carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 6

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Kabar baik bagi para gamers di tanah air, Tecno meluncurkan Tecno POVA 6 pada Juni 2024 di Indonesia. HP ini menyasar segmen gaming kelas menengah sebagai penerus dari Tecno POVA 5.

Sebagai HP gaming, Tecno POVA 6 masih melanjutkan kolaborasinya dengan Free Fire. Menariknya, tidak hanya sektor gaming saja yang diperhatikan, tetapi juga sektor lainnya seperti kamera, layar, dan pengisian daya yang lebih kencang. Jika penasaran, simak daftar kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 6 dalam tabel dan pembahasan lengkapnya berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain gaming dengan Dynamic-Tech
Belum mendukung jaringan 5G
Baterai jumbo, pengisian cepat, teknologi canggih
Tanpa kamera ultrawide dan kualitas 4K
Layar AMOLED luas dan tajam
Stereo speaker dengan Dolby Atmos
Performa unggulan dari Helio G99 Ultimate
Kamera 108 MP yang bisa diandalkan
Sensor dan konektivitas lengkap
Hadir dengan Android 14 dan punya fitur Dynamic Port

Spesifikasi Tecno POVA 6

Tecno POVA 6
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99 Ultimate
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno POVA 6

Memiliki harga terjangkau, Tecno POVA 6 menjadi salah satu HP gaming milik Tecno yang cukup menarik. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkannya yang mesti Anda tahu.

1. Desain Gaming dengan Dynamic-Tech

tecno pova 6

Tecno POVA 6 menggunakan tema desain yang sama seperti generasi sebelumnya yaitu Tecno POVA 5 dengan desain futuristiknya. Selain terlihat modern, kesan gaming yang ditampilkannya juga jadi lebih terasa, apalagi dibekali berbagai ornamen dan pola yang unik.

Tecno POVA 6 menyematkan fitur Dynamic-Tech Design, sama seperti model Pro-nya. Fitur ini merupakan lampu micro-LED berbentuk baling-baling yang ada di dalam modulnya. Fungsinya adalah tidak lain sebagai sebuah lampu notifikasi yang bisa dikustomisasi dan diintegrasikan dengan aktivitas yang dilakukan. 

Fitur ini mirip seperti yang dimiliki oleh Infinix GT 20, bedanya Infinix menyimpannya di bagian bodi dengan ukuran lebih besar. Fungsi LED-nya juga sama yaitu bisa menyala seperti saat ada panggilan masuk, pesan, status daya baterai, transfer file, saat bermain game, dan 9 fungsi lainnya.

Selain itu, terdapat beberapa elemen yang membuat desainnya ini terlihat menarik. Misalnya bentuk modul kameranya yang unik dengan ukuran cukup luas. Di dalamnya terdapat tiga kamera yang disusun zig-zag ala kamera boba. Tecno menyebutnya dengan Dynamic-Light Effect atau Dynamic-Eye Design.

Tecno POVA 6 juga mengeklaim bahwa kecerahan lampu LED-nya ini sudah lebih baik dari generasi sebelumnya. Terdapat total 116 MiniLED dengan 36 User-defined Lightning Effect yang bisa Anda pilih. Untuk varian warnanya, Tecno POVA 6 menawarkan tiga varian warna. Mulai dari Comet Green sebagai warna signature-nya, Meteorite Grey, dan Interstellar Blue.

Hal menarik lainnya adalah ketebalan bodi yang dimilikinya terbilang tipis yaitu 7,88 mm saja. Ukuran ini mungkin sudah biasa dan banyak dimiliki HP lain. Namun, berbeda dengan Tecno POVA 6 karena memiliki baterai berukuran besar yaitu 6000 mAh. Sebagai informasi, biasanya ukuran kapasitas baterai ini sangat memengaruhi ketebalan bodi dari sebuah HP.

Tecno juga menyematkan Tecno POVA 6 sertifikasi IP53, sama seperti versi Pro-nya. Sertifikasi ini membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air seperti tetesan keringan atau gerimis kecil.

2. Baterai Jumbo, Pengisian Cepat, Teknologi Canggih

Tecno POVA 6 Pro 5g

Tecno POVA 6 dibekali baterai berkapasitas jumbo yaitu 6000 mAh. Kapasitasnya ini sama seperti generasi sebelumnya yaitu Tecno POVA 5. Tidak hanya besar, ketahanan serta beberapa fitur yang dimilikinya membuat sektor ini jadi jauh lebih menarik.

Tecno sendiri mengeklaim bahwa Tecno POVA 6 mampu menjalankan berbagai aktivitas selama seharian. Misalnya melakukan panggilan telepon yang bisa sampai 31 jam lebih, bermain game hingga 11 jam lebih, dan bermain media sosial seperti Facebook selama 15 jam atau streaming video hingga 14 jam lebih.

Tecno POVA 6 juga dibekali fitur pengisian daya yang cepat yaitu 70W Ultra Charge. Klaimnya menyebutkan bahwa HP ini bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam 20 menit. Sedangkan untuk mengisi hingga daya penuh butuh waktu sekitar 50 menitan saja. Selain itu ada reverse wired 10 W untuk mengisi perangkat lain dengan lebih cepat.

Selain itu, Tecno POVA 6 memiliki fitur menarik yaitu 1 percent Super-Endurance Power. Fitur ini akan secara otomatis aktif saat baterai HP tersisa 1 persen. Anda bisa melakukan aktivitas darurat misalnya menelepon hingga 20 menit, tetap bermain game selama 5 menit, dan empat jam lebih dalam mode standby.

Fitur pengisian daya Tecno POVA 6 juga sudah lebih pintar karena memiliki tiga jenis pengisian daya yang bisa diatur. Pertama adalah mode Low-Temp Charge yang mengisi daya lebih lambat untuk ketahanan daya yang lebih lama. Kemudian ada Smart Charge yang bisa mengisi daya dengan cepat tapi tetap menjaga keseimbangan antara daya dan suhu.

Terakhir adalah mode Hyper Charge. Mode ini akan memaksimalkan daya dan kecepatan yang diberikan untuk mengisi daya dengan lebih cepat. Namun, mode ini biasanya akan berkompromi dengan suhu yang jadi sedikit lebih panas dan performa yang melambat.

Last but not least, Tecno POVA 6 sudah dibekali fitur Bypass Charging. Fitur ini sering kali dicari oleh para gamers sekaligus menegaskan kembali bahwa HP ini memang HP gaming. Pasalnya, fitur ini memungkinkan penggunanya bisa mengisi daya sambil bermain game dengan aman.

Untuk keamanannya, Tecno memberikan jaminan ketahanan atau kesehatan baterai yang bisa bertahan selama 6 tahun penggunaan. Dengan lebih dari 1600 kali pengecasan, kesehatan baterai tetap akan berada di atas 80 persen sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Kemampuan durability-nya juga dipengaruhi oleh keberadaan STS Secure Battery Technology. Teknologi ini memastikan keamanan untuk mencegah korsleting internal yang cukup berbahaya. Anda juga akan mendapatkan notifikasi saat kondisi sedikit lembap dan basah selama pengisian daya.

3. Layar AMOLED Luas dan Tajam

tecno pova 6

Agar mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik, Tecno POVA 6 menggunakan panel AMOLED pada layarnya. Kemampuannya ini mirip dengan versi Pro di serinya. Hal ini juga jadi salah satu peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya yaitu Tecno POVA 5 yang masih menggunakan panel IPS LCD. 

Selain itu, resolusinya sudah cukup tajam yaitu 1080 x 2460 piksel. Jenis panel yang digunakannya membantu meningkatkan kualitas warna yang ditampilkan seperti color gamut DCI-P3 100 persen dan kedalaman warna menggunakan 10-bit. Kemampuannya ini cocok digunakan untuk menonton, bermain game, atau sekadar bermain media sosial saja.

Sebagai HP gaming, refresh rate yang dimilikinya sudah cukup baik yaitu 120 Hz. Apalagi didukung oleh touch sampling rate 1500 Hz dan touch resolution hingga 16x. Hal ini membuat setiap sentuhannya bisa direspons dengan cepat. Tidak ada lagi yang namanya kalah reflek saat di dalam game.

Tecno POVA 6 memiliki ukuran layar yang sama dengan POVA 5 yaitu 6,78 inci. Namun, Tecno POVA 6 sudah memiliki ukuran bezel yang lebih tipis yaitu sekitar 1,3 mm untuk bagian samping, sedangkan atas dan bawahnya 2,1 mm. Angka ini membuat rasio layar ke bodinya jadi meningkat yaitu 85,5 persen.

Peningkatan lainnya juga ada pada kecerahan layarnya. Bisa dibilang, Tecno POVA 6 ini lebih cocok digunakan di luar ruangan yang terik dibandingkan pendahulunya. Pasalnya, kecerahan layar puncaknya mencapai 1300 nit, berbeda dengan Tecno POVA 5 yang hanya 580 nit saja.

Selain penggunaan di luar ruangan, Tecno POVA 6 juga dibekali fitur High-Frequency Dimming atau PWM 2160 Hz. Fitur ini membantu peredupan layar ke angka terendah saat di dalam ruangan gelap agar mata tidak mudah lelah. Ada juga sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light untuk menjaga kesehatan mata Anda.

4. Stereo Speaker dengan Dolby Atmos

tecno pova 6

Tecno POVA 6 jadi salah satu HP Tecno pertama setelah Tecno POVA 6 Pro 5G yang dibekali teknologi Dolby Atmos pada speakernya. Hal ini menghadirkan pengalaman suara stereo yang lebih memukau serta efek suara berdimensi tajam ala bioskop. Anda bisa merasakan pengalamannya saat menonton atau bermain game.

Tak lupa, Tecno POVA 6 juga dilengkapi satu mikrofon dengan fitur AI Noise Reduction Call di dalamnya. Fitur ini akan menjamin percakapan yang jelas dan mudah didengar meski berada di luar ruangan yang berisik. Suara jalanan yang ramai atau hujan bisa diredam agar bisa mendengar dan didengar dengan baik. 

Selain itu, terdapat 4D Vibration Sense untuk memberikan sensasi getaran di level berbeda. Teknologinya menggunakan kombinasi antara Z-axis Linear Motor dengan gyroscope hardware. Bahkan, fitur ini sudah terverifikasi oleh PUBG dan Tencent Lab, loh. Tecno POVA 6 benar-benar menawarkan pengalaman bermain game yang terasa lebih nyata.

5. Performa Unggulan dari Helio G99 Ultimate

tecno pova 6

Dari segi performa, Tecno POVA 6 sudah cukup tangguh dengan menggunakan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate. Chipset ini menjadi yang paling tangguh dan gahar untuk HP 4G di kelas harga Rp2 jutaan atau Rp3 jutaan kecil

Bahkna, Tecno sampai memberi embel-embel “Ultimate” di belakang namanya. Hal ini menandakan bahwa chipset yang digunakannya ini tidak sama seperti Helio G99 yang ada di pasaran. Namun, tampaknya bukan performa yang mengalami peningkatan signifikan, tapi justru sektor lain seperti kemampuan fotografinya atau baterai.

Helio G99 Ultimate milik Tecno POVA 6 ini memiliki spesifikasi yang sama dengan Helio G99 biasa. Misalnya proses fabrikasi yang dimilikinya masih 6 nm dan mengandalkan tenaga delapan inti CPU. Terdiri dari dua core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2,0 GHz) untuk efisiensi dayanya.

Tidak ada yang berbeda dari clock speed atau jenis arsitektur yang digunakan. Bahkan, kartu grafis yang digunakannya pun masih Mali G57 MC2 yang juga digunakan oleh Helio G99 biasa. Lantas, seperti apa kira-kira kemampuannya saat menjalankan pengujian Benchmark sintetis?

Merujuk data di situs DroidChart, Helio G99 Ultimate yang ada di Tecno POVA 6 ini mampu mendapatkan skor AnTuTu v10 sekitar 412.678 poin.

Sedangkan menurut pengujian yang dilakukan oleh Jeguk Tech dalam videonya, skornya sedikit lebih tinggi. Tecno POVA 6 dengan Helio G99 Ultimatenya mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 434.555 poin. Skor tersebut sudah cukup baik dan masuk ke dalam standar HP gaming kelas menengah untuk bisa memainkan berbagai game kasual yang populer.

Untuk membuktikannya, Ia menguji Tecno POVA 6 ini dengan memainkan game seperti Mobile Legends dan Free Fire sebagai partner kolaborasinya. Hasilnya, Mobile Legends bisa dimainkan dengan lancar di setelan Super Ultra dengan rata-rata FPS di 88 FPS. Sedangkan Free Fire tentu bisa menggunakan setelan rata kanan bahkan bisa mencapai 100 FPS.

Salah satu peningkatan yang juga memengaruhi pengalaman bermain game adalah kapasitas memorinya. Tecno POVA 6 menawarkan varian RAM berjenis LPDDR4x dengan kapasitas 8 GB dan 12 GB. Menariknya, terdapat fitur Extended RAM hingga 12 GB sheingga total RAM yang bisa Anda nikmati adalah 24 GB.

Sebagai informasi, makin luas kapasitas RAM yang dimiliki HP, maka makin optimal juga performa yang dihasilkannya. Tecno POVA 6 juga menawarkan memori internal berjenis UFS 2.2 dengan kapasitas 256 GB. Tenang, masih ada slot microSD khusus yang bisa digunakan untuk memperluas kapasitas memorinya hingga 1 TB.

Di sisi lain, Tecno juga menawarkan fitur tambahan seperti Game Space 4.0 dan Game Assistant 4.0. Kedua fitur ini mampu mengoptimalkan pengalaman bermain game jadi lebih stabil. Bahkan, Anda juga bisa memilih apakah ingin menggunakan mode hemat daya atau performa tinggi sehingga aktivitas gaming bisa diatur dengan lebih mudah.

6. Kamera 108 MP yang Bisa Diandalkan

tecno pova 6

Tecno POVA 6 memang tampak lebih menarik dengan tampilan tiga lingkaran di bagian belakang. Namun, sejatinya HP ini hanya memiliki satu kamera saja sebagai kamera utamanya yaitu 108 MP. Resolusinya meningkat dibanding Tecno POVA 5 yang hanya 50 MP saja.

Kamera utamanya ini yang nantinya akan bertugas untuk memotret pada jarak normal, jauh, atau dekat. Dengan resolusi yang lebih besar, tentu Tecno POVA 6 bisa dibilang mampu menangkap gambar dengan ketajaman serta detail yang cukup baik. Selain itu, ada fitur in-sensor zoom hingga 10x yang mampu menjaga kualitasnya dengan baik.

Beralih ke bagian depan, terdapat sedikit peningkatan kemampuan kamera yang mungkin akan membuat beberapa orang tertarik. Resolusi kamera selfie-nya ini lebih tinggi yaitu 32 MP, lebih tinggi dari Tecno POVA 5 yang hanya 8 MP saja. Untuk perekaman videonya, kamera depan dan belakangnya ini sama-sama bisa sampai 1440p atau 2K dengan 30 FPS.

Secara keseluruhan, meski Tecno POVA 6 ditujukan sebagai HP gaming. Kemampuan kamera yang dimilikinya sudah cukup baik, terutama untuk kelas harganya.

7. Sensor dan Konektivitas Lengkap

tecno pova 6

Sebagai HP gaming, memiliki sensor yang lengkap jadi salah satu keharusan demi meningkatkan pengalaman bermain game. Salah satu sensor yang agaknya wajib hadir adalah sensor gyro hardware. Maka dari itu, Tecno POVA 6 ini sudah dibekali sensor gyro hardware yang cukup responsif.

Hal inilah yang membuat Tecno POVA 6 jadi salah satu HP gaming terbaik di kelas harganya. Selain sensor gyro hardware, HP ini juga dibekali sensor lainnya yaitu akselerometer, proksimitas, dan kompas.

Tecno POVA 6 juga mampu memanfaatkan panel AMOLED dengan baik karena menyematkan sensor fingerprint di bawah layar. Sensor ini memiliki respons yang cukup cepat yaitu sekitar 0,28 milidetik dengan keakuratan hingga 99,8 persen. Bahkan, saat tangan sedikit lembab atau basah pun memiliki tingkat keberhasilan hingga 95 persen.

Sementara di sisi konektivitasnya, Tecno POVA 6 sudah sedikit lebih lengkap dibanding generasi sebelumnya yaitu Tecno POVA 5. HP ini menawarkan konektivitas infrared yang bisa mengubahnya menjadi sebuah remot bagi perangkat lain seperti TV atau AC. Serta penggunaan jenis Bluetooth yang lebih baru yaitu 5.3.

8. Hadir dengan Android 14 dan punya Fitur Dynamic Port

Tecno POVA 6 Pro 5g

Saat rilis, Tecno POVA 6 hadir dengan sistem Android 14 dengan antarmuka HiOS 14. Sistem yang digunakannya ini lebih baru dibandingkan Tecno POVA 5 yang hadir tahun 2023 dengan HiOS 13. Sebagai versi yang lebih baru, Tecno menyematkan beberapa fitur baru yang cukup menarik di dalamnya.

Misalnya fitur Live Wallpaper yang memungkinkan Anda mengatur tampilan HP sesuai keinginan Anda. Fitur ini bisa diterapkan untuk wallpaper di halaman depan, layar terkunci, atau bahkan saat Always-on-Display aktif. Selain itu, tampilan ikon di HiOS 14 juga sudah diperbarui dengan gaya neomorphism dan efek 3D.

Untuk sektor gaming-nya, Tecno POVA 6 juga sudah menggunakan Game Space 4.0 dan Game Assistant 4.0. Kedua fitur ini bisa mengoptimalisasi pengalaman bermain game jadi lebih seru. Misalnya mengatur penggunaan GPU, memantau jaringan, hingga suhu untuk mencapai performa terbaiknya.

HiOS 14 juga menawarkan fitur pencarian gambar di dalam galeri menggunakan kata kunci yang disebut Smart Search. Fitur ini mengandalkan bantuan AI untuk mengumpulkan dan menampilkan gambar yang sesuai atau memiliki kemiripan.

Last but not least yaitu Dynamic Port 2.0. Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Tecno CAMON 20 Series dan Spark 20 Series pada tahun 2023. Beberapa HP Android lain juga sudah memilikinya dengan nama berbeda, seperti realme dengan Mini Capsule, itel dengan Dynamic Bar, Infinix dengan Magic Ring, atau Xiaomi dengan Dynamic Notch.

Fungsi Dynamic Port 2.0 dari Tecno POVA 6 ini masih sama yaitu membuat notch punch hole menjadi lebih atraktif. Misalnya saat mendapatkan panggilan, pesan, notifikasi aplikasi, baterai, dan beberapa aplikasi lainnya yang sudah didukung.

Kekurangan Tecno POVA 6

Tecno POVA 6 masih menjadi HP kelas menengah yang tidak sempurna. Apalagi harganya yang terjangkau, terdapat beberapa catatan atau hal yang harus diperhatikan sebagai kekurangannya. Nah, berikut beberapa kekurangan dari Tecno POVA 6.

1. Belum Mendukung Jaringan 5G

tecno pova 6

Salah satu kekurangan dari Tecno POVA 6 ini adalah masih belum menggunakan jaringan 5G. Hal ini membuatnya hanya bisa memakai chipset yang mendukung jaringan 4G seperti Helio G99 Ultimate yang dipakainya. Padahal, banyak HP gaming di kelas harganya yang sudah mendukung jaringan 5G dan menggunakan chipset 5G bertenaga.

Meski begitu, Helio G99 Ultimate sudah menjadi salah satu chipset 4G paling tangguh, terutama di kelas menengah. Performa yang dihasilkannya bahkan mampu memainkan beberapa game populer dengan cukup lancar. Tidak hanya mendukung performa gaming tinggi, chipset ini juga dibekali dukungan multimedia yang sudah cukup baik.

Persebaran jaringan 5G di Indonesia juga nyatanya masih belum merata. Masih banyak daerah yang belum mendukung pemakaian koneksi jaringan 5G ini. Namun, jika Anda menginginkan HP untuk penggunaan jangka panjang, memiliki jaringan 5G menjadi pembekalan yang wajib Anda miliki.

2. Tanpa Kamera Ultrawide dan Kualitas 4K

tecno pova 6

Salah satu kekurangan yang mungkin akan jadi bahan pertimbangan lainnya adalah sektor kamera. HP ini tidak dibekali konfigurasi kamera yang lebih lengkap yaitu tanpa kamera ultrawide. Hal ini membuatnya hanya mengandalkan kemampuan kamera utamanya saja.

Selain itu, HP ini juga tidak dibekali kemampuan perekaman video hingga 4K. Meski begitu, menurut saya, perekaman video 2K di kamera depan dan belakang saja sudah cukup oke dan bisa dimaklumi.

Sebagian orang juga mungkin akan mewajarkan kekurangan di sektor ini. Karena sejatinya Tecno POVA 6 adalah sebuah HP gaming dengan harga terjangkau. Bisa dibilang, sektor performanya menjadi yang paling pertama kali dilihat, sedangkan sektor lainnya yang kurang berhubungan dengan performa atau gaming akan dianggap sebagai bonus saja.

Simpulan

Tecno POVA 6 menjadi salah satu HP gaming kelas menengah dengan harga terjangkau yang cukup menarik. Desain bodinya ini unik dengan tema futuristik dan memiliki lampu LED di bagian modul kameranya. Selain itu, ketebalan bodinya juga terbilang tipis, padahal Tecno POVA 6 dibekali baterai jumbo yaitu 6000 mAh.

Kapasitas tersebut tentu mampu menopang berbagai aktivitas harian dengan lama, termasuk bermain game. Helio G99 Ultimate sebagai otaknya pun memiliki efisiensi daya yang baik. Di sisi lain, tentu dengan performa maksimal untuk mendapatkan kenyamanan selama penggunaan gaming.

Kenyamanan bermain game dari Tecno POVA 6 juga sudah didukung oleh beberapa sektor lainnya. Mulai dari Layar AMOLED luas dengan refresh rate tinggi, gyro dan sistem getaran imersif, hingga kapasitas memori yang lega. Sayangnya, Tecno POVA 6 tidak mendukung jaringan 5G sehingga kecepatannya mungkin tidak akan secepat HP lain dengan jaringan 5G.

Nah, setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangannya, apakah Tecno POVA 6 ini masuk ke pilihan HP gaming favorit Anda? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram