carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Tecno POVA 5 Pro 5G dan POVA 6 Pro 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tecno POVA 6 Pro 5G telah diumumkan pada ajang MWC 2024 yang berlangsung pada akhir Februari 2024. Ia merupakan HP gaming yang menyongsong harga mid-range, dibekali cip Dimensity 6080 yang gahar dan sensor giroskop hardware yang responsif.

Baterainya kini lebih besar dibandingkan pendahulunya, Tecno POVA 5 Pro 5G, dan turut membawakan serangkaian peningkatan lain di beragam sektor. Tak hanya unggul di performa, kini POVA 6 Pro 5G punya layar lebih cerah serta kamera dengan resolusi lebih besar.

Agar mengetahui lebih banyak soal dua HP ini, ada baiknya simak perbedaan Tecno POVA 5 Pro 5G dan Tecno POVA 6 Pro 5G berikut ini.

Spesifikasi Tecno POVA 5 Pro 5G

Tecno POVA 5 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6080
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.8 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Tecno POVA 6 Pro 5G

Tecno POVA 6 Pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6080
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) 0.1 MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Tecno POVA 5 Pro 5G dan POVA 6 Pro 5G

Walau berbeda, sejatinya kedua HP ini adalah ponsel gaming yang menarik untuk dibahas. Ini karena keduanya punya performa kencang di harga yang begitu terjangkau. Simak perbedaan Tecno POVA 5 Pro 5G dan Tecno POVA 6 Pro 5G berikut ini.

1. Tampilan Belakang Berubah Drastis

pova 5 pro dan 6 pro_
POVA 5 Pro 5G (kiri), POVA 6 Pro 5G (kanan)

Tecno POVA 5 Pro 5G menghadirkan konsep desain 3D Mecha. Sisi belakangnya tampil bagaikan robot futuristik yang dipenuhi guratan garis bernuansa masa depan.

Terdapat goresan garis engraving yang memenuhi seluruh bodi belakang yang berbalutkan tekstur 3D berpancarkan cahaya. Tersedia pula aksen visual Colorful LED Ambient Light Strip yang menampilkan cahaya warna-warni "RGB".

Cahaya ini akan muncul ketika HP mengalami beberapa kondisi, seperti menerima notifikasi, charging, menerima panggilan telepon. dan masih banyak lagi.

Pada Tecno POVA 6 Pro 5G, desain ini dirombak lagi. Kendati berbeda dari pendahulunya, HP ini tetap menyajikan tampilan Mini LED sebagai penanda notifikasi. Hanya saja, modul kameranya dibuat lebih "mainstream" dengan bentuk persegi yang berisikan tiga lensa, disusun menyerupai bentuk zig-zag seperti pada iPhone 15 Pro.

Rancangan modul kamera tersebut kontras dengan Tecno POVA 5 Pro 5G yang memiliki bentuk tidak biasa — garis pada sisi bawah modul berorientasi diagonal. Entah apa yang ingin dicapai oleh POVA 5 Pro dengan desain demikian, namun tampaknya ini dilakukan untuk semakin mempertegas kesan futuristik.

Kembali ke Tecno POVA 6 Pro 5G, bodi belakang ponsel tampilkan sebanyak 210 LED kecil yang terdiri atas sembilan mode yang berbeda. Dari sembilan mode ini, ponsel dapat menampilkan hingga lebih dari 100 efek pencahayaan yang beragam.

Uniknya lagi, Tecno POVA 6 Pro dapat menampilkan cahaya dari sisi-sisi kamera yang terletak paling tengah. Desain yang dinamakan "Dynamic-Eye" tersebut mengingatkan saya akan arc reactor yang menempel di dada Iron-Man.

Baik POVA 5 Pro maupun POVA 6 Pro tentu memiliki desain yang khas dan sudah dirancang untuk memikat para mobile gamer. Jadi, Anda tinggal perlu pilih yang lebih sesuai dengan selera.

2. Bobot POVA 6 Pro 5G Lebih Ringan

tecno pova 6 pro 5g 1_

Selain desain, dimensi bodi keduanya juga turut berbeda. Tecno POVA 6 Pro 5G diketahui punya bobot 198,3 gram yang lebih ringan dari sebelumnya, yakni 212 gram. Dengan bobot di bawah 200 gram, menjadikan Tecno POVA 6 Pro 5G sebagai opsi gaming ringan yang nyaman digunakan anak-anak.

Selain bobot, ketebalannya pun menyusut cukup banyak dibandingkan sebelumnya, yakni yang semula 9 mm kini hanya 7,9 mm saja. Mengingat kedua HP punya ukuran layar sama, keduanya punya panjang dan lebar yang tidak beda jauh yaitu 168,5 mm x 76,5 mm pada POVA 5 Pro dan 165,5 mm x 76,1 mm pada POVA 6 Pro.

Adapun tambahan menarik lainnya adalah sertifikasi IP53 yang membuat POVA 6 Pro 5G tidak rentan rusak saat terkena tetesan air minum atau gerimis. Fitur ini tidak dimiliki oleh POVA 5 Pro 5G.

3. Memiliki Panel Layar yang Berbeda (IPS vs. AMOLED)

tecno pova 6 pro 5g 2_

Tecno POVA 5 Pro 5G hadir dengan panel IPS LCD sedangkan POVA 6 Pro menggunakan AMOLED. Keduanya memiliki ukuran 6,78 inci pada resolusi Full HD+, serta memiliki refresh rate 120 Hz.

Panel AMOLED dapat menampilkan tampilan layar yang lebih berwarna dan cerah, Kecerahan layar POVA 6 Pro 5G juga diketahui mampu mencapai 1.300 nit (puncak). Meningkat drastis dari POVA 5 Pro 5G dengan kecerahan puncak 580 nit.

4. Lokasi Sensor Sidik Jari Berbeda

pova 6 pro 5g_

Karena memiliki layar AMOLED, Tecno pun berkesempatan untuk menyuguhkan POVA 6 Pro 5G dengan sensor sidik jari di layar (in-display fingerprint). Ini berbeda dengan Tecno POVA 5 Pro 5G yang masih memakai sensor di samping (side-mounted fingerprint).

Sensor sidik jari pada Tecno POVA 5 Pro 5G terletak di tombol power, memberikan sensasi pembukaan kunci yang terasa natural. Namun kalau bicara eksklusivitas, POVA 6 Pro 5G terasa lebih premium karena tidak semua HP sanggup hadirkan sensor di layar.

5. Resolusi Kamera Ditingkatkan

tecno pova 5 pro 5g featured image_

Di atas kertas, Tecno POVA 5 Pro memiliki dua kamera di punggung yaitu sensor 50 MP wide-angle dan kamera 0,08 MP auxiliary lens. Namun, yang sebenarnya berfungsi hanyalah kamera utamanya saja.

Pada Tecno POVA 6 Pro 5G, jumlah kamera belakang kini ada tiga. Kamera pertama pun alami peningkatan resolusi menjadi 108 MP, serta mendukung in-sensor zoom hingga 10 kali. Dua kamera lainnya mengusung resolusi 2 MP dan 0,08 MP. Kedua HP turut dibekali dual LED Flash.

Beralih ke sisi depan, POVA 5 Pro 5G memiliki resolusi 16 MP sedangkan POVA 6 Pro 5G beresolusi 32 MP. POVA 5 Pro juga hanya mendukung resolusi perekaman 1080p 30 FPS di kamera depan. Angka ini ditingkatkan lagi pada POVA 6 Pro 5G, kini mendukung resolusi 1200p di 30 FPS.

Satu perbedaan lagi, kini POVA 6 Pro 5G memiliki dual LED Flash di sisi depan alih-alih hanya di belakang saja seperti pada POVA 5 Pro 5G.

6. Kapasitas Baterai dan Daya Fast Charging Alami Perubahan

tecno pova 5 pro 5g featured image 2_

Kapasitas baterai pada Tecno POVA 5 Pro 5G adalah 5.000 mAh, besaran baterai yang standar di industri HP. Pada POVA 6 Pro 5G, kapasitas ini sedikit ditingkatkan menjadi 6.000 mAh. Otomatis, ini membuat daya tahan baterainya lebih awet saat melakukan tugas harian atau bermain game.

Saya meyakini baterai POVA 6 Pro 5G lebih tahan lama dari pendahulunya. Bukan hanya karena baterai yang lebih besar, melainkan juga karena layar AMOLED miliknya punya efisiensi daya yang lebih tinggi.

Selain itu, POVA 5 Pro 5G dibekali dengan fast charging 68 watt, sedikit lebih kecil dari POVA 6 Pro dengan daya 70 watt. Karena perbedaan tersebut terlampau kecil, POVA 5 Pro 5G tetap membutuhkan durasi charging lebih cepat dibandingkan penerusnya.

Diketahui, POVA 5 Pro 5G hanya butuh 15 menit untuk isi daya hingga 50 persen. POVA 6 Pro diklaim membutuhkan waktu 20 menit untuk terisi hingga 50 persen. Adapun POVA 6 Pro 5G juga mendukung pengisian daya terbalik (reverse charging) dengan daya 10 watt melalui kabel.

7. Dirilis dengan Versi OS yang Berbeda

tecno pova 5 pro desain_

Tecno POVA 6 Pro 5G yang memang memiliki umur lebih muda, dirilis menggunakan Android 14 berselimutkan HiOS 14. Ini adalah versi OS paling baru untuk HP keluaran tahun 2024 awal. Di sisi lain, POVA 5 Pro 5G dirilis menggunakan Android 13 dengan antarmuka HiOS 13.

Mengingat keduanya tidak dijanjikan akan mendapatkan masa dukungan update OS yang panjang, saya menyarankan pengguna memilih POVA 6 Pro 5G. Sebab, jika berniat menggunakan HP untuk jangka panjang, software dan fitur keamanan POVA 5 Pro 5G akan lebih cepat "usang" ketimbang POVA 6 Pro 5G.

Anda setidaknya bisa mengharapkan satu kali pembaruan versi Android dan dua tahun pembauran patch keamanan. Jadi, lumrah mengasumsikan POVA 6 Pro akan bisa di-upgrade hingga Android 15, sedangkan POVA 5 Pro hanya mentok di Android 14 saja.

Simpulan

Sebagai HP gaming, kedua seri Tecno POVA ini benar-benar tahu caranya mengambil hati para gamer. Berada di kelas mid-range, keduanya punya kesempatan menjangkau lebih banyak audience dibandingkan ASUS ROG Phone 8 yang harganya selangit.

Tecno POVA 5 Pro 5G rilis di Indonesia dengan harga Rp2.999.000 pada 1 Agustus 2023. Saat artikel ini ditulis per awal Maret 2024, belum diketahui kapan POVA 6 Pro 5G rilis di Indonesia. Namun, HP ini dipastikan muncul di pasaran Filipina pada awal Maret 2024 dengan harga 229 dolar AS (sekitar Rp3,5 jutaan).

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram