carisinyal web banner retina

10 HP dengan Fitur Infrared Paling Murah (Januari 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 27 Agustus 2021

Ingat dengan fitur Infrared pada HP jadul? Jangan kira jika Infrared hanya dihadirkan pada HP jadul. Banyak juga lho HP canggih yang memiliki infrared. Beberapa ponsel canggih yang akan dibahas kali ini juga memiliki fasilitas Infrared alias sensor infra merah.

Sebelum membahas daftar HP canggih yang pakai infrared, sudah tahukah apa itu infrared dan kegunaannya? Menurut Wikipedia, Infrared adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak. Jika dibandingkan dengan radiasi gelombang radio, radiasi infrared lebih pendek. Infrared juga punya banyak jenisnya seperti yang dibahas pada artikel "Pengertian dan Jenis-Jenis Infrared".

Umumnya, infrared yang ada pada ponsel pintar zaman sekarang, banyak difungsikan sebagai penggati remote control. Mungkin karena kadang remote sering susah dicari jadi lebih praktis memamai infrared yagn ada di HP. Anda pun mungkin termasuk orang yang sering memanfaatkan infrared untuk menyalakan  atau mematikan TV, AC, sampai DVD Player.

Anda bisa menggunakan fitur ini dengan aplikasi bawaan atau dengan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mendownload aplikasinya di sini untuk remote AC dan di sini untuk aplikasi remote TV. Nah, berikut Carisinyal akan mengulas 10 HP dengan Infrared termurah dan terbaru di tahun ini.

1. Redmi 7

10 HP dengan Fitur Infrared Paling Murah ([month_year]) 1
Layar IPS LCD 6.26 inci
Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 16 GB, 32 GB
Kamera 12 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ingin HP keren dan murah yang memiliki fitur inframerah? Bisa jadi Redmi 7 adalah perangkat yang sedang Anda cari. Dirilis pada bulan Maret 2019, Redmi 7 adalah ponsel di kelas menengah ke bawah yang menyuguhkan sejumlah fitur menarik. Dengan hanya Rp 1,5 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang HP ini.

Redmi 7 menampilkan layar IPS LCD HD+ berukuran 6,26 inci yang telah dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass 5. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 632, yang terbilang memadai untuk keperluan sehari-hari. Ia disandingkan dengan RAM 2 GB atau 3 GB.

Di sektor daya, Redmi 7 telah datang dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4000 mAh dengan fitur pengisian 10W. Secara keseluruhan, Redmi 7 adalah HP yang cukup kompetitif di kelasnya dan dapat diandalkan untuk kebutuhan dasar hingga bermain game kasual. Simak artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 7 untuk tahu lebih!

2. Redmi 8

Redmi 8
Layar IPS LCD 6.22 inci
Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 12 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.700.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi 8 adalah HP sejutaan yang dibekali baterai dengan kapasitas jumbo. Namun, tidak seperti beberapa pesaingnya, baterai Redmi 8 mendukung teknologi pengisian Quick Charge 3.0 dan pengisian cepat 18W yang dapat memangkas waktu pengisian jika dibandingkan dengan pengisian standar 10W.

HP yang mendukung fitur inframerah ini juga dibuat lumayan tangguh dari luar. Layar IPS HD Plus-nya yang menawarkan tingkat kecerahan hingga 400 nits diproteksi dengan Gorilla Glass 5 yang kuat menahan goresan-goresan ringan.

Sementara itu, bodinya dibuat tahan percikan sehingga Anda tak perlu khawatir saat tidak sengaja menggunakan ponsel saat rintik hujan. Tertarik membelinya? Redmi 8 varian 3/32 GB bisa dibeli seharga Rp 1,5 jutaan, sedangkan varian 4/64 GB Rp 1,7 jutaan. Ulasan lengkap HP bisa bisa dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 8.

3. Redmi 9

Xiaomi Redmi 9
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1,999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selanjutnya adalah lanjutan dari seri Redmi, yakni Xiaomi Redmi 9. Melanjutkan tampilan desain belakang seperti Redmi 8, modul kamera belakangnya dletakkan di tengah secara simetris, semakin menambah pada estetika bodi keseluruhan. Ada lonjakan besar dari bagian performa, karena Redmi 9 sudah dibekali dengan chipset Helio G80 yang membuatnya sungguh layak dipakai buat main game.

Bahkan untuk dipakai bermain PUBG Mobile pun cukup lancar, sebuah prestasi yang membanggakan untuk HP yang harganya bahkan tidak mencapai Rp2 juta. Bagaimana dari sisi konektivitasnya? Well, karena Redmi 9 termasuk dalam daftar, sudah pasti Redmi 9 dibekali dengan IR blaster yang membuatnya bisa digunakan selayaknya remote TV maupun AC. Sementara itu, untuk port pengisiannya, perangkat sudah pakai USB tipe-C, lho!

Di beberapa negara, Redmi 9 juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa membantu pengguna untuk melakukan transaksi cashless secara praktis. Tapi sayangnya fitur ini tidak tersedia untuk Redmi 9 yang dirilis secara resmi di Indonesia.

Redmi 9 juga banyak dipuji karena keawetan baterainya yang tahan seharian penuh, mendukung kapasitas 5.020 mAh dengan sokongan Quick Charge 3.0 supaya HP bisa dicas dengan cepat (menggunakan daya 18 W). Menyoal sisi fotografinya, jumlah kamera belakang Redmi 9 meningkat dua kali lipat ketimbang predesornya, kini mengusung Quad Camera alih-alih Dual Camera.

Hasil fotonya juga sungguh mengagumkan untuk sekelas harganya, Anda bisa melihat sampel foto Redmi 9 di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 9 yang sudah kami sajikan. Ponsel seharga Rp1,7 jutaan ini sungguh patut dinobatkan sebagai pilihan yang sempurna di rentang harganya yang murah, seandainya jika terdapat mode malam di kameranya.

4. POCO M3

10 HP dengan Fitur Infrared Paling Murah ([month_year]) 5
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO M3 adalah salah satu pilihan yang menarik di angka sejutaan. HP ini menonjolkan tampilannya yang sudah Full HD dengan kontras yang bagus. Ini membuat HP ini cocok untuk menikmati konten. Bahkan POCO M3 dilengkapi dengan pengeras suara stereo dengan output audio yang bagus.


POCO M3 juga hadir dengan prosesor Snapdragon 662 yang bersaing di kelasnya. Ia disandingkan dengan RAM 4 GB atau 6 GB, sehingga bisa diandalkan untuk bermain game HD ke bawah dan kualitas grafis rendah. Varian 4 GB-nya dijual seharga Rp 1,7 jutaan, sedangkan varian 6 GB Rp 2,1 jutaan.

Bagian lain yang menonjol dari POCO M3 adalah desainnya yang unik, terutama di bagian belakang. Untuk sorotan lainnya termasuk baterai dengan daya tahan yang sangat bagus, kemampuan kamera yang andal untuk foto-foto, serta memiliki port inframerah. Baca kelebihan dan kekurangan POCO M3 supaya lebih yakin memilih si ponsel.

5. Redmi 9T

10 HP dengan Fitur Infrared Paling Murah ([month_year]) 7
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi 9T menawarkan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan POCO M3, termasuk prosesor, tampilan, dan baterai. Dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi pada beberapa bagiannya seperti kamera, harga jual Redmi 9T ada di angka Rp 1,8 jutaan untuk varian 4/64 GB dan Rp 2,2 jutaan untuk varian 6/128 GB.

Kamera Redmi 9T bisa dibilang menawarkan performa kamera secara umum yang lebih baik dari POCO M3. Salah satu sebabnya adalah kehadiran sensor ultrawide 8 MP. Meski performanya mungkin tidak sesuai harapan banyak orang, namun ini menjadi nilai plus bagi Redmi 9T karena sejumlah kompetitornya tidak dibekali sensor serupa.

Tampilan Full HD yang tajam, baterai dengan daya tahan yang sangat baik, kualitas speaker stereo yang bagus, mendukung pengisian balik, dan hadirnya port inframerah adalah beberapa hal yang menjadi kelebihan Redmi 9T. Ini adalah HP yang andal untuk beragam kebutuhan sehari-hari, baik di dalam maupun luar ruangan. Ketahui semuanya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 9T.

6. Redmi Note 8

Xiaomi Redmi Note 8
Layar IPS LCD 6.3 inci
Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
RAM 3 GB, 4 GB, 6 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selanjutnya adalah Redmi Note 8 yang hadir dengan sedikit peningkatan dari seri pendahulunya. Kini mengusung Snapdragon 665 alih-alih Snapdragon 660, setidaknya HP ini punya performa yang sedikit lebih meningkat untuk kegiatan sehari-hari, bermain game, ataupun melakukan pengeditan foto dan video.

Meski masih dirilis di tahun yang sama dengan Note 8, HP ini memunyai peningkatan dari segi tampilan layar yang mengusung bezel lebih tipis. Bodi belakang yang mengusung varian warna dengan corak bagaikan aurora, membuatnya tampak unik dan elegan.

Ini juga merupakan tonggak awal seri Redmi Note yang menggunakan Quad Camera di belakangnya, turut menghadirkan kamera ultrawide untuk hasil foto grup yang maksimal serta kamera makro untuk pemotretan objek jarak dekat. HP ini dijual seharga Rp 1,9 jutaan untuk varian 3/32 GB, Rp 2,1 jutaan untuk varian 4/64 GB, dan Rp 2,6 jutaan untuk varian 6/128 GB. Ingin beli? Baca dulu artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 8.

7. Redmi Note 9

Redmi Note 9
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi Note 9 adalah ponsel dengan tampilan desain layar punch hole pertama di seri Note, menghadirkan rasio perbandingan layar ke bodi yang cukup fantastis di angka 83,5%. Layar IPS LCD Full HD Plus miliknya juga tidak hanya luas dan terang, melainkan juga aman dari goresan dan benturan berkat lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Ponsel seharga Rp2,1 jutaan ini juga memiliki peningkatan baterai menjadi 5.020 mAh, dan sudah mendukung pengecasan daya cepat 18 W. Saat sedang berkumpul bersama teman, Redmi Note 9 juga bisa diandalkan sebagai power bank, bisa mengisikan daya perangkat lain melalui reverse charging pada kabel OTG.

Selain menawarkan konektivitas infrared, Redmi Note 9 juga dibekali dengan fitur NFC sekalipun ia hanya tersedia di beberapa negara saja. Mengingat jarang ponsel di Indonesia yang sudah pakai NFC di rentang harga Rp2 jutaan, Redmi Note 9 versi Tanah Air tidak kebagian fitur ini. Sebelum menentukan keputusan, ada baiknya baca artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 terlebih dahulu.

8. Redmi 10

Redmi 10
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi tak menghilangkan ciri khasnya buat smartphone Redmi. Ciri khas itu adalah infrared yang selalu ada sejak kali pertama seri ini hadir. Keberadaan fitur ini sampai juga pada Redmi 10. Alhasil, HP ini mewarisi kemampuan dari para pendahulunya untuk mengendalikan berbagai macam alat elektronik.

Saat Anda tak lupa menaruh remote TV, Anda bisa memanfaatkan Redmi 10 untuk mengatur volume, memindah channel, hingga mematikan TV. Di sisi lain, Redmi 10 tidak sekadar smartphone standar dengan infrared. HP ini cukup keren baik dari segi desain, tampilan, performa, dan kamera.

Ketahanan baterai HP dengan SoC MediaTek Helio G88 ini juga sip. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan uang Rp2 jutaan saja. Untuk kenal lebih dalam profil si ponsel, Anda bisa membaca ulasannya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 10.

9. Redmi Note 10

Redmi Note 10
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 678
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kalau mencari ponsel infrared murah dengan kualitas layar yang memukau, Redmi Note 10 sungguh kandidat yang cocok dipertimbangkan. Kendati harganya yang di angka 2 jutaan, ponsel ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED yang terkenal akan kontras rasionya yang tinggi dan kecerahan lebih unggul dibandingkan IPS.

Cocok digunakan menonton, bahkan peak brightness dari layarnya sudah mencapai 1100 nit. Selain unggul dari segi layar, ponsel juga memberikan kualitas suara yang nendang berkat kehadiran stereo speaker.

Agar layarnya tidak mudah tergores, Redmi Note 10 juga dikemas dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Kehadiran sertifikasi IP53 juga semakin membuatnya awet, tahan terhadap debu dan percikan air.

Redmi Note 10 sebenarnya masih terbilang cocok untuk bermain game, tapi chipset Snapdragon 678 miliknya masih terbilang kalah saing dengan Helio G95 yang ada di Infinix Note 10 Pro ataupun realme Narzo 30. Kalau masih ingin tahu lebih jauh lagi, simak artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 yang telah Carisinyal sajikan.

10. POCO M3 Pro 5G

10 HP dengan Fitur Infrared Paling Murah ([month_year]) 13
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700 5G
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO selalu berusaha tampil nyeleneh. Khas itu seperti dipertahankan mereka lewat produknya yang satu ini. Ya, POCO M3 Pro 5G memadukan desain dengan polesan berbeda pada penutup belakangnya. Untuk varian warna POCO Yellow seperti yang ada di gambar jadi identitas paling menonjol.

Selain itu, POCO juga melanjutkan khas mereka dengan membanderol HP ini di kisaran Rp2 jutaan. Hal ini membuat M3 Pro 5G jadi salah satu pilihan murah meriah bagi seseorang yang ingin punya HP 5G. Adapun soal konektivitas, HP ini mendukung WiFi 5 GHz, NFC, Bluetooth 5.1, Radio FM, dan tidak ketinggalan infrared seperti HP-HP Xiaomi lainnya.

Di luar penampilannya yang nyentrik, POCO M3 Pro 5G punya performa yang sip. Kinerja dari SoC MediaTek Dimensity 700, memori internal UFS 2.2, dan RAM LPDDR4x membuat HP ini andal menangani berbagai tugas. Ingin tahu lebih dalam soal si HP? Simak selengkapnya dalam artikel kelebihan dan kekurangan POCO M3 Pro 5G!

Itulah sejumlah HP dengan fitur Infrared yang dapat dijadikan pilihan di tahun ini. Fitur infrared tersebut dapat difungsikan sebagai remote control sehingga memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas. Dari daftar tersebut, mana yang ingin Anda beli?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram