10 HP Samsung Terbaik & Paling Bagus di Dunia (Juni 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Samsung adalah brand terkenal. Namanya sudah dikenal di dunia, terutama untuk produk mereka di ranah ponsel Android, yakni Samsung Galaxy. Samsung Galaxy ini hadir dengan berbagai seri dan tipe, dari yang termurah sampai yang termahal.

Pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah HP Samsung termahal dan terbaik di dunia pada saat ini. Daftar ini diisi oleh smartphone Samsung yang memenuhi syarat sebagai yang terbaik, seperti spesifikasi, fitur yang kaya, dan lainnya.

Lantas, apa saja HP Samsung terbaik tersebut? Untuk daftar HP yang masuk kategori HP Samsung terbaik, bisa disimak pada tabel di bawah ini. Namun, untuk penjelasan detail, silakan baca ulasannya setelah info tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 200 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Hadirkan berbagai keunggulan di kelasnya, itulah Samsung Galaxy S23 Ultra. HP ini merupakan penerus dari Galaxy S22 Ultra, dirilis dengan S Pen bawaan, sertifikasi IP68, serta konektivitas yang ditingkatkan.

"Otak" HP ini adalah SoC flagship terbaru di 2023 bernama Snapdragon 8 Gen 2. SoC ini dibangun atas fabrikasi 4 nm yang sama seperti pendahulunya, namun membawakan sejumlah inovasi baru seperti dukungan ray tracing dan stabilisasi horizon levelling tingkat dewa agar video tetap terhindar dari efek goyangan meski tangan pengguna se-tremor apa pun.

Tidak hanya itu, SD 8 Gen 2 juga mendukung Wi-Fi 7 meskipun rupanya smartphone ini hanya membawakan Wi-Fi 6E. Tidak mengapa, karena protokol tersebut juga masih jadi salah satu yang tercepat dan paling stabil.

Lebih kerennya lagi, Qualcomm hadirkan Snapdragon 8 Gen 2 khusus untuk Samsung Galaxy S23 series. Kekhususan ini adalah clock speed prosesor yang ditingkatkan dibanding Snapdragon 8 Gen 2 di HP lain. Karena itu nama resmi SoC di Galaxy S23 series adalah Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy.

Tidak hanya performanya yang menakjubkan, HP ini membawakan kualitas layar menakjubkan pada Dynamic AMOLED 2X yang disertai sertifikasi HDR10+ dan laju penyegaran 120 Hz. Resolusinya yang sebesar 1440p tidak beda dari sebelumnya, sama-sama menawarkan ketajaman super yang layak untuk kenyamanan visual.

Adapun beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya pun cukup melimpah, seperti Gorilla Glass Victus 2 dengan perlindungan lebih saat terjatuh ke permukaan beton, resolusi kamera yang kini menjadi 200 MP dari 108 MP, serta standar penyimpanan UFS 4.0.

Sejumlah kelebihan yang dimiliki pendahulunya pun terus dilanjutkan di HP ini. Misalnya, ponsel ini masih dibekali kemampuan S Pen yang sama yaitu dengan latensi 2,8 milidetik. Perangkat pun diketahui masih mengusung desain tangguh armour aluminium yang tahan terhadap benturan dan goresan.

Samsung Galaxy S23 Ultra juga membawakan sensor flagship yang unik seperti Ultra Wideband dan Samsung DeX. Dengan dua sensor ini, Anda bisa menemukan barang yang hilang dengan praktis, dan juga dapat menampilkan antarmuka mirip PC saat dihubungkan ke monitor.

 Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga dibekali dengan sertifikasi tahan debu dan air terbaik yaitu IP68. Dengan begini, ponsel bisa tetap berfungsi meski terjatuh ke kubangan air sedalam 1,5 meter hingga 30 menit.

Selain itu, layar ponsel juga telah dilapisi Gorilla Glass Victus 2 yang notabene adalah generasi terkini di seluruh seri Gorilla Glass. Aman dari risiko retak atau tergores meski terjatuh ke permukaan keras.

Bingkainya pun sudah dirancang dengan bahan armour aluminium yang disinyalir lebih kuat terhadap benturan dan goresan. Bisa dibilang, ini adalah salah satu flagship non-rugged  terkuat di industri.Berbagai kelebihan inilah yang membuat S23 Ultra jadi salah satu HP Samsung terbaik di 2023.

2. Samsung Galaxy S23 Plus

Samsung Galaxy S23+
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy S23 Plus jelas masih salah satu yang terbaik yang dihadirkan Samsung di 2023. Kehadiran Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang jadi dapur pacunya menjadi standar flagship baru di 2023 tentu jadi alasan kenapa HP ini juga tetap menarik.

Keseluruhan varian memori HP ini juga sudah berada dalam standar UFS 4.0, yang tentu hadirkan kecepatan baca dan tulis storage yang lebih baik dibandingkan UFS generasi sebelumnya.

Tentu Galaxy S23 Plus masih hadirkan fitur-fitur bagus lain. Contohnya adalah kehadiran layar 6,6 inci, berpanel ynamic AMOLED 2X dengan laju 120 Hz, HDR10+, dan proteksi layar Gorilla Glass Victus 2.

Ketahanan bodinya semakin lengkap berkat sertifikasi IP68 yang membuatnya bisa diajak berenang. Selain itu, HP ini punya frame yang terbuat dari armour aluminium untuk mengurangi risiko rusak saat terjatuh.

Jangan lupakan juga, Galaxy S23 hadirkan tiga kamera belakang yang semuanya punya fungsi yang baik. Kamera yang oke ini dilengkapi dengan kemampuan video yang bagus pula. Nilai plus lain dari HP ini adalah baterai 4.7000 mAh yang cukup oke dengan dukungan fast charging.

3. Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S23
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 10 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion 3900 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy S23 juga kini membawakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang tidak kalah dengan saudaranya. Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra.

Ponsel ini juga sama-sama membawakan standar UFS 4.0 seperti Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra, sehingga pengalaman transfer data akan terasa lebih cepat. Namun untuk yang model penyimpanan 128 GB, masih menggunakan UFS 3.1.

Sektor kamera tentu saja masih luar biasa. Smartphone yang mendukung perekaman video 8K ini dilengkapi dengan persenjataan kamera luar biasa dalam format 50 MP + 10 MP + 12 MP. Sisi kamera depan yang punya resolusi 12 MP bahkan juga mendukung perekaman 4K di 60 FPS untuk memudahkan aktivitas kreasi konten pengguna.

Semua spesifikasi yang ada di Galaxy S23 persis dengan Galaxy S23 Plus. Keduanya sama-sama tidak punya dukungan S Pen dan kamera periscope. Namun, spesifikasi kamera, layar, dan lainnya tetap kelas atas. Kedua HP juga sama-sama mendukung IP68, dukungan Samsung DeX agar bisa dijadikan desktop, dan fitur baterai yang lengkap.

Pembeda Galaxy S23 dan versi plusnya hanya ada di bagian layar dan baterai. Samsung Galaxy S23 hanya hadirkan layar 6,1 inci dengan baterai 3.900 mAh. Sementara versi plusnya hadirkan layar 6,6 inci dengan baterai 4.700 mAh.

4. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini tidak memiliki perubahan yang cukup signifikan dalam hal desain jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Galaxy Z Fold3 5G. Namun, peningkatan tetap dilakukan khususnya untuk tujuan durabilitas. HP ini mengalami penggantian kaca proteksi pada layar cover dan penutup belakang yaitu menjadi Gorilla Glass Victus+ yang lebih kokoh dari generasi sebelumnya.

Selain itu, frame dan engsel Galaxy Z Fold4 5G ini juga sedikit diubah menjadi lebih kecil yang terbuat dari material Alumunium Armor. Durabilitas HP juga diperlihatkan dengan adanya sertifikasi IPX8 yang mampu membuatnya bertahan dari air bahkan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini dibekali layar utama dengan panel Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate yang adaptif mulai dari 1-120 Hz. Layar ini mampu menampilkan konten HDR10+ dengan tingkat kecerahan layar mencapai 1200 nit.

Di sisi lain, performa yang mampu dihasilkan oleh Galaxy Z Fold4 5G juga tidak kalah tinggi berkat dibekali chipset terbaik milik Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm. Chipset tersebut kemudian dipadukan dengan penyimpanan RAM 12 GB dan penyimpanan internail bervariasi mulai dari 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

5. Samsung Galaxy S22 Ultra

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram