carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy Z Flip5 dan OPPO Find N3 Flip

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Masih ingat dengan Samsung Galaxy Z Flip5 yang rilis di Indonesia sejak Agustus 2023? Kala itu, banyak orang terkesima dengan ukuran layar cover yang alami peningkatan drastis dibanding model pendahulunya.

Samsung memang hingga kini selalu dianggap sebagai salah satu pelopor HP lipat, jadi tidak heran jika produk rilisannya selalu memiliki tempat di hati para pemerhati gadget.

Tapi, Samsung juga mesti hati-hati terhadap brand pesaing. Nyatanya, OPPO Indonesia juga meluncurkan OPPO Find N3 Flip yang digadang-gadang punya sejumlah fitur lebih unggul dari Samsung Galaxy Z Flip5, terutama di sisi kamera.

Kalau Samsung tidak hati-hati, bukan tidak mungkin OPPO atau brand lain bisa menyelip Samsung sebagai raja HP lipat. Soalnya, bukan cuman OPPO yang tengah rajin melakukan pengembangan HP lipat, Huawei, Honor, Google, bahkan hingga Tecno pun tengah menyiapkan produk lipat yang berdaya saing tinggi.

Jadi, apakah OPPO Find N3 Flip sepenuhnya lebih baik dari Samsung Galaxy Z Flip5? Atau justru sebaliknya? Simak pada artikel perbandingan berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5

Samsung Galaxy Z Flip5
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip
Layar Foldable LTPO AMOLED 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9200
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 32 MP (ultrawide) 48 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip5 dengan OPPO Find N3 Flip

Samsung Galaxy Z Flip5 memang saat ini punya reputasi paling bagus. Tapi, bukan berarti OPPO Find N3 Flip tidak dapat mengunggulinya. Yuk, cari tahu perbandingan kedua HP lipat ini sebagai berikut!

1. Performa

snapdragon 8 gen 2_

Chipset yang mengotaki Samsung Galaxy Z Flip5 adalah Snapdragon 8 Gen 2. Sementara, OPPO Find N3 Flip dikemas dengan chipset dari kubu berbeda yaitu Dimensity 9200. Keduanya merupakan SoC flagship terbaik di kelas flagship. Namun soal siapa di antara keduanya yang lebih powerful, ini jadi tanda tanya.

Faktanya, kedua chipset sudah dukung ray tracing berbasiskan hardware untuk menampilkan efek pencahayaan yang realistis dalam gim. Snapdragon 8 Gen 2 juga dilengkapi dengan fitur kamera yang oke punya, mendukung horizon levelling yang bisa membuat rekaman video tetap stabil walau HP bergoyang dengan cukup parah.

Snapdragon 8 Gen 2 dibangun pada fabrikasi 4 nm TSMC, tidak lagi gunakan pabrikan Samsung seperti pada Snapdragon 8 Gen 1 pada setahun sebelumnya. Ini membuat saya yakin bahwa isu throttling dan overheating bisa teratasi.

Perihal prosesor, chipset Qualcomm ini bawakan satu unit prime core Cortex X3 berkekuatan 3.36 GHz, dua unit Cortex A715 dan dua unit Cortex A710 berkekuatan 2.8 GHz, serta tiga inti hemat daya Cortex A510 di frekuensi 2.0 GHz. Pada sisi pengolahan grafis, terdapat komponen GPU Adreno 740.

OPPO Find N3 Flip pun tak mau kalah dengan Dimensity 9200 miliknya, sama-sama mengandalkan fabrikasi 4 nm dari TSMC untuk efisiensi daya yang tinggi. Bedanya, Dimensity 9200 hanya tawarkan tiga unit high performance core alih-alih empat.

Prosesor Dimensity 9200 mencakup satu inti Cortex X3 dengan clock speed 3.05 GHz, tiga inti Cortex A715 di kecepatan 2.85 GHz, serta empat unit efisiensi Cortex A510 dengan kecepatan 1.8 GHz. Agar permainan gim berjalan dengan lancar tanpa kendala, dikerahkan GPU gahar Immortalis G715 MC11.

Setelah saya menilik dari ranking di Nano Review per Oktober 2023, terlihat bahwa Snapdragon 8 Gen 2 menduduki peringkat ke-4, sementara Dimensity 9200 menduduki peringkat ke-5. Snapdragon 8 Gen 2 diketahui memiliki skor AnTuTu v10 sebesar 1.502.531 poin, lebih unggul dari Dimensity 9200 dengan nilai 1.443.893 poin.

Snapdragon 8 Gen 2 juga mengungguli Dimensity 9200 dalam hal perbandingan nilai Geekbench 6, di mana Snapdragon 8 Gen 2 meraih skor 1985 poin (single core) dan 5285 poin (multi-core). Sedikit lebih unggul dari Dimensity 9200 dengan skor 1935 poin (single core) dan 5259 poin (multi-core).

Perihal fitur lainnya, kedua SoC sama-sama dukung Bluetooth 5.3, Wi-Fi 7, RAM LPDDR5x, serta dukungan storage berjenis UFS 4.0. Kedua chipset juga turut mendukung decoding AV1, disertai kompatibilitas dengan refresh rate dan resolusi layar yang tinggi.

Pemenang: OPPO Find N3 Flip unggul tipis

Alasan: Meski Snapdragon 8 Gen 2 sedikit lebih unggul dari Dimensity 9200, namun keduanya hampir mirip dari segi performa. Anda tidak akan menemukan perbedaan yang terlalu signifikan. Namun, konfigurasi memori yang ditawarkan unggul OPPO Find N3 Flip lantaran hadirkan RAM 12/256 GB. Sementara Samsung Galaxy Z Flip5 tawarkan RAM 8/256 GB.

2. Layar

Samsung Galaxy Z Flip5 5G

Pembahasan soal layar terbagi menjadi dua, yakni layar utama dan layar sekunder alias layar yang mejeng di bodi belakang kedua smartphone. Kita mulai pada pembahasan layar utama terlebih dahulu.

Pada Samsung Galaxy Z Flip5, panel yang digunakan adalah Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,7 inci. Sementara, OPPO Find N3 Flip menggunakan panel LTPO AMOLED dengan ukuran lebih besar yakni 6,8 inci.

Kedua layar utama ini berjalan pada refresh rate 120 Hz, memiliki resolusi Full HD+, serta mendukung sertifikasi HDR10+. Soal tingkat kecerahan, layar Samsung Galaxy Z Flip5 mampu capai 1750 nit peak brightness sedangkan OPPO Find N3 Flip hanya dukung hingga 1600 nit.

Meski ukurannya lebih kecil, layar HP flip Samsung tersebut memiliki kerapatan piksel 425 ppi (pixel per inch), lebih unggul dari kerapatan 403 ppi pada OPPO Find N3 Flip. Dengan begitu, layar Samsung Galaxy Z Flip5 terlihat lebih tajam.

Beralih ke cover display, Samsung Galaxy Z Flip5 lebih unggul lantaran mendukung ukuran 3,4 inci pada resolusi yang lebih tajam, 720 x 748 inci. Ukuran layar tersebut sekitar 47 persen lebih dibandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 yang jadi pendahulunya.

Sementara itu, OPPO Find N3 Flip menyajikan cover display dengan ukuran 3,26 inci pada resolusi 382 x 720 piksel. Orientasinya pun berbeda, memiliki bentuk portrait sementara layar sekunder di Flip5 memiliki bentuk yang hampir memenuhi keseluruhan ruang pada back cover bagian atas.

Dari ulasan CNET.com, saya mengetahui bahwa layar kover OPPO Find N3 Flip kini mendukung penampilan dari aplikasi pihak ketiga, seperti Gmail, YouTube, Google Calendar, Reddit, Google Maps, dan Spotify. Ini disebut sebagai peningkatan drastis dibanding Find N2 Flip yang tidak dukung aplikasi pihak ketiga pada awal perilisannya.

Lalu, pada Samsung Galaxy Z Flip5, cover display-nya memiliki fungsionalitas lebih beragam. Ia juga dapat menampilkan beragam aplikasi Android seperti YouTube, Maps, WhatsApp, dan bahkan Netflix.

Lebih mencengangkannya lagi, layar cover Galaxy Z Flip5 bahkan memungkinkan pengguna untuk mengetik menggunakan keyboard virtual, selayaknya pada layar utama. Ini berkat layarnya yang punya aspek rasio dan ukuran yang pas, sehingga pihak pengembang bisa lebih mudah mengoptimasi aplikasi agar dapat bekerja di layar kover.

Pemenang: Samsung Galaxy Z Flip5

Alasan: Kendati ukuran layar utamanya lebih kecil, tapi layar cover Samsung Galaxy Z Flip5 punya ukuran dan fungsionalitas yang lebih luas. Pengguna bahkan dapat memainkan Genshin Impact pada layar sekunder.

3. Kamera

oppo find n3 flip

Soal kamera, OPPO Find N3 Flip lebih unggul dari Samsung Galaxy Z Flip5. Ini karena OPPO menyematkan kamera telefoto yang umumnya hanya dimiliki pada flagship mainstream.

Pada Samsung Galaxy Z Flip5, Anda hanya dapat menemukan konfigurasi dual camera berisikan sensor wide-angle 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP pada FOV 123 derajat. Ini adalah konfigurasi yang sama dengan model pendahulunya.

Sementara pada OPPO Find N3 Flip, smartphone menawarkan triple camera yang mencakup sensor 50 MP wide-angle, kamera 32 MP telefoto (pembesaran optis hingga 2x), serta kamera 48 MP ultrawide (FOV 114 derajat).

Baik HP lipat Samsung maupun OPPO tersebut sama-sama dukung OIS dan EIS pada fitur perekamannya. Samsung Galaxy Z Flip5 mampu merekam hingga resolusi 4K di 60 FPS, sementara OPPO Find N3 Flip hanya dukung hingga 4K di 30 FPS. Jika ingin rekam di 60 FPS menggunakan HP lipat OPPO, perlu menurunkan resolusi ke 1080p.

Beralih ke bagian depan, Samsung Galaxy Z Flip5 dipersenjatai dengan kamera selfie 10 MP berkemampuan recording 4K di 30 FPS. Kamera depan ini tampaknya masih fixed focus, tidak lebih unggul dari sensor selfie OPPO Find N3 Flip dengan resolusi 32 MP yang sudah dukung autofokus.

Pemenang: OPPO Find N3 Flip

Alasan: konfigurasi kamera lebih lengkap (ada telefoto), resolusi lebih tinggi, kamera depan sudah mendukung autofokus

4. Baterai dan Charging

oppo find n3 flip

Menyoal baterai, Samsung Galaxy Z Flip5 hanya dibekali dengan kapasitas 3.700 mAh sedangkan OPPO Find N3 Flip lebih unggul dengan baterai 4.300 mAh. Adapun pada fitur pengisian daya, Samsung Galaxy Z Flip5 dibekali daya fast charging dengan daya 25 W, sementara OPPO Find N3 Flip menggunakan daya 44 W.

Meski daya charging-nya tampak beda jauh, tapi durasi pengisian keduanya tidak begitu berbeda. Samsung klaim ponsel lipat miliknya tersebut dapat dicas hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Pada pengujian yang sama, OPPO Find N3 Flip hanya membutuhkan 23 menit.

Ketahanan baterai dimenangkan oleh OPPO Find N3 Flip, dengan charging yang sedikit lebih ngebut. Namun, HP tersebut tidak memiliki wireless charging sebagaimana Samsung Galaxy Z Flip5.

Samsung Galaxy Z Flip5 dilengkapi wireless charging dengan daya 15 W, serta mampu mengisikan daya perangkat lain seperti smartphone, TWS, dan smartwatch melalui fitur reverse wireless charging (menggunakan daya 4,5 W).

Pemenang: Seri

Alasan: Kalau butuh ketahanan baterai dan durasi charging yang lebih baik, OPPO Find N3 Flip menang walau marginnya tidak banyak. Namun jika mencari kemampuan wireless dan reverse wireless charging, Samsung Galaxy Z Flip5 adalah opsi yang tepat.

5. Konektivitas

Galaxy Z Flip5

Mengingat kedua smartphone ini berada di segmen harga tinggi, maka jelas fitur konektivitasnya pun jempolan. Misalnya saja pada Samsung Galaxy Z Flip5 yang sudah mendukung USB Type-C 3.2 sehingga transfer rate yang didapat pun sungguh kencang.

HP lipat Samsung tersebut juga punya sederet keunggulan lain, seperti Bluetooth 5.3, Wi-Fi 6E, hingga NFC. Sempat dirumorkan akan hadirkan dukungan Samsung DeX, namun rupanya tidak benar.

Padahal fitur USB-C miliknya sudah berada di versi 3.2, sehingga mestinya sudah cukup unggul untuk hadirkan Samsung DeX (antarmuka desktop via eksternal display). Namun, dikarenakan struktur desain ponsel yang cukup terbatas, Samsung DeX dikhawatirkan akan membuat ponsel cepat panas dan membuatnya mudah rusak.

Pada OPPO Find N3 Flip, smartphone besutan perusahaan Tiongkok tersebut justru gunakan konektivitas lebih canggih lagi yaitu Wi-Fi 7. Dibandingkan dengan Wi-Fi 6E pada Samsung, Wi-Fi 7 ini diharapkan bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 46 Gb per detik, sedangkan Wi-Fi 6E hanya punya kecepatan yang mentok di 9,6 Gb per detik.

Namun di sisi lain, OPPO Find N3 Flip sayangnya hanya suguhkan USB Type-C 2.0 yang merupakan teknologi keluaran tahun 2000. Jika dibandingkan, kecepatan transfer maksimal pada USB 2.0 hanya 480 Mb per detik, jauh lebih rendah dari USB Type-C 3.2 yang sanggup mencapai 20 Gb per detik.

Pemenang: Seri.

Alasan: Samsung Galaxy Z Flip5 unggul dengan USB Type-C 3.2 alih-alih 2.0 pada OPPO Find N3 Flip. Akan tetapi, OPPO Find N3 Flip lebih unggul dengan Wi-Fi 7 ketimbang Wi-Fi 6E pada Samsung Galaxy Z Flip5.

6. Ketahanan Bodi

samsung galaxy z flip5 vs oppo find n3 flip_

Samsung Galaxy Z Flip5 rilis dengan sertifikasi tahan air IPX8 yang membuatnya sanggup bertahan di air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Sedangkan, OPPO Find N3 Flip hanya kantongi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap percikan air.

Bukan itu saja, Samsung Galaxy Z Flip5 juga telah dibekali dengan bahan armour aluminium frame pada bingkainya, ini membuatnya lebih tahan terhadap benturan.

Sisi cover display pada Samsung Galaxy Z Flip5 juga lebih tahan banting karena dilindungi lapisan kaca Gorilla Glass Victus 2, sementara OPPO Find N3 Flip menggunakan lapisan Gorilla Glass Victus biasa.

Pemenang: Samsung Galaxy Z Flip5

Alasan: Sertifikasi IPX8 miliknya masih tergolong langka di persaingan HP lipat, cocok untuk dibawa ke daerah perairan tanpa khawatir rusak saat terjatuh.

Simpulan

Jadi, siapa yang menang di antara keduanya? Kalau Anda mencari HP dengan display cover lebih luas dan fungsional, serta ketahanan bodi yang lebih oke, jawabannya adalah Samsung Galaxy Z Flip5. Smartphone lipat ini juga punya fitur reverse wireless charging yang memungkinkan perangkat dijadikan power bank.

Di sisi lain, OPPO Find N3 Flip akan lebih cocok buat Anda yang mencari kamera telefoto serta pengalaman selfie yang baik. Ukuran layar cover HP OPPO ini memang lebih kecil, tapi orientasinya yang portrait dapat menampilkan viewfinder dengan lebih luas daripada pesaingnya.

Saat perdana rilis di Indonesia pada Agustus 2023, Samsung Galaxy Z Flip5 dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.999.000. Sedangkan untuk OPPO Find N3 Flip hadir resmi di Indonesia dengan harga yang sama, yakni Rp15.999.000.

Harganya memang sama. Namun, bisa dibilang Samsung Galaxy Z Flip5 unggul di layar dan ketahanan bodi. Sementara, OPPO Find N3 Flip unggul di kamera dan performa. Pasalnya, OPPO Find N3 Flip menawarkan konfigurasi RAM yang lebih tinggi, yakni 12 GB dan storage 256 GB.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram