carisinyal web banner retina

Yuk, Intip 7 Perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4

Ditulis oleh Aris Wibowo

Setelah sukses menghadirkan Tecno POVA 3, Tecno Mobile memperkenalkan smartphone terbaru guna mengisi persaingan di pasar ponsel Android gaming murah pada Oktober 2022. Smartphone terbaru tersebut bernama Tecno POVA 4.

HP Android ini dibekali sejumlah keunggulan, mulai dari layar IPS yang lebar dan baterai berkapasitas besar. Diharapkan kombinasi layar, chipset dan baterai ini akan memaksimalkan komunikasi dan performa bermain gim untuk anak muda. 

Tentu, menarik membandingkan Tecno POVA 4 dengan seri sebelumnya, yakni Tecno POVA 3. Pasalnya, Tecno memasarkan kedua produk ini dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Apa saja perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4? Seperti apa fitur baru yang ditawarkan? Simak ulasannya di bawah ini. 

Spesifikasi Tecno POVA 3

Tecno Pova 3
Layar IPS LCD 6.9 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (AI) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Tecno POVA 4

Tecno Pova 4
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4

Tentu menarik melihat update yang akan ditawarkan dalam Tecno POVA 4. Mana yang terbaik di antara keduanya? Simak perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 di bawah ini.

1. Sama-sama Desain Plastik, Beda Corak

cover Tecno POVA 3
Desain Tecno Pova 3

Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 hadir untuk mengisi pasar ponsel mid-range harga terjangkau. Maka, tidak heran produsen masih menggunakan desain yang tidak berbeda jauh dan masih menggunakan desain bodi plastik.

Kalau Anda perhatikan, desain bodi Tecno POVA 3 tampak lebih minimalis. Kamera belakang HP gaming terbaru ini kembali ke model lawas, dengan kamera yang tanpa modul. Di bodi belakang ini terdapat 3 buah kamera besar berjejer ke bawah dilengkapi 2 buah LED Flash

Fitur unggulan di HP Tecno ini ialah adanya LED Strip pada bagian tengah bodi belakang. LED ini bisa menyala untuk berbagai skenario, seperti untuk pemberitahuan notifikasi, panggilan masuk, atau hal lainnya. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk varian warna biru saja.

tecno pova 4_
Desain Tecno Pova 4

Sementara itu, desain bodi Tecno POVA 4 lebih nampak solid dan minimalis dengan dua buah kamera berjejer ke bawah tanpa modul kamera dan di sampingnya ada 1 buah LED Flash. Bodi belakangnya dibuat bercorak dan bertekstur, sehingga akan nyaman digenggam untuk bermain gim maupun kegiatan lainnya.  

Melihat lebih detail lagi, desain bodi belakang POVA 4 ini sangat futuristik. Desain ini terinspirasi dari sebuah pola meteor luar angkasa bernama Widmanstatten. Desain bodi belakang ini kian mempertegas ketangguhan HP ini untuk digunakan bermain gim.

Membahas sisi depan, kedua HP Tecno POVA series ini memiliki desain bodi depan yang masih serupa. Keduanya juga menggunakan model kamera depan yang sama, yakni punch hole yang terletak di tengah layar.

Membahas dimensi, Tecno POVA 3 memiliki ukuran bodi 173,1 x 78,5 x 9,4 mm. Untuk Tecno POVA 4 memiliki ukuran 170,6 x 77,5 x 8,7 mm. Demi kenyamanan penggunaan dalam waktu lama, tentu POVA 4 lebih nyaman karena memiliki bodi bertekstur dan dimensi yang lebih ramping. Akan tetapi, untuk desain bodi yang lebih keren dan unik, jelas POVA 3 lebih unggul. 

2. Layar Sama-sama Luas, Beda Resolusi

Tecno POVA 3
Layar Tecno POVA 3

Perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 selanjutnya ialah layar. Memang, secara fisik kedua layar HP Android ini sama-sama luas namun ternyata mengusung ukuran dan resolusi yang berbeda. 

Tecno POVA 3 sudah menggunakan layar panel IPS berukuran lebar yakni 6,9 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2460 piksel. Sedangkan Tecno POVA 4 menggunakan layar panel IPS berukuran 6,82 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel.

Keduanya sudah dilengkapi refresh rate yang sama, yakni 90 Hz. Keunggulan layar POVA 3 ialah sudah memiliki sudut penglihatan yang baik dan memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal. Layar ini juga mampu menampilkan warna lebih banyak dan memesona.

tecno pova 4 layar_
Tecno POVA 4

Layar POVA 4 memang tidak terlalu detail, mengingat resolusi layar yang lebih kecil. Penggunaan resolusi layar HD ini membuat layar bisa lebih hemat daya. 

Kelebihan lainnya ialah, walaupun hanya menggunakan panel IPS, layarnya masih memberikan pengalaman visual yang tajam. Selain itu, pinggiran layar HP ini lebih tipis dibanding generasi sebelumnya. Ini membuat layar lebih tampak luas dan pengalaman bermain gim atau menonton lebih seru tidak terganggu pinggiran layar.

Untuk perlindungan layar dari goresan, untungnya kedua layar sudah dibekali anti gores yang merknya belum jelas.

3. Pakai MediaTek Helio, Beda Seri

performa Tecno POVA 3_

Perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 memang mencolok di bagian mesin. Pasalnya, produsen Tecno menggunakan chipset berperforma tinggi di kelasnya harganya. Keduanya sama-sama menggunakan chipset MediaTek Helio, tapi berbeda seri.

Membedah Tecno POVA 3, smartphone 4G ini menggunakan chipset MediaTek Helio G88. Ini merupakan SoC dengan fabrikasi 12nm yang memiliki konfigurasi octa-core, yakni 2 unit Cortex A75 (2 GHz) dan 6 inti Cortex A55 (1,8 GHz). Tecno juga menghadirkan sistem pendingin berbasis hardware yang menjamin performa lebih stabil.

Untuk menunjang performa gaming yang lancar pada kedua perangkat, Tecno Mobile juga menghadirkan GPU Mali G52 MC2 dan RAM 4 atau 6 GB. Untuk penyimpanan, HP Android ini sudah dibekali memori internal 64 GB atau 128 GB. Kelebihan dapur pacu ini, pada POVA 3 terdapat teknologi Memory Fusion yang membuat RAM bisa ditambah sampai 5 GB.

tecno pova 4 chipset_

Hal yang lebih baru, akan Anda temukan dalam POVA 4. Produsen menggunakan chipset MediaTek Helio G99. Ini merupakan prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 performa tinggi dengan kecepatan 2,2 GHz dan enam buah Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz untuk efisiensi daya.

Agar performanya kian optimal, chipset ini disokong GPU Mali G57 serta dukungan RAM LPDDR4X 8GB  dan memori penyimpanan 128 GB. Tidak berbeda dengan seri POVA sebelumnya, terdapat juga Memory Fusion yang membuat RAM bisa ditambah sampai 5 GB.

Lalu, bagaimana dengan hasil pengujian AnTuTu? Menurut akun YouTube FlashGadget, Tecno POVA 3 dengan Helio G88 hanya mencetak skor 252.229. Menurut Nanoreview, HP ini menjadi HP dengan MediaTek G88 terkencang saat ini. 

Sementara itu, kalau Anda menengok hasil skor AnTuTu Helio G99 di Nanoreview, Anda akan menemukan skor 373.074. Skor yang sangat tinggi, sehingga dipastikan performa Tecno POVA 4 akan anti lag.

Dari perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 di atas, tampak Tecno POVA 4 memiliki performa yang lebih baik karena memiliki chipset generasi terbaru dan didukung RAM besar pula.

4. Konfigurasi Kamera Belakang yang Sedikit Beda

Tecno POVA 3
Kamera Tecno POVA 3

Perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 berikutnya adalah kamera. Memang sektor kamera bukanlah sektor unggulan di HP ini. Walaupun demikian, Tecno Mobile berusaha menghadirkan kamera dengan kualitas mumpuni agar pengguna tetap bisa memakai HP ini untuk memotret dan merekam, bukan sekadar alat untuk bermain gim saja.

Dalam Tecno POVA 3, Anda akan mendapati 3 kamera belakang yang diklaim cukup mumpuni untuk harian yakni kamera utama 50 MP dengan bukaan sensor f/1.8 PDAF. Untuk kamera kedua ialah kamera ultra-wide 2 MP dan kamera ketiga merupakan kamera makro 2 MP. Ketiga kamera tersebut akan ditemani Quad LED untuk penerangan kala berfoto di malam hari.

Mode yang ditawarkan memang sederhana termasuk Portrait, Beauty, AI Cam, Panorama, AR Shot, Ultra HD, Slow Motion, Pro Mode, Time Lapse dan Short Video. Menariknya dalam mode short video, Anda bisa menambahkan audio dan filter.

Perihal perekaman video, resolusi 2K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 2K 30 fps. Menariknya, audio yang dihasilkan video cukup jelas dan bersih.

tecno pova 4 camera_
Kamera Tecno Pova 4

Untuk Tecno POVA 4, Anda akan mendapati dua kamera belakang saja. Pada HP ini, Tecno hanya menghadirkan kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8. Untuk kamera kedua, Tecno kabarnya menghadirkan kamera AI 2 MP. 

Teknologi AI yang dihadirkan diklaim mampu membuat hasil foto lebih jelas meski di kondisi banyak cahaya maupun minim cahaya. Untuk penerangan, HP ini hanya mengandalkan Dual LED Flash saja. 

Untuk persamaan, kedua HP Tecno ini masih menggunakan kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang sudah dibekali Dual LED di POVA 3 dan single LED di POVA 4.

Meski sama-sama menggunakan kamera utama 50 MP dan kamera depan 8 MP, ternyata hasil kamera POVA 4 lebih tajam dan lebih akurat warnanya. Hal ini disebabkan penggunaan chipset MediaTek G99 yang mendukung sektor fotografi yang lebih baik dibanding G88.

5. Konektivitas dan Kelengkapan Sensor

Tecno POVA 3

Konektivitas kedua HP Tecno ini juga tidak berbeda jauh. Kedua HP Android terbaru ini sama- sama sudah menggunakan jaringan 4G belum 5G. Untuk Bluetooth, POVA 4 dilengkapi Bluetooth 5.2 dan POVA 3 masih dilengkapi Bluetooth 5.0. Untuk WiFi, keduanya masih menggunakan WiFi 5. Kedua HP Android 4G ini juga sudah dilengkapi fitur NFC dan fitur USB Type C.

HP Android ini ternyata juga memiliki sensor yang lengkap mulai sensor sidik jari, sensor akselerometer, sensor kompas dan sensor proksimitas. Bedanya POVA 4 sudah dibekali sensor Gyro. Dengan adanya sensor Gyro di POVA 4 semakin mempertegas aura gaming di HP ini. 

Sensor Gyroscope memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan. Memang sensor ini lebih condong digunakan untuk bermain gim seperti pada gim PUBG Mobile. Tanpa sensor ini Anda tidak bisa mengendalikan bidikan dengan cara menggerakkan ponsel.

6. Beda Kapasitas Baterai dan Pengisian Cepat

tecno pova 4 baterai_

Sektor ini menjadi nilai lebih dari produk-produk Tecno Mobile selama ini. Produsen ini menyadari bahwa HP gaming itu harus tahan lama digunakan. Maka, dalam dua smartphone ini, terpasang baterai berkapasitas jumbo, yakni 7000 mAh di POVA 3 dan 6000 mAh di POVA 4. 

Anda pun dapat menggunakan HP ini lebih lama dalam sekali isi daya. Tecno bahkan mengklaim produk ini dapat digunakan selama dua hari untuk aktivitas harian dan gaming.

Yang menjadi perbedaan Tecno POVA 3 dan Tecno POVA 4 ialah adanya fitur pengisian cepatnya. Fitur Flash Charge 33 W di POVA 3 Ini cukup unik karena dalam paket penjualan, HP Android ini hanya mendukung input 25 W saja. Namun, Tecno memberikan adaptor 33 W. 

Sedangkan POVA 4 dibekali fitur Flash Charge 18 W saja. Meski mengusung fitur pengisian cepat yang biasa, namun, baterai HP ini sudah cukup awet karena menggunakan resolusi layar yang lebih kecil.

7. Varian dan Harga Rilis

Tecno POVA 3

Tecno POVA 4 Dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp2,399 jutaan untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Untuk seri ini Tecno menghadirkan pilihan warna abu-abu dan biru.

Sedangkan Tecno POVA 3 dipasarkan dengan harga Rp2,59 juta untuk varian warna hitam dan silver. Sedangkan varian biru dengan LED diharga Rp2,9 juta. Semua varian memakai RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. 

Simpulan

Tecno POVA 4 hadir untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan bermain gim di perangkat harga yang terjangkau. Mengandalkan layar lebar dan chipset MediaTek Helio generasi terbaru, HP ini sangat cocok untuk anak muda indonesia yang gemar gim mobile

Dukungan chipset mediatek G99 dan RAM besar memang memberikan performa yang sangat menonjol. Anda tidak akan menemukan lag kala membuka banyak aplikasi atau bermain gim. Memang layarnya yang lebar memberikan keseruan tersendiri kala bermain gim. Sayangnya, layar ini mengusung resolusi HD+ saja.

Sementara itu, POVA 3 hadir dengan desain yang unik di pilihan warna biru. Layarnya cukup besar dan mampu menampilkan warna yang detail dan tajam. Baterai yang dihadirkan juga cukup besar dan awet digunakan. Sayangnya, untuk chipset, performanya sudah tertinggal karena seri lama.

Kedua HP Tecno ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, tampaknya Tecno POVA bisa menjadi pilihan yang menarik ditengah banyaknya ponsel baru yang memakai chipset MediaTek G99.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram