carisinyal web banner retina

10 HP untuk Aktivitas Outdoor Termurah (Agustus 2022)

Jika Anda sering berpetualang ke alam liar, ke pegunungan, atau ke tempat-tempat yang jauh dari peradaban, jelas Anda membutuhkan berbagai peralatan mumpuni. Salah satunya HP dengan daya tahan baterai yang lama.

Namun HP dengan baterai yang lama saja tidak cukup. Anda perlu jaga-jaga jika tempat yang Anda kunjungi adalah lingkungan yang kurang ramah untuk HP Anda. Contohnya, tempat dengan lingkungan ekstrem Atau bisa jadi banyak bebatuan yang membuat Anda harus waspada jika memakai HP yang ringkih. Takut-takut jatuh, kemungkinan rusak tnetu bakal ada.

Untuk itu, jika Anda sering datang ke lingkungan semacam itu, sebaiknya memilih HP outdoor. HP ini biasanya sudah menawarkan kemampuan tahan air atau tahan debu. Namun, biasanya juga ada kemampuan lain seperti tahan goncangan atau getaran. Nah, jika Anda bingung mencari HP outdoor yang cocok, Carisinyal telah menyusun daftar HP outdoor yang salah satunya bisa Anda pilih berikut ini.

1. KEN W6 Pro

Ken W6 Pro
Layar IPS LCD 4.5 inci
Chipset MediaTek MT6735
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 2600 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Yakin hanya ponsel flagship saja yang memiliki sertifikasi IP68? Sambutlah KEN W6 Pro, salah satu ponsel Android termurah di angka Rp700 ribuan yang sudah mengantongi IP rating terbaik di industri smartphone.

Dengan begitu, ponsel inipun bisa "berendam" di air hingga kedalaman 1,5 meter pada durasi mencapai 30 menit. Desainnya yang inovatif dan terlihat kokoh ini mengantongi layar sentuh 4,5 inci IPS LCD dengan resolusi 480 x 854 piksel. Bahkan, layarnya ini juga sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3.

Tidak perlu khawatir koneksi lemot saat berada di luar rumah, karena perangkat dikemas dengan fitur Dual SIM Stand By yang mendukung 4G. Selain itu, pengguna yang ingin menyimpan banyak file akan dibantukan dengan slot khusus microSD hingga 128 GB.

2. Ken W9 Pro

Ken W9 Pro
Layar IPS LCD 6 inci
Chipset MediaTek MT6753
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ken Mobile pernah meramaikan pasar ponsel Indonesia. Ada beberapa jenis produk yang mereka jual, salah satunya adalah ponsel dengan ketahanan debu dan air. Contohnya adalah Ken W9 Pro ini yang stoknya masih cukup melimpah di toko-toko online.

HP ini kuat karena sudah mengantongi sertifikasi IP68 dan sertifikasi ketahanan militer. Artinya, HP ini tidak hanya tahan debu dan air, tapi juga tahan banting serta dapat digunakan di kondisi lingkungan ekstrem.

Anda bisa menjumpai HP dengan sistem operasi Android 6 (Marshmallow) ini di toko online dengan harga Rp1 jutaan saja. Adapun HP ini masih oke untuk penggunaan harian. Sekadar berkirim pesan, menonton video, hingga browsing, semuanya bisa berjalan lancar.

3. DOOGEE S40

DOOGEE S40
Layar IPS LCD 5.5 inci
Chipset MediaTek MT6739
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 8 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4650 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.950.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sejak lahir pada 2013, DOOGEE memang mengkhususkan diri sebagai produsen HP dengan ketahanan tinggi. Contohnya saja DOOGEE S40 yang mereka rilis pada 2019 ini. Ia tentu saja kuat karena bodinya dilapisi cangkang dengan bahan karet keras.

Berkat cangkang tersebut dan beberapa komponen lain, HP ini lolos beragam sertifikasi ketahanan: IP68, IP69K, dan MIL-STD-810G. Khusus IP69K, sertifikasi ini menandakan bahwa DOOGEE S40 tahan terhadap fluida (bisa uap atau air) dengan tekanan dan suhu tinggi.

Tidak hanya itu, layar IP DOOGEE S40 dilapisi Gorilla Glass 4 agar terhindar dari goresan. Beberapa marketplace menjual HP dengan sistem operasi Android 9 (Pie) ini pada harga Rp2 jutaan.

4. Ulefone Armor X5

Ulefone Armor X5
Layar IPS LCD 5.5 inci
Chipset MediaTek Helio P23
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.150.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda patut memiliki ponsel dengan durabilitas tinggi jika punya hobi naik gunung, panjat tebing, atau memiliki pekerjaan di sektor manufaktur. Ponsel dengan durabilitas tinggi tandanya punya sertifikasi IP68 dan sertifikasi ketahanan militer. Ternyata ponsel dengan ciri tersebut tidaklah mahal.

Contohnya adalah Ulefone Armor X5 ini. Beberapa toko online yang kami telusuri mematok harga sekitar Rp2 juta buat HP 4G ini. Cukup terjangkau, bukan? Kekuatan lain yang dimiliki HP ini adalah kameranya. Foto yang dihasilkan dari HP ini cukup bagus. Hal itu karena kamera utamanya didukung sensor kedalaman untuk membikin foto bokeh.

Ini adalah kabar bagus buat Anda yang ingin mengabadikan momen di bawah air saat menyelam. Di sisi lain, memori internal Ulefone Armor X5 memang cukup pas-pasan dengan 32 GB. Namun, Anda bisa memasang kartu microSD untuk memperluas ruang simpan si ponsel.

5. LUNA Warrior G6E

LUNA Warrior G6E
Layar IPS LCD 5.86 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP () 2 MP () 0.3 MP ()
Baterai - 8000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Dari sekian merek HP outdoor di daftar ini, Luna mungkin adalah yang paling familier di telinga Anda. Pasalnya, HP ini memang sudah malang-melintang di Indonesia, walaupun produk yang kebanyakan dijual adalah smartphone umum. Luna sejatinya memang merek lokal dan masih saudara dengan Evercoss.


Nah, ternyata Luna punya HP tangguh seperti Luna Warrior G6E ini, lho. HP ini diklaim tahan air, debu, dan benturan. Intinya HP 4G ini bisa dipakai dengan gaya sedikit ugal-ugalan. Tidak cuma itu, layar Luna Warrior G6E juga diproteksi Gorilla Glass 5.

Menariknya lagi, kapasitas baterai HP ini terbilang monster: 8000 mAh. Pemakaian normal 24 jam tentu saja gagal menguras kapasitas baterai si ponsel. Adapun HP ini sudah didukung WiFi 5 GHz dan NFC.

6. Ulefone Armor X5 Pro

Ulefone Armor X5 Pro
Layar IPS LCD 5.5 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.780.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ulefone Armor X5 Pro sebetulnya ponsel yang sama dengan Ulefone Armor X5. Namun, Armor X5 Pro yang dirilis pada 2020 diberikan sedikit penyegaran. Misalnya, sistem operasi yang disuntikkan (saat rilis) adalah Android 10. Kemudian, konfigurasi memorinya lebih besar: 4/64 GB.

Selebihnya, spesifikasi kedua ponsel 11-12. Untuk SoC, Armor X5 Pro memang pakai MediaTek Helio P22. Namun, performanya tidak jauh berbeda dari Helio P23 milik Armor X5. Yang jelas HP ini tetap smartphone dengan durabilitas tinggi.

Ia punya sertifikasi IP68 dan ketahanan militer, serta mampu tahan benturan ketika dijatuhkan dari ketinggian maksimal 1,2 m. Kisaran harga HP ini ada di angka Rp2 jutaan. Karena itu, siapkan dana yang cukup jika tertarik meminang si ponsel.

7. Ulefone Armor X9 Pro

Ulefone Armor X9 Pro
Layar IPS LCD 5.5 inci
Chipset MediaTek Helio A25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Beberapa toko online menjual Ulefone Armor X9 Pro dengan harga 2,5 jutaan untuk varian memori 3/32 dan 2,7 jutaan buat varian 4/64 GB. Harga HP ini pun termasuk terjangkau untuk sebuah ponsel outdoor. Sebagaimana ponsel outdoor Ulefone lainnya, HP ini tahan terhadap pemakaian di kondisi ekstrem.

Ia tetap berfungsi secara normal meski dipakai di daerah kutub, ataupun dipakai di dalam pabrik yang suhu ruangannya cukup tinggi. Kemampuan bisa digunakan di kondisi ekstremnya dijamin oleh sertifikasi IP69K.

Secara spesifikasi, HP ini memakai SoC MediaTek Helio A25 dengan memori 4/64 GB. Tidak luara biasa memang. Namun, dengan sistem operasi Android 11 murni yang tanpa kustomisasi, Armor X9 Pro bisa memberikan performa sehari-hari yang sigap.

8. DOOGEE S58 Pro

Doogee S58 Pro
Layar IPS LCD 5.71 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5180 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Secara jeroan, DOOGEE S58 Pro memang bukan ditujukan untuk pemakaian berat. Pasalnya, SoC MediaTek Helio P22 yang dipakai HP ini sekadar lancar untuk aktivitas sehari-hari. Namun, memainkan gim kasual di HP ini masih bisa.

DOOGEE S58 Pro memang diperuntukkan untuk para pekerja yang berkarya di lingkungan ekstrem. Oleh sebab itu, HP ini dirancang dengan material bodi karet yang kuat, serta lolos berbagai sertifikasi. Mulai dari IP68, IP69K, dan sertifikasi ketahanan militer.

HP ini aman meski dioperasikan di dalam air. Ia juga tahan saat tak sengaja dibanding. Yang menarik lagi dari DOOGEE S58 Pro adalah dibekali fitur-fitur ekstra yang fungsional. Misalnya saja NFC, lampu senter, dan tombol SOS yang bisa dikustomisasi kegunaannya.

9. DOOGEE S59 Pro

DOOGEE S59 Pro
Layar IPS LCD 5.71 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 16 MP (wide) 8 MP (wide) 8 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 10500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.870.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

DOOGEE S59 Pro benar-benar menampakkan jati diri sebagai ponsel untuk pekerja berat. Apalagi yang warnanya kuning seperti gambar di atas. Benar saja, HP ini memang tahan debu, air, dan benturan. Andai tangan Anda licin dan tak sengaja menjatuhkan si ponsel, kondisinya tentu bakal aman-aman saja.

Namun demikian, HP ini cukup nyaman mengingat layarnya tidak terlalu besar untuk standar zaman sekarang: 5,7 inci. Hal lain yang bikin Anda nyaman adalah kapasitas baterainya yang gila: 10500 mAh. Kapasitas baterai tersebut bikin DOOGEE S59 Pro bisa menyala berhari-hari.

Anda pun tak perlu khawatir jika kadang lupa mengecas HP dengan NFC ini. Selain itu, memorinya juga lega di 128 GB. Lalu berapa biaya penebusan untuk membeli HP ini? Jawabannya adalah sekitar Rp3 jutaan saat artikel ini ditulis.

10. Ulefone Armor 8

ulefone armor 8 5g
Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset MediaTek Helio P60
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5580 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.250.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ulefone Armor 8 adalah HP outdoor yang lengkap. Mengapa begitu? Sebab HP ini tidak hanya mengandalkan kemampuan untuk bertahan di kondisi ekstrem saja. Fitur-fitur yang ada di HP ini ternyata fungsional.

Misalnya, ia punya sensor pemindai wajah dan pemindai sidik jari yang ada di tombol power. Lalu ada tombol pintasan di rangka kirinya yang bisa dikostomisasi. Tombol ini bisa disetel untuk panggilan darurat, melakukan screenshot, menghidupkan lampu senter, dan lain sebagainya.

Kerennya lagi, HP ini sudah punya NFC. Anda tak perlu bingung-bingung lagi saat kehabisan saldo e-money di tengah perjalanan jauh yang melewati jalan tol. Isi saja saldo e-money Anda langsung via HP ini.

Selain daftar di atas, ada banyak HP outdoor lainnya yang sebenarnya dipilih dengan berbagai fitur dan harga yang beragam. Tetapi kami menyusun daftar di atas dari yang terjangkau. Jadi, yang mana HP outdoor pilihan Anda?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram