carisinyal web banner retina

Cek 8 Kelebihan & Kekurangan Tecno Camon 20 Pro Sebelum Beli

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Selain mampu memenuhi kebutuhan para gamer dengan seri Tecno POVA, brand asal Hong Kong ini juga menghadirkan seri Tecno Camon untuk menarik hati para penggiat fotografi.

Perusahaan yang masih satu saudara dengan Infinix dan itel tersebut telah meluncurkan Tecno Camon 20 series di India pada Mei 2023. Salah satu anggotanya yang cukup menarik untuk dilirik adalah Tecno Camon 20 Pro 4G.

Berada di rentang harga menengah, ponsel tersebut dikemas dengan tampilan bodi yang sungguh memukau sekaligus performa yang dahsyat untuk bermain gim. Kualitas kameranya andalkan resolusi 64 MP pada filter warna RGBW untuk berikan foto yang cerah.

Tecno Camon 20 Pro menawarkan kelebihan yang membuatnya mampu menyaingi beberapa kandidat terkuat di kelas mid-range, sebut saja Samsung Galaxy A24. Beberapa kelebihan tersebut telah kami susun pada tabel di bawah ini, berikut dengan kekurangannya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Tampil aesthetic, desain yang beda dan berani
Tanpa kamera ultrawide
Performa gim yang memuaskan
Tanpa Gorilla Glass
Layar AMOLED 120 Hz, cerah dan mulus
Tidak mendukung 5G
Kombinasi Kamera 64 MP, filter RGBW, dan Ring-Light untuk foto lebih cerah
Kuat seharian, pakai baterai 5.000 mAh
Ada stereo speaker dan port 3.5 mm jack audio
Ada NFC dan in-display fingerprint
Ada kejelasan mengenai update software

Kebutuhan akan ponsel dengan kamera berkualitas di harga terjangkau memang kian meningkat. Dengan Tecno Camon 20 Pro, perusahaan Tecno berusaha untuk mengisi gap tersebut agar semakin banyak penggiat fotografi pemula yang terpuaskan. Apa saja seluk-beluk selengkapnya tentang HP ini? Simak pada penjabaran kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 20 Pro berikut ini.

Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro

Tecno camon 20 pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro

Meski ini merupakan varian 4G, kualitas dan fitur-fitur yang dibawakan tetap tidak kalah saing dengan para pesaingnya. Yuk, cari tahu secara lengkap tentang kelebihan Tecno Camon 20 Pro berikut ini!

1. Tampil Aesthetic, Desain yang Beda dan Berani

tecno camon 20 pro desain_

Sekali tatap, dan Anda langsung bisa mengenali perbedaan antara Tecno Camon 20 Pro dan ratusan smartphone lainnya. Ya, desain belakang bodi HP ini memang memiliki ciri khas Tecno, terlihat dari modul kameranya yang berbentuk segi lima.

Modul kamera seperti ini pertama kali dipopulerkan oleh Tecno POVA 4 Pro yang dirilis setahun sebelumnya. Tapi, ada beberapa modifikasi yang membuat ponsel Camon ini tampak berbeda.

Selain modul yang unik, HP ini menampilkan desain bangun geometris yang disusun secara acak sehingga membuatnya menyerupai kepingan-kepingan puzzle. Dibalut dengan konsep desain Autostereoscopic Glittering Mirror, membuat tampilannya tampak kemilau dari setiap sudut.

Berat bodinya yang hanya 188 gram juga membuat ponsel mudah digunakan pada satu tangan, atau untuk dioperasikan oleh anak-anak dan lansia. Sementara untuk dimensinya, Tecno Camon 20 Pro hadirkan panjang bodi 163,4 mm dengan lebar 76,7 mm. Tingkat ketebalannya berada di angka 8,2 mm.

Agar memudahkan pengguna beraktivitas di musim hujan, bodi ponsel dikemas dengan sertifikasi IP53. Hal ini membuatnya mampu bertahan walau terkena tetesan air hujan dan air minum. Tecno Camon 20 Pro tersedia dalam dua varian warna yaitu Predawn Black dan Serenity Blue.

2. Performa Gim yang Memuaskan

mediatek helio g99

Kendati Camon tidak dikhususkan untuk bermain gim, Tecno Camon 20 Pro rupanya hadir dengan performa gim yang begitu memuaskan. Di dalamnya terpasang Helio G99 berfabrikasi 6 nm, salah satu SoC mid-range 4G terbaik di dunia.

Fabrikasinya yang rendah membuatnya unggul pada efisiensi daya. Pun dengan performa inti prosesornya yang mencapai clock speed 2.2 GHz, menjadikan segala aktivitas berat semakin terasa mulus.

Helio G99 dibangun atas delapan inti prosesor (CPU) yang terdirikan atas dua klaster. Yang pertama adalah klaster high performance dua Cortex A76 (2.2 GHz). Lalu yang kedua, merupakan klaster high efficiency dalam bentuk empat Cortex A55 (2.0 GHz).

Sebagai senjata untuk mengolah gambar dengan optimal, Helio G99 andalkan GPU Mali G57 MC2. Chipset ini juga tawarkan fitur multimedia unggulan, yakni dukungan kamera 108 MP, serta layar Full HD+ dan 120 Hz di waktu bersamaan.

Teknologi HyperEngine 2.0 Lite dapat mengoptimalkan kinerja ponsel dengan cara mengalokasikan sumber daya sebaik-baiknya. Fitur ini juga dapat membuat jaringan internet saat bermain gim lebih stabil.

Tecno Camon 20 Pro dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal 256 GB serta RAM 8 GB LPDDR4x. Jadi, menginstal banyak gim akan terasa lebih leluasa tanpa harus menghapus aplikasi yang lama untuk menghemat storage.

Smartphone besutan Tecno ini punya skor Geekbench 5 sebesar 719 poin (single core) dan 1966 poin (multi-core), dilansir dari Pancea Ben di kanal YouTube-nya.

Berdasarkan data dari situs Kimovil.com, disebutkan Tecno Camon 20 Pro mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 340 ribu poin. Dengan skor tersebut, lumrah jika menganggap Helio G99 punya performa setara dengan SoC 5G seperti Dimensity 700.

Helio G99 juga menjadi salah satu SoC 4G yang paling kuat memainkan Genshin Impact, gim open world yang amat diminati dan sangat berat untuk dimainkan. Selama memainkannya pada pengaturan Low atau Lowest, tidak ada alasan HP memberikan performa yang ngelag. Setidaknya dapat mencapai frame rate 30 FPS.

3. Layar AMOLED 120 Hz, Cerah dan Mulus

tecno camon 20 pro layar_

Fitur layar AMOLED sekaligus refresh rate 120 Hz biasanya hanya dimiliki HP flagship di harga tinggi. Tapi kini bisa didapatkan pada Tecno Camon 20 Pro. Ini cukup mencerminkan sejauh apa teknologi smartphone di dunia telah berkembang.

Dengan panel AMOLED, layar dapat menampilkan cahaya secara organik tanpa mengandalkan backlight. Hasilnya, warna hitam di layar akan terlihat lebih pekat dan memiliki konsumsi daya lebih rendah. Digabung dengan mode 120 Hz, layar bisa menunjukkan gerakan 2x lipat lebih mulus saat menjelajahi antarmuka ponsel.

Sejumlah gim Android juga akan mendapat benefit dari laju penyegaran tinggi tersebut. Performa gim akan terasa lebih mulus dan licin yang pastinya dapat meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan.

Ukuran layar Tecno Camon 20 Pro juga tidak dapat dikatakan kecil. Dimensinya berada di 6,67 inci pada resolusi Full HD Plus 1080p, memberikan ketajaman yang layak pada setiap skenario penggunaan.

Bezel-nya tentu dirancang begitu tipis agar tidak mengganggu pemandangan pengguna saat browsing, bermain, ataupun bekerja. Memiliki desain kamera depan punch hole, layar mengusung rasio perbandingan bodi ke layar hingga 85,7 persen.

Menurut Megalite Communications Services Yenegoa dari video YouTube-nya, layar Tecno Camon 20 Pro juga memiliki touch sampling rate hingga 360 Hz. Ini artinya, layar bisa menerima dan menangkap sebanyak 360 sentuhan jari per detiknya, yang berarti bisa melakukan feedback sentuhan dengan jauh lebih instan.

Lebih lanjut lagi, berkat layar ponsel yang mengusung AMOLED, HP ini pun memiliki sensor pemindai sidik jari di layar (in-display fingerprint scanner). Menurut pantauan Panacea Ben di video YouTube-nya, sensor ini bekerja dengan cepat dan responsif.

Bahkan ia lebih menyukai sensor di layar ketimbang di samping seperti pesaingnya, Samsung Galaxy A24. Ini karena HP Samsung tersebut masih memakai sensor di samping. Menurut pengalamannya, jari sering tidak sengaja bersentuhan dengan sensor saat mengambil ponsel.

Melihat dari beberapa aspek lainnya seperti tingkat ketebalan bezel dan juga desain kamera depan, bisa disimpulkan kalau layar Tecno Camon 20 Pro dinilai lebih baik dari Samsung Galaxy A24 secara keseluruhan. Apalagi mengingat Galaxy A24 masih gunakan refresh rate 90 Hz, ketimbang Tecno Camon 20 Pro yang pakai 120 Hz.

4. Kombinasi Kamera 64 MP, Filter RGBW, dan Ring-Light untuk Foto Lebih Cerah

tecno camon 20 pro kamera_

Sebagai ponsel khusus fotografi di kelas mid-range, Tecno Camon 20 Pro bisa hasilkan foto dengan kualitas memukau. Di punggungnya, telah tersedia triple camera dengan formasi 64 MP wide-angle + 2 MP depth sensor + kamera QVGA.

Kamera utama memiliki bukaan f/1.7 dengan focal length 25 mm. Beroperasi pada filter warna RGBW, kamera ini digadang-gadang punya sensitivitas lebih tinggi terhadap cahaya.

Secara teori, RGBW yang merupakan singkatan dari red, green, blue, dan white adalah komponen warna yang bisa hasilkan foto dengan detail lebih menakjubkan. Ketimbang RGB biasa, penambahan komponen white (putih) dapat membuat tampilan gambar jadi lebih berwarna dan cerah. Komponen warna putih juga dapat menghasilkan tampilan warna putih di foto terlihat lebih akurat dan natural.

Adanya kamera 2 MP depth membantu dalam hasilkan foto dengan efek bokeh yang optimal. Sebenarnya ini merupakan kamera pendamping yang sebenarnya tidak perlu-perlu amat, lantaran bisa tergantikan oleh fungsi software.

Tapi, keberadaan kamera bokeh tersebut masih lebih penting dibanding kamera ketiga, yaitu QVGA. Besar kemungkinan, kamera QVGA ini hanya punya kontribusi sedikit dalam hasilkan foto berkualitas, alias sekadar kamera gimmick.

Tecno Camon 20 Pro juga memiliki ring-light di punggung bodi yang berfungsi sebagai lampu LED Flash. Sontak ini membuat ponsel tampak mirip dengan vivo V27 yang juga menghadirkan teknologi serupa. Keberadaan ring light jelas menjadi nilai plus, karena memang lebih ampuh meningkatkan unsur exposure cahaya pada subjek foto ketika dinyalakan.

Selain mode default yang diberi nama AI Cam, terdapat juga sejumlah mode atau fitur pemotretan lain, seperti HDR, panorama, super night mode, mode portrait, dan mode Pro. Ponsel juga menghadirkan efek foto yang lebih banyak dibandingkan Tecno Camon 20 reguler.

Saat memotret pemandangan lanskap, pengguna dimungkinkan mengganti penampakan langit dengan beragam pilihan alternatif. Ini berkat fitur berguna yang Tecno sebut sebagai Sky Shop, fitur yang juga tersedia pada seri pendahulunya, Tecno Camon 19 Pro.

tecno camon 20 pro camera sample ring light_Sumber: YouTube/Megalite Communications Services Yenegoa
Foto diambil saat lampu ring-light dinyalakan, di kondisi minim cahaya

Sampel-sampel di atas diambil menggunakan kamera Tecno Camon 20 Pro. Kalau dibandingkan dengan Samsung Galaxy A24, hasil foto di kamera Tecno Camon 20 Pro terlihat lebih cerah kendati dengan warna yang kurang begitu menyala. Kemungkinan, ini merupakan hasil dari filter warna RGBW yang membuat warnanya cenderung lebih cerah.

Pada saat kondisi nyaris gelap gulita, menyalakan lampu ring light benar-benar mampu meningkatkan kualitas kecerahan subjek tanaman. Bahkan sebagian orang tidak akan menyangka kalau foto tersebut diambil pada kondisi minim cahaya.

Selain dapat berikan fitur fotografi mengagumkan di kamera belakang, Tecno Camon 20 Pro juga sediakan kamera depan 32 MP yang cukup besar di kelasnya. Mayoritas ponsel lain tidak memiliki kamera depan dengan resolusi tinggi. Ini yang membuat Tecno Camon 20 Pro layak diminati, terlebih untuk penggiat selfie dan vlogging.

Kamera selfie 32 MP ini memiliki bukaan apertur f/2.5, focal length sebesar 24 mm, dengan ukuran piksel individu sebesar 0.8µm. Tecno menyematkan teknologi Portrait Master guna mendapatkan akurasi foto wajah yang tinggi.

Teknologi tersebut mencakup sebanyak 319 titik face positioning dan 1000 poin face 3D feature, dan lebih dari 50 juta gambar sampel pada kamera untuk penyesuaian akurasi kamera. Tecno mengklaim ponsel memiliki tingkat akurasi di atas 95% pada pendeteksian tone warna kulit.

tecno camon 20 pro dual portrait video_

Lebih lanjut lagi, tersedia fitur dual view video yang memungkinkan Tecno Camon 20 Pro untuk merekam pakai kamera depan dan belakang di saat bersamaan. Mirip seperti teknologi kamera pada HP flagship. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan hasil footage yang lebih variatif untuk keperluan vlog dan kreasi konten.

Bicara soal perekaman, baik kamera belakang maupun kamera depan ponsel hanya mendukung resolusi hingga 1080p di 30 FPS. Hal yang cukup unik di HP ini, terdapat fitur dual flash micro slit di bagian depan agar wajah selalu tampak cerah dan bersinar pada setiap kondisi.

5. Kuat Seharian, Pakai Baterai 5.000 mAh

tecno camon 20 pro baterai_

Ada bagusnya smartphone ini menggunakan SoC Helio G99 dengan fabrikasi 6 nm. Selain karena performanya yang menawan, chipset tersebut juga punya efisiensi daya yang cukup oke untuk mempertahankan isi baterai.

Ditambah dengan dua faktor lainnya, yakni layar hemat daya AMOLED serta kapasitas baterai jumbo 5.000 mAh, semakin membuat Tecno Camon 20 Pro mampu menyala dalam waktu yang lama.

Di bagian software-nya, Tecno membekali sejumlah fitur ketahanan daya seperti Long Duration Mode, Super Power Saving Mode, dan juga AI Smart Charge. Pada fitur Long Duration Mode, ponsel akan berusaha mempertahankan baterai 1 jam lebih lama.

Jika dirasa kurang cukup, pengguna bisa aktifkan Super Power Saving Mode agar baterai ponsel bisa bertahan hingga 10 jam lebih awet. Pada penggunaan normal sehari-hari, Tecno Camon 20 Pro bisa bertahan hingga satu hari bahkan bisa lebih.

Sementara pada fitur pengisian dayanya, smartphone dibekali dengan fast charging 33 W pada port USB Type-C 2.0. Paket penjualannya juga turut menyertakan kabel dan charger dengan dukungan daya 33 W, sehingga pengguna bisa langsung merasakan pengisian daya yang cepat tanpa mengeluarkan biaya ekstra.

6. Ada Stereo Speaker dan Port 3.5 mm Jack Audio

Layar dengan kualitas bagus rasanya kurang lengkap tanpa diimbangi speaker memadai. Oleh karena itu, Tecno Camon 20 Pro juga dikemas dengan stereo speaker alias dua lubang output suara di sisi bawah dan atas.

Sejumlah ponsel kelas menengah masih menawarkan mono speaker saja. Jadi, hadirnya dua speaker tentu jadi penambah daya tarik pada ponsel besutan Tecno ini. Pihak perusahaan menambatkan teknologi high bass synergy guna menjadikan suara bass di speaker terasa lebih nendang.

Mengusung sertifikasi Hi-Res Audio, pengguna dapat merasakan jaminan suara dengan kualitas lebih tinggi, jernih, dan lebih akurat dengan aslinya. Rentang dinamis suara juga jadi lebih luas, hingga pada ketika sedang berada di battle ground, pengguna bisa melacak lokasi musuh hanya dari suaranya.

Apabila membutuhkan privasi yang lebih mendalam, Anda tetap bisa mendengarkan suara dengan cara memuaskan menggunakan earphone reguler. Ini karena ponsel masih menyediakan port 3.5 mm jack audio, jadi tinggal plug and play saja tanpa membutuhkan adapter.

7. Ada NFC dan In-Display Fingerprint

tecno camon 20 pro nfc dan sensor sidik jari_

Kabar bagus bagi pengguna yang sering berkendara roda empat. Tecno Camon 20 Pro memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat digunakan untuk mengisi saldo eMoney dan eToll tanpa harus mengunjungi minimarket atau ATM.

Pada dasarnya, NFC merupakan fitur komunikasi medan dekat yang dapat berkirim data antara dua perangkat dengan cepat dan instan. Selain untuk isi dan cek saldo kartu, NFC juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara digital pada beberapa mesin yang mendukung.

Adanya fitur NFC tentu cukup berguna, terlebih bagi yang suka menggunakan jalan tol atau melakukan parkir di gedung dan supermarket. Tinggal hanya menempelkan kartu ke bodi belakang ponsel dan pengguna bisa langsung mengetahui berapa saldo yang tersisa.

Tidak hanya itu, Tecno Camon 20 Pro juga memilih untuk meletakkan sensor pemindai sidik jari di layar alih-alih di samping. Menurut klaim perusahaan, sensor ini bisa membuka kunci layar dalam waktu 335 milidetik. Fitur ini bahkan sudah terlindungi sertifikasi keamanan Google BCR13.

8. Ada Kejelasan Mengenai Update Software

tecno camon 20 pro update software_

Tecno Camon 20 Pro dirilis dengan Android 13 berantarmuka HiOS 13. Pada waktu perilisannya di tahun 2023. Android 13 merupakan versi yang paling baru dan memiliki performa yang lebih mulus. Secara umum, kehadiran Android 13 memberikan fitur multi-tasking, keamanan, desain, dan pengalaman penggunaan yang lebih baik dibandingkan Android 12.

Terlepas dari itu, Tecno (dan juga dua sister company-nya, Infinix dan itel) jarang memberikan kepastian mengenai dukungan update software.

Padahal, software yang di-update secara berkala merupakan hal cukup penting untuk masa penggunaan jangka panjang. Jika menginginkan masa update software yang panjang, Samsung Galaxy A series umumnya lebih unggul soal ini. Sebut saja Samsung Galaxy A24 yang mendapatkan masa dukungan update hingga 4 tahun.

Akan tetapi, rupanya Tecno Camon 20 series disebutkan akan mendapatkan update Android 14 Beta melalui OTA, dilansir dari Gizmochina. Android 14 Beta akan menghadirkan peningkatan dari sisi keamanan privasi, fitur-fitur antarmuka, dan pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Ini tentu jadi hal yang patut diapresiasi, lantaran hal ini menjadikan Tecno Camon 20 Pro sebagai salah satu yang pertama mencicipi Android 14 Beta. Sebuah kemajuan dari brand Tecno yang jarang berikan kejelasan mengenai update software.

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro

Terlepas dari beberapa daya tariknya, Tecno Camon 20 Pro tetap tidak luput dari sejumlah hal yang mesti diperhatikan sebelum membeli. Simak di bawah ini.

1. Tanpa Kamera Ultrawide

Tecno Camon 20 Pro menghadirkan kamera belakang 64 MP dan kamera depan 32 MP. Resolusi keduanya memang sudah terbilang besar untuk bisa hasilkan foto berkualitas bagus. Bahkan filter warna RGBW-nya pun punya andil besar untuk tingkatkan kecerahan pada foto.

Namun yang disayangkan, tidak ada kamera ultrawide di sini. Tecno justru malah memasangkan kamera QVGA yang tidak jelas kegunaannya. Apabila ponsel memiliki ultrawide, pengguna jadi sanggup memotret dan merekam dengan sudut keluasan yang lebih tinggi.

2. Tanpa Gorilla Glass

Tidak dipungkiri kalau desain Tecno Camon 20 Pro adalah salah satu yang paling beda dan memiliki unsur aesthetics yang indah. Tapi kalau kita bicara soal ketahanan layar, ponsel ini harus ditambahkan lagi dengan tempered glass.

Pasalnya, layar ponsel tidak dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass sama sekali, sehingga tidak terlindungi terhadap goresan dan risiko kerusakan saat terjatuh.

3. Tidak Mendukung 5G

Di era sekarang, tidak hanya ponsel flagship saja yang sudah mengantongi jaringan seluler 5G. Anda bahkan bisa menemukan HP seharga Rp2 jutaan yang sudah mendukung jaringan generasi kelima tersebut.

Memilih HP dengan jaringan 5G cukup penting agar pengguna tidak perlu lagi mengganti HP saat jaringan 5G mulai merebak di mana-mana. Bukan hanya itu, ponsel dengan jaringan 5G juga umumnya punya performa yang dapat diandalkan lantaran chipset-nya didukung dengan teknologi mutakhir.

Tecno Camon 20 Pro nyatanya hanya mendukung jaringan 4G LTE, sehingga tidak memiliki unsur future-proof seperti beberapa ponsel mid-range lainnya.

Simpulan

Untuk dapat memenuhi kebutuhan akan HP kamera di kelas menengah, Tecno meluncurkan smartphone yang penuh dengan fitur-fitur unggulan. Pada Tecno Camon 20 Pro, hasil foto memukau bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih pada bagian kamera depan yang mendukung resolusi tinggi, memiliki Dual LED Flash, serta fitur dual portrait video untuk hasil karya selfie yang memuaskan.

Tecno Camon 20 Pro juga dirancang untuk berikan performa kencang saat bermain gim. Kendati bukan chipset 5G, namun Helio G99 punya kinerja yang gemilang saat memainkan gim-gim berat masa kini, termasuk Genshin Impact.

Overall, penggiat fotografi dan gim hanya memiliki sedikit alasan untuk skip ponsel yang satu ini. Beberapa kekurangannya meliputi absennya kamera ultrawide, Gorilla Glass, dan tidak ada kejelasan perihal update software.

Tapi jika menilik keseluruhannya, kelebihan Tecno Camon 20 Pro terbilang lebih banyak daripada kekurangannya, sehingga membuatnya salah satu pilihan HP mid-range terbaik keluaran tahun 2023. Banderol harga Tecno Camon 20 Pro adalah 230 dolar Amerika Serikat, alias sekitar Rp3,4 jutaan. Tertarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram