carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar nama Tecno, sekarang adalah waktu yang pas untuk mengenal sister company dari itel dan Infinix ini. Masih berada di bawah naungan Transsion Holdings, brand Tecno sering hadirkan ponsel kaya fitur pada segmen murah dan menengah.

Kali ini, Tim Carisinyal akan membahas tuntas mengenai Tecno Camon 19 Pro, smartphone kelas menengah yang tidak hanya unggul di sisi performa melainkan juga fotografi. Selain itu, ponsel ini akan memanjakan indra visual pengguna dengan layar yang mulus serta desain modern yang aesthetic.

Tecno Camon 19 Pro sendiri telah dirilis pada kuartal kedua 2022 di beberapa negara. Di Indonesia, ponsel ini hadir akhir 2022.

Pada tabel di bawah ini, Anda akan melihat beberapa poin kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 19 Pro.

KelebihanKekurangan
Performa Helio G96 yang Tangguh untuk Gim Berat
Layar Besar 6,8 Inci dengan Refresh Rate 120 Hz
64 MP Triple Camera dengan Lensa Telefoto
Tersedia Konektivitas NFC
Baterai Awet 5.000 mAh dengan Fast Charging Ngebut 33 W
Desain Bodi yang Trendi dan Kece + Bezel
Tanpa Seritifikasi IP
Tanpa Stereo Speaker
Tanpa Ultrawide
Pengalaman Videografi Kurang Nyaman

Jika menginginkan penjelasan lebih lanjut, Anda bisa simak penjabaran poin-poin di atas dengan detail lebih lengkap berikut ini.

Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro_
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 50 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Camon 19 Pro

Sejumlah highlight yang menjadi kelebihan utama Tecno Camon 19 Pro terletak pada performa gim, desain, layar berukuran besar, serta kemampuan fotografi yang oke punya. Kira-kira ada apa lagi, ya? Langsung simak saja poin kelebihannya berikut ini.

1. Performa Helio G96 yang Tangguh untuk Gim Berat

helio g96Sumber: realme

Untuk smartphone yang menggunakan jaringan seluler 4G di kelas menengah, salah satu opsi terbaiknya memang Helio G96 dari MediaTek. Meski kini sudah ada Helio G99 yang performanya lebih tinggi, Helio G96 tetap jadi salah satu chipset yang tenaganya paling kuat untuk mengangkat gim tanpa patah-patah.

Tecno Camon 19 Pro termasuk salah satu mid-range yang gunakan chipset tersebut. Untuk spesifikasinya, Helio G96 dibangun atas fabrikasi 12 nm FinFET dari TSMC, menghadirkan dua inti berkinerja tinggi ARM Cortex A76 (2.05 GHz) serta enam unit hemat daya ARM Cortex A55 (2.0 GHz).

Agar dapat mengolah rendering grafis dengan optimal, disediakan GPU berupa Mali G57 MC2 berfrekuensi 950 MHz. Ketimbang Helio G95 yang jadi pendahulunya, GPU pada G96 memang menurun lantaran hanya suguhkan sebanya dua execution unit alih-alih empat.

Walau demikian, Helio G96 kini mendukung display dengan refresh rate 120 Hz pada resolusi Full HD+, tidak lagi sekadar 90 Hz seperti Helio G95. Selain itu, Helio G96 juga mendukung hingga memori internal UFS 2.2 serta mendukung Bluetooth 5.2.

Maksimal resolusi kamera yang didukung chipset ini juga meningkat, dari yang semula hanya 64 MP menjadi 108 MP. Tapi sayangnya, Tecno Camon 19 Pro tidak manfaatkan hal ini lantaran "hanya" suguhkan kamera utama 64 MP.

Tecno Camon 19 Pro disandingkan dengan dua opsi konfigurasi memori, yakni RAM 8 GB/128 GB dan RAM 8/256 GB. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan keseluruhan storage internal untuk gim dan aplikasi, sayangnya ponsel ini tidak sediakan slot memori eksternal sama sekali.

Dilansir dari Nano Review, Tecno Camon 19 Pro adalah ponsel dengan Helio G96 yang punya skor AnTuTu v9 tertinggi, yaitu 348.212 poin. Posisi Tecno Camon 19 Pro mengalahkan sejumlah HP Helio G96 lainnya, seperti Infinix Note 12 G96, Infinix Note 11S, Infinix Note 11 Pro, dan sang pendahulunya yaitu Tecno Camon 18 Premier.

Menurut pengujian oleh YouTuber bernama PhoneBar, Tecno Camon 19 Pro bahkan sanggup memainkan Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi (Highest 60 FPS).

Kendati frame rate-nya sungguh terlihat patah-patah (kemungkinan struggle di antara 23-27 FPS), tapi masih passable bagi pemain yang tidak picky. Toh jika memang ingin rasakan frame rate lebih lancar, tinggal turunkan saja grafisnya menjadi High atau Medium.

2. Layar Besar 6,8 Inci dengan Refresh Rate 120 Hz

tecno camon 19 pro layar_

Mayoritas smartphone yang dihadirkan di pasaran membawakan ukuran layar 6,5 inci. Jika Anda membutuhkan ukuran layar yang beda dan unik, bisa memilih Tecno Camon 19 Pro yang hadirkan dimensi badag yaitu 6,8 inci.

Karena ini HP mid-range, resolusinya tentu saja berada di 1080 x 2460 piksel alias Full HD+. Selain itu, tingkat kerapatan pikselnya juga sungguh tajam di angka 395 ppi. Berdasarkan pengujian GSM Arena, ketajaman layar tidak hanya terlihat unggul di atas kertas saja, melainkan di dunia nyata.

Sayangnya ponsel ini hanya mendukung panel IPS LCD ketimbang AMOLED seperti para pesaingnya di harga menengah. Tingkat kecerahan layarnya mencapai 479 nit dengan rasio kontras 1597:1.

Disebutkan pada laman pengujian GSM Arena, HP ini tidak memiliki mode auto brightness seperti HP lain pada umumnya. Jadi, kecerahan 479 nit di HP ini adalah dengan memaksimalkan kecerahan pada slider secara manual.

Layar ponsel diketahui menargetkan gamut warna DCI-P3, sehingga hasilkan reproduksi warna yang colorful dan menggigit. Tecno Camon 19 Pro tidak suguhkan mode HDR di layarnya, namun mendukung sertifikasi DRM Widevine L1 agar dapat menikmati konten HD pada platform OTT (over-the-top).

Tecno Camon 19 Pro turut mengikuti tren zaman kini yang hadirkan refresh rate tinggi. Diketahui, ponsel menengah ini dikemas dengan refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Tidak hanya bikin nyaman scrolling antarmuka, layar juga jadi lebih responsif saat bermain gim.

Menurut pengujian GSM Arena, laju penyegaran 120 Hz ini sungguh bekerja dengan baik pada gim-gim yang mendukungnya, seperti Dead Trigger 2 dan Alto's Odyssey.

3. 64 MP Triple Camera dengan Lensa Telefoto

tecno camon 19 pro kamera_

Tecno Camon 19 Pro menawarkan konfigurasi kamera yang sungguh unik di kelas harganya. Sebagai kamera utamanya, ia mengusung resolusi 64 MP (f/1.6) dengan focal length 26 mm dan ukuran sensor 1/1.7 inci. Untuk kamera keduanya, hadir sensor telefoto 50 MP (f/2.0) dengan focal length 50 mm yang sanggup lakukan zoom optik 2x.

Barulah untuk kamera ketiganya, merupakan sensor yang tujuannya hanya sekadar "meramaikan" saja yakni sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Berkat kamera ini, "judul" pada konfigurasi kamera di Tecno Camon 19 Pro tidak lagi Dual Camera melainkan Triple Camera.

Alhasil, jadi terdengar atraktif untuk dipasarkan, kendati kamera 2 MP bisa saja ditiadakan lantaran fungsi depth sensor bisa tergantikan oleh software. Oh, dan menariknya, terdapat fitur OIS pada kamera utama. Ini dapat meningkatkan pengalaman saat memotret dan merekam video.

Dengan kamera 64 MP sebagai sensor utamanya, perangkat menggunakan teknologi Quad Bayer yang dapat menyatukan empat piksel berdekatan menjadi satu piksel raksasa.

Dengan begini, hasil output foto menjadi 16 MP. Tecno Camon 19 Pro disinyalir sebagai ponsel pertama yang gunakan sensor ISOCELL RGBW sehingga mampu menangkap 30% lebih banyak cahaya. Berikut ini sejumlah sampel foto dari kamera Tecno Camon 19 Pro.

tecno camon 19 pro kamera sampel_Sumber: GSM Arena
Kamera default 16 MP
tecno camon 19 pro kamera telefoto 2x zoom_Sumber: GSM Arena
Kamera telefoto, zoom optik 2x
tecno camon 19 pro kamera sampel super night mode_Sumber: GSM Arena
Super Night Mode, kamera utama

Kualitas foto di siang hari melalui kamera utama terbilang oke. Pencahayaannya baik dengan detail yang terjaga. Akan tetapi, reproduksi warnanya kurang nendang seperti ponsel pada umumnya. Untungnya, terdapat opsi untuk mengaktifkan mode AI Color Enhancer untuk membuat warnanya lebih mengigit.

tecno camon 19 pro kamera sampel selfie portrait_Sumber: GSM Arena
Selfie portrait 32 MP

Tecno Camon 19 Pro hadir dengan kamera depan beresolusi 32 MP. Sensor yang digunakan adalah Samsung ISOCELL S5KGD2, Sensor ini hadir dengan teknologi Quad Bayer yang akan menampilkan foto 8 MP pada selfie portrait.

Menurut GSM Arena, hasil foto 8 MP tersebut lebih baik ketimbang hasil 32 MP yang di-upscale, karena tampilkan warna kulit, tekstur, dan ketajaman lebih baik.

4. Tersedia Konektivitas NFC

tecno camon 19 pro nfc_

Ponsel kelas menengah tidak akan pernah lengkap tanpa NFC (Near Field Communication). Apalagi mengingat NFC sudah menjadi fitur merakyat yang disuguhkan pada ponsel terjangkau. Untuk itu, Tecno Camon 19 Pro yang pakai NFC ini sangat layak dihargai.

Dengan NFC, pengguna kini bisa mengisikan saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bodi belakang HP. Memudahkan pengendara roda empat saat hendak melalui tol atau parkir.

Selain NFC, ponsel juga menyediakan sarana konektivitas lain seperti Bluetooth, A-GPS, FM Radio, serta port USB Type-C yang mendukung antarmuka on-the-go. Masih disediakan pula port audio jack agar dapat menghubungkan earphone kabel tanpa adapter.

5. Baterai Awet 5.000 mAh dengan Fast Charging Ngebut 33 W

tecno camon 19 pro baterai_

Baterai menjadi sarana terpenting pada sebuah smartphone, apalagi jika Anda senang beraktivitas di luar ruangan. Jangan khawatir soal ketahanan baterai Tecno Camon 19 Pro, karena ia suguhkan kapasitas besar 5.000 mAh yang begitu awet.

Kendati Helio G96 di HP ini dibangun atas proses fabrikasi 12 nm alih-alih 6 nm seperti Helio G99, tapi ketahanan baterai HP ini tetap tangguh. GSM Arena menyampaikan Techo Camon 19 Pro meraih endurance rating sebesar 121 jam.

Durasi tersebut mencakup dengan ketahanan panggilan telepon selama 37 jam 13 menit, browsing selama 15 jam, serta video playback nyaris 17 jam.

Sebagai perbandingan, HP ini masih lebih unggul ketimbang Redmi Note 11 Pro (5.000 mAh) dengan endurance rating 100 jam. Namun, masih kalah dengan Samsung Galaxy A23 (5.000 mAh) dengan skor 130 jam.

Tidak lupa, Tecno Camon 19 Pro juga dibekali fast charging 33 W yang sanggup mengisikan daya ponsel dengan begitu cepat. Mengutip hasil pengujian GSM Arena, ponsel dapat mencapai baterai 47% setelah dicas selama 30 menit. Sedangkan untuk durasi 0-100%, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 28 menit.

6. Desain Bodi yang Trendi dan Kece + Bezel

tecno camon 19 pro desain_

"Modern" adalah satu kata yang paling tepat menggambarkan desain dari Tecno Camon 19 Pro. Penuils masih ingat betapa produsen smartphone sering hadirkan camera bump berbentuk persegi panjang pada setiap produknya.

Model camera bump tersebut begitu cepat menjadi saturated, dan kini sudah saatnya ada produsen yang berani tawarkan desain berani dan benda.

Tecno Camon 19 Pro menampilkan dua bulatan lensa besar di pojok kiri atas. Yang satu mencakup kamera utama, dan satunya lagi menampung dua kamera pendampingnya. Di sebelahnya, ada lampu LED Flash.

Tidak hanya cantik, bodi HP ini juga dirancang untuk berikan pengalaman genggam terbaik. Tidak lagi hadirkan sisi melengkung seperti tren yang sempat berlangsung, kini sisi bodi dibuat flat dengan keempat ujung segi rounded.

Beralih ke sisi depan, ponsel memiliki desain kamera bulatan punch hole dengan bezel yang begitu tipis di sisi kiri, kanan, dan atasnya. Tecno menyebutkan bahwa bezel tersebut memiliki ketebalan 0,98 mm.

Bagian frame dan belakang bodi terbuat dari plastik polycarbonate dengan finishing yang dirancang agar tak mudah dihinggapi noda sidik jari. Bodi ponsel juga tergolong cukup tipis di angka 8,6 mm, dengan bobot yang mencapai 204 gram.

Ada dua opsi warna yang bisa Anda pilih untuk ekspreksikan diri, yakni Polar Blue yang bisa berubah-rubah warna, serta Eco Black yang tawarkan warna hitam elegan. Jika tampilan desain adalah salah satu aspek terpenting yang diprioritaskan, Anda tidak akan kecewa dengan Tecno Camon 19 Pro.

Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro bukanlah satu-satunya HP mid-range dengan kualitas yang worth it. Mengingat persaingan yang cukup ketat, wajar jika ada beberapa hal yang rivalnya lebih kuasai. Berikut adalah sejumlah kekurangan dari Tecno Camon 19 Pro.

1. Tanpa Seritifikasi IP

tecno camon 19 pro tanpa ip rating_

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Ponsel yang tidak menyuguhkan sertifikasi anti-air akan berisiko cepat rusak, terutama jika pengguna berada di lokasi dengan curah hujan tinggi. Itu mengapa, absennya Ingress Protection pada Tecno Camon 19 Pro cukup disayangkan.

Padahal, smartphone kelas mid-range yang tawarkan IP67 cukup banyak, sebut saja Samsung Galaxy A53 5G dan Galaxy A33 5G. Ponsel Galaxy A series dari Samsung memang terkenal akan keberadaan IP Rating. Tidak hanya tahan terhadap percikan air, IP67 bisa buat ponsel tahan dari kerusakan meski sudah terendam.

2. Hanya Hadirkan Mono Speaker

tecno camon 19 pro mono speaker_

Tecno Camon 19 Pro masih jadi salah satu ponsel menengah yang tawarkan port audio 3.5 mm jack. Meski demikian, ponsel ini nyatanya punya kualitas speaker yang terlampau standar atau biasa-biasa saja.

Hal ini disebabkan oleh tidak adanya speaker ganda untuk berikan kualitas suara seimbang antara kiri dan kanan. GSM Arena menyebutkan bahwa kualitas suara dari speaker HP ini tergolong Average dengan skor kelantangan -28,7 LUFS.

3. Tidak Sediakan Kamera Ultrawide

tecno camon 19 pro tanpa ultrawide_

Konfigurasi kamera Tecno Camon 19 Pro layak dipuji karena suguhkan resolusi besar sebagai sensor depan dan belakangnya. Namun, absennya kamera ultrawide di HP ini bisa jadi deal-breaker.

Hadir dengan Triple Camera, Tecno malah memilih untuk hadirkan kamera depth sensor sebagai sensor ketiganya alih-alih ultrawide. Padahal, lumrahnya HP kelas menengah sudah pakai kamera ultrawide, sehingga membuat Tecno Camon 19 Pro kalah saing dengan rivalnya.

4. Pengalaman Perekaman Video Kurang Menyenangkan

tecno camon 19 pro pengalaman videografi_

Meski dibekali dengan OIS dan gyro-EIS sebagai stabilisasinya, GSM Arena menyebutkan hasil rekaman video masih tetap shaky. OIS tidak banyak membantu untuk meredam guncangan pada kamera utama.

Sementara, gyro-EIS disebutkan hanya mampu meredam guncangan kencang namun tidak dapat meredakan guncangan-guncangan kecil yang membuat video tidak nyaman dilihat.

Kamera utama dan kamera selfie mendukung perekaman hingga resolusi 1440p pada kecepatan 30 FPS. Sedangkan, kamera telefoto hanya mendukung hingga 1080p, juga pada 30 FPS.

Kamera belakang HP ini tidak mendukung resolusi 4K, sehingga tidak akan begitu leluasa ketika hendak mengeditnya dalam aplikasi pengedit video. Video dengan resolusi rendah juga akan memiliki kualitas lebih buruk saat melalui proses kompresi oleh algoritma Instagram.

Simpulan

Tecno Camon 19 Pro dirilis dengan harga 280 dolar AS atau setara dengan Rp4,14 juta setelah dikonversi. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan layar besar 6,8 inci dengan refresh rate 120 Hz, performa gahar untuk gaming Helio G96, baterai super awet, dan NFC.

Aspek fotografi juga dikuasai oleh Tecno Camon 19 Pro, menyuguhkan lensa telefoto untuk memotret jarak jauh dengan kualitas detail dan ketajaman yang oke. Cukup disayangkan, HP ini tidak menyediakan kamera ultrawide dan stereo speaker.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram