Melihat 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Mei 2023, Samsung Indonesia merilis HP terbarunya untuk Galaxy A Series yaitu Samsung Galaxy A24. HP ini pertama kali dirilis di Vietnam dan menyasar kelas mid-range. Meski begitu, harga yang ditawarkan masih cukup murah, apalagi jika melihat spesifikasi dan kemampuannya.

Samsung Galaxy A24 ini hadir untuk melengkapi Galaxy A Series. Sebelumnya, terdapat Samsung Galaxy A14, Galaxy A34 5G, dan Galaxy A54 5G yang sudah dirilis lebih dulu di Indonesia. Soal desain dan spesifikasi tentu tidak akan jauh berbeda. Namun, Galaxy A24 tetap memiliki daya tariknya tersendiri.

Kali ini, tim Carisinyal akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A24. Hal ini tentu perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Anda bisa melihat rangkuman kelebihan dan kekurangannya di dalam tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain sederhana yang stylish
Bobot berat dengan tampilan layar berponi
Layar Super AMOLED dengan 90 Hz
Minim perlindungan ketahanan
Performa tangguh di kelasnya
Di kelas harganya, seharusnya sudah 5G
RAM 8 GB dan RAM Plus, serta perluasan MicroSD
Baterai tahan lama
Kamera utama 50 MP dengan OIS
Jaminan update software hingga 4 tahun

Jika dilihat sekilas, Samsung Galaxy A24 ini memang cukup menarik di kelasnya. Mulai dari layar Super AMOLED-nya, penggunaan chipset tangguh, hingga sektor kamera untuk aktivitas fotografi. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut soal kelebihan dan kekurangan HP ini. Anda bisa menyimaknya setelah informasi spesifikasi berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A24

Samsung Galaxy A24 4G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Samsung Galaxy A24

Meski berada di kelas mid-range dengan harga yang masih terjangkau. Samsung Galaxy A24 tetap menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang unggul di kelasnya. Berikut adalah beberapa poin kelebihan dari Samsung Galaxy A24. Simak sampai habis, ya.

1. Desain Sederhana yang Stylish

galaxy a24

Salah satu kelebihan pertama yang patut diapresiasi adalah soal tampilan desainnya. Mirip dengan model Galaxy A Series sebelumnya, Galaxy A24 juga tampil dengan desain yang lebih sederhana.

Berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Galaxy A23, Galaxy A24 hadir dengan tanpa modul kamera. Hal ini membuatnya terlihat lebih simpel dan bersih. Ketiga kamera yang dibawanya disimpan di atas bodi langsung.

Jika dilihat sekilas, desain ini mirip seperti HP Samsung flagship dari Galaxy S23 Series. Terutama pada cara penyusunan ketiga kameranya yaitu disusun rapi secara vertikal. Namun, Galaxy A24 menempatkan posisi LED Flash-nya lebih rendah, mirip seperti Galaxy A14 5G, Galaxy A34 5G, dan Galaxy A54 5G.

Samsung Galaxy A24

Untuk material yang digunakan, Galaxy A24 ini masih menggunakan bahan material plastik. Baik itu untuk bodi bagian belakang atau bagian frame-nya. Bodinya ini juga memiliki dimensi yang sedikit lebih besar terutama ketebalannya. Dimensinya yaitu 162,1 x 77,6 x 8,3 mm. Bobot bodinya juga masih cukup berat yaitu mencapai 195 gram.

Jika beralih ke bagian depan, Anda akan melihat tampilan layar yang cukup lebar. Hanya saja, Galaxy A24 ini masih menggunakan desain berponi untuk kamera depannya. HP ini tetap menggunakan desain “Infinity U” dengan notch yang memiliki bentuk seperti huruf “U”.

Untuk ketahanannya, Samsung Galaxy A24 ini tidak dibekali perlindungan apa pun, baik di bodi belakang atau layar depan. Jadi, Ada baiknya untuk selalu menggunakan case dan tempered glass agar lebih aman. Layar bagian depan juga flat jadi akan mudah menemukan tempered glass yang cocok.

2. Layar Super AMOLED dengan 90 Hz

Samsung Galaxy A24

Jika berbicara soal layar, Anda bisa mengesampingkan terlebih dahulu soal absennya perlindungan pada layar. Sebab, salah satu sektor yang diunggulkan oleh Samsung Galaxy A24 ini adalah sektor layarnya.

Berbeda dari seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A23 yang masih menggunakan panel PLS LCD. Galaxy A24 ini hadir dengan mengusung panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci. Kombinasi antara jenis panel yang digunakan serta ukuran layar yang luas membuatnya cocok digunakan untuk menonton.

Menariknya, Anda juga masih bisa menonton di luar ruangan berkat adanya kecerahan layar puncak hingga 1000 nit. Untuk resolusinya sendiri, layar ini sudah mencapai Full HD Plus atau 1080 x 2340 piksel. Anda bisa menikmati film dengan kualitas gambar yang lebih baik. Apalagi speaker yang digunakan sudah stereo.

Untuk Anda yang senang scrolling di media sosial atau bermain game juga cocok. Sebab layar Galaxy A24 ini sudah dibekali refresh rate hingga 90 Hz. Namun, jika Anda ingin menghemat baterai, Anda bisa mengubah tingkat refresh rate ke 60 Hz sebagai mode standar.

Salah satu hal yang cukup disayangkan adalah desain atau tampilan layarnya. Mulai dari desain bezel yang sedikit lebih tebal, terutama di bagian bawah. Rasio layar ke bodinya bahkan hanya mencapai 82,4 persen saja.

Selain itu, di bagian atasnya juga masih terdapat notch berbentuk “U” atau disebut Infinity U. Untuk beberapa orang, hal ini menjadi hal yang cukup mengganggu. Sebab akan sedikit menghalangi tampilan layar, dan terlihat jadul atau ketinggalan zaman.

3. Performa Tangguh di Kelasnya

redmi pad helio g99_

Meski Samsung Galaxy A24 ini tidak dibekali dengan jaringan 5G, performa yang dihasilkan sudah cukup baik. Galaxy A24 ini hadir dengan chipset cukup tangguh di kelasnya yaitu MediaTek Helio G99. Chipset yang digunakan tentu sudah lebih tangguh dibanding pendahulunya yaitu Galaxy A23 dengan Snapdragon 680.

Chipset MediaTek Helio G99 memiliki performa gaming yang tangguh di kelasnya. Beberapa HP lain di kelasnya yang lebih fokus ke gaming juga menggunakan chipset ini, misalnya Tecno POVA 4 Pro, realme 10, POCO M5, dan sebagainya.

MediaTek Helio G99 ini dibangun atas proses manufaktur 6 nm. Sedangkan untuk sumber tenaganya menggunakan prosesor octa-core. Terdiri dari dua core berbasis Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core berbasis Cortex A55 (2,0 GHz) untuk efisiensinya. Chipset ini juga didukung oleh kartu pengolah grafis Mali-G57 MC2 berfrekuensi 1100 MHz.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, Galaxy A24 berhasil meraih skor AnTuTu v9 di angka 370.472. Skor ini sedikit lebih tinggi dibandingkan HP lain dengan chipset sama seperti Infinix Note 12 Pro, vivo V25e, dan Infinix Zero 20.

Tidak hanya itu, Ia juga mengujinya dengan GeekBench 5. Hasilnya, Galaxy A24 mampu meraih skor 561 untuk single-core dan 1934 untuk multi-core-nya.

Pengujian juga dilakukan oleh kanal YouTube BYTES UNLOCKED. Selama pengujiannya, Ia mencoba secara langsung Galaxy A24 untuk bermain Game Call of Duty Mobile. Hasilnya, HP ini cukup mampu menjalankannya tanpa adanya lag. Jika ada pun tidak terlalu parah dan terjadi hanya ketika sudah menggunakan dalam waktu lama.

Peningkatan suhu juga tidak terlalu kasar, hanya mencapai tingkat hangat saja. Padahal, Ia menggunakannya hampir sekitar 30 menit hanya untuk bermain game. Secara keseluruhan, Galaxy A24 ini cukup mampu menangani game dengan performa yang cukup baik.

4. RAM 8 GB dan RAM Plus, Serta Perluasan MicroSD

galaxy a24

Samsung Galaxy A24 ini memang sudah dibekali chipset yang cukup bisa diandalkan. Namun, performanya akan lebih optimal lagi jika dipadukan dengan kapasitas RAM yang luas. Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy A24 ini hadir dengan kapasitas RAM 8 GB.

Ini cukup menarik mengingat di beberapa negara, Samsung Galaxy A24 hanya hadir dengan RAM 6 GB.

Di Indonesia, opsi RAM 8 GB jelas lebih menarik. Terlebih tipe TAM yang digunakan adalah

Dengan penggunaan RAM yang lebih besar dan cip Helio G99, gim seperti Genshin Impact jelas lebih lancar seperti HP dengan Helio G99 lainnya yang menawarkan RAM besar.

Jika RAM 8 GB masih terasa kurang, Galaxy A24 ini menyediakan fitur ekspansi RAM dengan RAM Plus. Sehingga, kapasitas RAM bisa makin luas.

Untuk memori internalnya pun hanya menyediakan varian 128 GB saja. Lagi-lagi, Galaxy A24 memberikan solusi untuk yang masih merasa kurang dengan kapasitas tersebut. HP ini hadir dengan menyediakan slot khusus untuk microSD. Dengan begitu, kapasitas memori internalnya bisa diperluas bahkan hingga 1 TB.

5. Baterai Tahan Lama

Samsung Galaxy A24

Baterai yang disematkan pada Galaxy A24 ini tidak mengalami perubahan dari seri sebelumnya yaitu Galaxy A23. Kapasitas baterai yang masih digunakan adalah 5000 mAh. Kapasitas yang cukup wajar untuk harga di kelasnya.

Meski kapasitas yang dimilikinya masih sama, Galaxy A24 ini diklaim memiliki ketahanan baterai yang lebih baik. Jika dilihat dari situs resminya, HP ini mampu bertahan hingga dua hari dengan sekali pengisian daya. Namun, jika berada dalam kondisi tertentu seperti penggunaan jaringan, aplikasi, dan sebagainya.

Baterai 5000 mAh milik Galaxy A24 ini turut didukung oleh fitur fast charging 25 W. Meski angka tersebut tidak terlalu “wah”, hal ini tetap mesti diapresiasi untuk HP di kelasnya. Waktu pengisian yang dibutuhkan untuk mengisi daya hingga 32 persen adalah sekitar 30 menit. Sedangkan untuk mengisi hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 104 menit.

6. Kamera Utama 50 MP dengan OIS

Samsung Galaxy A24

Salah satu hal lain yang cukup menarik dari Galaxy A24 adalah sektor kameranya. Meski jumlah kameranya lebih sedikit yaitu tiga buah kamera, sedangkan Galaxy A23 dengan empat buah kamera. Jenis lensa kamera yang digunakannya bisa dibilang tanpa gimmick.

Mirip seperti Galaxy A14, Galaxy A34 5G, dan Galaxy A54 5G, Galaxy A24 tidak memiliki kamera depth atau kedalaman. Hal ini sebenarnya bukan masalah karena fungsi dari kamera tersebut pun tidak terlalu penting. Sementara seri sebelumnya yaitu Galaxy A23 masih memiliki kamera depth tersebut.

Bisa dibilang, Galaxy A24 ini lebih fokus terhadap fungsi dari setiap kamera yang dimilikinya. HP ini hadir dengan tiga buah kamera di bagian belakang yang disimpan di atas bodinya. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8). Selain itu, ada kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) dengan sudut pandang hingga 123 derajat dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Beralih ke bagian depan, Galaxy A24 ini dibekali kamera depan atau swafoto 13 MP (f/2.2). Meski angkanya tidak terlalu tinggi, HP ini mampu menghasilkan foto baik dengan kamera depan atau belakang dengan lebih baik. Apalagi, setiap kamera yang disematkan memiliki fungsinya yang jelas.

Kamera utama di bagian belakangnya ini sudah didukung oleh fitur autofocus PDAF dan OIS. OIS (Optical Image Stabilization) merupakan salah satu fitur yang cukup penting. Gunanya adalah untuk mereduksi atau meredam guncangan ketika sedang memotret. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan juga tidak akan bergoyang.

Sementara itu, untuk perekaman videonya bisa dibilang masih kurang. Sebab, baik kamera depan atau kamera belakang, kualitas yang mampu dicapainya yaitu hanya 1080p dengan 30 fps saja. Hal ini tentu cukup disayangkan, apalagi untuk Anda yang senang membuat konten video.

7. Jaminan Update Software hingga 4 Tahun

Samsung Galaxy A24

Samsung merupakan salah satu produsen HP Android yang selalu memberikan jaminan ke setiap produknya. Hal ini dilakukan sejak perilisan Samsung Galaxy S23 Series. Awalnya, Samsung hanya memberikan jaminan untuk HP flagship-nya saja.

Kali ini, Samsung tidak hanya menjanjikan jaminan pembaruan pada HP flagship saja. HP mid-range lain seperti Galaxy A Series pun akan diberikan, termasuk Galaxy A24 ini. Dengan adanya jaminan pembaruan atau update software ini mampu membuat HP berumur panjang dan tetap up-to-date.

Samsung Galaxy A24 ini sudah diberi jaminan pembaruan versi Android sebanyak empat kali. Sedangkan untuk pembaruan sistem keamanannya diberikan jaminan selama lima tahun.

Sebagai informasi, Galaxy A24 ini dirilis dengan menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1. Dengan adanya jaminan di atas, maka HP ini masih akan mendapatkan pembaruan hingga Android 17.

Kekurangan Samsung Galaxy A24

Meski dibekali dengan berbagai kelebihan, Samsung Galaxy A24 tetaplah sebuah HP. Tidak ada HP yang sempurna, apalagi di kelas harga yang masih terjangkau. Untuk bahan pertimbangan, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy A24.

1. Bobot Berat dengan Tampilan Layar Berponi

Samsung Galaxy A24

Sebagai sebuah HP, memiliki ukuran yang kompak tentu menjadi nilai lebih. Tujuannya tidak lain adalah demi kenyamanan dalam penggunaannya. Beberapa orang bahkan lebih menyukai HP dengan ukuran yang lebih kecil seperti ASUS Zenfone atau iPhone.

Kenyamanan dalam penggunaan HP ini memang sangat relatif. Namun, HP dengan ukuran bodi ramping dan enteng biasanya yang paling dicari. Hal inilah yang justru tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy A24. HP ini bisa dibilang cukup berat dan sedikit lebih tebal.

Samsung Galaxy A24 ini memiliki dimensi 162,1 x 77,6 x 8,3 mm. Sedangkan untuk bobotnya mencapai 195 gram. Angka tersebut memang tidak sampai ke angka 200-an. Namun, bagi yang terbiasa ddengan HP lebih enteng, tentu harus beradaptasi agar akhirnya bisa terbiasa.

Tampilan bagian depannya juga agak sedikit mengganggu, yaitu pada bagian poninya. Tempat untuk kamera depannya ini masih menggunakan desain Infinity U atau mirip seperti desain waterdrop. Selain menghalangi layar, desain ini juga terlihat membosankan karena terkesan jadul.

2. Minim Perlindungan Ketahanan

Salah satu hal yang mesti diperhatikan juga adalah soal ketahanan HP-nya. Samsung Galaxy ini memang sudah dibekali sejumlah spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari desain yang terlihat stylish hingga layar dengan panel Super AMOLED.

Sayangnya, spesifikasi-spesifikasi tersebut ternyata tidak dibarengi perlindungan yang kokoh. Misalnya saja di bagian belakang yang hanya menggunakan bahan material plastik. Sertifikasi ketahanan air atau debu juga tidak turut disematkan. Dengan begitu, menggunakan case menjadi salah satu hal yang cukup disarankan demi keamanan.

Di bagian layarnya juga tidak dibekali dengan perlindungan kaca yang memadai. Berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Galaxy A23 yang sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

3. Di Kelas Harganya, Seharusnya Sudah 5G

Samsung Galaxy A24

Tidak ada yang salah dengan penggunaan MediaTek Helio G99 di Samsung Galaxy A24. Cip ini tergolong kencang untuk kelas 4G, apalagi jika dipadukan dengan RAM 8 GB.

Hanya saja, Samsung Galaxy A24 ini dijual di Indonesia dengan harga Rp3.499.000. Dengan banderol harga tersebut, akan lebih baik jika cip yang dipakai sudah mendukung jaringan 5G. Contohnya memakai cip Dimensity 700 atau Dimensity 810.

Apalagi, Samsung Galaxy A24 ini dijanjikan dapat pembaruan sistem yang panjang yang tentu bakal jadi daya tarik bagi pengguna yang jarang ganti HP. Kalau suda 5G, tentu pengguna tidak perlu repot ganti HP ke 5G lagi saat jaringan 5G merata beberapa tahun mendatang. Namun, sebenarnya tiga tahun kedepan 4G juga masih tetap ada.

Simpulan

Samsung Galaxy A24 ini menjadi salah satu HP Samsung di Galaxy A Series yang bisa dijadikan pilihan terbaik. HP ini memiliki spesifikasi yang mumpuni di beberapa sektor. Sebut saja sektor layar yang sudah mengusung panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci.

HP ini juga bisa digunakan dengan lebih nyaman untuk berbagai aktivitas multimedia seperti menonton. Bahkan, aktivitas berat lain seperti bermain game pun bisa dilakukan dengan lancar.

Pasalnya, HP ini sudah dibekali chipset tangguh di kelasnya yaitu MediaTek Helio G99. Anda bisa dengan nyaman memainkan game favorit Anda tanpa adanya nge-lag. Jangan lupa soal kameranya yang sudah dibekali kamera utama 50 MP. Menariknya lagi sudah didukung oleh fitur OIS di dalamnya.

Di sisi lain, masih ada hal-hal yang tetap harus diperhatikan. Mulai dari bobotnya yang sedikit berat, tampilan layar depan dengan poni, atau minim perlindungan, dan belum mendukung jaringan 5G.

Nah, apakah Samsung Galaxy A24 ini menjadi salah satu HP yang cukup menarik bagi Anda? Jika iya, apa kira-kira alasannya? Jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram