenggam kedua HP rasanya akan sama nyaman, mengingat dimensi kedua ponsel yang hampir mirip. Luna V6 memiliki ketebalan bodi 9,2 mm dan bobot 186 gram. Sedangkan Samsung Galaxy A04e memiliki ketebalan bodi 9,1 mm dan bobot 188 gram. Dimensinya pas dan tidak membuat tangan terasa pegal.

Nah, perbedaan justru ada di area bodi belakang. Luna V6 hadir dengan bodi belakang datar dengan polesan matte. Bodi HP ini terasa mewah karena tidak mudah kotor akibat debu dan minyak. Di bagian atas bodi belakang, terdapat modul kamera yang sedikit menonjol. Dalam modul ini terdapat dua lensa besar segaris dan satu lensa kecil yang agak menyamping. Di atas lensa kecil tersebut, terdapat lampu flash.

Menurut Legawa Gadget, build quality Luna V6 cukup solid. Bodi tidak terasa kopong saat diketuk atau diremas. Sambungan antar bagian bodi juga halus.

samsung galaxy A04e

Sementara itu, bodi belakang HP Samsung tanpa sederhana. untuk bagian modul kamera, Samsung Galaxy A04e hadir dengan desain kamera tanpa modul. Anda hanya akan menemukan dua buah lensa dan sebuah lampu flash dipojok atas bodi belakang. Bodi belakangnya juga datar dengan polesan glossy yang mewah.Menurut David dari YouTube Gadgetin, build quality Samsung A04e ini tergolong baik, tidak ringkih dan tombol-tombolnya mantap saat ditekan.

2. Panel IPS vs PLS

luna v6

Sebagai ponsel murah, Anda mungkin tidak terlalu banyak berharap sektor layar yang mewah dalam ponsel Luna dan Samsung ini. Walaupun demikian, kedua produsen menjanjikan produknya menghadirkan layar dengan tampilan yang jernih.

Luna V6 sendiri mempunyai layar berukuran 6,51 inci. Layar ini menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Layarnya juga sudah memiliki kepadatan 270 ppi dan refresh rate standar 60 Hz. Untuk penggunaan harian, layar HP ini sudah cukup oke untuk browsing atau bermain game.

Tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A04e. Ponsel Android 4G ini mempunyai layar berukuran 6,5 inci. Layar ini menggunakan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dengan rasio aspek 20:9. Sama seperti layar HP Luna, Samsung hanya menggunakan refresh rate 60 Hz. 

samsung galaxy A04e

Yang membedakan ialah Samsung menggunakan panel PLS. Panel ini diklaim Samsung lebih hemat daya dan mampu menampilkan detail yang cukup baik. Bisa dibilang panel PLS adalah panel yang dikembangkan Samsung yang secara kualitas mendekati panel IPS, atau malah lebih baik.

Secara keseluruhan, kedua layar HP Rp1 jutaan ini cukup seimbang. Hanya saja, tampilan yang dihasilkan masih lebih unggul Samsung A04e.

3. UNISOC VS MediaTek

UNISOC tiger t606

Seiring berkembangnya teknologi, beberapa calon pembeli mulai menyadari pentingnya sektor dapur pacu pada sebuah smartphone. Maka dari itu, beberapa produsen mulai membenahi sektor dapur pacu ponsel Android murah miliknya agar tetap nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas.

Nah, produsen Evercoss dalam hal ini diwakili Luna menghadirkan spesifikasi mesin yang cukup meningkat dalam Luna V6. Pasalnya, dalam HP Android 4G ini terpasang UNISOC Tiger T606. Chipset ini terkenal memiliki performa yang cukup kencang untuk kelas entry-level.

Dalam chipset octa-core ini, Anda akan menemukan dua Cortex A75 dengan kecepatan 1,6 GHz dan enam Cortex A55 kecepatan 1,6 GHz. Untuk urusan grafis, terpasang GPU Mali G57 MP1, modem 4G dan beberapa komponen lain yang disatukan dalam proses manufaktur 12 nm.

Chipset ini diperkuat RAM 6 GB LPDDR4X dan memori internal 128 GB. Dengan spesifikasi ini, menurut pengujian yang dilakukan YouTube Gagdet Max, HP Luna ini mendapat skor AnTuTu 226.922. Skor ini cukup baik untuk ponsel Android 1 jutaan. Untuk skor single-core dan multi core di GeekBench 5 ialah 310 dan 1300.

Untuk pengujian game, Gadget Max mengetes Luna V6 dengan PUBG Mobile. HP ini dapat digunakan bermain menggunakan pengaturan grafis HD-High. Sedangkan untuk game Mobile Legends bisa dimainkan pada pengaturan High 60 fps. Bahkan game Genshin Impact dapat dimainkan pada pengaturan terendah dengan frame rate rata-rata 27,5 fps. 

samsung galaxy A04e

Beralih membedah Samsung Galaxy A04e, produsen ingin memberikan performa terbaik untuk penggunanya. Maka dari itu, dalam varian Samsung Galaxy A ini menggunakan chipset MediaTek Helio P35; disokong RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Prosesor octa-core ini dirancang menggunakan fabrikasi 12nm yang terdiri dari 4 buah core Cortex A53 2,3 Ghz dan 4 buah core Cortex A53 1,8 GHz. Chipset ini disokong dengan GPU PowerVR GE8320.

Menurut David Gadgetin, performa HP ini cukup baik. Bahkan dalam pengujian yang dilakukan tidak ditemukan lag. Hanya saat membuka aplikasi tertentu, perlu waktu sedikit lebih lama dibanding ponsel lain. Performa gaming HP ini cukup baik. Game Mobile Legends pun dapat dilibas di 60 fps.

Berdasarkan data dari situs Nanoreview, Samsung A04e mendapat skor AnTuTu 9 senilai 123.360. Skor ini tentu dirasa biasa saja untuk ponsel kelas entry-level yang difungsikan untuk penggunaan harian maupun multitasking.

4. Kamera 20 MP vs 13 MP

Luna V6

Sebagai ponsel Android murah, baik Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e menghadirkan sektor kamera yang cukup baik guna memenuhi kebutuhan pengguna saat ini yang aktif dalam media sosial.

Menengok kamera utama, Luna V6 menggunakan kamera utama 20 MP dengan bukaan yang tidak diketahui. Untuk mendampingi kamera utama ada kamera, kamera AI, dan kamera bokeh. Sayangnya, kedua kamera pendamping ini tidak jelas konfigurasinya. Namun, diperkirakan menggunakan resolusi yang tidak terlalu besar. Untuk kamera depan, HP Android Luna ini mengandalkan kamera 8 MP.

Yang menjadi daya tarik HP ini ialah adanya mode pro. Melalui mode ini, Anda bisa mengatur berbagai elemen seperti fokus, shutter speed, white balance, ISO, Kontras, hingga saturasi. Sayangnya, mode ini hanya berfungsi untuk memotret saja.

Sayang untuk hasil kamera belakang dan depan, menurut Legawa Gadget HP Android lokal ini kurang memuaskan. Warna foto yang dihasilkan kamera utama tampak pudar, detailnya kurang, eksposurenya tidak akurat.

samsung galaxy A04e

Beralih pada kamera utama Samsung Galaxy A04e. Ponsel Android murah ini menggunakan kamera utama 13 MP dengan bukaan f/2.2 dengan Autofokus. Untuk mendampingi kamera utama ada kamera kedalaman 2 MP f/2.4. Berlanjut di sektor kamera depan. Samsung Galaxy A ini menggunakan kamera 5 MP dengan bukaan sama f/2.2. 

Menurut Gadgetin, hasil kameranya cukup memuaskan. Gambarnya cukup tajam tapi warna ala kadarnya khas ponsel entry-level

Untuk perekaman video, kedua HP ini sudah bisa merekam video maksimal 1080p 30 fps untuk kamera belakang. Kamera depan hanya mampu merekam video HD saja.

5. Android Murni VS One UI

luna v6

Bicara performa untuk harian, selain chipset yang mumpuni, kedua HP Android murah ini ternyata sudah menggunakan sistem operasi yang sama yakni Android 12. Bedanya, Luna V6 hadir dengan sistem Android murni tanpa antarmuka. Sedangkan Samsung A04e hadir dengan antarmuka One UI versi 4.1.

Tentu, tampilan sistem Luna terasa minimalis. Bloatware di sistem ini juga minim. Tapi hal ini membuat performa ponsel lebih lancar dan lebih irit. Sedangkan One UI hadir dengan tampilan khas yang unik. Beberapa fitur juga dihadirkan Samsung di antarmuka ini agar memaksimalkan penggunaan HP ini. 

Untuk masalah update sistem, sayangnya sebagai produk lokal, Luna V6 tidak memiliki kepastian. Namun, untuk One UI, Samsung menjanjikan akan mendapat update sistem hingga 3-4 kali kedepannya.

6. Sistem Keamanan

luna v6

Untuk sistem keamanan, Luna V6 terbilang lengkap. Ponsel Android 1 jutaan ini dilengkapi sensor sidik jari yang terletak di tombol power. Sensor ini cukup responsif ketika digunakan. Selain sensor sidik jari, Luna juga menghadirkan fitur pemindai muka. Sayang, Samsung tidak menghadirkan sistem keamanan di Galaxy A04e.

7. Harga

Sebagai ponsel Android 4G untuk pasar kelas 1 jutaan, Samsung menghadirkan pilihan harga yang terjangkau. Untuk Samsung Galaxy A04e varian RAM 3 GB memori 32 GB dipasarkan dengan harga Rp1.299.000. Sementara itu untuk Luna V6 varian RAM 6 GB memori 128 GB dipasarkan dengan harga Rp1.530.000. 

Simpulan

Luna V6 menjadi salah satu pilihan yang menarik di pasar ponsel entry-level saat ini. Hadir dengan desain yang trendi dan rapi, smartphone ini memiliki dapur pacu yang cukup kencang di kelasnya. Apalagi, sudah terdapat RAM dan memori internal yang cukup besar. Sistem Android yang digunakan juga cukup ringan dan minimalis, sehingga menambah nyaman penggunaan HP ini sehari-hari. Sayangnya, Luna V6 memiliki sektor kamera yang ala kadarnya.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A04e. Smartphone ini memiliki desain yang cukup mewah. Sektor kamera yang dihadirkan juga cukup tajam dan jelas. Sayangnya, performa dapur pacu yang dihadirkan ponsel Android 4G ini terbilang biasa saja. 

Terlepas dari perbedaan di atas, bagaimanapun Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e  menjadi salah satu opsi menarik di pasar ponsel kelas entry-level. Namun, secara keseluruhan, Luna V6 lebih baik terlepas sektor kameranya yang biasa saja. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan Luna V6 atau Samsung Galaxy A04?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram