Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar nama Tecno, sekarang adalah waktu yang pas untuk mengenal sister company dari itel dan Infinix ini. Masih berada di bawah naungan Transsion Holdings, brand Tecno sering hadirkan ponsel kaya fitur pada segmen murah dan menengah.

Kali ini, Tim Carisinyal akan membahas tuntas mengenai Tecno Camon 19 Pro, smartphone kelas menengah yang tidak hanya unggul di sisi performa melainkan juga fotografi. Selain itu, ponsel ini akan memanjakan indra visual pengguna dengan layar yang mulus serta desain modern yang aesthetic.

Tecno Camon 19 Pro sendiri telah dirilis pada kuartal kedua 2022 di beberapa negara. Di Indonesia, ponsel ini hadir akhir 2022.

Pada tabel di bawah ini, Anda akan melihat beberapa poin kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 19 Pro.

KelebihanKekurangan
Performa Helio G96 yang Tangguh untuk Gim Berat
Layar Besar 6,8 Inci dengan Refresh Rate 120 Hz
64 MP Triple Camera dengan Lensa Telefoto
Tersedia Konektivitas NFC
Baterai Awet 5.000 mAh dengan Fast Charging Ngebut 33 W
Desain Bodi yang Trendi dan Kece + Bezel
Tanpa Seritifikasi IP
Tanpa Stereo Speaker
Tanpa Ultrawide
Pengalaman Videografi Kurang Nyaman

Jika menginginkan penjelasan lebih lanjut, Anda bisa simak penjabaran poin-poin di atas dengan detail lebih lengkap berikut ini.

Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro_
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 50 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Tecno Camon 19 Pro

Sejumlah highlight yang menjadi kelebihan utama Tecno Camon 19 Pro terletak pada performa gim, desain, layar berukuran besar, serta kemampuan fotografi yang oke punya. Kira-kira ada apa lagi, ya? Langsung simak saja poin kelebihannya berikut ini.

1. Performa Helio G96 yang Tangguh untuk Gim Berat

helio g96Sumber: realme

Untuk smartphone yang menggunakan jaringan seluler 4G di kelas menengah, salah satu opsi terbaiknya memang Helio G96 dari MediaTek. Meski kini sudah ada Helio G99 yang performanya lebih tinggi, Helio G96 tetap jadi salah satu chipset yang tenaganya paling kuat untuk mengangkat gim tanpa patah-patah.

Tecno Camon 19 Pro termasuk salah satu mid-range yang gunakan chipset tersebut. Untuk spesifikasinya, Helio G96 dibangun atas fabrikasi 12 nm FinFET dari TSMC, menghadirkan dua inti berkinerja tinggi ARM Cortex A76 (2.05 GHz) serta enam unit hemat daya ARM Cortex A55 (2.0 GHz).

Agar dapat mengolah rendering grafis dengan optimal, disediakan GPU berupa Mali G57 MC2 berfrekuensi 950 MHz. Ketimbang Helio G95 yang jadi pendahulunya, GPU pada G96 memang menurun lantaran hanya suguhkan sebanya dua execution unit alih-alih empat.

Walau demikian, Helio G96 kini mendukung display dengan refresh rate 120 Hz pada resolusi Full HD+, tidak lagi sekadar 90 Hz seperti Helio G95. Selain itu, Helio G96 juga mendukung hingga memori internal UFS 2.2 serta mendukung Bluetooth 5.2.

Maksimal resolusi kamera yang didukung chipset ini juga meningkat, dari yang semula hanya 64 MP menjadi 108 MP. Tapi sayangnya, Tecno Camon 19 Pro tidak manfaatkan hal ini lantaran "hanya" suguhkan kamera utama 64 MP.

Tecno Camon 19 Pro disandingkan dengan dua opsi konfigurasi memori, yakni RAM 8 GB/128 GB dan RAM 8/256 GB. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan keseluruhan storage internal untuk gim dan aplikasi, sayangnya ponsel ini tidak sediakan slot memori eksternal sama sekali.

Dilansir dari Nano Review, Tecno Camon 19 Pro adalah ponsel dengan Helio G96 yang punya skor AnTuTu v9 tertinggi, yaitu 348.212 poin. Posisi Tecno Camon 19 Pro mengalahkan sejumlah HP Helio G96 lainnya, seperti Infinix Note 12 G96, Infinix Note 11S, Infinix Note 11 Pro, dan sang pendahulunya yaitu Tecno Camon 18 Premier.

Menurut pengujian oleh YouTuber bernama PhoneBar, Tecno Camon 19 Pro bahkan sanggup memainkan Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi (Highest 60 FPS).

Kendati frame rate-nya sungguh terlihat patah-patah (kemungkinan struggle di antara 23-27 FPS), tapi masih passable bagi pemain yang tidak picky. Toh jika memang ingin rasakan frame rate lebih lancar, tinggal turunkan saja grafisnya menjadi High atau Medium.

2. Layar Besar 6,8 Inci dengan Refresh Rate 120 Hz

tecno camon 19 pro layar_

Mayoritas smartphone yang dihadirkan di pasaran membawakan ukuran layar 6,5 inci. Jika Anda membutuhkan ukuran layar yang beda dan unik, bisa memilih Tecno Camon 19 Pro yang hadirkan dimensi badag yaitu 6,8 inci.

Karena ini HP mid-range, resolusinya tentu saja berada di 1080 x 2460 piksel alias Full HD+. Selain itu, tingkat kerapatan pikselnya juga sungguh tajam di angka 395 ppi. Berdasarkan pengujian GSM Arena, ketajaman layar tidak hanya terlihat unggul di atas kertas saja, melainkan di dunia nyata.

Sayangnya ponsel ini hanya mendukung panel IPS LCD ketimbang AMOLED seperti para pesaingnya di harga menengah. Tingkat kecerahan layarnya mencapai 479 nit dengan rasio kontras 1597:1.

Disebutkan pada laman pengujian GSM Arena, HP ini tidak memiliki mode auto brightness seperti HP lain pada umumnya. Jadi, kecerahan 479 nit di HP ini adalah dengan memaksimalkan kecerahan pada slider secara manual.

Layar ponsel diketahui menargetkan gamut warna DCI-P3, sehingga hasilkan reproduksi warna yang colorful dan menggigit. Tecno Camon 19 Pro tidak suguhkan mode HDR di layarnya, namun mendukung sertifikasi DRM Widevine L1 agar dapat menikmati konten HD pada platform OTT (over-the-top).

Tecno Camon 19 Pro turut mengikuti tren zaman kini yang hadirkan refresh rate tinggi. Diketahui, ponsel menengah ini dikemas dengan refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Tidak hanya bikin nyaman scrolling antarmuka, layar juga jadi lebih responsif saat bermain gim.

Menurut pengujian GSM Arena, laju penyegaran 120 Hz ini sungguh bekerja dengan baik pada gim-gim yang mendukungnya, seperti Dead Trigger 2 dan Alto's Odyssey.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram