carisinyal web banner retina

Kenali 7 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Phantom X2 Pro

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Transsion Holding, induk perusahaan Infinix, iTel, dan Tecno, kerap menawarkan smartphone yang bikin geleng-geleng kepala. Pada 2021, muncul smartphone kelas menengah dengan kamera paling gila. Namanya adalah Infinix Zero X Pro. Setahun berselang, muncul lagi smartphone unik, tapi levelnya sudah flagship.

Adalah Tecno Phantom X2 Pro, smatphone generasi kedua dalam seri Phantom X. Ada tiga sorotan utama yang dimiliki sang ponsel: desain, chipset, dan kamera. Sorotan paling menarik adalah kamera, khususnya kamera potret dengan lensa pop-up yang bisa timbul-tenggelam.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja hal menarik dan catatan lain dari si ponsel, silakan simak tabel kelebihan dan kekurangan Tecno Phantom X2 Pro seperti berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Bodi keren, terbuat dari bahan daur ulang
Software ketinggalan, update tidak jelas
Build quality yang mengesankan
Tidak ada IP rating dan risiko untuk kamera potret
Layar AMOLED dengan refresh rate tinggi
OIS absen
Performa sangar berkat SoC Dimensity 9000
Keluaran suara biasa saja
Komposisi kamera lengkap, termasuk kamera tele yang unik
Wilayah pemasaran terbatas
Daya tahan baterai oke
Paket penjualan masih lengkap

Namun, kalau Anda penasaran seperti apa detailnya, bacalah pembahasan dalam artikel ini sampai habis. Pembahasan dimulai dengan sajian spesifikasi utama Tecno Phantom X2 Pro yang ada di bawah ini.

Spesifikasi Tecno Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 Pro
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000
RAM 4 GB, 8 GB, 12 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 Pro memiliki kelebihan di banyak sektor. Seluruh kelebihan tersebut mencerminkan jati diri sang ponsel sebagai smartphone kelas premium. Apa saja kelebihan-kelebihan itu? Penjelasannya ada di poin-poin berikut.

1. Bodi Keren, Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Phantom X2 Pro

Hal pertama yang mendasari mengapa desain bodi Tecno Phantom X2 Pro terlihat keren adalah lengkungan layarnya. Layar HP ini memang didesain untuk melengkung di sisi kiri dan sisi kanan. Lengkungan layar 71 derajat tersebut diperoleh berkat penggunaan kaca 3,5D yang disebut Tecno dengan Lunar Crater Dazzling Stained Glass.

Menurut Tecno, desain dengan layar melengkung akan menimbulkan pengalaman genggam yang menyenangkan. Kemudian, hal kedua yang ditonjolkan Tecno pada desain Phantom X2 Pro adalah penutup belakangnya.

Penutup belakang bertekstur yang dipakai si ponsel terbuat dari bahan daur ulang sekaligus ramah lingkungan. Tecno mengeklaim bahan-bahan tersebut berasal dari limbah botol plastik yang ada di perairan Samudera Hindia. Bagi Tecno, langkah yang mereka lakukan adalah bagian dari aksi nyata untuk menyelamatkan lingkungan.

Phantom X2 Pro tersedia dalam dua opsi warna: Orange Mars dan Stardust Grey. Dua-duanya sama-sama menarik karena punya polesan matte, dan memiliki aksen warna mencolok pada ring kamera potretnya.

2. Build Quality yang Mengesankan

Phantom X2 Pro

Penutup belakang Tecno Phantom X2 Pro memiliki tektur yang tak biasa menurut GSM Arena. Bagi mereka, tektur tersebut sama uniknya dengan penutup belakang ASUS Zenfone 9 yang mirip seperti kertas. Walau penutup belakang Phantom X2 Pro terbuat dari material plastik, kesan murahan sama sekali tidak tampak.

Kata GSM Arena, ponsel ini terasa kokoh dan padat saat digenggam. Kesan premium tersebut tentunya dapat hadir karena frame alias rangka Phantom X2 Pro menggunakan material aluminium, sedangkan bagian depannya menggunakan kaca Gorilla Glass Victus.

Di sisi lain, bobot HP ini memang terasa agak berat yakni 201 gram. Hal ini karena bodi ponsel dirancang dengan bentuk memanjang. Ponsel dengan bentuk memanjang umumnya memiliki distribusi berat yang kurang merata. Namun, sisi positifnya adalah Anda bisa dengan lebih mudah menjangkau layarnya dari tepi ke tepi.

Jika dibandingkan dengan HP lain yang layarnya sama-sama 6,8 inci, Phantom X2 Pro memang terlihat paling singset. Lebar ponsel ini hanya 72,7 mm. Ia lebih langsing daripada Samsung Galaxy S22 Ultra (77,9 mm), dan vivo X80 Pro (7,53 mm).

Dimensi keseluruhan ponsel ini adalah 164,61 x 72,65 x 8,95 mm. Adapun menurut GSM Arena, tombol power dan pengatur volume di HP ini juga oke. Letaknya pas di sisi kanan. Terasa clicky saat dipencet, punya feedback yang baik, dan warnanya selaras dengan bodi ponsel.

3. Layar AMOLED dengan Refresh Rate Tinggi

Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 Pro memakai layar AMOLED dengan bentang 6,8 inci. Layar dengan aspek rasio 20:9 ini memiliki resolusi Full HD+ (1080x 2400 piksel) dan mendukung refresh rate 120 Hz.

Layar sang ponsel pun mendukung cakupan warna DCI-P3 dan disebut punya tingkat kecerahan 500 nit. Hal yang paling istimewa dari layar ini adalah rasio layar banding bodinya yang termasuk sangat tinggi, yaitu mencapai 93,3%. Artinya, bingkai layar HP ini benar-benar tipis.

Menurut Harish Jonnalagadda dari Android Central, layar Phantom X2 Pro memiliki tampilan warna yang bagus dan hidup. Tampilannya enak dilihat sekalipun ponsel dipakai di luar ruangan. Adapun layar si ponsel telah memiliki sertifikasi Widevine L1, sehingga dapat memutar film pada layanan seperti Netflix pada resolusi tertinggi.

Layar HP ini juga sudah mendukung fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari. Jenisnya adalah optikal.

4. Performa Sangar Berkat SoC Dimensity 9000

Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 Pro memakai SoC atau chipset kelas atas MediaTek Dimensity 9000. Chipset ini memang bukan yang paling baru. Namun, performanya masih sangar dan mumpuni hingga tiga sampai empat tahun pemakaian. Chipset yang diperkenalkan pada kuartal keempat 2021 ini dibuat dengan fabrikasi 4 nm.

Komponen yang dikandungnya mulai dari delapan inti CPU, GPU 10 core Mali-G710 MC10 (850 MHz), prosesor AI MediaTek APU 590, prosesor gambar Imagiq 790, dan modem internal 5G.

Khusus untuk CPU-nya, Dimensity 9000 menggunakan konfigurasi 1+3+4. Rinciannya adalah satu Cortex X2 (3,05 GHz), tiga Cortex A710 (2,85 GHz), dan empat Cortex A510 (1,8 GHz).

Dimensity 9000 lalu dipadukan dengan berbagai macam konfigurasi memori. Salah satunya adalah dengan RAM 12 GB LPDDR5X dan memori internal 256 GB UFS 3.1.

Phantom X2 ProSumber: GSM Arena

Varian 12/256 GB inilah yang diuji performanya oleh GSM Arena. Hasil pengujian GSM Arena menunjukkan bahwa Phantom X2 Pro punya performa yang jempolan. Ponsel ini meraih skor 961.576 pada AnTuTu 9. Skor tersebut termasuk tinggi, selevel dengan banyak ponsel flagship.

Phantom X2 ProSumber: GSM Arena

Skor kemampuan CPU-nya juga tinggi. Phantom X2 Pro meraih skor single-core 1248 dan multicore 3984 pada GeekBench 5. Skor yang diraih sang ponsel sangat bersaing dengan deretan HP yang menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1.

Phantom X2 ProSumber: GSM Arena

Sementara itu, hasil pengujian di beberapa skenario 3DMark menunjukkan bahwa Phantom X2 Pro memiliki potensi yang besar dalam urusan olah grafis. Di sisi lain, rangkaian hasil pengujian di aplikasi benchmark sintetis kadang tak menggambarkan secara persis performa sebuah ponsel.

Namun, sebagian besar penguji merasa bahwa Tecno Phantom X2 Pro sangat menyenangkan saat digunakan sehari-hari. Tidak ada lag, tidak ada macet. Buka aplikasi cepat, begitu juga saat pindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Performanya ketika menjalankan gim berat juga oke.

5. Komposisi Kamera Lengkap, Termasuk Kamera Tele yang Unik

Phantom X2 Pro

Samsung pernah memperkenalkan Galaxy K Zoom pada 2014. HP ini adalah salah satu smartphone fenomenal karena punya kamera yang lensanya bisa timbul-tenggelam layaknya kamera prosumer. Hanya, ponsel ini tidak memiliki penerus karena bodinya yang tebal tidak disukai oleh konsumen.

Produsen ponsel pun berpikir keras untuk bisa menyematkan kamera yang canggih tanpa membuat bodi ponsel jadi tebal. Konfigurasi multikamera akhirnya muncul sebagai solusi. Tiap-tiap kamera yang tersemat dipasangi lensa dengan berbagai macam jenis.

Pada kamera telefoto, lensa yang dipakai adalah lensa dengan focal length (jarak fokus) yang lebih panjang dibanding kamera utama. Jika focal length-nya dua kali lebih panjang dibanding kamera utama, sebuah kamera tele secara teori dapat melakukan perbesaran optik sebanyak dua kali.

Seperti itulah gambaran cara kerja kamera tele smartphone. Jadi kamera tele smartphone umumnya tidak memiliiki komponen mekanis yang bergerak maju-mundur. Khusus untuk kamera tele dengan metode periskop, ada beberapa lapisan lensa yang ditumpuk untuk menghasilkan beberapa kali perbesaran optik.

Dalam kasus Tecno Phantom X2 Pro, kamera tele 50 MP yang dipakai memakai lensa dengan focal length 65 mm. Uniknya, kamera dengan perbesaran optik 2,5x ini diberi mekanisme pop-up untuk bisa timbul-tenggelam. Mekanisme ini memang tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap kualitas gambar.

Namun, mekanisme pop-up membuat tonjolan kamera jadi tidak berlebihan. Sebab lensa bisa tenggelam saat kamera tidak digunakan. Di sisi lain, Tecno menyebut kamera tele Phantom X2 Pro sebagai kamera potret. Sebutan kamera potret memang lebih pas mengingat bukaan lensa yang disetel terbilang besar yakni f/1.49.

Kamera dengan bukaan besar memiliki depth-of-field (kedalaman ruang) yang sempit, sehingga akan mudah menghasilkan foto bokeh natural. Nah, selain kamera potret, masih ada dua kamera lagi yang menghuni sisi belakang Phantom X2 Pro.

Adalah kamera utama 50 MP, f/1.9; dan kamera ultrawide 13 MP, f/2.2. Seluruh kamera mempunyai fitur autofokus, tetapi tidak ada satu pun yang dibekali OIS. Adapun Phantom X2 Pro punya kamera selfie 32 MP dengan bukaan f/2.5. Kamera selfie ini punya satu lampu flash, sama seperti deretan kamera belakangnya.

Seluruh kamera Phantom X2 Pro bisa digunakan untuk merekam video. Bahkan kamera utama dan kamera potretnya bisa merekam hingga resolusi 4K 60 fps. Adapun kamera ultrawide dan kamera selfienya hanya bisa merekam video sampai 1080p 30 fps.

Hasil tangkapan kamera Phantom X2 Pro memuaskan di segala kondisi. Gambarnya tajam, bersih, saturasinya pas, dan masih oke di kondisi low light. Berikut contoh tangkapan kamera si ponsel yang bisa Anda nilai sendiri.

Phantom X2 ProSumber: Adam Z. Lein/Pocket Now
Kamera utama
Phantom X2 ProSumber: Adam Z. Lein/Pocket Now
Kamera ultrawide
Phantom X2 ProSumber: Adam Z. Lein/Pocket Now
Kamera potret
Phantom X2 ProSumber: Adam Z. Lein/Pocket Now
Kamera selfie

6. Daya Tahan Baterai Oke

Phantom X2 Pro

Phantom X2 Pro menggendong baterai dengan kapasitas 5160 mAh. Kapasitas baterai yang cukup besar untuk standar zaman sekarang. Dalam pengujian yang dilakukan GSM Arena, skor ketahanan yang dicatat cukup, yakni 109 jam.

Tidak luar biasa memang. Namun, jika dibandingkan dengan flagship keluaran 2022 yang kapasitas baterainya 5000 mAh, Phantom X2 Pro masih sedikit lebih baik. Misalnya dibandingkan dengan Samsung Galaxy S22 Ultra (108 jam), OPPO Find X5 Pro (101 jam), dan Sony Xperia 1 IV (100 jam).

Phantom X2 Pro disebut dapat bertahan selama 29 jam 3 menit untuk telepon (3G), 12 jam 33 menit untuk browsing via WiFi, dan 18 jam 41 menit kalau digunakan untuk memutar video lokal. Berdasarkan pemaparan beberapa penguji lain, HP ini dapat bertahan selama satu hari penuh untuk pemakaian normal.

Baterai yang cukup awet didukung pula dengan pengisian cepat 45W. Saat dicas dengan charger bawaan, baterai kosong Phantom X2 Pro dapat terisi penuh dalam waktu 1 jam 30 menit. Bukan hasil yang paling baik mengingat Galaxy S22 Ultra bisa meraih waktu hanya 59 menit, dengan teknologi pengisian cepat yang sama.

7. Paket Penjualan Masih Lengkap

Phantom X2 Pro

Sebuah ponsel flagship layak dijual dengan paket yang lengkap. Tecno Phantom X2 Pro pun masih patuh dengan standar kepantasan tersebut. Di dalam boks penjualan HP ini tidak hanya berisi unit smartphone. Terdapat berbagai macam aksesori mulai dari kepala charger 45W, kabel USB C, hardcase, hingga earphone dengan kabel USB C.

Yang paling unik dari deretan aksesori tersebut adalah hardcase-nya. Pasalnya, hardcase dengan lapisan karet tersebut tidak sekadar pelindung bodi ponsel. Namun, ia juga bisa berfungsi sebagai penyandar karena dilengkapi dengan standar (kickstand).

Kekurangan Tecno Phantom X2 Pro

Benar bahwa Tecno Phantom X2 Pro adalah smartphone flagship yang unik. Namun, HP ini tidak lepas dari beberapa catatan yang mungkin saja membuatnya kurang ideal buat sebagian orang. Penjelasan catatan-catatan tersebut ada di bawah ini.

1. Software Ketinggalan, Update Tidak Jelas

Phantom X2 Pro

Tecno Phantom dirilis dengan sistem operasi Android 12. Antarmuka HiOS 12 melapisi sistem operasi tersebut. GSM Arena memuji bahwa HiOS di HP ini jauh lebih bersih dari sebelum-sebelumnya. Bloatware sudah dipangkas, iklan yang mengganggu juga tidak muncul.

Notifikasi dari aplikasi tertentu masih ada. Namun, sangat mudah untuk menonaktifkan notifikasi tersebut. Intinya software Phantom X2 Pro bikin nyaman pengguna. Tidak ada lag dan mulus lancar. Hal yang disayangkan adalah mengapa masih memakai basis Android 12.

Padahal HP ini meluncur tiga bulan setelah Android 13 muncul ke hadapan publik. Bahkan ponsel merek lain yang dirilis pada Desember 2022 sudah berjalan di Android 13. Kemudian, Tecno tak mengonfirmasi kapan Android 13 tersedia buat sang ponsel.

Ketidakjelasan pembaruan sistem operasi merupakan masalah yang klasik buat HP Tecno. Namun, sudah semestinya Tecno memberikan kejelasan pembaruan sistem operasi untuk produk di kelas flagship. Minimal mereka harus memberi tiga kali pembaruan sistem operasi sebagaimana yang dilakukan kompetitor.

2. Tidak Ada IP Rating dan Risiko untuk Kamera Potret

Phantom X2 Pro

HP semahal Tecno Phantom X2 Pro cukup disayangkan tidak punya sertifikasi ketahanan debu dan air alias IP rating. Sertifikasi ini penting untuk menjamin sebuah ponsel akan tetap beroperasi dengan baik, ketika terkena percikan, tetesan, atau rendaman air. Juga saat terkena pasir

Ketiadaan IP rating membuat sejumlah penguji khawatir. Adam Z. Lein dari Pocket Now berasumsi, komponen bergerak pada kamera potret sang ponsel bisa saja rusak ketika kemasukan banyak partikel seperti debu. Ia juga khawatir jika insiden tak disengaja, seperti jatuh terbentur, dapat merusak kamera potretnya.

3. OIS Absen

Phantom X2 Pro

Umumnya HP dengan akhiran "Pro" merupakan model dengan fitur paling lengkap. Anehnya, Tecno Phantom X2 Pro tidak demikian. Ponsel ini tampak seperti diposisikan sebagai alternatif Phantom X2.

Jika Anda menginginkan HP yang kameranya punya OIS, bukan Phantom X2 Pro tempatnya, melainkan Phantom X2. Sementara itu, kamera potret hanya bisa dijumpai di Phantom X2 Pro. Hal ini memang agak aneh. Mestinya konsumen tidak perlu dibuat pusing untuk memilih.

Cukup beli Phantom X2 Pro, maka konsumen punya seluruh fitur keren. Toh harga Phantom X2 Pro memang lebih mahal dibanding Phantom X2. Adapun ketiadaan OIS jelas memiliki pengaruh besar terhadap fotografi malam hari. Kamera tidak akan lebih stabil dari guncangan, sehingga foto memiliki potensi blur.

4. Keluaran Suara Biasa Saja

Phantom X2 Pro

Hal yang disayangkan selanjutnya dari Tecno Phantom X2 Pro adalah speaker-nya. Ternyata ponsel yang satu ini belum memakai speaker dengan konfigurasi ganda alias stereo. Speaker-nya tunggal dan kelantangannya kurang mengesankan.

Skor kelantangannya menurut GSM Arena hanya -29,3 LUFS (Loudness Unit Full Scale). Ia kalah lantang dibanding Infinix Zero 5G yang kelasnya jauh di bawah Phantom X2 Pro. Meski sama-sama tunggal, speaker Infinix Zero 5G lebih lantang. Skornya mencapai -27,6 yang masuk kategori bagus.

5. Wilayah Pemasaran Terbatas

Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 Pro tidak dipasarkan secara bebas. Ponsel ini hanya tersedia di beberapa negara Afrika, Eropa, India dan Timur Tengah, serta Amerika Selatan. Artinya, HP ini tidak tersedia secara luas di seluruh dunia.

Belum ada konfirmasi dari Tecno apakah HP ini bakal didatangkan ke Indonesia atau tidak. Sebagai informasi saja, di Arab Saudi Phantom X2 Pro varian 12/256 GB dijual 3499 riyal atau setara Rp14,5 jutaan.

Simpulan

Tecno Phantom X2 Pro merupakan smartphone kelas atas yang unik. Ia tidak hanya tampil beda, tapi juga mampu menghadirkan sentuhan yang membuat pengalaman pakainya terlihat berkelas. Masalah desain, kualitas tampilan, dan kemampuan kamera tidak perlu dipertanyakan.

Performa dan daya tahan baterainya pun oke. Satu lagi, Phantom X2 Pro juga unik karena memakai material ramah lingkungan serta punya kamera potret dengan mekanisme pop-up.

Hanya, sebagai Tecno belum terlalu memperhatikan beberapa hal yang semestinya ada buat sebuah smartphone kelas atas. Misalnya saja mengenai pembaruan software, speaker stereo, dan IP Rating. Meski demikian, Phantom X2 Pro tetap patut diapresiasi kehadirannya karena berani tampil beda dan sukses mencuri perhatian.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram