Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy XCover 5

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Samsung memang bukan merek yang saban tahun merilis HP tahan banting dan tahan air. Hal itu dapat dimaklumi karena segmen spesial tersebut bukan fokus Samsung. Walau begitu, jenama asal Korea Selatan ini tetap meluncurkan ponsel tahan banting dan tahan air secara kontinu.

Terbaru, mereka memperkenalkan Samsung Galaxy XCover 5 di Indonesia pada Januari 2022. HP ini diperkenalkan bersama dengan tablet kuat Samsung Galaxy Tab Active3. Adapun Galaxy XCover bukanlah seri ponsel yang asing di Indonesia.

Pada 2018, Samsung meluncurkan kakak dari Galaxy XCover5, yakni Galaxy XCover4. Kehadiran Galaxy XCover 5 pun menjadi indikasi bahwa ada sejumlah orang yang membutuhkan ponsel tahan banting bergaransi resmi, khususnya mereka yang bekerja di medan outdoor.

Nah, melalui artikel ini, Carisinyal akan coba memaparkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy XCover5. Siapa tahu, Anda jadi lebih mantap mempertimbangkan HP ini dengan membaca ulasan yang kami paparkan. Sebagai pembuka, silakan simak spesifikasi singkat Galaxy XCover 5 seperti berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 5

Samsung Galaxy XCover 5
Layar PLS TFT 5.3 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy XCover 5

Durabilitas tinggi merupakan daya tarik utama dari Galaxy XCover 5. Namun, ponsel yang satu ini bukan cuma tahan banting. Ada banyak kelebihan yang dimilikinya untuk mendukung aktivitas para profesional. Berikut penjelasannya.

1. Desain

tombol samsung galaxy xcover5

Target pasar Samsung Galaxy XCover 5 adalah kalangan enterprise. Mereka yang masuk kategori enterprise adalah industri berikut para pekerjanya. Mulai dari industri pertambangan, perkebunan sawit, konstruksi, manufaktur, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, Galaxy XCover 5 dirancang dengan dimensi yang wajar. Ukuran ponsel ini 147.1 x 71.6 x 9.2 mm dengan bobot hanya 172 gram. Ponsel ini pun nyaman digenggam satu tangan, terasa ringan pula.

Selain itu, ponsel ini memiliki material bodi yang kuat dengan sudut-sudut menonjol sebagai pelindung. Dalam sebuah video yang diunggah kanal YouTube Exertis, Galaxy XCover 5 dites dengan berbagai skenario.

Pertama, HP ini dituangi air mineral. Hasilnya, HP ini tetap dapat bekerja dengan normal. Hal tersebut mengonfirmasi bahwa Galaxy XCover benar-benar memiliki sertifikasi ketahanan debu dan air IP68.

Kedua, HP ini dijatuhkan ke dataran beton dengan tidak sengaja maupun disengaja. Hasilnya, lagi-lagi ponsel ini tetap utuh tanpa meninggalkan cuilan. Uji ini membuktikan bahwa sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810H, khususnya tahan benturan hingga ketinggian 1,5 m, memang ada.

Tak banyak yang bisa diperbincangkan dari desain HP ini. Sebagai informasi, Galaxy XCover 5 hadir dalam satu varian warna, yaitu hitam. HP ini memiliki dua slot kartu SIM dan satu slot kartu microSD.

2. Tombol Spesial

desain samsung galaxy xcover5

Galaxy XCover 5 sudah mengambil kiblat smartphone masa kini yang tak lagi menyertakan tombol fisik pada bagian muka. HP ini hanya punya tombol daya dan tombol pengatur volume di sisi kanan, serta satu tombol spesial di sisi kiri.

Lantas, apa sih tombol spesial itu? Samsung menyebutnya dengan XCover key. Tombol berwarna merah ini adalah tombol yang difungsikan sebagai jalan pintas untuk aksi-aksi tertentu.

Misalnya, ketika disambungkan ke aplikasi berbasis Push-To-Talk, XCover key akan berfungsi sebagai tombol terima dan jawab panggilan. Tekan tombol tersebut dan kemudian ponsel ini berubah menjadi walkie talkie atau handy talky (HT) yang biasa dipakai satpam patroli.

3. Layar Sensitif

layar samsung galaxy xcover5

Tampilan yang muncul dari layar berbentang lebar memang memuaskan. Lebih-lebih jika layar tersebut dipakai untuk aktivitas multimedia seperti menonton film. Namun, di dunia kerja, HP dengan bentang layar lebih dari 6 inci bisa menghambat produktivitas.

Itulah sebabnya layar Galaxy XCover 5 tidak besar-besar amat. Bentang layar HP ini hanya 5,3 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1480 piksel). Layar berpanel PLS TFT tersebut sudah ideal, baik untuk menampilkan sesuatu maupun merespons sentuhan.

Diagonal layar yang tak besar-besar amat juga membuat ponsel lebih enak untuk dioperasikan. Hal menarik selain bentang layarnya yang tak besar adalah sensitivitasnya. Samsung mengklaim, layar HP ini bisa merespons sentuhan kendati tangan jari-jari pengguna terbungkus sarung tangan.

Dengan menyetel tingkat sensitivitasnya ke level tinggi, HP ini masih bisa dioperasikan meski Anda sedang memakai sarung tangan. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang bekerja di lingkungan steril seperti rumah sakit.

4. Performa

performa samsung galaxy xcover5

Samsung menyematkan SoC bikinan mereka sendiri pada Galaxy XCover 5. Nama SoC tersebut adalah Exynos 850. SoC ini irit daya karena dibikin dengan fabrikasi 8 nm.

Meski begitu, Exynos 850 tidak dirancang untuk bermain game dan pekerjaan yang menuntut performa tinggi. Hal ini terlihat dari tidak adanya CPU dengan arsitektur Cortex A7x pada delapan inti CPU-nya.

Benar saja, delapan inti CPU Exynos 850 merupakan Cortex A55 yang disetel pada frekuensi 2 GHz. SoC dengan GPU Mali-G52 MP1 ini sebelumnya telah digunakan pada HP kelas menengah terjangkau Galaxy M12 dan Galaxy A21s.

Exynos 850 lantas disandingkan dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB dalam dapur pacu Galaxy XCover 5. Melihgat fakta ini, Anda mungkin sudah menduga seperti apa performa yang bisa dihasilkan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram