Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme 10

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

realme 10 merupakan seri realme Numbers yang menjadi penerus realme 9. Sebagai penerus, tentu Anda dapat mengharapkan adanya peningkatan, misalnya saja dari sisi chipset.

Kabar baik, karena realme 10 memang dibekali dengan chipset berperforma lebih tinggi dari sebelumnya. Cocok untuk yang membutuhkan ponsel gaming di kelas harga menengah.

Meski demikian, sebenarnya realme 10 bukan ditujukan sebagai ponsel khusus gaming. realme Number series umumnya dimaksudkan sebagai ponsel all-rounder di kelas menengah.

Sanggup memenuhi kebutuhan pengguna di segala sisi: layar memukau, sisi fotografi yang mantap, performa tinggi, desain kece, dan baterai memadai.

Lantas, apakah realme 10 sungguh memiliki kelebihan yang sebegitu banyaknya? Apa saja hal-hal yang perlu diketahui dari HP ini? Untuk mengetahui secara sekilas, simak tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Hadirkan Helio G99, Performa Gahar Mencapai AnTuTu 400ribu
Layar Memukau dengan Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz
Baterai Hemat 5.000 mAh dengan Fast Charging 33 W yang Ngebut
Desain Bodi Ciamik
Lokasi Sensor Sidik Jari di Samping
Tanpa Stereo Speaker
Tanpa NFC
Tanpa 5G, Tidak Pakai Gorilla Glass, Tanpa IP Rating
Sisi Buruk Desain

Bagi Anda yang masih penasaran dengan HP ini, silakan simak penjabaran lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan realme 10 di bawah ini.

Spesifikasi realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme 10

realme 10 diluncurkan di Indonesia pada Rabu, 9 November 2022 dan bakal jadi HP andalan dari realme di event belanja online 11.11. Tentu menarik melihat apa yang jadi daya tarik atau apa yang jadi kelebihan dari HP ini. Langsung cek poin-poinnya berikut ini.

1. Hadirkan Helio G99, Performa Gahar Mencapai AnTuTu 400ribu

mediatek helio g99

realme Number series senantiasa menawarkan value yang tinggi pada setiap produk yang dikeluarkan. Seperti realme 10 contohnya, yang sudah menggunakan chipset Helio G99 bertenaga buas di kelas menengah.

Helio G99 merupakan chipset pertama di keluarga Helio G series yang dibangun atas fabrikasi 6 nm, sehingga efisiensi dayanya sungguh dapat diandalkan. Selain itu, Helio G99 juga dikemas dengan kombinasi delapan inti prosesor (octa-core) yang kencang.

Kedelapan prosesor ini mencakup klaster high performance yang berisikan dua unit Cortex A76 (2.2 GHz). Untuk menunjang aktivitas yang ringan-ringan, tersedia klaster efisiensi daya yang terdiri atas enam unit Cortex A55 (2.0 GHz).

Helio G99 juga didukung oleh kartu pengolah grafis (GPU) berupa Mali G57 MC. Ini merupakan GPU yang sama dengan yang digunakan Helio G96, yang memiliki dua inti serta frekuensi di angka 950 MHz.

Pihak realme mengklaim bahwa realme 10 dapat meraih skor AnTuTu v9 hingga 400 ribu. Jika benar, ini membuat realme 10 jadi salah satu ponsel kelas menengah tertinggi di dunia.

Ponsel ini dibekali dengan dua opsi RAM 4 GB atau 8 GB (LPDDR4x), sedangkan memori internalnya hanya suguhkan satu opsi yaitu 128 GB (UFS 2.2).

Omong-omong, storage 128 GB ini sudah terpakai sebanyak 24 GB untuk sistem operasi dan beragam aplikasi prainstal. Untungnya masih ada slot memori eksternal terpisah agar pengguna bisa memfokuskan penyimpanan internal untuk aplikasi dan gim.

Sedangkan, untuk membuat pengalaman multi-tasking lebih nyaman, disuguhkan fitur RAM Expansion untuk menambah RAM virtual hingga 5 GB.

Dikutip dari laman 91mobiles.com, realme 9 (Snapdragon 680) mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 278.452 poin. Adapun sesuai informasi yang didapat dari laman Kimovil, realme 10 meraih skor 400.086 poin. Itu artinya, realme 10 memiliki peningkatan sekitar 30% dibanding pendahulunya.

Berdasarkan hasil pengujian gaming yang dilakukan kanal Tech NEO di YouTube, realme 10 bisa memainkan PUBG Mobile di pengaturan Smooth - Ultra tanpa lag sama sekali.

Setiap pergerakannya terlihat cukup mulus. Dan jika terjadi frame drop, hal itu tidak terasa sama sekali sehingga tidak berpengaruh terhadap gameplay-nya.

Jika kita menilik pada ponsel-ponsel lain yang gunakan Helio G99 (contohnya seperti POCO M5), tampaknya realme 10 bisa memainkan Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan Lowest.

Ini dibuktikan pada video pengujian Gaming Mobile, yang berhasil membuat POCO M5 sanggup memainkan Genshin Impact tanpa kendala. Bahkan, POCO M5 bisa memainkannya pada pengaturan Highest, kendati dengan frame rate yang meski tidak optimal, tapi tidak game-breaking juga.

realme 10 sungguh berpotensi untuk menjadi raja mid-range di kalangan para gamer. Heading berikutnya juga semakin meyakinkan semua orang bahwa realme 10 adalah HP gaming idaman.

2. Layar Memukau dengan Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz

realme 10 layar_

Tidak ada yang lebih menyenangkan ketimbang bermain gim ponsel menggunakan panel Super AMOLED. Inilah yang Anda rasakan ketika mencicipi gaming di ponsel realme 10.

Memiliki ukuran layar 6,4 inci pada resolusi Full HD+, realme 10 turut dikemas dengan panel Super AMOLED yang suguhkan kontras rasio tinggi. Bahkan, layar ponsel ini hadir dengan kerapatan piksel tinggi yakni 411 ppi. Ucapkan selamat tinggal pada gambar-gambar yang pixelated.

realme 10 juga diproduksi dengan refresh rate layar hingga 90 Hz, serta touch sampling rate 360 Hz. Selain menampilkan gerakan layar yang 50% lebih mulus dari biasanya, layar juga akan lebih cepat menerima respons dari sentuhan jari pengguna.

Karena pakai Super AMOLED, kontras rasionya sebenarnya tidak terbatas, tapi materi pemasaran menyebutkan layar memiliki kontras 4.000.000:1.

3. Baterai Hemat 5.000 mAh dengan Fast Charging 33 W yang Ngebut

realme 10 baterai_

realme 10 adalah smartphone kelas menengah yang bermutu tinggi. Hal ini tercermin dari spesifikasi baterai yang dihadirkan. Kapasitasnya mencapai 5.000 mAh, yang merupakan angka paling umum di kelas harga entry-level dan menengah.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram