carisinyal web banner retina

Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy XCover 5

Samsung memang bukan merek yang saban tahun merilis HP tahan banting dan tahan air. Hal itu dapat dimaklumi karena segmen spesial tersebut bukan fokus Samsung. Walau begitu, jenama asal Korea Selatan ini tetap meluncurkan ponsel tahan banting dan tahan air secara kontinu.

Terbaru, mereka memperkenalkan Samsung Galaxy XCover 5 di Indonesia pada Januari 2022. HP ini diperkenalkan bersama dengan tablet kuat Samsung Galaxy Tab Active3. Adapun Galaxy XCover bukanlah seri ponsel yang asing di Indonesia.

Pada 2018, Samsung meluncurkan kakak dari Galaxy XCover5, yakni Galaxy XCover4. Kehadiran Galaxy XCover 5 pun menjadi indikasi bahwa ada sejumlah orang yang membutuhkan ponsel tahan banting bergaransi resmi, khususnya mereka yang bekerja di medan outdoor.

Nah, melalui artikel ini, Carisinyal akan coba memaparkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy XCover5. Siapa tahu, Anda jadi lebih mantap mempertimbangkan HP ini dengan membaca ulasan yang kami paparkan. Sebagai pembuka, silakan simak spesifikasi singkat Galaxy XCover 5 seperti berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 5

Samsung Galaxy XCover 5
Layar PLS TFT 5.3 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy XCover 5

Durabilitas tinggi merupakan daya tarik utama dari Galaxy XCover 5. Namun, ponsel yang satu ini bukan cuma tahan banting. Ada banyak kelebihan yang dimilikinya untuk mendukung aktivitas para profesional. Berikut penjelasannya.

1. Desain

tombol samsung galaxy xcover5

Target pasar Samsung Galaxy XCover 5 adalah kalangan enterprise. Mereka yang masuk kategori enterprise adalah industri berikut para pekerjanya. Mulai dari industri pertambangan, perkebunan sawit, konstruksi, manufaktur, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, Galaxy XCover 5 dirancang dengan dimensi yang wajar. Ukuran ponsel ini 147.1 x 71.6 x 9.2 mm dengan bobot hanya 172 gram. Ponsel ini pun nyaman digenggam satu tangan, terasa ringan pula.

Selain itu, ponsel ini memiliki material bodi yang kuat dengan sudut-sudut menonjol sebagai pelindung. Dalam sebuah video yang diunggah kanal YouTube Exertis, Galaxy XCover 5 dites dengan berbagai skenario.

Pertama, HP ini dituangi air mineral. Hasilnya, HP ini tetap dapat bekerja dengan normal. Hal tersebut mengonfirmasi bahwa Galaxy XCover benar-benar memiliki sertifikasi ketahanan debu dan air IP68.

Kedua, HP ini dijatuhkan ke dataran beton dengan tidak sengaja maupun disengaja. Hasilnya, lagi-lagi ponsel ini tetap utuh tanpa meninggalkan cuilan. Uji ini membuktikan bahwa sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810H, khususnya tahan benturan hingga ketinggian 1,5 m, memang ada.

Tak banyak yang bisa diperbincangkan dari desain HP ini. Sebagai informasi, Galaxy XCover 5 hadir dalam satu varian warna, yaitu hitam. HP ini memiliki dua slot kartu SIM dan satu slot kartu microSD.

2. Tombol Spesial

desain samsung galaxy xcover5

Galaxy XCover 5 sudah mengambil kiblat smartphone masa kini yang tak lagi menyertakan tombol fisik pada bagian muka. HP ini hanya punya tombol daya dan tombol pengatur volume di sisi kanan, serta satu tombol spesial di sisi kiri.

Lantas, apa sih tombol spesial itu? Samsung menyebutnya dengan XCover key. Tombol berwarna merah ini adalah tombol yang difungsikan sebagai jalan pintas untuk aksi-aksi tertentu.

Misalnya, ketika disambungkan ke aplikasi berbasis Push-To-Talk, XCover key akan berfungsi sebagai tombol terima dan jawab panggilan. Tekan tombol tersebut dan kemudian ponsel ini berubah menjadi walkie talkie atau handy talky (HT) yang biasa dipakai satpam patroli.

3. Layar Sensitif

layar samsung galaxy xcover5

Tampilan yang muncul dari layar berbentang lebar memang memuaskan. Lebih-lebih jika layar tersebut dipakai untuk aktivitas multimedia seperti menonton film. Namun, di dunia kerja, HP dengan bentang layar lebih dari 6 inci bisa menghambat produktivitas.

Itulah sebabnya layar Galaxy XCover 5 tidak besar-besar amat. Bentang layar HP ini hanya 5,3 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1480 piksel). Layar berpanel PLS TFT tersebut sudah ideal, baik untuk menampilkan sesuatu maupun merespons sentuhan.

Diagonal layar yang tak besar-besar amat juga membuat ponsel lebih enak untuk dioperasikan. Hal menarik selain bentang layarnya yang tak besar adalah sensitivitasnya. Samsung mengklaim, layar HP ini bisa merespons sentuhan kendati tangan jari-jari pengguna terbungkus sarung tangan.

Dengan menyetel tingkat sensitivitasnya ke level tinggi, HP ini masih bisa dioperasikan meski Anda sedang memakai sarung tangan. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang bekerja di lingkungan steril seperti rumah sakit.

4. Performa

performa samsung galaxy xcover5

Samsung menyematkan SoC bikinan mereka sendiri pada Galaxy XCover 5. Nama SoC tersebut adalah Exynos 850. SoC ini irit daya karena dibikin dengan fabrikasi 8 nm.

Meski begitu, Exynos 850 tidak dirancang untuk bermain game dan pekerjaan yang menuntut performa tinggi. Hal ini terlihat dari tidak adanya CPU dengan arsitektur Cortex A7x pada delapan inti CPU-nya.

Benar saja, delapan inti CPU Exynos 850 merupakan Cortex A55 yang disetel pada frekuensi 2 GHz. SoC dengan GPU Mali-G52 MP1 ini sebelumnya telah digunakan pada HP kelas menengah terjangkau Galaxy M12 dan Galaxy A21s.

Exynos 850 lantas disandingkan dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB dalam dapur pacu Galaxy XCover 5. Melihgat fakta ini, Anda mungkin sudah menduga seperti apa performa yang bisa dihasilkan.

Menurut uji yang dilakukan situs nanoreview, skor AnTuTu 9 Exynos 850 hanya sekitar 145 ribu. Sementara itu, skor single-core-nya pada aplikasi GeekBench 5 adalah 161, dengan multi-core 944. Tidak luar biasa memang karena setara dengan ponsel-ponsel kelas entri masa kini.

Namun demikian, Galaxy XCover 5 sekali lagi tidak dirancang untuk menjalankan tugas berat ala gamer enthusiast. HP ini diciptakan untuk mendukung aktivitas para pekerja. Di luar main game berat dan mengedit video beresolusi tinggi, HP ini bisa menghadirkan kesigapan.

Sebagaimana video yang diunggah kanal YouTube Notebookcheck Additional Content, buka-tutup aplikasi di Galaxy XCover 5 terasa mulus. Tidak ada hambatan saat bernavigasi di HP ini. Kelancaran performa di HP ini tidak lepas dari antarmuka OneUI yang stabil.

5. Baterai

baterai samsung galaxy xcover5

Baterai dengan kapasitas 3000 mAh memang tidak besar untuk standar masa kini. Namun, baterai tersebut sudah cukup buat Galaxy XCover 5 yang layarnya hanya 5,3 inci. Berdasarkan pengalaman pakai Sander Almekinders dari Techzine, HP ini bisa bertahan sehari penuh dalam sekali cas.

Samsung mengklaim daya tahan baterai Galaxy XCover 5 bisa bertahan hingga 56 jam dalam skenario memainkan musik. Sementara jika digunakan untuk browsing menggunakan jaringan LTE, HP ini disebut bisa bertahan sampai 13 jam.

Yang menarik, Galaxy XCover 5 tidak menggunakan baterai model tanam karena penutup belakangnya bisa dibongkar-pasang. Karena itu, Anda bisa menyiapkan baterai cadangan jika sedang berada di tempat yang akses listriknya sulit.

Selain itu, Anda tentu tidak perlu membawa HP ini ke service center untuk sekadar mengganti baterainya. Baterai yang bisa dicopot ini mengingatkan pada smartphone keluaran 2015 ke atas yang belum mengadopsi konsep unibody.

Adapun sektor daya Galaxy XCover 5 didukung oleh teknologi pengisian cepat 15W melalui port USB C. Pengisian baterai di HP ini juga bisa dilakukan melalui konektor POGO Pin yang letaknya di sebelah kiri dan kanan port USB C.

6. Konektivitas dan Sensor

konektivitas samsung galaxy xcover5

Galaxy XCover mendukung beragam jenis konektivitas. Ada konektivitas jaringan seluler 4G LTE, WiFi 5 GHz, Bluetooth 5.0, dan NFC. Cukup lengkap bukan? Selain itu, HP ini masih memiliki audio jack 3,5 mm yang mulai dihilangkan produsen pada ponsel-ponsel kelas atasnya.

Bukan cuma konektivitasnya, jenis sensor yang dikandung HP ini pun tidak kalah lengkapnya. Ada akselerometer, giroskop, cahaya, kompas, dan proksimitas. Seluruhnya merupakan sensor-sensor esensial.

7. Jaminan Update

dukungan samsung galaxy xcover5

Seperti yang dijelaskan pada poin "Desain", Galaxy XCover 5 adalah ponsel yang ditujukan untuk pasar enterprise alias bisnis. Oleh sebab itu, ada layanan khusus yang diberikan kepada pembeli ponsel ini

Bentuk layanan itu adalah jaminan update jangka panjang. Update terdiri atas peningkatan sistem operasi sebanyak tiga kali dan pembaruan patch keamanan selama lima tahun sejak rilis secara global.

HP ini sebetulnya sudah dirilis pada 2021 dengan sistem operasi Android 11. Ke depan, Galaxy XCover 5 mendapat peningkatan sistem operasi hingga Android 14, sesuai yang dijanjikan Samsung. Sementara itu, pembaruan patch keamanan secara periodik akan diberikan sampai tahun 2026.

Kekurangan Samsung Galaxy XCover 5

Samsung Galaxy XCover 5 jelas bukan smartphone yang cocok buat semua orang. Lebih-lebih bila beberapa faktor di bawah ini menjadi hal yang tidak bisa ditoleransi lagi. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Belum 5G

layar samsung galaxy xcover5

Seperti yang sudah disinggung pada poin "Konektivitas", Galaxy XCover 5 baru mendukung jaringan seluler 4G LTE. Hal ini merupakan sebuah konsekuensi karena chipset Exynos 850 memang tidak mengandung modem 5G.

Smartphone ini praktis tidak akan bisa merasakan kencangnya internet berkat jaringan 5G. Meski demikian, 5G yang tengah dikembangkan di Indonesia adalah 5G Sub6. Jaringan 5G jenis ini memanfaatkan infrastruktur 4G, termasuk pita frekuensi dan BTS-nya.

Oleh sebab itu, 4G masih akan eksis dalam beberapa tahun mendatang. Perangkat 4G seperti Galaxy XCover 5 pun tetap bisa digunakan.

2. Kamera Biasa Saja

kamera samsung galaxy xcover5

Fokus utama Galaxy XCover 5 adalah daya tahan tinggi. Maka akan sangat wajar apabila ada sektor yang "asal ada" daripada tidak. Salah satunya adalah kamera. Tak seperti smartphone masa kini, Galaxy XCover 5 hanya memiliki dua biji kamera. Satu di belakang dan satunya lagi di depan.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera ini punya fitur autofokus, dilengkapi dua lampu flash, dan bisa merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps.

Sementara itu, kamera depan HP ini punya resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Dengan melihat spesifikasinya, kamera Galaxy XCover 5 memang tidak dirancang untuk bisa menghasilkan gambar untuk memuaskan mata audiens di lini masa media sosial.

Kamera yang disematkan lebih ditujukan untuk mendukung hal-hal esensial. Misalnya, untuk membaca barcode, sebagai pemindai wajah untuk face unlock, dan alat dokumentasi standar. Jika Anda penasaran dengan hasil jepretannya, silakan ditengok contohnya seperti berikut:

sampel galaxy XCover 5Sumber: Techzine
sampel galaxy xcover 5Sumber: Techzine

3. Speaker Mono dan Fingerprint Absen

speaker samsung galaxy xcover5

Samsung Galaxy XCover5 bukannya tidak bisa dipakai untuk kesenangan. HP ini tetap mampu memutar video Full HD sampai 13 jam dalam sekali cas. Namun, jangan harap pengalaman audio yang diberikan luar biasa.

Pasalnya, HP ini hanya memiliki speaker tunggal alias mono. Jika ingin mendengarkan suara yang lebih nendang, Anda bisa memakai headset. Untungnya Samsung masih memberi audio jack 3,5 mm pada HP ini.

Jika speaker stereo tidak penting-penting amat, lain dengan fingerprint alias sensor pemindai sidik jari. Ketiadaan fingerprint di Galaxy XCover5 sangat disayangkan. Sebab jika dipikir-pikir, sensor ini bisa mempercepat proses membuka kunci ponsel, bahkan lebih cepat ketimbang fitur face unlock.

Simpulan

Galaxy XCover5 adalah wujud perhatian dari Samsung akan permintaan perangkat outdoor. Pasar perangkat outdoor memang cukup tersegmentasi. Walau demikian, Samsung tetap mencoba menghadirkan solusi.

Jika ditinjau dari aspek fungsionalitas, Galaxy XCover 5 adalah perangkat kerja yang lebih dari cukup. Ponsel ini bisa menjamin kegegasan performa dalam menemani keseharian para pekerja. Pengguna pun tak perlu khawatir bilamana ponsel ini mengalami kerusakan saat dipakai di lingkungan ekstrem.

Sertifikasi IP68 dan sertifikasi ketahanan militer jadi jaminannya. Di sisi lain, Anda memang belum bisa mendapat fitur seperti dukungan jaringan 5G dan pemindai sidik jari di HP yang dijual dengan harga rilis Rp3.999.000 ini.

Namun, mengingat HP ini ditujukan untuk perusahaan atau bisnis, ketiadaan dua fitur itu masih bisa dimaklumi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram